Marilah kita selalu hidup berbagi sesama mahluk yang ada di atas bumi ini....Terima kasih atas kunjungannya,Kepada pembaca Blog Epung Komalasa Marilah Kita Senantiasa Ingat Kepada Tuhan Yang Maha Esa Di Mana Saja Berada :يَا أَيُّهَا النَّاسُ أَنتُمُ الْفُقَرَاء إِلَى اللَّهِ وَاللَّهُ هُوَ الْغَنِيُّ الْحَمِيدُ (Oleh kerana Allah menguasai segala-galanya, maka) wahai umat manusia, kamulah yang sentiasa berhajat kepada Allah (dalam segala perkara), sedang Allah Dia lah sahaja Yang Maha Kaya, lagi Maha Terpuji"

Sunday, May 11, 2008

Ratusan Calon TKI Kena Razia di Kepulauan Riau

Karimun - Lebih seratus calon tenaga kerja Indonesia (TKI) terjaring dalam razia pada Sabtu malam yang digelar polisi di Pelabuhan Domestik Tanjung Balai Karimun, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri).

Operasi bersandi Trafficking Seligi yang digelar Kepolisian Resort Karimun itu dilakukan dengan memeriksa kelengkapan surat-surat dan kontrak calon TKI serta legalitas Penyalur Jasa TKI (PJTKI).

"Tidak sedikit calon TKI yang menghadapi penyelewengan kontrak kerja. Sebegai contoh dalam kontrak dijanjikan akan dipekerjakan di restoran, sesampai di negara tujuan malah dipekerjakan sebagai wanita penghibur," kata Kabag Ops Polres Karimun Kompol Danu Waspodo Sik di lokasi

Operasi yang dimulai sejak pukul 18.00 WIB itu awalnya hanya menahan 19 calon TKI yang turun dari KM Marina asal Kuala Tungkal Jambi. Satu jam kemudian polisi mengamankan 116 calon TKI yang turun dari Kapal Kelud asal Jakarta.

"Total jumlah mereka mencapai 135 orang, semuanya kami giring dulu ke Mapolres untuk pemeriksaan," ucapnya.

Modus yang sering digunakan oleh pihak yang mengaku sebagai PJTKI di Kepri adalah bertindak sebagai cabang dari PJTKI di Jakarta sehingga tidak perlu menyediakan tempat pelatihan kerja sebelum TKI dikirimkan.

"Padahal berdasarkan aturannya mereka harus memiliki tempat pelatih yang sesuai dengan peluang kerja yang ada di negara tujuan," ujarnya.

Salah seorang calon TKI yang terjaring razia, Mardiyanto (24) asal Madiun, mengaku akan tetap berangkat ke Malaysia meski tidak memiliki surat-surat yang lengkap. "Kawan saya sudah berhasil di sana, saya ingin seperti dia, dapat gaji besar," katanya.

Mardiyanto telah mengeluarkan uang Rp3 juta."Biaya itu untuk pengurusan paspor dan pemberangkatan dari Tanjung Balai Karimun," katanya. Dia mengaku saat tiba di Karimun, dirinya telah itunggu oleh Loh Kang, orang yang akan memberangkatkannya.

Sukirno, asal Madiun, menceritakan ia ditawari menjadi pekerja kebun sawit di Malaysia oleh rekannya dan diberi nomor HP Mukhani, pihak yang bisa memberangkatkannya ke Malaysia.

"Saya tidak tahu PJTKI-nya, yang saya tahu disini saya akan dijemput Mukhani, untuk jasa pemberangkatan itu saya bayar Rp3 juta, (tapi) tahu-tahu sebelum dijemput udah ditangkap, tapi saya tetap akan ke Malaysia," ujarnya.

Kompol Danu menjelaskan pihaknya saat ini memeriksa kelengkapan persyaratan dari tujuh PJTKI."Tujuannya mencegah dan melindungi calon TKI dari praktek-praktek penyelundupan atau perdagangan orang, serta bentuk-bentuk ekploitasi lain," ucapnya.

PJTKI yang tidak memiliki keabsahan sesuai dengan ketentuan dapat dijerat dengan UU RI No 39 tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan TKI ke Luar Negeri junto UU RI no 20 tahun 2004 tentang Perdagangan Manusia."Ancaman kurungan maksimal 15 tahun penjara," jelasnya

Gusdur Dukung Obama Jadi Presiden America

Washington, NU Online
Mantan presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) menyatakan secara pribadi mendukung pencalonan Senator Barack Obama sebagai presiden Amerika Serikat (AS). Pasalnya, ia yakin Obama bakal membawa perubahan bagi AS.

”Saya lebih senang Obama karena dia menyatakan perlunya perubahan. Kita perlu perubahan. Bagaimana perubahan itu, nanti kalau dia telah terpilih sebagai presiden,” ujar Gus Dur di Washington, AS, Jumat (9/5) lalu.

Gus Dur mengatakan, Obama mendapat simpati dan dukungan besar rakyat AS. Berbeda dengan rivalnya Hillary Clinton maupun John McCain. Menurutnya, Obama yang pernah bersekolah di Jakarta banyak mendapat dukungan dan simpati di Indonesia.

Mengenai hubungan Indonesia-AS di masa mendatang, Gus Dur mengatakan, kesalahan terbesar adalah karena pemerintah Indonesia terlalu takut dengan AS sehingga mudah dipermainkan.

”Kita ini gampang di-klecekin (dipermainkan) oleh Bank Dunia, WTO (Organisasi Perdagangan Dunia), IMF (Dana Moneter Internasional), dan lainnya sehingga kita menanggung utang luar negeri yang begitu besar,” kata Gus Dur.

Bertemu Bush

Gus Dur juga dijadwalkan bertemu Presiden AS George W Bush di Israel untuk menghadiri peringatan 60 tahun berdirinya Israel pada 14 Mei mendatang. ”Saya memang diundang pemerintah Israel dan juga pemerintah Amerika Serikat untuk menghadiri peringatan tersebut,” ujarnya.

Menurut jadwal, Gus Dur akan terbang ke Tel Aviv, Israel, setelah mengadakan kunjungan ke Washington dan New York pada 7-12 Mei ini. ”Saya punya banyak teman di Israel, termasuk (mantan) presiden Shimon Peres yang mengundang saya untuk menghadiri peringatan ini,” jelasnya.

Kedatangan Gus Dur ke beberapa kota di AS atas undangan dari Simon Wiesenthal Center di Los Angeles. Pada kunjungan itu, Gus Dur mendapat penghargaan dari lembaga tersebut atas perannya selama ini dalam membuka dialog antaragama.

Selama di Washington, Ketua Dewan Syura DPP Partai Kebangkitan Bangsa itu akan bertemu Wakil Presiden Dick Cheney, beberapa anggota Kongres dan senator. Jumat waktu setempat Gus Dur akan membuka dialog dengan para mahasiswa Universitas George Washington mengenai bagaimana menekan ekstremisme dalam Islam. (sin/rif)

Komentar:

Belum ada komentar.

Nama
Email
Website
Judul komentar
Komentar

Kode
Masukkan kode huruf di atas pada isian di bawah ini

Saturday, May 10, 2008

JANGAN SAMPAI DI LAKUKAN LEWAT JALUR HUKUM

Mantan anggota Fraksi Kebangkitan Bangsa (FKB) DPR RI, Mahfud MD, mengatakan, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan merugi jika penyelesaian konflik internal dilakukan lewat jalur hukum.

Menurut dia, penyelesaian dualisme kepemimpinan di PKB dengan cara tersebut akan memakan banyak waktu dan terancam tidak bisa mengikuti Pemilihan Umum (Pemilu) pada 2009 mendatang.

"Jika lewat jalur hukum PKB terancam tak bisa pemilu. Sebab, Agustus depan, harus hanya ada satu PKB saja yang bisa menandatangani dokumen-dokumen ikut pemilu," ujar Mahfud usai di Yogyakarta, Jumat (9/5).

Mahfud yang kini menjadi Hakim Mahkamah Konstitusi itu menyarankan kedua kubu yang berseteru melakukan islah (rujuk).
Hal itu, katanya, satu-satunya jalan yang sangat memungkinkan dan menjadi jalan tengah menyelesaikan konflik.

Sementara, lanjutnya, jika menunggu keputusan Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (Depkum HAM) tidak mungkin. Sebab, Depkum HAM sudah mempunyai Surat Keputusan (SK) Muktamar PKB di Semarang, Jawa Tengah.

Sedangkan sampai saat ini SK tersebut belum diubah."Ya, harus disepakati dulu perubahannya. Depkum HAM, kan masih punya SK Muktamar Semarang," imbuhnya.Mahfud menambahkan, bisa saja kedua kubu mendaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 12 Mei mendatang sebagai peserta pemilu. Namun, tetap saja Agustus mendatang harus hanya ada satu PKB saja jika masih ingin ikut Pemilu 2009.

Terkait usulan sebagian kalangan yang meminta adanya penengah dalam konflik PKB, Mahfud mengaku tidak yakin cara tersebut bakal sukses. Pasalnya, kata dia, posisi Ketua Umum Dewan Syura KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang secara kultural dan struktural tertinggi dibanding lainnya.'

"Kiai-kiai NU (Nahdlatul Ulama) juga nggak bisa, wong posisi Gus Dur itu tertinggi. Kuncinya, ya, Gus Dur. Kalau Gus Dur mendekat, harusnya Muhaimin buka pintu.

Kalau nggak mau, ya, tunggu saja hasil pertempuran di medan hukum," pungkas Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, itu.Puncak sengketa kepengurusan PKB adalah pelaksanaan Muktamar Luar Biasa (MLB).

PKB kubu Gus Dur menyelenggarakan MLB di Parung, Bogor, pada 30 April-1 Mei lalu. Dua hari kemudian, giliran PKB pimpinan Muhaimin Iskandar, menggelar acara serupa di Ancol, Jakarta. Dua kubu juga telah mendaftarkan gugatan ke pengadilan

Friday, May 9, 2008

TKI Madiun Tewas di Taiwan

Madiun (dikutip dari koran antara)- Syawal Imam Basuki, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Taiwan, yang merupakan warga RT 2 B RW 1 Desa Jatisari, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, dikabarkan tewas dalam kebakaran hebat yang terjadi di sebuah apartemen di Taiwan.

Kakak kadung korban, Siti Mariani, mengatakan bahwa kabar kematian adiknya diterima oleh pihak keluarga pada tanggal 2 Mei 2008. Kabar tersebut berasal dari teman akrab Syawal yang sesama TKI di Taiwan, yaitu Sugeng Riyadi, melalui saluran telepon internasional."Dia mengabarkan jika adik saya telah meninggal dunia sekitar pukul 09.00 WIB.

Saya sempat tidak percaya dengan informasi yang saya peroleh. Pasalnya, sehari sebelumnya Syawal masih telepon ke rumah," katanya Siti.Menurut dia, berdasarkan informasi yang diperoleh dari Sugeng Riyadi, Syawal terbakar dan ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

Saat ini jenazah korban masih disemayamkan di sebuah rumah sakit di Taiwan guna pemeriksaan lebih lanjut serta menunggu proses pemulangan."Kami tidak merasakan firasat apa-apa terkait kematian Syawal.

Saat telepon, dia hanya menanyakan kondisi orang rumah. Itu saja," katanya menambahkan.Ia menjelaskan, setelah mendapatkan kabar terkait kematian adiknya dari Sugeng Riyadi yang juga TKI di Taiwan, pihak keluarga menerima kabar kematiannya dari PJTKI PT Antar Bangsa Citra Dharma (ABCD) beralamat di Jalan Pluit Raya 152, Jakarta Utara dimana korban diberangkatkan.

"Informasi dari PT ABCD untuk keperluan tes DNA terhadap jenazah Syawal, menyangkut kepulangan jenazah diperkirakan memakan waktu selama 21 hari.

Tapi, kami berharap makin cepat dapat kembali ke tanah kelahiran makin baik, agar keluarga segera dapat memakamkan secara laik, sesuai kaidah agama," kata kakak ipar korban, Musmin penuh harap.Menurut dia, pihak keluarga juga berharap ada campur tangan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun, agar jenazah dapat dibawa pulang secepatnya.

"Laporan dari desa, sudah diteruskan kepada kecamatan dan polsek, semoga bantuan Pemkab Madiun dapat mempercepat kepulangan jenazah ke tanah air," ia menambahkan.Syawal merupakan lulusan SMK PGRI Ponorogo jurusan mesin tahun 1997 lalu, menjadi TKI sudah tiga kali seluruhnya ke Taiwan, berangkat ketiga kalinya ke Taiwan awal Fefruari.
SURABAYA - Setelah persentase suara partai pendukungnya memenuhi syarat, pasangan Khofifah-Mudjiono (Ka-Ji) langsung unjuk gigi. Kemarin (9/5) cagub dan cawagub yang diusung koalisi Jatim Bangkit itu mengembalikan formulir yang diambil beberapa hari sebelumnya.

Mereka datang ke Kantor KPU Jatim siang lalu dengan didampingi masing-masing perwakilan DPD atau DPW dari 12 partai yang mengusungnya. Perwakilan DPP PPP terlihat mendampingi Khofifah-Mudjiono. Ratusan pendukung dan simpatisan partai pengusung juga ikut datang ke KPU Jatim.

Wakil Sekjen DPP PPP Muhammad Romahurmuziy mengatakan, pendaftaran tersebut sengaja dilakukan secepatnya, sebelum batas waktu berakhir. "Persentase jumlah suara sudah memenuhi. Persyaratannya juga sudah lengkap.

Tunggu apa lagi," ujarnya.Romahurmuziy mengungkapkan, akumulasi suara 12 partai pendukung Ka-Ji dalam Pemilu 2004 mencapai 16,71 persen. Partai-partai itu adalah PPP, PNBK, PKPI, PPNUI, PKPB, PDS, PIB, Pelopor, PNI Marhaen, Patriot, Merdeka, dan PBR.

Saat pendaftaran kemarin, rombongan pasangan Ka-Ji diterima Ketua KPU Wahyudi Purnomo. Didampingi anggota KPU lain, dosen Unair tersebut menyambut Ka-Ji dan pendukungnya. "Wah, ini dia yang pertama. Hingga 3 hari pembukaan, belum ada yang mendaftar.

Semoga bisa segera diverifikasi. Moga-moga yang ini bisa jadi gubernur pada pilgub kali ini," kata Wahyudi disusul tepuk tangan riuh pendukung Ka-Ji. Menurut Wahyudi, tahap pendaftaran sangat penting karena momen itu sangat strategis.

"Tujuh hari ini (tahap pendaftaran, Red) momen yang paling menentukan untuk cagub," ujarnya.Khofifah, agaknya, menyadari bahwa pendaftaran adalah titik awal dari usahanya untuk menjadi gubernur. Karena itu, beberapa hari terakhir, dia fokus melengkapi administrasi pendaftaran.

23 Partai Mendaftar Jadi Peserta Pemilu 2009

Jakarta ) - Menjelang penutupan pendaftaran, sekira 23 partai politik (parpol) mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2009.

Pada, Kamis, di Jakarta, ada lima parpol mendaftarkan diri, yakni Partai Kasih Demokrasi Indonesia (PKDI), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Pemersatu Bangsa (PPB), Partai Buruh dan Gerindra.

Terhitung sejak pendaftaran dibuka hingga Jumat (9/5), sekitar 20 parpol telah menyerahkan berkas pendaftaran ke KPU.PKDI menyerahkan berkas ke KPU sekira pukul 10.00 WIB.

Ketua Umum PKDI, Stefanus Roy Rening, ketika diminta pendapatnya mengatakan, partainya siap ikut serta dalam pemilu 2009.

"Pada 2004, partai kami tidak lolos, karena masalah di verifikasi. Sekarang kami betul-betul mempersiapkan diri, agar tidak gagal lagi," katanya.

Ia mengatakan partainya berniat mengangkat harkat dan martabat bangsa. Sebagai partai milik rakyat kecil, PKDI bertekad memperjuangkan hak-hak rakyat kecil.

Selanjutnya, sekitar pukul 14.00 WIB sejumlah partai datang silih berganti untuk mendaftar yakni Partai Buruh, PPB dan PKS.

PKS menyerahkan berkas pendaftaran sekitar pukul 15.00 WIB. Ketua Badan Pengawas Pemilu PKS, M. Razikun, di sela-sela pendaftaran mengatakan bahwa partainya telah membawa berkas persyaratan kepengurusan partai di 33 provinsi.

Razikun mengatakan, siap mencapai target dukungan suara 20 persen."Kami memiliki kantong-kantong suara di Jabar, Banten, DKI, Jawa, Sumatera, beberapa di Kalimantan dan beberapa Sulawesi, NTB, dan Maluku Utara," katanya.

Sementara itu, Partai Gerindra mendaftarkan diri beberapa saat mendekati jam penutupan pendaftaran.

Proses pendaftaran diiringi dengan arak-arakan massa dan atraksi kesenian tradisional.Sebelum menyerahkan berkas, Ketua Umum Gerindra, Suhardi, mengatakan menargetkan jumlah dukungan suara 15 persen.

"Saya optimistis. Kami telah siap di 60 kabupaten," katanya.Ia menjelaskan, alasan Gerindra ikut serta pemilu adalah keinginan untuk menciptakan Indonesia yang makmur dan bermartabat.

"Saatnya kita berpartisipasi," katanya.Sementara itu, ketika dikonfirmasi tentang nama Prabowo Subianto yang disebut sebagai Calon Presiden (Capres) dari Gerindra, Suhardi mengatakan bahwa partainya belum menentukan.

"Secara resmi belum ada keputusan. Tetapi, di mana-mana ingin Pak Prabowo. Ada suara mengalir di kabupaten tentang keinginan mendukung Prabowo," katanya.

Prabowo Subianto adalah purnawirawan jenderal bintang tiga (mayor jenderal) yang pernah menjabat selaku Komandan Komando Pendidikan dan Latihan (Dodiklat) TNI, Panglima Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Kostrad), Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD.

Kini, ia menjabat sebagai Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) dan Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI).

KPU menutup pendaftaran peserta pemilu pada Senin, 12 Mei 2008, hingga pukul 24.00.

Sekretariat KPU mencatat, hingga Kamis (8/5) partai politik yang telah menyerahkan berkas pendaftaran, di antaranya yakni Partai Hanura, Partai Matahari Bangsa, Partai Republiku Indonesia, Partai Persatuan Daerah, Partai Demokrasi Kebangsaan, Partai Peduli Rakyat Nasional, Partai Damai Sejahtera, dan Partai Penegak Demokrasi Indonesia.

Selain itu, Partai Demokrat, Partai Amanah Sejahtera, Partai Kerakyatan Nasional, Partai Karya Peduli Bangsa, Partai Bulan Bintang, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia, Partai Penegak Demokrasi Indonesia, dan Partai Amanat Rakyat.

Thursday, May 8, 2008

TKW Asal Blitar Terjatuh dari Apartemen Singapura

Blitar - Seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Desa/Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar, Arista Kholifatul Zuna (24) terjatuh dari Lantai III Apartemen majikannya, Cecilia Wong Yin Chen Boon Lay Drive Singapura.

Sekjen Aliansi Buruh Migran (ABM) Jawa Timur, Ja`far Shodiq di Blitar, Kamis melaporkan, akibat kejadian itu, korban mengalami luka pada bagian kepala, patah lengan kiri, penglihatan mata kiri kabur, dan cedera tulang ekor.

"Kejadian ini awalnya ditutup-tutupi oleh pihak PJTKI yang memberangkatkan korban ke Singapura, PT Rimba Ciptaan Indah (RCI) yang kini berganti nama PT Arni Family Cabang Blitar," kata Ja`far selaku kuasa hukum keluarga korban.

Menurut dia, pada 25 Maret 2008 lalu kedua orangtua korban, Abdul Choliq dan Rosmawati sempat menanyakan kabar anaknya melalui kantor pusat PT RCI. Kemudian mendapat jawaban, kondisi Arista baik.

Namun saat tiba di Indonesia melalui Bandara Adi Sucipto Yogyakarta 5 Mei 2008 lalu, Arista dalam keadaan mengenaskan. Korban mengaku, terjatuh ketika membersihkan kaca jendela di lantai tiga apartemen majikannya itu.

"Korban terjungkal keluar jendela saat kursi pijakan patah. Sempat berpegangan pada tali jemuran sebelum terjatuh dari ketinggian sekitar 15 meter," kata Ja`far mengungkapkan.

Akibat insiden itu korban sempat koma selama empat hari di sebuah rumah sakit di Singapura. "Orangtua korban sempat meminta PJTKI bersedia memulangkan putrinya, namun ditolak dengan alasan dokter di Singapura lebih baik daripada di Indonesia," katanya.

Namun demikian kondisi korban tak juga pulih sehingga sampai saat ini masih menjalani perawatan di RSUD Mardi Waluyo, Blitar.

ABM menuntut PJTKI bertanggungjawab atas biaya pengobatan Arista sampai sembuh dan memberikan asuransi, baik dari Singapura maupun dari Indonesia.

Menanggapi tuntutan itu, Humas PT RCI Cabang Blitar, Agus Nur menyatakan, pihaknya bertanggungjawab secara penuh biaya pengobatan Arista.

Demikian juga dengan asuransi, pihaknya akan membantu proses pengurusannya. Arista Kholifatul Zuna berangkat ke Singapura pada 19 Desember 2007 melalui seorang calo bernama Supriyadi, warga Desa Brongkos, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar. Oleh Supriadi, korban diantar ke PT RCI.

Imigrasi Malaysia Tahan Dua TKI

Kuala Lumpur - Imigrasi Malaysia menahan dua tenaga kerja Indonesia (TKI) dari 100 pekerja asing yang terjaring dalam "operasi bersepadu" di pabrik Crystal Safety Glass Sdn Bhd dan Exotic Returns Sdn Bhd, kedua pabrik di pelabuhan Klang, Selangor, Kamis diberitakan koran antara.

Direktur Penegakan Hukum Ishak Mohamad di Putrajaya, Jumat, mengemukakan, telah menahan dua TKI hasil operasi di dua lokasi karena tidak memiliki ijin kerja.

Tapi bukan hanya TKI saja yang ditahan, pekerja asing dari berbagai negara juga ditahan sekaligus majikannya warga Malaysia. Menurut Dato Sako, panggilan akrab Ishak Mohamad, pekerja asing lainnya yang juga ditahan ialah 71 lelaki warga Myanmar, 21 lelaki warga Nepal, empat lelaki China, dan dua warga Malaysia sebagai majikan.

Operasi itu dilakukan berdasarkan masukan dari Badan Pencegah Rasuah, atau KPK Malaysia, mengenai banyaknya pekerja asing yang tidak menggunakan ijin kerja sah."Diperkirakan denda yang diberikan kepada majikan mencapai 1 juta ringgit (sekitar Rp3 miliar).

Kami hukum juga majikan Malaysia karena menggunakan pekerja asing ilegal," katanya.Menurut dia, pekerja asing itu hanyalah korban dari kenakalan warga atau majikan Malaysia yang melanggar negaranya sendiri. (*)

Wednesday, May 7, 2008

Di Eropa Ada Peluang Untuk TKI

Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Jumhur Hidayat mengatakan, ada peluang peningkatan pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) terampil di berbagai bidang khususnya ke negara Eropa Tengah dan Barat.

Peluang bagi tenaga kerja Indonesia terampil untuk bekerja di Eropa Timur dan Tengah perlu mendapat dukungan dari pemerintah, ujar Juhmur Hidayat kepada pers berkenaan dengan acara Expo Indonesia yang diadakan di Gedung Expo Center Warsawa, Polandia, Rabu siang.

Expo Indonesia yang diselenggarakan oleh sembilan kantor Perwakilan Indonesia di Eropa Barat dan Tengah tersebut diikuti lebih dari 100 perusahaan dari Indonesia termasuk perusahaan perdagangan dan investasi serta sektor pariwisata serta BNP2TKI dalam upaya memberikan perlindungan kepada tenaga kerja Indonesia.

Jumhur mengakui, tenaga kerja Indonesia yang bekerja di luar negeri merupakan suatu peluang dalam upaya meningkatkan devisa Negara, apalagi umumnya mereka bekerja di sektor formal dalam segi perlindungan tidak terlalu banyak masalah.

Tenaga kerja Indonesia di Eropa seperti di sektor industri umumnya mendapat perlindungan sesuai undang undang ketenagakerjaan di Negara setempat. Banyak permintaan tenaga kerja terampil Indonesia ke Eropa dan dengan adanya BNP2TKI akan dapat membantu menyalurkan tenaga kerja terampil tersebut yang hingga kini sudah dikirim ke berbagai Negara seperti Australia, Selandia Baru dan Eropa.

Menurut Dubes RI di Polandia Hazairin Pohan, sekitar 800 tenaga kerja dari Polandia yang bekerja di Eropa Barat dan bahkan mungkin lebih dari satu juta merupakan peluang bagi Indonesia untuk mengisi kekosongan tersebut.Sejak masuknya Polandia kedalam Uni Eropa terjadi peningkatan tenaga kerja dari Polandia yang mencari pekerjaan di wilayah Eropa Barat, ujarnya.

Sementara itu Deputi Kerjasama Luar negeri dan Promosi Kepala Badan Nasional penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Ramli Saud mengatakan, selama ini baik Pemerintah maupun pejabat melihat penerimaan Negara selalu dari investasi, perdagangan dan pariwisata.

"Tidak pernah terpikirkan bahwa tenaga kerja terampil yang bekerja di luar negeri juga dapat mendatangkan devisa bagi Negara, yang pada tahun lalu mencapai 4,6 miliar dolar, lebih besar ketimbang penerimaan dari sektor lainnya.

Pemerintah melihat dengan adanya peluang pendapatan Negara dari tenaga kerja yang jumlahnya mencapai empat juta ini akan dapat memberikan sumbangsih bagi negara, untuk itu pemerintah menilai perlunya dibentuk suatu badan yang dapat menangani masalah tersebut.

Dengan dibentuknya BNP2TKI akan dapat meningkatkan sektor yang tadinya bersifat nonformal seperti pembantu rumah tangga menjadi tenaga terampil, yang jumlahnya hanya 20 persen.

Begitupun dengan penempatan yang selama ini lebih ditujukan ke Timur Tengah dan Asia Timur, akan dialihkan ke Negara Eropa, Amerika Utara dan Asia Pacifik. "Target saya adalah meningkatkan penempatan sebanyak banyaknya," ujar mantan diplomat yang pernah bertugas di KBRI London itu.

Menurut Ramli Saud, saat ini Afrika Selatan membutuhkan tenaga kerja untuk membangun stadion karena pada 2010, Afrika Selatan akan menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Begitupun Negara Eropa khususnya Eropa Timur dan Tengah yang sangat membutuhkan tenaga kerja trampil dari Indonesia, untuk itu dengan ikut sertanya BNP2TKI dalam Expo Indonesia diharapkan akan memberikan peluang bagi tenaga kerja Indonesia di Polandia.


Baca Juga
Ratusan TKI Peringati Hari Buruh di Hong Kong
Imigrasi Malaysia Kembali Menahan Puluhan WNI
Polisi Malaysia Tahan 6 WNI Terkait Kerusuhan Penjara

Sindikat Maling Terbongkar, 40 Mobil Disita

Jual Bodong Rp 35 Juta Per UnitJAKARTA - Sebanyak 40 unit kendaraan berbagai jenis dari hasil curian disita Polda Metro Jaya di daerah Jepara, Jawa Tengah.

Saat diamankan, kendaraan tersebut berada di tangan para pembeli setelah bertransaksi dengan penadah kendaraan. Dari pengembangan kasus, polisi berhasil membekuk enam pelaku di beberapa tempat.

Kepada Indo Pos (Grup Jawa Pos), Kasat Ranmor Direskrimum Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Polisi Nico Afinta mengatakan, terbongkarnya sindikat jaringan pencuri mobil lintas Pulau Jawa itu bermula dari penangkapan WN, penadah kendaraan hasil kejahatan, di depan Restoran Bunaken, Cibubur, Jakarta Timur, pada 6 April 2008.

Pemeriksaan lanjutan menemukan tiga unit kendaraan di rumah WN yang berlokasi di Kalisari, Jakarta Timur. Rencananya, kendaraan jenis Toyota Kijang Grand, Suzuki Futura Box, dan Suzuki Futura Minibus itu dikirim ke pembelinya di Jepara, Jawa Tengah.WN kepada polisi mengaku bahwa dirinya hanya kurir mobil-mobil tersebut. Pemilik ketiga mobil itu adalah temannya berinisial AL (masih buron, Red).

Rumahnya hanya dijadikan penitipan sementara sebelum mobil-mobil itu dikirim ke penadah berinisial AS dan TM di Semarang. Polisi pun membekuk AS dan TM di Semarang ketika menunggu tibanya mobil curian tersebut.Saat pemeriksaan, keduanya mengaku bahwa selain membeli mobil curian dari WN dan AL, juga membeli mobil curian dari pemetik yang berinisial KNG dan DK di Jakarta.

"KNG dan DK kami tangkap di Kalisari, Jaktim, pada pertengahan April lalu," jelas Nico.Pengembangan kasus dilakukan. Polisi memperoleh informasi bahwa keduanya sudah belasan kali mencuri di Jakarta dengan modus menggunakan kunci leter T. Kepada polisi, salah seorang tersangka, yakni TM, mengaku sudah 20 kali menjualbelikan mobil curian ke penadah di Semarang berinisial SGT dan WH.

Dari dua orang itulah polisi akhirnya menemukan 40 unit kendaraan hasil kejahatan dari para pembeli di daerah Jepara, Jawa Tengah.Nico mengatakan, sebagian besar barang bukti kendaraan yang disita tersebut dilengkapi STNK palsu, yang menurut keterangan TM dipesan dari seseorang yang bernama KSW. "Para pembeli tidak sadar bahwa mobil murah yang mereka bayar ternyata dari curian.

Sebab, pelaku memalsukan STNK dan BPKB-nya," kata Nico.Menurut Nico, mobil-mobil yang dijual dengan harga miring itu merupakan hasil pencurian dan perampokan di Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

Pelaku menjual mobil-mobil curian tanpa surat alias bodong itu Rp 35 juta per unit. Jika sudah dilengkapi BPKB dan STNK palsu, mobil tersebut dijual lebih murah 20 persen hingga 25 persen di bawah harga pasaran yang berlaku.

"Kalau pasaran harga Kijang LGX sebesar Rp 75 juta per unit, kawanan ini berani jual Rp 60 juta dengan alasan jual butuh," ujar Nico memberikan contoh.Nico menyebutkan, dari 40 kendaraan hasil curian yang ditemukan Polda Metro Jaya di Jepara dalam satu bulan terakhir, masih ada 28 mobil yang hingga kini belum diketahui pemilik sahnya. "Dari 40 kendaraan, 12 sudah kami kembalikan ke pemiliknya.

Dan, 28 unit kendaraan masih kami cari pemiliknya," ujar Nico.Karena itu, Nico mengharapkan warga yang merasa pernah kehilangan kendaraan segera datang ke Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya untuk memastikan apakah kendaraan tersebut miliknya.

Warga juga diharapkan turut membawa bukti kepemilikan sah, seperti STNK dan BPKB saat datang ke Polda Metro.Dari pengamatan di lapangan, jenis ke-28 mobil sitaan yang masih tersisa tersebut cukup bervariasi, seperti Carry, Kijang, dan Xenia.

Terdapat juga satu buah truk di antara puluhan mobil yang dipajang di salah satu lahan parkir Polda Metro Jaya tersebut. Warna kendaraan itu juga beragam, seperti biru, hitam, merah, silver, hijau muda, dan putih.

KPU Deadline PKB sampai Pencalegan

Jika Dua Kubu Mengajukan Caleg, Dua-duanya Ditolak JAKARTA - Syarat kepemilikan SK kepengurusan parpol untuk mendaftarkan ke KPU tidak akan berlaku dalam kasus dualisme kepengurusan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan, ada kemungkinan berkas pendaftaran dua kubu PKB itu akan diterima meski belum jelas kapan mendapatkan SK kepengurusan dari Departemen Hukum dan HAM (Depkum HAM).

"Kemungkinan seperti itu," kata Ketua Pokja Tahapan Verifikasi Parpol Andi Nurpati di gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, kemarin (7/6).

KPU berencana menggelar pleno pada Jumat (8/6) esok khusus untuk membahas nasib dua kubu PKB yang saling beperkara di pengadilan itu. Karena gugatan itu, Depkum HAM belum bisa mengesahkan status badan hukum PKB mana pun sampai ada putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap.

Andi menegaskan, persoalan utama yang akan dibicarakan di pleno nanti adalah kemungkinan sampai kapan pengadilan dua PKB itu berlangsung. KPU memang tidak bisa menentukan harus berapa lama pengadilan berjalan.

Namun, KPU memiliki tahapan dan jadwal Pemilu 2009 yang tidak hanya sebatas pada tahap verifikasi parpol."Pada Agustus nanti, kami sudah memulai pendaftaran caleg (calon legislatif)," kata Andi.

Pendaftaran caleg itu tentu sangat krusial bagi parpol yang tengah bersengketa internal seperti halnya PKB. Sebuah parpol wajib mendaftarkan pasangan calegnya sebagai syarat dia nanti bersaing memiliki kursi di legislatif. Nah, di tahapan itu, PKB tentu akan kesulitan jika masih bersengketa pada bulan tersebut.

"Kalau sampai saat itu masih dobel, dua-duanya tidak disahkan," tegasnya.Meski di tahapan pendaftaran parpol PKB masih terselamatkan pasal 315 UU Pemilu, kata dia, dalam tahap pencalegan, PKB sudah tidak memiliki dasar.

Sebab, tak ada aturan apa pun yang mengakomodasi pencalegan dari satu parpol dengan dua kepengurusan. "Di situ (PKB) bisa lewat kalau tidak tuntas kepengurusannya," tambahnya.

Penyanyi Rock terkenal Malaysia Amy Akan Buka Pondok Hafal Alqur'an


KUALA LUMPUR, 6 Mei: Percaya atau tidak, penyanyi rock terkenal Amy Search, akan membuka sebuah maahad tahfiz (pondok hafal alqur'an ) bernilai RM3 juta di Johor tidak lama lagi?
Tetapi itulah yang sedang dirancangkan oleh Amy sekarang.

Bagi mempastikan ia menjadi kenyataan, Amy telah memberikan penerangan secara sepintas lalu kepada Menteri Besar Kelantan (gubenur kelantan), Datuk Nik Abdul Aziz Nik Mat yang berkunjung ke restoran makannya, Restoran makanan Cina Islam Cheng Ho di Wangsa Maju baru-baru ini.
Amy menunjukkan kepada Nik Aziz model pelan pusat tahfiz yang beliau rancangkan itu."Mana masjidnya?" tanya Tok Guru Nik Aziz."Ini dia pelannya tok guru (kiai)," kata Amy memberikan penerangan tentang reka bentuk pusat tahfiz yang bakal dibina melalui yayasan yang beliau tubuhkan itu.

Selepas melihatnya, Nik Aziz membacakan doa, moga-moga cita-cita penghijrahan Amy berjaya.Amy mula berubah selepas menunaikan umrah tahun lalu.
Beliau ke sana selepas berjaya dalam samannya terhadap sebuah syarikat rakaman.
Selepas itu, perlahan-lahan Amy dilihat berubah dan pembukaan kedai makanan Cina Islam Cheng Ho antara titik penting perubahan Amy.

Sebelum ini, Amy berduet dengan kumpulan Rabbani merakamkan lagu ketuhanan.
Kini, perubahan lebih besar sedang dirancang Amy bersama isterinya yang merasakan cinta mereka berdua semakin mantap sepanjang di tanah suci walaupun sudah beranak
dua ketika itu

Tuesday, May 6, 2008

PBNU Minta Umat Islam Tak Musuhi Ahmadiyah

Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj meminta kepada masyarakat, khususnya umat Islam, tak memusuhi pengikut aliran Ahmadiyah. Menurut dia, umat Islam harus tetap menghormati dan melindungi para pengikut aliran yang difatwa sesat itu.

“Boleh saja ajaran Ahmadiyah dilarang. Tapi, ingat, keluarga Ahmadiyah harus kita bina dan dilindungi, terutama hak hidupnya, aset, properti dan kehormatannya,” tegas Kang Said—begitu panggilan akrabnya—di sela-sela silaturrahim dengan Bupati Pamekasan, KH Kholilurrahman, di Pendapa Ronggosukowati, Pamekasan, Madura, Jawa Timur Selasa (6/5) kemarin.

Kang Said menjelaskan, membina warga Ahmadiyah berarti memberikan pencerahan bahwa ajaran yang mereka anut menyimpang dari Islam. Agar pencerahan diterima dengan baik, harus dilakukan dakwah secara bijak dan santun.

Ia menambahkan, jika kebijakan tersebut diterapkan, pasti di antara mereka ada yang sadar dan kembali ke ajaran Islam yang benar. Walau nanti tidak 100 persen berhasil, tapi cara ini dia yakini mampu mengembalikan kesadaran mereka.

“Selama ini, warga Ahmadiyah tidak pernah diberi pencerahan, tapi dilarang disertai kekerasan dan diserang serta dikafir-kafirkan. Bukankah sejak tahun 1980-an Majelis Ulama Indonesia sudah menyatakan Ahmadiyah menyimpang dari ajaran Islam tapi waktu itu tidak ada kekerasan,” tegasnya.

Di tempat terpisah, Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi menilai pemerintah gamang dalam menghadapi aliran Ahmadiyah terkait dengan rencana penerbitan Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri yang terus ditunda-tunda.

“Penyelesaian masalah ini tergantung pada political will (kehendak politik) pemerintah. Kita memiliki Pancasila sebagai panduan, ada ketuhanan yang maha esa, kemanusiaan, ada persatuan.

Ukuran-ukurannya di situ,” katanya.Hasyim juga meminta agar keputusan yang dibuat oleh pemerintah mempertimbangkan faktor keamanan bagi masyarakat dan bagi anggota jamaah Ahmadiyah. “Keputusan yang dibuat jangan sampai malah menimbulkan kekacauan,” ujarnya.
Meredam Dampak Kenaikan BBM, Miskin Dijatah Rp 1,2 Juta dan Sembako Setahun

Wednesday, 07 May 2008
Jakarta--Untuk mengurangi dampak kenaikan harga BBM (Bahan Bakar Minyak) yang bakal dilakukan dalam waktu dekat, pemerintah kini sedang menyiapkan program kompensasi bagi keluarga miskin (gakin).


Beda dengan program kompensasi sebelumnya, kali ini selain mendapat uang tunai dan beras (raskin), gakin juga akan mendapatkan paket sembako lainnya. Misalnya gula, minyak goreng dan tepung terigu.

Oleh karena itu, pemerintah menyebut program pengentasan kemiskinan terkait kenaikan harga BBM ini sebagai Bantuan Langsung Tunai (BLT) Plus.

Menurut Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Paskah Suzetta, dana yang dialokasikan pemerintah untuk BLT Plus ini mencapai Rp 35 triliun.

"Kita sekarang sedang kaji kenaikan BBM sebesar 20 persen, 25 persen, dan 30 persen. Kalau kenaikannya 30 persen, kita akan dapat dana dari penghematan subsidi BBM sebesar Rp 35 triliun," jelas Paskah usai pembukaan acara Musyarawah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) di Jakarta, Selasa (6/5).

Untuk jumlah gakin yang berhak atas BLT Plus, kata Paskah, pemerintah masih mendasarkan pada data kemiskinan milik BPS (Badan Pusat Statistik) tahun 2005.

Yaitu sebanyak 19,1 gakin.“Sebetulnya telah terjadi penurunan penduduk miskin dari 17,75 persen (dari total penduduk Indonesia) menjadi 16,75 persen pada 2006.

Tapi, kita tetap berpatokan pada jumlah gakin 2005,” ucap Paskah.Dalam program BLT Plus itu, setiap gakin akan menerima paket bantuan uang tunai sebesar Rp 100.000 per bulan (atau Rp 1,2 juta setahun), raskin, serta tambahan sembako lainnya seperti minyak goreng, gula, dan tepung terigu.

"Bersabar saja, dalam dua minggu ini kita akan umumkan mekanisme penyaluran BLT Plus itu seperti apa. Juga soal jadwalnya kapan, tunggu saja. Tapi yang jelas ini disalurkan 2008 dan 2009," kata Paskah.

Ditargetkan pemerintah, penyaluran BLT Plus ini akan berbarengan dengan kenaikan harga BBM, yang diperkirakan paling lambat 1 Juni 2008 ini.Untuk mencegah salah sasaran, pola penyaluran uang tunai tetap melalui kantor pos seperti tahun 2005. Sedangkan untuk raskin dan sembako lainnya, masih belum ditentukan pola penyalurannya.

Tapi, jika mengacu pada pengalaman sebelumnya, bantuan tersebut akan dibagi oleh desa/kelurahan bekerjasama dengan RW/RT di bawahnya. Korban Pertama Anti BBMSementara itu, meski kenaikan harga BBM masih baru sebatas rencana, seorang polisi sudah jadi korban demo anti kenaikan harga BBM.

Seorang anggota Reserse Polresta Makassar Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel), kemarin terkapar di aspal setelah sebuah lemparan batu besar tepat mengenai batang hidungnya.Darah mengucur deras dari hidung korban yang tertelungkup di aspal, di tengah kerusuhan menyusul unjuk rasa mahasiswa yang menolak rencana kenaikan BBM.

Hampir lima menit, anggota kepolisian berpakaian preman itu pingsan, sebelum dilarikan ke RS Bhayangkara untuk mendapat perawatan.Seorang rekannya, AKP Yakob Mone yang berpakaian dinas juga luka di kepala akibat lemparan batu. Sedangkan dari kalangan mahasiswa, sedikitnya lima orang luka-luka terkena pentungan dan lemparan batu petugas. Lima mahasiswa lainnya ditangkap dan dibawa ke markas Polresta Makassar Timur.

Insiden berdarah itu terjadi menyusul bentrok polisi dengan mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Makassar yang berdemo menolak kenaikan harga BBM di depan kampus mereka di Jl. Sultan Alauddin Makassar.

Pada awalnya, aksi unjuk rasa berjalan lancar dengan diwarnai pembakaran ban bekas seperti yang biasa dilakukan bila mahasiswa berdemo di tempat itu.

Situasi berubah kisruh ketika mahasiswa menghengtikan mobil tangki pengangkut BBM yang melintas di lokasi unjuk rasa. Mahasiswa menempeli mobil itu dengan poster-poster kecaman terhadap pemerintah yang akan menaikkan harga BBM.

Akibatnya, Jl Sultan Alauddin yang menjadi poros ekonomi penting di Sulsel macet total. Polisi kemudian menghalau mahasiswa yang menyandera mobil tersebut.

Polisi juga berupaya memadamkan kobaran api yang membakar ban bekas dan mengepulkan asap hitam di tengah jalan.

Tindakan polisi itu mendapat perlawanan mahasiswa, sehingga bentrok tidak terelakkan. Aksi saling lempar terjadi sebelum polisi mendesak mahasiswa masuk ke dalam kampus dan menangkap lima orang di antaranya.






GRESIK - -Ribuan buruh turun jalan, Selasa (6/5). Mereka menuntut agar pemerintah menegakkan hukum ketenagakerjaan, seperti masih banyaknya buruh yang belum menerima hak normatif, dan penghapusan sistem kerja kontrak (outsourcing).
Rombongan buruh secara bergelombang berdatangan dari sejumlah kantong industri di Gresik, misalnya Kecamatan Kebomas, Manyar, Driyorejo dan Wringinanom, sejak pukul 07.30 WIB.

Selama perjalanan menuju Gedung DPRD Gresik, para buruh yang berkonvoi mengendarai ratusan motor sempat melakukan swepping terhadap sejumlah pabrik yang mereka lalui.

Saat di pabrik penghasil Mie Sedap, PT Karunia Alam Segar (KAS) di Jl Raya Sukomulyo Manyar, rombongan buruh sempat memaksa masuk pintu karena jumlah buruh yang hendak ikut aksi ternyata kurang dari kuota yang telah ditentukan.“Kami akan masuk, jika jumlahnya tak mencapai 200 orang.

Ayo kita hitung berapa buruh Mie Sedap yang sudah ada,“ kata Muhammad Agus, Ketua DPC Sarbumusi Gresik, yang menjadi salah satu koordinator aksi itu.Akibatnya, sempat terjadi aksi saling dorong.

Untungnya aksi bisa diredam, setelah jumlah buruh Mie Sedap sudah mencapai 200 orang. Akibat beberapa jam di depan pabrik itu, arus lalu lintas macet sepanjang sekitar 1 kilometer.

Sampai di Gedung DPRD Gresik, Jl KH Wachid Hasyim, sekitar pukul 12.00 WIB, buruh lantas membeber sejumlah poster dan spanduk yang diantaranya bertuliskan Hapus Kontrak Kerja, Hapus Sistem Kerja Kontrak dan Sumpah Jangan Dilanggar.

Di tengah aksi, sejumlah polwan anggota Polres Gresik bertindak simpatik guna meredam emosi buruh dengan membagikan permen. Tak ayal, para buruh berebut mendekat tahu yang membagikan permen polwan.

Saat aksi berlangsung, sejumlah wakil buruh, diantaranya Ketua DPC SPN Gresik Halid Amir, Ketua DPC Sarbumsi Muhammad Agus, Ketua DPC Kahutindo Agus Salim, serta Ketua DPC SPSI LEM Suyitno lantas bertemu dengan Komisi D di dalam gedung.

“Hasilnya, akan ada pertemuan 15 Mei, menghadirkan DPRD, kepolisian, Kejaksaan, PN, Pemkab dan wakil buruh.

Agendanya akan membahas upaya penegakan hukum ketenagakerjaan,“ kata Ketua Komisi D M Syafiqi Zen.Sekitar pukul 14.00 WIB, aksi buruh bubar dengan tertib.

Ratusan polisi yang dipimpin langsung Kapolres Gresik AKBP Imam Sugianto, juga berangsungsur-angsur meninggalkan gedung dewan. Termasuk mobil water canon, yang disiagakan di DPRD, juga ditarik ke Mapolres Gresik.

Hassan Wirayuda Ingatkan Pentingnya Toleransi Dalam Berekspresi Denpasar

- Menteri Luar Negeri Hassan Wirajuda mengingatkan pentingnya kebebasan berekspresi dilandasi toleransi dan pertimbangan menjaga kerukunan sosial masyarakat yang majemuk."Belakangan ini terdapat kontroversi masalah kartun dan tayangan film 'Fitna'.

Itu menunjukkan bahwa toleransi sangat penting dalam upaya menjaga kerukunan sosial masyarakat yang majemuk," katanya di Nusa Dua, Bali, Rabu.

Hassan mengungkapkan hal itu saat membuka "Global Inter-Media Dialoque" (GIMD) ke-3 yang diikuti 130 wartawan dari 60 negara, guna membahas berbagai isu terkait perkembangan media massa.

Hassan Wirajuda menyebutkan kebebasan berekspresi merupakan sebuah hak azasi dan penghilangan hak tersebut melalui kekerasan merupakan kejahatan terhadap kemanusiaan.

"Kebebasan berekspresi merupakan suatu tuntutan politik, sosial dan ekonomi. Perlu diingat, tidak ada kebebasan yang absolut.

Kebebasan berekspresi dibatasi oleh hak-hak," katanya.Pembukaan kegiatan internasional ini ditandai pemukulan kentongan atau "kulkul" dan dihadiri Wakil Menteri Kebudayaan dan Gereja Norwegia, Wegard Harsvik.

Sejumlah tokoh pers Indonesia, seperti Bambang Harimurti dan pimpinan media, di antaranya Dirut Perum LKBN ANTARA Ahmad Mukhlis Yusuf, berbaur bersama jurnalis dari berbagai negara.

Kegiatan ini juga akan membahas kontroversi gambar kartun dan film 'Fitna' yang juga memunculkan gambar kartun Nabi Muhammad SAW dengan surban berbentuk bom di kepala.

Sebelumnya Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki moon, ikut mengutuk beredarnya film tersebut."Saya mengutuk keras penayangan film Geert Wilder yang sangat ofensif anti-Islam," kata Ban.

Menurut Sekjen PBB, kebebasan bukanlah untuk menyerang dan menumbuhkan kebencian.Protes keras juga datang dari Sekjen OKI, Ekmeleddin Ihsanoglu, yang menilai film itu sebagai perlakuan diskriminasi yang disengaja terhadap kaum Muslimin untuk menimbulkan kebencian dan usaha penistaan agama yang semata-mata bertujuan memprovokasi permusuhan.

Menurut Direktur Informasi dan Media Departemen Luar Negeri, M Sastromihardjo, pertemuan 6-9 Mei 2008 itu merupakan kelanjutan pertemuan serupa yang digelar di Norwegia tahun 2007, setelah tahun 2006 juga diadakan di Bali.Pertemuan di Bali kali ini juga akan memutuskan apakah pertemuan berikutnya masih akan dilanjutkan tahun depan atau tidak. (*)

Pengadilan Malaysia Izinkan Majalah Katolik Gunakan Kata "Allah"

Kuala Lumpur (ANTARA News) - Mahkamah Tinggi (Pengadilan Tinggi) Senin memenangkan gugatan Gereja Katolik untuk membuat peninjauan ulang undang-undang larangan menggunakan perkataan "Allah" dalam penerbitan mingguan Herald - The Catholic Weekly.

Hakim Mahkamah Tinggi Malaysia Lau Bee Lan juga membenarkan Gereja Katolik meminta peninjauan ulang atas undang-undang atau keputusan kerajaan Malaysia yang melarang penggunaan perkataan "Allah" dalam penerbitan tersebut, demikian harian Utusan Malaysia, Selasa.

Keputusan pengadilan itu membenarkan mingguan Herald - The Catholic Weekly menggunakan kata "Allah" dalam penerbitannya karena kata "Allah" tidak eksklusif untuk agama Islam saja.

Dengan keputusan itu, pengacara gereja Katolik Porres Royan mengatakan akan mengajukan gugatan banding atas undang-undang kerajaan Malaysia yang melarang penggunaan kata "Allah" dalam waktu dua minggu ini. (*)

Sunday, May 4, 2008

Malaysia Prioritaskan Penyediaan Pangan

Kuala Lumpur (ANTARA News) - Perdana Menteri (PM) Malaysia, Abdullah Ahmad Badawi, mengatakan baahwa pemerintahannya akan menunda pelaksanaan proyek-proyek yang tak mendesak, dan menggunakan dana untuk mengamankan pasokan pangan di tengah meroketnya harga pangan global.

Pemerintah itu mengumumkan pada Jumat bahwa pihaknya akan menggunakan 2,49 miliar ringgit (778 juta dolar) tahun ini untuk mendorong produksi pangan karena harga-harga kebutuhan pokok, seperti beras naik tajam, demikian laporan Reuters.

Uang itu merupakan bagian dari janji PM Badawi pekan lalu sebesar 4 miliar ringgit untuk meningkatkan produksi pangan dan mengatasi kenakan harga.

"Pemerintah telah memutuskan untuk menciptakan sediaan penyangga tidak hanya untuk beras tetapi juga bahan-bahan pokok yang dibutuhkan rakyat apakah mereka miskin, kaya, dari kota atau desa," katanya seperti dikutip kantor berita Bernama.

"Maka kami harus mengalokasikan, dan ketika ada realokasi sudah tentu proyek-proyek (yang kurang penting) yang tak mungkin mendapat alokasi barangkali akan dikurangi atau ditunda," kata PM Badawi.

Menurut dia, pasokan pangan negerinya tak dalam tahap kritis tapi sesuatu perlu dilakukan secepatnya.

"Akan sulit nantinya. Tapi faktanya adalah bahwa kami harus mengambil langkah-langkah ini. Kami tak dapat menunggu (kekurangan pangan) terjadi dulu, kemudian muncul kegaduhan," katanya. (*)

KJRI Hongkong Layani Dokumen WNI di Makao

Beijing (ANTARA News) - Konsulat Jenderal RI (KJRI) Hongkong telah mulai melayani pengurusan dokumen warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Makao, sehingga WNI yang tinggal di Makao tidak perlu lagi harus pergi ke Beijing untuk mengurus dokumen.

"Sejak Januari 2008, KJRI Hongkong sudah membuka kantor di Makao untuk membantu WNI yang tinggal di Makao dan ternyata mendapat sambutan positif," kata Kepala Kanselerai KJRI Hongkong, Dicky D. Soerjanatamihardja, ketika dihubungi dari Beijing, Minggu.

Menurutnya, untuk sementara ini, KJRI Hongkong membuka kantor sementara di Makao pada hari Minggu saja dan menempatkan beberapa petugasnya untuk melayani masyarakat untuk mengurus berbagai dokumen, seperti perpanjangan paspor, lapor datang, keimigrasian, serta kekonsuleran.

Rencananya, kata Dicky, KJRI Hongkong pada Juni atau Juli sudah bisa membuka kantor secara permanen di Makao untuk melayani WNI yang ingin mengurus berbagai dokumen.

Selama ini, WNI yang tinggal di Makao dan yang ingin mengurus lapor datang, keimigrasian dan memperpanjang paspor harus datang ke KBRI Beijing, karena Makao merupakan wilayah kerja KBRI Beijing.

Tapi karena letak geografis Makao dengan Beijing yang jauh, dibanding dengan Makao dengan Hongkong yang lebih dekat, maka ada pemikiran urusan kekonsuleran WNI yang tinggal di Makao dapat dikerjakan oleh KJRI Hongkong.

"Jadi perpindahan urusan kekonsuleran serta pengurusan dokumen-dokumen WNI yang tinggal di Makao oleh KJRI Hongkong, semata karena untuk lebih efisien saja dan memudahkan WNI untuk mengurusnya," kata Dicky.

Dicky mengatakan, setiap harinya setidaknya 20 hingga 30 WNI di Makao yang memanfaatkan layanan tersebut, mulai dari yang mengurus lapor datang, ketenagakerjaan, hingga perpanjangan paspor.

Meskipun demikian, ia mengakui bahwa untuk perpanjangan paspor tidak bisa diselesaikan dalam waktu satu hari tapi bisa diselesaikan satu minggu lamanya, yakni ketika hari MInggu staf KJRI Hongkong datang kembali ke Makao.Memang hal ini sempat dipertanyakan oleh WNI di Makao mengapa urusan perpanjangan paspor harus memakan waktu selama satu minggu, tidak bisa diselesaikan pada hari itu juga.

"Ini semua semata karena kita belum memiliki jaringan langsung untuk kantor sementara di Makao. Nanti kalau kita sudah membuka kantor tetap di Makao, perbaikan layanan kepada WNI akan kita tingkatkan dan benahi," katanya. (*)

Gus Dur Tegaskan Kembali MLB PKB di Ancol Tidak Sah

Jakarta (ANTARA News) - Saling klaim mengenai keabsahan penyelenggarahan Muktamar Luar Biasa (MLB) PKB masih terjadi dan kubu Gus Dur kembali menegaskan bahwa MLB yang diselenggarakan kubu Muhaimin Iskandar di Ancol Jakarta Utara tidak sah, sebaliknya pihak Muhaimin menganggap MLB di Parung yang diselenggarakan atas dukungan Gus Dur tidak sah dan tidak sesuai AD/ART partai.

Ketua Pelaksana MLB PKB Gus Dur di Parung yang juga Ketua Fraksi PKB DPR Effendy Choirie (Gus Choi) di Jakarta, Minggu mengemukakan MLB PKB di Ancol bertentangan dengan AD/ART PKB."

MLB PKB di Ancol katanya diikuti oleh 33 pengurus wilayah dan 300-an pengurus cabang, ternyata banyak pengurus cabang dan wilayah (DPC/DPW PKB) yang sudah dibekukan dihidupkan lagi," katanya.

Effendy Choirie menegaskan, ukuran keabsahan MLB sesuai AD/ART PKB itu sudah jelas. Pertama harus diminta oleh sekurang-kurangnya oleh 2/3 pengurus cabang/wilayah. Kedua, pengundang MLB adalah Pengurus DPP dalam hal ini adalah Ketua Umum Dewan Syuro DPP PKB, Sekretaris Dewan Syuro dan Ketua Umum Dewan Tanfidz Ali Masykur Musa serta Sekretaris Jenderal Yenny Wahid .

Ketiga, undangan ke cabang/wilayah harus sekurang-kurangnya tujuh hari sebelum pelaksanaan MLB oleh pengurus.

MLB juga harus dihadiri oleh sekurang-kurangnya 2/3 delegasi dari pengurus cabang/pengurus wilayah yang mendapat mandat resmi dari pengurus cabang/pengurus cabang dengan Surat Keputusan (SK) sah dari DPP PKB yang ditandatangani oleh Ketua Umum Dewan Syuro, Sekretaris, Ketua Umum Dewan Tanfidz dan Sekretaris Jenderal.

Dengan merujuk pada AD/ART tersebut, kata Gus Choi, maka MLB PKB di bawah kepemimpinan Gus Dur adalah yang sah karena sesuai dengan AD/ART.

"Mengapa? Karena mulai dari permohonan MLB dari cabang/wilayah, undangan dari DPP PKB kepesertaan semua beres. Kalau berani saya tantang mereka untuk membuka file mulai dari proses permohonan cabang/wilayah, Undangan MLB, kepesertaan dan kita umumkan kepada masyarakat," katanya.

Dia menyatakan, kepesertaan MLB kubu Gus Dur di Parung bukan sekadar klaim. "Bukan sekedar klaim sepihak seperti yang Muhaimin dan Sekjen Lukman Edy lakukan. Dari sisi undangan saja, MLB Muhaimin itu sudah cacat, yang mengundang bukan DPP tapi panitia dan mengetahui Muhaimin," lanjutnya.

"Apalagi kepesertaan, saya yakin lebih tidak jelas lagi," katanya.

Susunan kepanitiaan juga dianggap tidak sah."Kalau mencermati susunan kepanitiaan MLB PKB Muhaimin, saya pun yang jelas-jelas Ketua Pelaksana MLB PKB yang sah ternyata dicatut menjadi panitia mereka," katanya.

Sebelumnya, kubu Muhaimin menganggap bahwa MLB kubu Gus Dur di Parung tidak sah dan tidak sesuai AD/ART PKB dan mengklaim MLB PKB di Ancol sesuai AD/ART PKB. Kubu Muhaimin telah mengajukan gugatan atas penyelenggaraan MLB kubu Gus Dur, akhir pekan lalu.(*)

Saturday, May 3, 2008

Mantan Dubes Singapore Tersangka

  • Dugaan Korupsi Renovasi Gedung Kedubes JAKARTA -04-Mei -2008 Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan dua tersangka kasus dugaan korupsi renovasi wisma KBRI Singapura. "Dua tersangka itu berinisial MSH dan ER," kata Wakil Ketua KPK M. Jasin ketika dihubungi Jawa Pos tadi malam (3/5).
  • Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Chandra M. Hamzah pada Jumat lalu (2/5) mengumumkan bahwa kasus tersebut telah naik ke penyidikan, meski saat itu dia tak membeberkan siapa tersangkanya.
  • Siapa MSH? Tanpa menyebutkan nama yang bersangkutan, Jasin mengungkapkan bahwa dia adalah mantan Dubes Singapura dan mantan Dirjen Deplu. "ER itu staf MSH saat MSH masih menjabat di Konjen Indonesia di New York. Kemudian, dia ikut saat MSH pindah ke Singapura," ujar Jasin soal tersangka yang satunya (ER).
  • Menurut penelusuran Jawa Pos, MSH mengarah ke M. Slamet Hidayat, mantan Dubes Singapura. Gara-gara kasus itu, Slamet lantas dinonaktifkan dari jabatan Dirjen Multilateral Deplu pada 2007. Sedangkan ER diduga pimpinan proyek renovasi yang juga bendahara Kedubes.
  • Kasus dugaan korupsi di korps diplomatik RI di Singapura itu bukan barang baru. Sebelumnya, kasus itu ditangani Timtastipikor sejak 2006. Diduga sekitar Rp 16 miliar uang negara raib dalam kasus ini.
  • Pada Januari 2004, Deplu dan pihak Kedubes RI di Singapura bersepakat merenovasi gedung Kedubes, rumah dinas pejabat Kedubes, dan wisma Kedubes. Anggarannya mencapai SGD 3.380.100 (sekitar Rp 21,9 miliar dengan kurs SGD 1 = Rp 6.500) yang diperoleh dari Anggaran Biaya Tambahan (ABT) Deplu 2003.
  • Setelah anggaran dari Depkeu cair, ditunjuklah pengusaha John Lee AH Kuang dari PT Ben Soon Heng Engineering Enterprises. Diduga ada indikasi mark up dalam proyek tersebut. Pada Februari 2007, Timtastipikor sempat menetapkan lima tersangka, yakni mantan Dubes Singapura MSH dan bendahara kedutaan ER. Selain itu, mantan Wakepri KBRI Singapura yang juga mantan Sekjen Deplu EH, mantan duta besar Amerika Serikat yang mantan Sekjen Deplu SP, serta pejabat Deplu TQ juga ditetapkan sebagai tersangka.
  • Setelah Timtastipikor bubar, kasus itu ditangani Kejaksaan Agung (Kejagung) dan mengendap. Lima tersangka tak pernah diajukan ke pengadilan.
  • Meski telah menetapkan dua tersangka, menurut Jasin, pihaknya belum tutup buku. "Sementara ini tersangkanya masih dua. Bergantung pada hasil penyidikan nanti," ujarnya, soal kemungkinan ada tersangka baru.
  • KPK, tambahnya, akan menuntaskan kasus tersebut. Apakah Menlu akan dipanggil? "Siapa pun yang terkait kasus tersebut. Kita lihat nanti perkembangannya," tambahnya .(ain)

Effendy Choirie Tantang Buka-bukaan

JAKARTA - 04-Mei - 2008 Klaim MLB Muhaimin Iskandar yang menyatakan diikuti 33 pengurus wilayah dan 300-an pengurus cabang membuat PKB Ali Masykur meradang. Apalagi sebelumnya, ada pernyataan bahwa banyak pengurus cabang dan wilayah (DPC/DPW PKB) yang sudah dibekukan kemudian dihidupkan lagi. Kubu Ali Masykur menilai hal itu melanggar hukum dan bertentangan dengan AD/ART PKB.

Menurut A. Effendy Choirie, ketua pelaksana MLB PKB Gus Dur, ukuran keabsahan MLB sesuai AD/ART PKB harus disetujui sekurang-kurangnya 2/3 pengurus cabang/wilayah. Kedua, pengundang MLB adalah pengurus DPP, dalam hal ini ketua umum dewan syura, sekretaris dewan syura, ketua umum dewan tanfidz, serta sekretaris jenderal. Ketiga, undangan ke cabang/wilayah harus disampaikan sekurang-kurangnya tujuh hari sebelum pelaksanaan MLB oleh pengurus.

Persyaratan lainnya, MLB harus dihadiri sekurang-kurangnya 2/3 delegasi dari PC/PW yang mendapatkan mandat resmi. PC/PW yang memberikan mandat itu juga harus memiliki SK sah dari DPP PKB. SK tersebut ditandatangani ketua umum dewan syura, sekretaris, ketua umum dewan tanfidz, dan sekretaris jenderal.

Dengan AD/ART tersebut, Effendy menilai MLB PKB di bawah kepemimpinan Gus Dur-lah yang sah. Sebab, permohonan MLB dari cabang/wilayah, undangan DPP PKB, dan status peserta sudah seusai AD/ART. "Kalau berani, saya tantang mereka untuk membuka file proses permohonan cabang/wilayah, undangan MLB, dan kepesertaan. Setelah itu, kita umumkan kepada masyarakat," katanya saat ditemui di Kantor DPP PKB Kalibata, Jakarta, kemarin (3/5).

Dia menambahkan, dari sisi undangan, MLB Muhaimin cacat hukum. Sebab, pengundang bukan DPP, tapi panitia yang diketahui Muhaimin. "Saya yakin status kepesertaannya lebih abal-abal. Ibaratnya, hantu balau pun bisa diberi baju untuk dijadikan peserta MLB PKB Muhaimin," tegas ketua DPP PKB itu.

Effendy juga mengaku namanya dicatut sebagai salah seorang panitia MLB Muhaimin. Padahal, jelas-jelas dirinya menjadi ketua steering committee MLB PKB Gus Dur. "Kalau mencermati susunan kepanitiaan MLB PKB Muhaimin, saya selaku ketua pelaksana MLB PKB yang sah ternyata dicatut menjadi panitia mereka," ujarnya. (cak/fat)

Gusdur Usir Kiai Kubuh Muhaimin

Tutup Pintu Islah, Tolak Hadiri MLB AncoL

  • JAKARTA -04 - Mei - 2008 Ketua Umum Dewan Syura DPP PKB Abdurrahman Wahid tampaknya sudah benar-benar emoh dengan Muhaimin Iskandar. Sikap itu kemarin ditunjukkan dengan mengusir para kiai pendukung muktamar luar biasa (MLB) kubu Muhaimin yang berusaha menemuinya.
  • Para kiai tersebut adalah KH Abdul Azis Mansyur (Ponpes Pacul Gowang, Jombang), KH Abdus Salam Mujib (Sidoarjo), KH Muqorrobin (Ngawi), KH Syakir Chubaib (Palu), H Lukman Hakim (Pacitan), KH Mas Yazid Bustomi (Jombang), dan KH Nidhom Tholhah (Surabaya). Mereka memang mendapat mandat dari muktamirin untuk menemui Gus Dur dan mengundangnya untuk hadir ke MLB di Hotel Mercure Ancol.
  • Rombongan kiai itu tiba di Kantor PB NU, Jalan Kramat Raya, pukul 12.15. Saat mereka datang, Gus Dur belum tiba di Kantor PB NU, tempat dia biasa ngantor. Para kiai tersebut menanti di ruang tunggu, sebelah ruang Gus Dur. Lima belas menit kemudian, Gus Dur tiba dan masuk ke ruang kerjanya didampingi Ketua DPP PKB Hermawi Taslim. Para kiai itu kemudian dipersilakan masuk ke ruang Gus Dur. Beberapa wartawan tidak diperbolehkan masuk.
  • Saat para kiai tersebut masuk, terdengarlah teriakan keras Gus Dur. "Keluar!" teriak Gus Dur. Suaranya sampai terdengar hingga luar ruangan. Beberapa saat kemudian, terdengar lagi suara keras Gus Dur. "Muhaimin itu penipu. Semuanya pembohong," kata Gus Dur dengan nada tinggi.
  • Tidak sampai dua menit, Azis Mansyur dan para kiai lainnya keluar ruangan. Mereka saling mengelus punggung untuk saling menenangkan.
  • Di halaman Kantor PB NU, Azis Mansyur mengatakan, amanah untuk mengundang Gus Dur ke MLB Ancol sudah disampaikan. "Tapi, beliau tidak berkenan," ujarnya.
  • Mengenai pertemuannya yang sangat singkat dan adanya bentakan Gus Dur, Azis membenarkan. "Ya, tadi Gus Dur berteriak, ’Muhaimin penipu’," katanya sambil tetap berusaha tersenyum.
  • Setelah itu, para kiai tersebut kembali ke Hotel Mercure dan menggelar konferensi pers. Di situ, Azis berusaha menutupi bahwa Gus Dur membentak rombongan kiai itu. "Kalau ada kabar kami diusir Gus Dur, itu tidak benar. Kalau ada bentak-bentak, itu bukan kami yang dibentak. Tapi soal lain. Beliau menceritakan soal Muhaimin dan Hasyim Muzadi," kata Azis. "Beliau malah bilang, saya dan Gus Abdus Salam adalah saudara," jelasnya.
  • Sebelum berangkat menemui Gus Dur, Azis Mansyur dan para kiai dari DPW PKB Jawa Timur sempat menggelar konferensi pers dan menyatakan akan berusaha mempertahankan duet Gus Dur-Muhaimin Iskandar hingga 2010. Dengan penolakan Gus Dur itu, otomatis keinginan mengusung Gus Dur menjadi ketua umum dewan syura tidak lagi dilanjutkan.
  • Gus Dur kemudian juga menggelar konferensi pers. Agenda sebenarnya tentang rencana keberangkatannya ke Amerika Serikat untuk menerima penghargaan dari Simon Wiesenthal Center, sebuah LSM internasional di AS. Selain itu, Gus Dur mengumumkan akan tetap mengusulkan Muhaimin Iskandar menjadi calon legislatif dalam Pemilu 2009 nanti.
  • Para wartawan pun menanyakan perihal pengusiran tersebut. "Memang saya minta pul
  • ang. Apa lagi yang mau dibicarakan? Dia itu tidak punya wewenang apa-apa," tegas Gus Dur.
  • Menurut Gus Dur, MLB Ancol melanggar AD/ART dan tidak punya legitimasi. "Yang berhak menyelenggarakan MLB itu dewan syura. Itu (Ancol, Red) yang menyelenggarakan semuanya Muhaimin. Dan kita sudah menyelenggarakan di Parung. Ya sudah selesai kan," tandasnya.
  • Gus Dur juga menyatakan tidak bersedia lagi untuk islah. Bagi Gus Dur, islah dalam konteks persaudaraan adalah saling memaafkan. Dan itu sudah dijalankan lama sebelum PKB lahir. "Kalau dalam arti penempatan orang, lihat dulu, jujur atau punya kecakapan," paparnya.
  • Mengenai utusan DPC yang datang ke Parung, tetapi juga datang ke MLB Ancol, kata Gus Dur, akan diteliti lagi nama-namanya. Selanjutnya, itu akan dibahas dalam rapat gabungan Dewan Syura dan Dewan Tanfidz DPP PKB minggu depan. "Hasilnya saya belum tahu. Rapat DPP itu melalui pemungutan suara," jelasnya.
  • Gus Dur juga yakin, Depkum HAM dan KPU akan mengesahkan DPP PKB yang dipimpinnya untuk ikut Pemilu 2009. "Sudah selesai itu. Tadi malam (Jumat malam, Red) sudah kita serahkan (pendaftaran pemilu)," katanya. (tom/dyn/yus/nw)

Friday, May 2, 2008

WNI DI VONIS MATI OLEH PENGADILAN SHAH ALAM

video Muhyudin Razali 25 tahun wni asal aceh di vonis mati oleh pengadilan tinggi Shah alam ,vonis mati oleh hakim Datok Zahara ibrahim,Muhyudin telah di tangkap polisi narkoba pada 24/7/05 jam 10 mlm di depan pabrik Hong di Klang selangor setelah mengedar narkoba jenis ganja seberat 441 gram.Muhyudin di wakili lowyer zainal isnen sedangkan jaksa penuntut umum Samiha dari kantor kejaksaan Selangor.

Azis Mansyur Dijagokan Ganti Gus Dur


Giliran PKB Kubu Muhaimin Gelar MLB
JAKARTA - Dua kubu PKB kini benar-benar memasuki konflik terbuka. Usai kubu Gus Dur menggelar muktamar luar biasa (MLB) di Parung, Bogor, sore kemarin giliran kubu Muhaimin Iskandar melakukan helatan serupa (MLB).

Tidak mau kalah, kubu Muhaimin pun unjuk dukungan. Diperkirakan, tidak kurang dari tiga ribu muktamirin memadati MLB yang dihelat di Krakatau Convention Hall Hotel Mercure, Ancol, Jakarta.

Muhaimin Iskandar kemarin membuka sendiri MLB-nya. Tampak hadir, antara lain, pimpinan Pengurus Besar NU. Mereka adalah Ketua PB NU Ahmad Bagja, Mustafa Zuhad, Sekjen PB NU Endang Turmudzi, Wakil Sekjen Taufiq R. Abdullah, Wasekjen Anas Tahrir, Wasekjen Saiful Bahri Ansori, dan Rais Syuriah PB NU Mashuri Na’im. Adik kandung Gus Dur, Lily Chadijah Wahid, juga terlihat duduk di deretan kursi paling depan.

Ketua Panitia MLB Lukman Edy menyatakan, MLB kali ini juga dihadiri 150 kiai khos. Beberapa kiai yang terlihat kemarin, antara lain, KH Abdul Azis Mansyur (Jatim), KH Dimyati Rais (Jateng), KH Mas Yusuf Muhajir (Jatim), KH Muqqorobin (Jatim), KH Muhtadi Dimyati (Banten), dan KH Mahfudz Ridwan (Jateng).

Lukman Edy juga menyampaikan, MLB Ancol dihadiri oleh 31 DPW dan 429 DPC. "Kita juga menyambut baik DPC yang kemarin datang ke Parung untuk ikut MLB di sini," kata Sekjen DPP PKB kubu Muhaimin itu.

Muhaimin Iskandar tampaknya akan dipilih kembali oleh muktamirin dalam MLB di Ancol tersebut. Lukman Edy menyatakan, muktamirin banyak yang meminta Muhaimin ditetapkan lagi sebagai ketua umum dewan tanfidz DPP PKB. "Saya rasa, MLB kali ini akan mengukuhkan lagi Muhaimin," katanya. Muhaimin sendiri menyatakan tidak tahu apakah dirinya akan maju lagi atau tidak.

Memang belum ada kandidat lain yang muncul selain Muhaimin. Namun, Lukman mempersilakan Ali Masykur Musa, ketua umum DPP PKB hasil MLB Parung, untuk mencalonkan diri di MLB Ancol. "Silakan saja, kami terbuka dan akan senang sekali," kata menteri pembangunan daerah tertinggal itu.

Yang menarik justru bursa ketua umum dewan syura DPP PKB. Informasi yang beredar di kalangan muktamirin menyebut anggota dewan syura DPP PKB sekaligus ketua dewan syura DPW PKB Jatim KH Abdul Azis Mansyur menjadi kandidat terkuat menggantikan posisi Abdurrahman Wahid.

Menurut Lukman, ada 18 kandidat ketua umum dewan syura. Selain Azis Mansyur, muncul nama-nama para petinggi NU, yakni Ahmad Bagja, Endang Turmudzi, Syaifuddin Ansor, Mustafa Zuhad, dan Mashuri Ma’im.

Selain itu, kandidat yang lain adalah Abdurrahman Qaharuddin, Mahfudz Ridlwan, Imam Muzani Bunyamin, Amin Abdul Hamid, Tadzkir Mansyur, Nurhadi, Hulaimi Umar, Abdul Hayyi Naim, Abu Ridwan, Mudjib Chudlori, Muhtadi Dimyati, dan Lily Chadijah Wahid.(tom/dyn/yus/mk)

Thursday, May 1, 2008

Depkum Ham Pasti Memilih

Muktamar Luar Biasa (MLB) kubu Gus Dur berakhir kemarin (1/5). Giliran kubu Muhaimin menggelar MLB hari ini. Bagaimana Depkum HAM mengambil keputusan tentang status PKB?
Berikut wawancara Jawa Pos dengan Direktur Tata Negara Ditjen Administrasi Hukum Umum Depkum HAM Aidir Amin Daud. Seusai kubu Gus Dur menyelesaikan MLB, di mana Depkum HAM akan menempatkan posisi saat ini?Kami masih menunggu. Kan masih ada PKB pro-Muhaimin yang akan MLB. Jadi, wait and see dululah. Selanjutnya, Depkum HAM masih menunggu surat yang akan diajukan.
Bagaimana jika nanti keduanya sama-sama memasukkan pendaftaran?Kami akan lihat materinya dulu, lantas menelaah aturan hukum yang ada. Yaitu, aturan-aturan perundangan maupun landasan hukum yang dimiliki internal partai.
Apa hasil akhir dari upaya telaah tersebut?Tentu kami akan membuat keputusan. Artinya, pada saatnya nanti Depkum HAM pasti memilih. Apakah Depkum HAM siap dengan risiko kekecewaan salah satu kubu PKB?Keputusan yang akan kami ambil dibuat dengan arif dan seksama. Tapi, sudahlah, jangan berandai-andai terus. Ini suratnya saja belum masuk kok. Lebih baik kita sama-sama menunggu proses selanjutnya.
Adakah upaya mediasi yang akan dilakukan?Kami tidak akan mencampuri urusan internal partai. Itu urusan mereka. Tugas kami hanya memverifikasi sesuai aturan. (dyan wahyudi/mk)

Jumaat.02-Mei-2008- Ali Masykur Di Pilih Aklamasi

Pimpin PKB Kubu Gus Dur JAKARTA - Muktamar Luar Biasa (MLB) DPP PKB kubu Gus Dur di Pondok Pesantren Al Ashriyyah, Parung, Bogor, berakhir kemarin (1/5). Sebagaimana diperkirakan, Ali Masykur Musa melenggang ke kursi ketua umum Dewan Tanfidz DPP PKB kubu Gus Dur. Dia menggantikan Muhaimin Iskandar hingga 2010.
Kepastian itu didapatkan setelah muktamirin menyepakati penentuan ketua dewan tanfidz diserahkan kepada Ketua Umum Dewan Syura KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Untuk membantu dirinya, Gus Dur lantas membentuk tim asistensi yang total beranggota 11 orang, termasuk dirinya.
Selain Gus Dur, tim asistensi itu beranggota Hasip (perwakilan Sumatera), Danil Hureg (Indonesia Timur), Ferry Tinggogoy (Sulawesi), M. Rosehan (Kalimantan), dan Hasan Aminuddin (Jawa).
Selain itu, masuk pula Habib Seggaf Al Mahdi sebagai tuan rumah, Robikin M. Has mewakili kuasa hukum, Moeslim Abdurrahman mewakili dewan syura, perwakilan badan otonom (banom) Badriah Bayumi dari PPKB, serta Camelia Pujiastuti Hasip dari Garda Bangsa. "Kami bersepakat menunjuk dan mengangkat Ali Masykur Musa sebagai ketua umum dewan tanfidz," ujar M. Rosehan di hadapan para muktamirin.
Saat ditawarkan kepada para peserta muktamar, mereka serentak menyatakan menyetujui. Ali Masykur menyisihkan calon ketua umum lainnya, Muamir Mu’in Syam. Sebagaimana diberitakan, Zannuba Arifah Chafsoh (Yenny) akhirnya menyatakan mundur sesaat sebelum pengumuman tersebut disampaikan. Saat itu, putri kandung Gus Dur tersebut menyatakan mendukung Ali Masykur menduduki posisi ketua umum.
Setelah keputusan pengangkatan ketua umum disampaikan, Gus Dur memastikan struktur kepengurusan di DPP PKB tak akan banyak berubah. "Beberapa pengurus yang tersedot dalam masalah ini saja yang akan diganti," ujarnya.
Pada kesempatan yang sama, Gus Dur memastikan tak akan melakukan perubahan serupa di komposisi anggota DPR. Posisi Muhaimin Iskandar sebagai wakil ketua DPR atau para pendukungnya di legislatif tetap akan dipertahankan. "Kita ini kan bukan bangsa pendendam," ungkapnya disambut tepuk tangan para peserta muktamar.
Larang Muktamirin ke Ancol
Meski awalnya mengaku berat, saat memberikan sambutan, Ali Masykur menyatakan siap mengemban tugas yang diberikan. Selain itu, mantan ketua umum PB PMII tersebut berikrar tak akan mengikuti para ketua umum sebelumnya yang selalu berakhir dengan pencopotan. Matori Abdul Djalil, Alwi Shihab, hingga terakhir Muahimin Iskandar dinilai telah berani melawan Gus Dur.
"Saya akan patuh dan taat kepada ketua umum dewan syura, baik secara lembaga maupun pribadi," tegas Ali Masykur sambil meneteskan air mata.
Dia mengaku, kepatuhan kepada Gus Dur mengingatkan dirinya pada ketaatan yang sama kepada orang tuanya yang sudah meninggal. Selanjutnya, dia meminta seluruh warga PKB bersatu-padu memenangkan partai berlambang bola dunia itu pada Pemilu 2009. "Ke depan, kami akan melesat langsung dengan gigi empat," ujarnya kembali disambut riuh muktamirin.
Pada akhir sambutan, Ali menegaskan agar para peserta muktamar langsung pulang menuju daerah masing-masing. "Di sini, saya perintahkan langsung pulang," tegasnya. Dia melarang para peserta muktamar hadir dalam MLB PKB kubu Muhaimin di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta, 2-4 Mei. "Akan ada sanksi tegas jika ternyata ada yang ke sana," ujarnya. (dyn/mk)

Wednesday, April 30, 2008

BURUH "KUASAI" JAKARTA



Kamis, 1 Mei 2008 08:21 WIB
JAKARTA, KAMIS-Jakarta hari ini (Kamis, 1/5) dikepung oleh ribuan buruh dari berbagai arah yang memperingati Hari Buruh Sedunia (May Day).
Berdasarkan informasi dari Direktorat Intelkam Polda ke Traffic Management Centre (TMC), perayaan May Day diisi dengan kegiatan May Day Fiesta, mimbar bebas dan sepuluh aksi unjuk rasa.

Berikut ini lokasi kegiatannya:

May Day Fiesta1. Sekitar pukul 09.00 WIB bentuk kegiatan May Day Fiesta akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan Jakarta Pusat , oleh beberapa elemen dari buruh diantaranya SPN,FSP LEM,FSPMI dan FSP KEP DKI dan akan diikuti oleh sekitar 50.000 orang Mimbar Bebas.

1.Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia sekitar pukul 09.00 WIB,akan menggelar Mimbar bebas di tiga tempat diantaranya Kantor Jamsostek di Jl.Gatot Subroto Jaksel ,Gd.DPR / MPR Jl.Jend Gatot Subroto Jakpus dan Stadion Utama Senayan Jakpus.Aksi nya kali ini akan diikuti oleh sekitar 3.000 s/d 5.000 orang .

2.LBH Kesehatan & Lembaga Kesehatan Buruh akan menggelar Mimbar Bebas pada jam 10.00 -14.00 WIB,di dua lokasi yaitu Kantor Jamsostek Jl.Gatot Subroto Jakpus dan Depan Istana Negara Jl.Merdeka Utara Jakpus dan akan diikuti oleh sekitar 300 orang dengan tuntutan Meminta Pemerintah dan PT.Jamsostek meningkatkan hak dan kesehatan buruh dan keluarganya.

3.SPSI Reformasi ,PPMI 98,KSPSI ,FSPTSK akan menggelar aksinya di lapangan Banteng Jakpus dan diikuti oleh sekitar 5.000 -10.000 orang dengan tuntutan Menolak Outsorching menuntut upaya layak nasional dan diturunkannya harga .Massa aksi berasal dari Jakarta,Depok ,Tanggerang ,Bekasi ,Bogor dan Purwakarta.

4.Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia akan menggelar aksi Pawai dan Mimbar Bebas di Lapangan Borobudur Jakpus dan diikuti oleh sekitar 1.000 orang dengan maksud Menolak Outsourshing ,kebebasan berserikat dan turunkan harga .
5.Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) akan menggelar Mimbar bebas dan Unjuk rasa di dua tempat diantaranya Tugu Proklamasi Jl.Proklamasi Jakpus dan Istana Negara Jl.Merdeka Utara Jakpus.Direncanakan aksi kali ini akan diikuti oleh sekitar 500 orang unjuk rasa.

1.Aliansi Buruh Menggugat akan menggelar unjuk rasa pada jam 09.00 WIB,di dua tempat yang pertama di Bundaran HI Jl.MH Thamrin Jakpus dan Depan Istana Negara Jl.Merdeka Utara Jakpus,rencananya aksi akan diikuti oleh sekitar 2.000 s/d 3.000 orang.Tuntutan Menolak Upah layak nasional dan menolak Outsourshing.

2.Relawan Pejuang Demokrasi dan Komite Buruh Bersatu (KBB) akan menggelar aksi pada jam dan tempat yang sama .Unjuk rasa akan dipimpin oleh Budiman Sudjatmiko dan Jhoni Rio dengan peserta sekitar 500 s/d 1.000 orang .Dengan tuntutan Menolak Outsorshing .Massa aksi berasal dari Tangerang dan Cibinong.
3.Front Perjuangan Rakyat akan mengelar aksi masih pada jam dan tempat yang sama ,dengan pimpinan aksi Rudi HB Daman dan akan diikuti oleh sekitar 1.000 orang .Dengan tuntutan Menolak Outsorshing .

4.BEM UI masih pada jam dan tempat yang sama ,akan melangsungkan aksi nya dengan diikuti oleh sekitar 100 orang.Dengan Maksud Memperingati hari buruh sedunia dan meminta pemerintah menurunkan harga kebutuhan pokok.
5.Jaringan Anti Autoritorian juga akan melangsungkan aksinya pada jam dan tempat yang sama dengan diikuti oleh sekitar 50 orang .Dengan Maksud Memperingati hari buruh sedunia

6. Aliansi yang menamakan Guntur 49 akan melakukan aksi masih pada jam dan tempat yang sama dengan pimpinan Sri Bintang Pamungkas dan diikuti oleh sekitar 15 orang . Dengan Maksud Memperingati hari buruh sedunia

7.PP Serikat Pekerja Metal Otomotif Indonesia (SPOI) masih pada jam yang sama akan menggelar aksi di Depan Istana Negara Jl.Merdeka Utara Jakpus dengan diikuti oleh sekitar 500 sepeda motor dan 1.000 orang .Menuntut upah layak Nasional dan menolak Outsourshing .Massa akan konvoi mulai titik kumpul kantor PP SPOI-Jl.Raya Cakung –Kawasan Industri –Pulogadung –Jl.Pemuda –Jl.Pramuka –Matraman – Jl.Salemba-Jl.Kramat Raya –Senen –Kwitang – Tugu Tani – Gambir –Monas –Istana Negara .

8. Federasi Serikat Pekerja Pariwisata Reformasi masih pada jam dan tempat yang sama akan menggelar aksinya dengan diikuti sekitar 150 sepeda motor dan 300 orang .Dengan tuntutan Hapuskan system kerja kontrak dan menolak outsourshing .Massa akan konvoi mulai titik kumpul kantor FSP PAR REF Jl.Dr.Saharjo –Jl.Tambak –Tugu Proklamasi –Diponegoro –Jl.Salemba –Jl.Kramat Raya –Senen-Kwitang –Tugu Tani – Gambir –Monas –Istana Negara .
9.Aliansi buruh yang menamakan Gaspermindon,pada pukul 09.00 WIB, akan menggelar aksinya di Gd.DPR /MPR Jl.Gatot Subroto Jakpus dengan pimpinan Miyadi Suryadi dan diikuti oleh sekitar 500 orang . Dengan tuntutan menolak Outsourshing dan PHK massal.

10.Terakhir, unras akan berlangsung masih di DPR /MPR Jl.Gatot Subroto Jakpus ,dari Federasi Serikat Pekerja Mandiri (FSPM),aksi akan dipimpin oleh Ody Hudiyanto dengan peserta 500 orang.Dengan tuntutan Menolak Outsourshing dan kebebasan berserikat.
Diharapakan agar para pengguna jalan tidak perlu khawatir jika ingin melewati tempat yang diikuiti oleh aksi unjuk rasa ,karena Polisi Polda Metro Jaya sudah menempatkan beberapa personilnya dititk-titik tersebut agar mengupayakan arus lalin tidak tersendat akibat aksi ini.(TMC)

KUBU MUHAIMIN BANTAH GUGAT PADA MLB PARUNG MENGADA-NGADA

JAKARTA, KAMIS - Kubu Muhaimin Iskandar membantah bahwa gugatan yang hendak diajukan pihaknya terhadap Muktamar Luar Biasa (MLB) PKB oleh kubu Gus Dur di Parung, Bogor, mengada-ada."MLB di Bogor memang cacat hukum," kata Ketua DPP PKB Abdul Kadir Karding ketika dihubungi di Jakarta, Kamis (1/5).Dikatakannya, MLB kubu Gus Dur digelar
untuk melegitimasi pemberhentian Muhaimin Iskandar dari ketua umum Dewan Tanfidz,
sementara pemberhentian itu sendiri cacat hukum. Pemberhentian Muhaimin yang merupakan mandataris Muktamar II Semarang melalui rapat pleno menyalahi Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) PKB. "Ketua Umum Dewan Tanfidz diangkat dan diberhentikan oleh muktamar," katanya. Alasan yang dijadikan dasar pemberhentian, kata Karding, juga menyalahi AD/ART. Menurut AD/ART pemberhentian hanya bisa dilakukan karena tiga alasan, yakni yang bersangkutan tidak aktif selama 6 bulan, melanggar AD/ART, dan menjadi pengurus di partai lain. "Di luar alasan itu, pengurus DPP PKB tidak bisa diberhentikan," katanya. Lebih
lanjut Karding menyatakan, dari segi penyelenggara, MLB kubu Gus Dur juga cacat hukum. Sesuai AD/ART penyelenggara muktamar adalah DPP yang dilaksanakan Ketua Umum Dewan Tanfidz. Sementara, MLB di Parung dilaksanakan oleh pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum.

KETUA DPR NASIB BURUH BELUM MENGGEMBIRAKAN

JAKARTA, KAMIS - Peringatan May Day (Hari Buruh Sedunia), selalu menjadi hari khusus bagi para buruh untuk menyuarakan aspirasinya setiap tahun. Akan tetapi, ritual tahunan itu belum membawa banyak perubahan.
Ketua DPR Agung Laksono menilai, nasib para buruh di Indonesia memang belum menggembirakan. Dalam lingkaran tripartit, yaitu pemerintah, pengusaha dan buruh, selalu menempatkan buruh pada posisi yang lemah. Apa yang salah?


"Dalam hal tripartit itu sendiri, yang paling lemah disitu adalah buruh, dari pengusaha dan pemerintah. Kita harapkan UU memberikan posisi yang jelas, kalau ada jaminan seperti jamsostek harusnya buruh yang menikmati," kata Agung di Jakarta, Rabu (30/4).
Solusinya, ujar dia, dalam UU harus mengakomodir upaya yang sungguh-sungguh untuk meningkatkan peran buruh. Masalah perburuhan lainnya, pengawasan yang tak berjalan terhadap buruh yang masih digaji di bawah Upah Minimum Regional (UMR).
"Pemerintah mestinya kalau sudah ada kesepakatan, jangan ragu terhadap UMR di tingkat provinsi atau regional, itu harus dipatuhi dan diawasi pemerintah. Selama ini pengawasannya belum maksimal. Harus ada sanksinya yang tegas kepada pengusaha-pengusaha itu. Tentu pemerintah harus beri iklim usaha yang baik, biasanya kalau keuntungan usaha baik, nasib buruh akan diperhatikan," ujarnya.


Menurut dia, saat ini mulai ada pergeseran paradigma sektor usaha yang tidak semata-mata mengejar keuntungan, namun juga kesejahteraan seluruh stakeholder. (ING)ING