Marilah kita selalu hidup berbagi sesama mahluk yang ada di atas bumi ini....Terima kasih atas kunjungannya,Kepada pembaca Blog Epung Komalasa Marilah Kita Senantiasa Ingat Kepada Tuhan Yang Maha Esa Di Mana Saja Berada :يَا أَيُّهَا النَّاسُ أَنتُمُ الْفُقَرَاء إِلَى اللَّهِ وَاللَّهُ هُوَ الْغَنِيُّ الْحَمِيدُ (Oleh kerana Allah menguasai segala-galanya, maka) wahai umat manusia, kamulah yang sentiasa berhajat kepada Allah (dalam segala perkara), sedang Allah Dia lah sahaja Yang Maha Kaya, lagi Maha Terpuji"

Friday, February 27, 2009

PRT Aniayah Majikannya

Seorang majikan Malaysia, Phang Kian Huang, 42 Thn, menerima 100 jahitan termasuk 65 jahitan di lehernya setelah pembantunya warga Indonesia menyerangnya dengan pisau.

Polisi Pulau Pinang kini sudah menahan Hani, PRT Indonesia, Jumat untuk diinterogasi setelah menerima laporan dari majikannya.Seperti mana yang dilaporkan dalam semua koran Malaysia hari ini 01/03/09.

Kejadian itu terjadi di kawasan George Town, Pulau Pinang, Jumat sekitar jam 11 siang.Setelah menyerang majikan, Hani tetap pergi menjalankan tugasnya menjemput dua anak majikannya, berusia tiga dan enam tahun di sekolah taman kanak-kanak, tidak jauh dari rumahnya.

Walau bagaimanapun KJRI Pulau Pinang harus menyiapkan pengacara untuk membantu PRT itu , jika nanti di sidang di Pengadilan. KJRI harus segera memberikan Avokasi dengan PRT tersebut,dan juga kenapa mereka sampai nekat berbuat begini.

Putusan Selah:Husen Sitorus Di Arahkan Membelah Diri SedangkanSandri Dan Mahrizal Bebas Dari Hukuman Gantung Dan penjaraan.

Pengadilan Tinggi Shah Alam Sore ini 27 /02/09 ,membuat putusan kepada Husen Citorus warga Tanjung Balai Asahan Sumatra untuk membelah diri.Putusan membelah diri kepada terdakwa pasal 39 B itu di bacakan oleh Hakim Abang Iskandar Abang Hasim .Husen di dakwa dengan pasal 39 B undang-undang narkoba malaysia.Husen ditangkap oleh polisi laut pada tahun 2005 dengan kedapatan 149 kilo gram ganja.

Pada waktu di tangkap oleh polis laut ,Husen sedang membawa But kecil menujuh pelabuhan Klang Selangor dari Indonesia.Di dalam but kecil itulah di temukan ganja di bawa kamar kecil .Husen di diwakilih oleh pengacara Sebastian Cha.

Di pengadilan yang sama hari ini ,Hakim Abang Iskandar membebaskan dua Wni asal Aceh dari tali gantung dan penjaraan.Keduanya di tangkap oleh polisi narkoba pada tahun 2006.JPU tidak bisa membuktikan bahwa ganja itu adalah kepunyaan 2 WNI itu.

Monday, February 23, 2009

Nasehat Untuk TKI,Pilihlah Caleg Yang Bisa Memperjungkannya jika ada Permasalah Di Tempat Kerja(Manca Negara )

Menjelang pemilihan umum yang tinggal 47 hari lagi boleh dikatakan setiap hari HP saya dapat banyak pertanyaan dari TKI.Mereka bertanyakan terkait caleg dari partai mana yang bisa membantu TKI sekiranya ada permaslahan TKI di tempat kerja.

Sms yang paling banyak sekali datangnya dari pada TKW Hongkong dan Pulau Pinang.Mereka mengatakan tidak mahu di kibuli oleh Caleg yang inginkan suara dari TKi Luar negeri.Sewaktu kampanye selalunya caleg menjanjikan hal-hal yang baik-baik.Namun kalau mereka sudah jadi orang gedian tidak banyak yang perduli,ungkap TKI yang namanya tidak mahu di siarkan.

Boleh di katakan setiap hari saya dapat sms sekurang-kurangnya 50 sampai 100 orang perhari.Mereka seolah-olah bingung mahu memilih figur yang bagai mana?Walau bagaimanapun saya ,nasehatkan mereka carilah pilihlah caleg yang benar-benar bisa membantu kamu nantinya.Seperkara lagi yang perlu teman-teman ketahui harus berhati-hati untuk memilih caleg itu,kata saya.Jika salah pilih akibatnya akan menjadikan kamu (TKI ) nantinya tidak akan teravokasi

Makanya menjelang pemilihan umum yang tidak berapa lama lagi itu,kemungkinan janji-janji politik ,akan sepertinya menjual sayuran di pasar-pasar."Saya juga menasehatkan Para TKI ,"yang mengirim SMS kepada saya ,agar mereka tidak galput,dan marilah kita terjemahkan wakil TKi yang akan duduk dan mewakilihnya di DPR RI nantinya.Orang yang benar-benar bisa membantumu wahai pahlawan divisa negara.

Menaker RI dan Mendagri Malaysia Bahas Pemulangan TKI

Kuala Lumpur - Menteri Tenaga Kerja Erman Suparno dan Menteri Dalam Negeri Malaysia Syed Hamid Albar bertemu dan membahas dampak dari krisis ekonomi global dan PHK terhadap TKI, di Putrajaya, Senin.

"Kami memahami kebijakan pemerintah Malaysia yang terkena dampak krisis ekonomi global dan memprioritaskan serta melindungi warga dan pekerjanya jika ada pengurangan pekerja," kata Menaker Erman Suparno didampingi Dubes RI untuk Malaysia Dai Bachtiar.

Menteri Dalam Negeri Malaysia Syed Hamid Albar mengatakan, dampak krisis ekonomi belum begitu dirasakan di Malaysia. Jadi belum banyak warga dan pekerja Malaysia kehilangan pekerjaan. Tapi banyak warga Malaysia yang bekerja di Singapura terkena PHK.

"Oleh sebab itu, kami akan mencarikan lapangan kerja bagi mereka. Jika ada pekerja asing yang kontraknya sudah habis maka tidak akan diperpanjang kemudian digantikan pekerja Malaysia. Ini kebijakan pemerintah Malaysia dan tuntutan dari berbagai macam organisasi serikat pekerja," katanya.

Sementara itu, Mendagri Malaysia Syed Hamid Albar menegaskan pemerintah Malaysia membolehkan TKI atau pekerja asing yang berada di bawah naungan perusahaan outsourcing bekerja di perusahaan lain jika perusahaan pertama memutuskan kontrak kerja karena krisis ekonomi.

"Jika kontrak kerja habis tapi perusahaan outsourcing masih mencarikan peluang kerja dan mendapatkan dukungan atau legalitas dari imigrasi Malaysia maka bisa saja pekerja asing atau TKI beralih profesi atau tempat kerjanya," kata Syed Hamid.

Menaker Erman Suparno juga mengatakan, bahwa tidak semua negara mengurangi pekerja Indonesia karena krisis.

"Beberapa negara Timur Tengah malah perlu tambahan pekerja Indonesia misalnya Arab Saudi, Qatar, Uni Emirates yang kini sedang gencar-gencarnya membangun infrastruktur ekonominya, eksploitasi minyak, pariwisata atau perhotelan," katanya.

"Kami bertemu dengan PM Kuwait. Mereka perlu satu juta pekerja Indonesia. Arab Saudi perlu 5.000 TKI untuk membangun pembangkit listriknya. Jadi masih banyak negara lain perlukan pekerja Indonesia," katanya.Oleh sebab itu, "Kami telah menyiapkan pelatihan-pelatihan untuk TKI yang kena PHK kemudian berminat kerja di negara tersebut.

Kapasitas balai latihan kami sekitar 200.000 hingga 300.000 orang per tahun," katanya.Menurut Menaker Erman, pemerintah telah mengirim TKI baru ke mancanegara pada tahun 2008 sebanyak 2,2 juta orang.(*)

Waktu Makan Sate Bersama Istri, Dua Cewek Brengsek Salah Faham

Pengalaman yang tidak pernah berlaku selama hidup saya.

Hari ini Isnen 23/02/09 sepulangnya dari tugas di pengadilan Tinggi Shah Alam terus pulang ke rumah. Pada kebiasaannya tidak pulang rumah ,tetapi singgah dahulu di sekretariatan LPP PKBM.Namun hari ini sangat berbeda,sudah ada rencana ingin bawa istri makan sate kambing di warung orang Trenggalek di Kampung Pandan.

Saya bersama istri berangkat ke Kampung Pandan sesudah sholat magrib.Meskipun waktu itu ,hujan rintik-rintik saya bersama istri berangkat juga untuk makan sate .Selain dengan istri ,juga bersama saudara Sakdallah.Setibanya di warung sate Kampung Pandan saya bersama istri dan Sakdalalh duduk di depan dua cewek dan satu cowok

Cewek jaguhan itu sedang makan sate bersama cowoknya berbangsa China,cewek itu saking mesranya dengan bangsa China itu sambil makan sate saling berpelukan.

Pada waktu itu ,saya ngomong dengan Sakdallah bahwa setiap hari di pengadilan ada saja,WNI yang di dakwa sebagai PSK.Dengan tidak memeriksa asal usul perbualan saya dengan Sakdallah dua orang cewek asal Jatim yang ada di depan saya ,tiba-tiba ngomongi saya bukan-bukan.Apa yang saya omongkan kepada Sakdallah tentang PSK ,seolah-olah anggapan dua cewek tersebut ngomongin dia.Mungkin karena pakainya yang tidak senonoh,yang mempertontonkan auratnya.Dengan gaya rambut yang merah,baju u can si ( kalau di lihat tidak baik) Masa Allah benar-benar memalukan .saya terus angkat bicara dan ngomong dengan mereka kenapa kamu terasa pedas ,sedangkan saya tidak ngomongin kamu.

Saya juga ngomong sama cowoknya yang berbangsa China bahwa apa yang saya omongkan tidak sekali menyinggung dua cewek itu.Inilah pengalaman yang mungkin sukar saya lupakan.

Saturday, February 21, 2009

TKI Jember Sumbang Rp 131 Miliar

Tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Jember yang bekerja ke luar negeri ternyata memberikan sumbangan devisa cukup banyak. Data Bank Indonesia menyebutkan, pada 2008 lalu, aliran dana yang masuk dari TKI asal Jember mencapai Rp 131 miliar.

Meskipun jumlah itu masih kalah dengan Banyuwangi yang mencapai Rp 204 miliar, sumbangan devisa dari TKI Jember ini cukup signifikan.

Apalagi, kiriman uang yang masuk jauh lebih tinggi dari uang TKI asal Situbondo yang mencapai Rp 42 miliar dan Bondowoso sebesar 26,5 miliar. Bila ditotal, sumbangan uang yang dikirim para TKI se-Karesidenan Besuki mencapai Rp 404,5 miliar.

Ini didapat dari kiriman 26.721 TKI. Sebanyak 13.871 TKI bekerja di Saudi Arabia dan sebanyak 5.813 TKI bekerja di Malaysia. Sedangkan, jumlah TKI yang bekerja di Hongkong mencapai 1.634 orang, Singapura 552 orang, dan 4851 TKI bekerja di negara lain.

"Jumlah kiriman uang dari TKI asal Jember mencapai Rp 131 miliar," tegas Abdul Rasyid Madjid, kepala Bank Indonesia Jember.

Menurut dia, jumlah kiriman uang lebih sedikit jika dibandingkan semester sebelumnya. Kata dia, pada semester kedua 2007, jumlah transfer dana yang masuk melalui BI sebanyak Rp 56 miliar. Padahal, jumlah pengirimnya hanya 9.759 orang.

Terkait besarnya dana yang masuk ke Jember, Rasyid berharap, Pemkab Jember memiliki strategi khusus untuk mengelola dana dari TKI ini.

"Pemkab Jember seharusnya punya strategi khusus untuk mengelola kiriman dana sehingga bisa menjadi investasi yang menguntungkan," terangnya. Sangat disayangkan, kata dia, kalau dana sebanyak itu hanya untuk konsumsi semata.

"Pemkab Jember harus bisa meyakinkan masyarakat soal program investasi yang dianggap menguntungkan," imbuhnya. Rasyid melihat, masih jarang TKI menggunakan uang kiriman untuk investasi jangka panjang.

"Kiriman uang rata-rata hanya untuk konsumsi sehari-hari. Kalau diinvestasikan akan bisa menguntungkan bagi mereka dan masyarakat lainnya," imbuhnya. Diperkirakan, jumlah uang kiriman TKI dari luar negeri jauh lebih besar dari yang masuk di data BI

. Ini karena banyak TKI yang menggunakan jasa teman sesama TKI yang pulang ke Indonesia untuk mengirim uang. "Banyak dana yang tidak masuk ke bank-bank di Indonesia," paparnya.(sumber radar Jember )

Thursday, February 19, 2009

Muhyudin Bebas Dari Vonis Gantung Dan Penjaraan

Kalau kemaren pengadilan tinggi menvonis gantung sampai mati ke pada dua WNI,namun hari 20/02/09 ,Pengadilan Tinggi Kuala Lumpur membebaskan Wni dari hukuman mati dan penjaraan .

Wni asal Aceh Muhyudi 37 di bebaskan oleh Pengadilan Tinggi Shah Alam yang bersidang di Pengadilan Tinggi Kuala Lumpur.Putusan Bebas di bacakan oleh Hakim Nallini Patmanadan ,setelah JPU tidak dapat membuktikan bahwa Muhyudi pengedar narkoba.

Muhyudin di tangkap oleh polisi di Sri Muda Shah Alam pada tahun 2005.
Setelah Hakim Nallini selesai membacakan putusan bebas ,Muhyudin terus memeluk dan mengucapkan terima kasih kepada pengacaranya.

Muhyudin di wakilih pengacara kondangan Selangor yaitu Salim Bashir.

Sewaktu bersama saya turun dari lif di pengadilan "dia mengatakan ", akan segera pulang ke Aceh dan insya Allah akan memulakan hidup baru ,Dia bersyukur kepada Tuhan yang telah memberikan ke menangan dengan kasus saya ini,ungkap Muhyudin.

Tuesday, February 17, 2009

Bapak Mertua Sudara Sairi Wamdi ,Warga Bulu Lanjang Meninggal Dunia


Warga Desa Bulu Lanjang Bersama Keluarga Ikut menghantar Jenasah
Ke Pemakaman Almarhum Kyia Makmak (Foto oleh MB )

Innalillahi Wainnailahi Rojiun

Alfateha

Saya kemaren dapat SMS dari Cak Mail Jakfar ,dalam sms yang di kirim cak mail memberitahukan bahwa bapak mertua Saudara Sairi Wamdi Meningal Dunia.

Almarhum kyai Ahmad Mazidi Bin KH Hasan dengan pangilan Makmak meningal dunia kemaren Selesa tanggal 17 /02 /09 jam 3.30 sore .Almarhum adalah warga Bulu Lanjang Bawean,selama hidupnya beliau aktif di organisasi Nu Bulu Lanjang.Beliau adalah putra dari almarhum Kyai Hasan Bulu Lanjang Kecamatan Sangkapura Bawean

Saya mewakili keluarga Epung ikut berduka ,atas kepulang beliau ke rahmatullah.Semuga roh beliau di tempatkan dengan roh orang-orang yang sholeh,dan juga di ampuni segalah dosanya selama hidupnya.

Saya juga mengajak kepada pengunjung blog Epung untuk menghadiakan Alfateha.Mari kita semua berdo'a semoga Almarhum Kyai Achmad Mazidi diterima amalan baiknya oleh Allah SWT. Amin 3x.

Monday, February 16, 2009

Dua Caleg Dari PKBM Tetap Akan Maju Pada Pemilu 2009

Dari hasil pertemuan dengan dua caleg DPC PKBM kemaren 15/02/09 sore ,bahwa kedua caleg masing-masing ingin maju dan akan tetap menjadi caleg PKBM.

Dua caleg tersebut saudara M.Magfur nomer urut 2 dapil DKI Jakarta 11 dan Saudara Ridlwan nomer urut 5 ,Kedua caleg dari perwakilan PKBM.

Sekarang PKBM tetap mempunyai 2 caleg yang akan terus maju sampai sukses pada pemilu 2009.pertemuan kemaren di hadiri bendahara LPP Sairi Wamdi,Ismail Jakfar Wakil Ketua LPP,Sekretaris DPC PKBM ,dua caleg M.Magfur dan Ridlwan Hambali.

Saturday, February 14, 2009

Tiga Sahabat Bertemu Bicara Tentang Bisnes


Setiap hari ahad kadang-kadang bertugas ke luar kota,jika tidak bertugas ke luar kota saya bersama 3 sahabat karib sudah menjadi kebiasaan untuk ketemu dan saling ngobrol-ngobrol di Mcdnald's Pandan Mewah Ampang.

Saya bersama suadara Sakdallah dan Hasan Jali kali ini membicarakan bisnes yang akan di garap dalam waktu yang singkat .

Hasan adalah anak muda yang sedang menekuni tesis dalam bidang islamic studies.Beliau sedang kuliah di Universitas Malaya (UM).Jika Hassan kulia di Um ,kalau saudara Sakdallah sekarang sedang menekuni kuliahnya P.HD dI UKM. Dalam jurusan psikologi tahun pertama.Sakdallah sekarang aktiv di Partai Kebangkitan Nahdatul Ulama sebagai ketua.

Pria kelahiran Kumalabaru itu sehariannya sibuk dengan sosilisasi dan kampanye caleg dari PKNU untuk dapil Dki Jakarta 2.Menurut Sakdallah sangat yakin bahwa PKNU akan mendapat suara yang signifikan pada pemilu mendatang.Sekarang Sakdallah sudah mempunyai seorang anak lelaki dari hasil perkawinana dengan warga Malaysia.Dan juga bisa mampir di blogernya.www.sakdallah.blogspot.com

Kalau Sakdallah aktiv di politik, berbeda dengan Hassan,beliau aktiv di organisasi ke Baweanan.Contohnya aktiv secara kecil-kecilan persatuan asal kampungnya.

Hasan anak muda yang berasal dari Pakalongan yang sehariannya sibuk dengan menjadi guru di Sekolah Internasional Islamic school di Gombak.

Hasan lahir di Malaysia anak dari pada Pak Hj,Jali yaitu bisnesmen sukses yang sehariannya bapaknya sibuk dengan urusan travel.

Hasan dan Sakdallah adalah sahabat akrab saya ,jika ada persoalan dan wacana tentang Bawean tidak ketinggallan dua sahabat itu mendampingi saya.Selain bicara tentang Bisnes juga menyinggung berkaitan IKBM (Ikatan Keluarga Bawean Malaysia )

Acara Silaturrahim Warga Bawean Acara Kerong-Kerongan Dan Kekeluargaan

Bermula pertemuan dengan ketua Pemuda Bawean Gresik (PBG) ,sewaktu beliau berkunjung ke Malaysia,Pada waktu itu saya bersama Ghazi Syarif bertemu ketua PBG di KLCC.

Dalam pertemuan tersebut saya banyak membicarakan dan bertanyakan tentang sikon Bawean seperti yang pernah saya tulis dalam bloger Epung sebelum ini.

Sesudah ,dari pertemuan dengan ketua PBG ,saya mula menghubungi teman-teman muda ,yaitu mahasiswa Bawean yang belajar di Malaysia.

Pada pertama kali ,"saya bersama Saudara Sakdallah dan saudara Hasan Jali ,"membuat pertemuan di Pandan Jaya ,dalam pertemuan dengan kedua sahabat saya itu ,ada iedia dari saudara Sakdallah dan Hasan agar orang Bawean yang merantau di Malaysia mempunyai Paguyuban. Dari pertemuan tersebut saya juga tulis di bloger Epung ini terkait iedia teman-teman tadi itu.

Setelah beberapa kali mengadakan pertemuan akhirnya tercetus satau iedia yang warga Bawean harus betul -betul mempunyai semacam paguyuban seperti klab atau persatuan.Namun ,bagaimanapun kalau persatuan tidak mungkin ,karena yang namanya penduduk tetap Malaysia tidak bisa mendaftar persatuan dengan akta pertubuhan Malaysia.Yang bisa mendaftra dengan pertubuhan Malaysia ,hanyalah warga Bawean yang warga negara.

Atas dasar semangat dan dukungan dari teman-teman ,saya dengan beberapa warga Bawean ketemu lagi di restoran Hotel Adamson Kg Baru Kuala Lumpur.Apa yang kami bisa lakukan hanyalah membentuk paguyuban ,karena kami ( Warga Negara Indonesia ) wni,sudah pasti akan berdaftar di bawa KBRI Kuala Lumpur.Sekurang-kurangnya KBRI akan mengetahuinya dengan keberadaan paguyuban Bawean di rantau ini.

Dari berapa pertemuan maka kemaren malam tanggal ,13/02/09 saya bersama teman-teman mengadakan silaturrahmi yang pertama kali ke rumah Bapak Ismail Jakfar, warga Bawean asal Sangkapura di Gombak Selangor.Silaturrahim yang pertama kali itu,di hadiri berapa toko Bawean dari barbagai lapisan.ada yang dari Mahasiswa,Bisnesmen,Pns,Pedagang,Pekerja Buruh,ust dll.

Silaturrahim di rumah bapak Ismail banyak membicarkan tentang sikon Bawean dan juga keberadaan warga Bawean di Malaysia.Dari satau perbicaraan ke satu perbicaraan akhirnya tercetus satu idea (mengkerucut ) bagai mana yang namanya orang Bawean mempunyai semacam paguyuban ,dari perbicaraan tersebut terfikir dari teman-teman harus membentuk Ikatan Keluarga Bawaen Malaysia (IKBM) ,kalau orang jawa punya Pasomaja ,Bugis juga punya paguyuban kenapa Bawean tidak punya,kata teman-teman.Meskipun di Malaysia ada persatuan Bawean Malaysia (PBM) tetapi hanya untuk warga keturunan Bawean yang lahir di Malaysia.

Alhamdulillah,diakhir silaturrahim terbentuk team persiapan Ikatan Keluarga Bawean Malaysia.Tugas team tersebut untuk membuat materi yang akan di sosialisasikan dengan warga Bawaen di Malaysia,juga untuk mengundang warga desa Bawean yang ada di Malaysia untuk membahas akan didirikan Ikatan Keluarga Bawean Malaysia ( IKBM ).Untuk membuat materi di berikan tugas kepada saudara Abdul Muis mahasiswa Bawean yang kulia di Malaysia.

Dari hasil keputusan silaturrahim tersebut ,teman-teman yang hadir memberikan waktu selambat-lambatnya 14 hari kepada tim persiapan IKBM ,mengundang warga desa Bawean yang bermistatun di Malaysia.


Pertemuan silaturahim tersebut berakhir sampai jam 12 malam,Sebelum acar silaturrahim di tutup ketua tim terpilih mohon kepada teman-teman yang hadir,agar IKBM itu benar-benar terbentuk dengan baik. Dan bisa di daftar dengan ros.

Saya mohon dukungannya dari semua warga Bawean ,agar cita-cita ini bener-benar terlaksana.

Marilah kita bergabung bersama untuk Bawean yang tersayang.



Thursday, February 12, 2009

Warga Asahan Didakwa Dengan Pasal Pembunuhan

WNI asal Kabupaten Asahan ,Sumatra, hari ini di hadapkan ke pengadilan Tinggi (4) Shah Alam Dengan dakwaan Pembunuhan.Terdakwa di jerat dengan pasal 302 pidana Malaysia.

Terdakwa Sapri Mod Nor umur 27 tahun di dakwa dengan pasal pembunuhan ,beliau di dakwa membunuh Warga Indonesia Norlela ,pada tanggal 11 Julai 2009 jam 11.50 Malam,di depan toko besi ,di no 14 ,jalan 1 Selayang Baru,Batu Caves ,Gombak Selangor.

Terdakwa belum di dampingi pengacara, karena tidak mempunyai uang untuk menyewa pengacara.Walau bagai manapun,terdakwa mohon pengadilan melantik pengacara dari lbh Malaysia.

Bertemu Teman Sesama Dari Bawean Karena Kerong

(foto oleh Epung : Kanan Pak Sugi Hartono,Tengah Pak Sairi Womdi,Pak Drs Ghazi Syarif Caleg Golkar Untuk Dapil Dki Jakarta 11 dan Pak Ismail Jakfar 12/02/09 )

Kampung Baru 5.30 Sore, saya bersama teman-teman Bawean yang tinggal di Kuala Lumpur ,tadi ketemu di Restoran Adamson Hotel Kampung Baru Kuala Lumpur.

Dalam pertemuan tadi hanya merupakan pertemuan kerong-korongan sesama warga Bawean yang ada di negara tetangga ini.Dalam pertemuan kerong-kerongan tadi, di hadiri Bapak Sugi Hartono Dari Desa Duku,Bapak Ismail Jakfar dari Sangkapura ,Bapak Ghazi Syarif Rojing,Bapak Sairi Womdi dari Bulu Lanjang serta saya dari Kumalasa.

Pertemuan tadi sebenarnya tidak ada rencana langsung,tetapi secara kebetulan saling kontak-kontakan saja.Maklumlah masing-masing punya kesibukan.Apalagi Pak Ghazi ,beliau sangat sibuk sekali semenjak jadi caleg untuk DPRI RI 2009 dari Partai Golkar.Meskipun beliau begitu sibuk ,tidak menggangu jadwal sosialisasinya,juga dapat datang bersama-sama teman-teman yang lain dengan acara santai dan kerong-keronga tersebut.

Walaupun pertemuan tadi hanya merupakan kerong-kerongan dan juga saling bertanya kabar,datang idea dari pak Sugi dan Pak Mail (Ismail ) bagai mana kalau kita merintis pertemuan silaturrahmi antara sesama warga Bawean Di rantau ini.Dengan suasanya keakraban dan keasikan teman-teman mempersetujui untuk acara kerong-kerongan itu di laksanakan.

Jika masih ingat,saya pernah mewacanakan untuk bikin semacam paguyuban warga Bawean di rantau ini,"nah" dari pada tulisan saya itu yang tersentuh oleh teman-teman tadi sore.

Tadi dalam pertemuan kangen-kangenan teman-teman sepakat untuk segera di tindak lanjuti,agar dapat di realisasikan sesama warga Bawean Rantau ini.Dalam pertemuan kangen-kangenan teman-teman setujuh untuk di hendal Pak mail untuk mengkordinasiakn dengan warga Bawaean yang lain.



Wednesday, February 11, 2009

Deplu - KBRI Malaysia Koordinasi Antisipasi Gelombang PHK

Departemen Luar Negeri sudah berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Malaysia untuk mengantisipasi pemulangan Tenaga Kerja Indonesia apabila terjadi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

"Dubes kita Pak Da'i Bachtiar baru lapor, membicarakan bagaimana kalau ada PHK. Jangan sampai juga menyebabkan keterlantaran mereka," kata Menteri Luar Negeri Hassan Wirajuda di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Rabu.

Deplu, lanjut Hassan, telah mengantisipasi situasi dan kondisi krisis keuangan global saat ini yang dapat mengakibatkan gelombang PHK tenaga kerja Indonesia di luar negeri.

"Seperti kita di Indonesia mulai ada PHK, juga di negara-negara di banyak buruh kita bekerja," ujarnya.

Perwakilan Deplu di luar negeri, kata Hassan, telah mengantisipasi agar jika terjadi PHK tenaga kerja Indonesia dapat dilakukan pemulangan secara tertib.

"Jangan orang kita harus menderita dua kali, sudah di-PHK, pulangnya terlantar.

Jangan arus berbondong-bondong," ujarnya. Khusus untuk Malaysia, Menlu mengatakan, hingga kini selalu ada komunikasi pada tingkat tertinggi dengan pemerintah Malaysia untuk meminta pengertian mereka agar pemulangan TKI dilakukan secara bertahap.

Ia mencontohkan kasus pemulangan warga negara Indonesia asal Aceh yang habis ijin tinggalnya.

"Saya ketika ke Malaysia ketemu dengan tidak hanya Menlu, tetapi juga wakil PM Malaysia, waktu pemulangan orang-orang kita dari Aceh berakhir masa ijin tinggalnya.

Ini dimengerti oleh Malaysia, terus diperpanjang lalu dilakukan proses pemulangan. Jadi, kita selalu membicarakan pada tingkat tertinggi dan banyak ada pengertian," demikian Menlu. (*)

Tuesday, February 10, 2009

Pernyataan Sikap Politik PCINU Mesir

Pernyataan Sikap Di Bawa Ini Di Kirim Lewat Email Saya

SALINAN PUTUSAN HASIL MUSYAWARAH CABANG ALIM ULAMA
Nomor: 1..MUSCAB.PCINUMESI R.I.2009

Tentang:

B A Y A N S I Y A S I
PENGURUS CABANG ISTIMEWA NAHDLATUL ULAMA
REPUBLIK ARAB MESIR

Bismillahirrahmanir rahim

Dalam rangka menyongsong dan turut menyukseskan Pemilihan Umum Republik Indonesia 2009, Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Mesir sebagai organisasi sosial keagamaan dan bagian tak terpisahkan dari bangsa Indonesia perlu menyampaikan hal-hal sebagai berikut:


Mendukung terlaksananya Pemilu yang jujur, adil, bebas, transparan, dan demokratis demi kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.
Mengimbau kepada seluruh warga Nahdlatul Ulama di Mesir khususnya dan warga Negara Indonesia di Mesir umumnya agar menggunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani dan pilihanya masing-masing.


Mengimbau kepada seluruh warga Nahdlatul Ulama di Mesir khususnya dan warga Negara Indonesia di Mesir umumnya agar senantiasa menjaga serta mempertahankan suasana yang aman, rukun, saling menghargai dan menghormati demi terciptanya suasana kondusif untuk pelaksanaan Pemilu yang demokratis dan damai.

4. Menegaskan bahwa Nahdlatul Ulama sebagai jam'iyyah secara organisatoris tidak terikat dengan organisasi politik dan organisasi kemasyarakatan manapun juga.

5. Menegaskan bahwa setiap warga Nahdlatul Ulama secara individual adalah warga negara yang mempunyai hak-hak politik yang dilindungi oleh undang-undang. Di dalam hal warga Nahdlatul Ulama menggunakan hak-hak politiknya harus melakukan dengan penuh bertanggung jawab, sehingga dengan demikian dapat ditumbuhkan sikap hidup yang demokratis, konstitusional, dan taat hukum.

6. Mengimbau secara khusus kepada warga NU Mesir agar tetap mempertahankan keutuhan serta kesatuan Nahdlatul Ulama (wahdah nahdliyyah) dan tidak terpecah-belah karena perbedaan pilihan politik pada Pemilu 2009.

Demikian, agar menjadi maklum.

Ditetapka di : KairoPada tanggal : 31 Januari 2009
Pimpinan Sidang
Bukhori Sail Attahiry, MA Abdul Ghofur Maemun, MA
Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul UlamaRepublik Arab Mesir Periode 2008-2010
Fadholan Musyaffa’, MA (Rais Syuriah)Abdul Ghofur, Lc (Wk. Katib Syuriah)Muhlashon Jalaluddin, Lc (Ketua Tanfidizyah)Aan Zainul Anwar (Sekretaris)

PKBM Target 25 % Suara Dari WNI Di Malaysia Pada Pesta Demokrasi 2009

Menjelang pemilu yang tingal tidak berapa lama masing-masing perwakilan parpol di Malaysia telah gencar untuk mengampanyakan caleg-nya.

Kalau di lihat dari pada kacamata yang ada sekarang ,setiap caleg yang ingin merebut suara dari Malaysia sudah saling tancap giar empat.

Juga tidak ketinggalan caleg dari DPC PKBM .Di mana caleg PKBM sudah mempersiapkan agenda sosialisasi door to door untuk bersentuhan langsung dengan konstituen yang ada di Malaysia ini.

Selain dari caleg PKB ada beberapa caleg parpol dari Malaysia ,misalnya Saudara Mohd Ghazi Syarif dari Golkar,Suadara Wawan Zakir dari PD dan Saudara Zainal dari partai Hanura.Sedangkan yan dari Jakarta Bapak Bachrum Rasir dari PKB dan bapak Ade nasotion dari Pan. Bapak Ghazi Syarif adalah warga Bawean yang sukses di negara tetangga ini.Beliau adalah bisnesmen sukses yang sehariannya mempunyai usaha MLM.

Ketemu

Tadi siang 10/02/09 saya bersama Koordinator Pengerahan massa Lembaga Pemenang Pemilu DPC PKBM mendatangi kantong-kantong wni di kelang Selangor.Saya bersama dengan saudara Ambar terjun langsung kelapangan untuk ketemu dengan Massa tradisional PKB yang ada di Wilayah Kelang Selangor.

Menurut Ambar ,warga Indonesia di wilayah Kelang yang sudah terdaftra sebagai pemilih tetap seramai 31.000 jiwa.Rata -rata mereka bekerja sebagai buruh bangunan dan pabrik.Mereka kebanyakan dari Jatim.Kalau mengikut catetan Ambar yang paling banyak adalah warga Madura,Lamongan,Gresik,Bojonegoro,Blitar,Telungagung ,Madiun,Jember ,Banyuwangi ,kangian dll.

Berbeda dengan wilayah lain,kalau wilayah Gombak,Ampang ,Kampung Pandan ,Rawang dan Sungai Buluh ramai warga Bawean yang terdaftar disana dengan PPLN Kuala Lumpur,ungkap Ambar lagi.

Menurut Ambar lagi semenjak keluar dari Partai Demokrat Malaysia ,setiap hari ramai pengurus parpol yang ada di negara tetanga ini menghubunginya .Bila saya singgung kenapa sampai menghubunginya,dengan nada yang pelahan beliau menjawab,mereka inginkan suara wni di Kelang untuk diarahkan kepada masing-masing dari pada caleg parpol itu sendiri.

Walau bagaimanapun beliau tidak memberikan kesanggupan,karena saya masih menunggu komando dari DPC PKBM.Ambar mengatakan saya-kan warga nahdliyen mana mungkin suara dari teman-temanku akan dirahkan memelih partai lain tak mungkin-kan.

Saudara Ambar adalah aktivis paguyuban Bochae Diwe yang mempunyai anggota 25.000 ribu diseluruh Malaysia.Anggota dari Bochae Diwe tersebut terdiri dari tenaga kerja Indonesia (tki) yang bekrja di Malaysia.

Prolehan Suara DPC PKBM

DPC PKBM telah menargetkan perolehan suara pada pemilu mendatang 25 % dari WNI yang telah mendaftar dengan PPLN Kuala Lumpur sebanyak 850.356 jiwa .Sasaran perolehan suara adalah dari warga Bawean,Madura,Kangian,Jawa,Sumatra,Sulawesi dll.

Tentang caleg ,"sebenarnya DPC PKBM ada dua caleg,"yaitu Ust Ridlwan dan M.Magfur.Walau bagaimanapun ada satu caleg dari dapil DKI Jakarta 2 yang mengingenkan suara dari Malaysia yaitu Bapak Bachrum Rasir nomer urut 1 .

Sebelum menjadi orang politisi Pak Bachrum adalah mantan atase udara Kedutaan Besar RI di Kaula Lumpur.Kalau menurut saya welcame ajah,yang penting DPC PKBM harus dapat memenangkan salah satu caleg pada pemilu 2009 nanti.

Persiapan

Kesiapan LPP untuk mengampanyakan caleg sudah mengatur agenda untuk sosialisi ,baik di Kuala Lumpur ataupun di luar wilayah Kuala Lumpur itu sendiri.Yang pasti LLP DPC PKBM siap untuk tempur di pemilu 2009 ,bagi mengegolkan salah satu caleg yang di usung.





Monday, February 9, 2009

Aliansi Peduli TKI Ajukan Uji Materi ke MA

Ribuan orang dari Aliansi Peduli Tenaga Kerja Indonesia (TKI) mengajukan uji materi ke Mahkamah Agung (MA) di Jakarta, Senin, terhadap Peraturan Mennakertrans Nomor 22/2008 tentang Pelaksanaan Penempatan dan Perlindungan TKI di Luar Negeri.

"Peraturan Mennakertrans itu menyimpang dari isi, semangat, maupun amanat UU Nomor 39 Tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan TKI di Luar Negeri," kata pengacara Sentot Panca Wardhana selaku kuasa hukum Aliansi Peduli TKI.

Permohonan hak uji materi itu diterima oleh Priyono dari bagian penata laksana tata usaha negara MA.

Sentot mengatakan, Peraturan Mennakertrans itu memangkas kewenangan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI) untuk mengurus TKI.

Selain bertentangan dengan UU Nomor 39 Tahun 2004, katanya, Peraturan Mennakertrans itu sama sekali tidak mengindahkan Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2006 tentang BNP2TKI.

"Upaya Presiden membenahi permasalahan TKI melalui Perpres Nomor 81 menjadi sirna akibat kecerobohan Peraturan Mennakertrans itu," katanya.

Sentot dari kantor kuasa hukum "Sentot SH & Associates Law Firm" menyatakan bahwa Peraturan Mennakertrans itu telah menimbulkan keresahan publik dan membawa dampak kekacauan pelayanan penempatan dan perlindungan TKI.

Aliansi Peduli TKI antara lain berasal dari berbagai organisasi TKI seperti Paguyuban Keluarga Buruh Migran Indonesia (Pakubumi), Paguyuban Peduli Buruh Migran Indonesia (PPBMI), Paguyuban Wanita Buruh Migran Indonesia (PWBMI), dan Paguyuban Sambung Rasa Keluarga Buruh Migran (Paseban).

Kedatangan ribuan orang ke MA itu mendapat pengawalan ketat polisi dari Polres Jakarta Pusat.Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Ike Edwin tampak memimpin langsung pengamanan ribuan orang yang menggunakan ratusan mobil pengantaran pemulangan TKI. (*)

Sunday, February 8, 2009

Pengurus Nucim Telah Sukses Di Lantik

Dalam perjalanan pulang dari Sungai Petani Kedah saya dapat sms dari toko Bawean dan juga Wakil Ketua Dewan Tanfidz PKBM.Dalam sms yang di kirim pada saya bertanya kenapa tidak menghadiri pengajian Ketua PBNU kemaren malam ?

Dengan nada yang diplomasi saya menjawab sms saudara Ismail itu,saya mengatakan dalam sms tersebut bahwa ada tugas persidangan wni di pengadilan Sungai Petani.

Meskipun kemaren di bebarapa wilaya di Malaysia libur ,tetapi di Kedah tidak libur kata saya dalam sms itu.

Saya juga bertanya dengan saudara Ismail via sms adakah pengajian pak Hasyim sukses,dan juga gimana perlantikan pengurus baru Nucim.Dengan bahasa yang diplomasi beliau menjawab kesemuanya sukses.

Pelantikan Nucim dan pengajian akbar di Wira Damai di banjiri warga Bawean yang tinggal di Kuala Lumpur dan selangor ,ungkap Ismail.Saya juga menyinggung selain warga Bawean adakah warga lain yang hadir,beliau juga menjawab ada.

"Selain mendapat informasi dari Ismail ,"saya juga di beritahu saudara Sakdallah yang juga ketua PKNU perwakilan Malaysia,juga senada, dengan Ismail yang mengatakan ramai warga Bawean yang hadir di acara pelantikan Nucim dan pengajian akbar ketua PBNU tersebut.Saya juga bertanyakan kepada Sakdallah selain anda yang datang ,siapa lagi yang hadir dari parpol .Selain Saya juga hadir dua Caleg DPC PKBM yaitu Ust Ridlwan Hambali dan M.Magfur.Juga tampak hadir ketua Permai dan pegawai dari KBRI kuala Lumpur ,kata Sakdallah.

Selain pengajian akbar ,"pak Hasyim ,"melantik pengurus yang baru Nucim untuk preoda 2008 - 2011.Nucim untuk preoda ini di komando Cak Amin sebagai ketua dewan Tanfidz ,sedangkan ketua Dewan syuria di komando Drs Ust Ahmad muedi yang juga manta ketua tanfidz preoda
sebelumnya.

Saya berharap dengan pengurus Nucim yang baru bisa bekerja dan bisa memberikan kontribusi dengan warga nahdliyen di Malaysia

Saya ucapkan selamat bekerja dan semuga di beri kekuatan olah Allah.Dalam menjalankan aktivitas harian.Amin Yarobbal Alamin

Friday, February 6, 2009

Ketua PBNU Datang Ke Malaysia,Untuk Melantik Pengurus Baru NUCIM

Pengurus Besar Nahdatul Ulama ,KH Hasyim telah sampai ke Kuala Lumpur.Kedatangan Pak Hasyim ke Negara tetangga yang mempunyai munara kembar yang tertinggi di dunia ,terkait dengan pelantikan Pengurus Nahdatul Ulama Cabang Istimewa Malaysia.

Disamping pelantikan Nucim ,"pak Hasyim juga akan menyampaikan pengajian ",untuk warga Nahdliyen di Malaysia.Acara pelantikan dan pengajian akan di adakan di Kampung Wira Damai Sri Gombak Kuala Lumpur Malam ahad tanggal 7/2/09 8.00 malam.

Di Kampung Seri Damai ramai basis Nu ,terutama warga Bawean yang sudah sekian lama menetep(berdomisili ) di Malaysia.

Menurut Saudara Sairi Wamdi bahwa warga sangat mendukung dengan di adakan acara pelantikan dan pengajian akbar tersebut.Kalau sebelum ini sering di adakan di Kampung Gaja Sungai Bulu.

Dan ini bisa terus warga bertatap muka langsung dengan ketua PBNU itu, khusunya warga Bawean ,ungkap Sairi lagi.

Informasi dimana Pak Hasyim sudah sampai di Malaysia ,saat saya menghubungi ust Ahmad Muedi ,"yaitu mantan ketua dewan Tanfidz NUCIM".Ust, memberitahu saya via sms ,dan beliau mengatakan ,saya sedang menjemput pak Hasyim di bandara klia.

Dengan kedatangan pak Hasyim kemalaysia tentunya memberikan kridit yang tinggi kepada Partai Kebangkitan Bangsa di Malaysia.Kenapa saya bilang gitu karena basis massa tradisional PKB Malaysia ramai yang dari warga NU.Apalagi pemilu yang tinggal beberapa bulan saja.

Saya berharap dengan kedatangan Pak Hasyim dapat laba besar PKB ,dalam pemilu legeslatif mendatang dan warga NU tidak kemana-kama tetap dengan rumahnya yaitu PKB.

PHK Ratusan Ribu TKI Di Malaysia

Kuala Lumpur - Pemutusan hubungan kerja (PHK) sekitar 100.000 TKI di Malaysia dilakukan demi menyelamatkan pekerja Malaysia dan juga desakan dari para serikat pekerja Malaysia MUTC (Malaysian Trade Union Congress).

"Jumlah TKI yang akan di PHK di Malaysia bisa lebih dan bisa juga berkurang tergantung kondisinya. Para TKI di PHK memang demi menyelamatkan pekerja Malaysia, kami pun memahaminya," kata atase tenaga kerja KBRI Kuala Lumpur, Teguh H Cahyono, Jumat.

Dijelaskan oleh Teguh, akibat kelesuan ekonomi global, banyak perusahaan manufaktur mengurangi biaya operasi dengan mengurangi tenaga kerjanya.

"Pemerintah Malaysia dan serikat pekerja Malaysia mendesak perusahaan agar mereka mengurangi pekerja asingnya lebih dahulu.

Jika ada pengurangan pekerja, jangan pekerja Malaysia tapi pekerja asing lebih dulu dikurangi," kata Teguh.

"Kami sangat memahami langkah itu. Jika kondisi yang sama di Indonesia maka pemerintah dan serikat pekerja kita akan melakukan hal yang sama.

Melindungi dan memprioritaskan pekerja dan warganya lebih dahulu," katanya.Tapi pemerintah Malaysia sudah menegaskan jika ada pengurangan pekerja asing maka pekerja Indonesia adalah pekerja asing yang terakhir yang akan dikeluarkan, tambah dia.

Teguh juga menjelaskan, pemerintah Malaysia tidak akan mengijinkan perusahaan nasionalnya atau asing memperpanjang kontrak pekerja asing demi menampung pekerja dan warga Malaysia yang kena PHK, baik di PHK di dalam negeri maupun di luar negeri.

"Sebagaimana kita ketahui, banyak pabrik dan perusahaan yang bangkrut di Singapura dan pekerjanya banyak warga Malaysia. Para pekerja asing di Malaysia yang kontrak kerjanya habis tidak akan diperpanjang lagi terus dipulangkan kemudian diganti pekerja Malaysia.

Oleh sebab itu, jumlah TKI yang akan di PHK bisa mencapai hingga 100.000 orang," ujar atase tenaga kerja KBRI KL itu."Walaupun para majikan dan perusahaan lebih suka dengan pekerja asing dan Indonesia karena lebih rajin dan loyal tapi mereka akan mematuhi keinginan pemerintah Malaysia melindungi warga dan pekerjanya. Kami memahami langkah itu," katanya.(sumber Antara )

Berikut ini data TKI di sejumlah perusahaan

Shin Etsu -- 1.600 TKI Sudah terjadi PHK 500 orang

Western Digital -- 3.300 TKI Belum ada PHK atau pengurangan pekerja hanya penurunan jam kerja
Water Tec -- 100 TKI Tidak ada penurunan produksi dan tidak ada PHK
Perak Textille -- 60 TKI Tidak terjadi penurunan produksi dan PHK
Panasonic Electronic -- 500 TKI, ada penurunan produksi, TKI dipulangkan jika kontrak kerja habis
Canon Opto -- 1.200 TKI, penurunan produksi, penambahan TKI ditunda
C-Pak Cergas -- 300 TKI, penurunan produksi, lembur ditiadakan
Epson Toyocom -- 1.343 TKI, penurunan produksi, tak ada PHK, 214 TKI habis kontrak dipulangkan
Lion Steel -- 50 TKI, tak ada permintaan, 50 TKI akan dipulangkan bertahap
JR Joint -- 700 TKI habis kontrak akan dipulangkan, terutama pekerja Sony
Yamaco Precesion -- 50 TKI Sudah PHK, tapi perusahaan outsourcing pindahkan TKI ke pabrik lainnya
Sensata -- 120 TKI, produksi merosot tajam, semua TKI di PHK
Onkyo -- 300 TKI, produksi turun, 200 TKI akan di PHK

Warga Aceh ,Muklis Jakfar Di Vonis Mati Karena Mengedar Narkoba

Shah Alam -4.30 Sore -Warga Aceh yang di vonis mati oleh pengadilan Malaysia bertambah satu lagi.Dalam daftar saya sekarang sudah ada 22 Warga Negara Indonesia Di vonis mati gara-gara menjadi bandar narkoba di Malaysia ( PENGEDARAN NARKOBA). 21 orang warga Aceh dan satu warga Bali.

Hari ini pengadilan Tinggi Shah Alam Selangor menjatuhkan vonis mati kepada Muklis Jakfar Pria asal Aceh.Muklis Pria yang seharian bekerja sebagai buruh kasar sebelum di tangkap oleh polisi dengan dakwaan mengedar narkoba jenis ganja.

Muklis, di tangkap oleh polisi pada tanggal 21 September 2004 ,jam 9.45 malam di ,jalan Shah Padu ,Kg Teluk Kapas ,Rantau Panjang Klang Selangor.Sewaktu di tangkap oleh polisi ,muklis sedang naik sepeda motor di jalan .

Berdasarkan informasi dari warga ,kapten Pilisi narkoba Mohd husni bersama beberapa aparat polisi narkoba telah menangkap Muklis.Dari penyelidikan team Invistegasi yang yang terus terjun kelapangan mendapati Muklis akan mengadakan teransaksi penjualan narkoba seberat 866 gram.Muklis DIDAKWA DENGAN PASAL 39B (1) (a) Undang-undang narkoba tahun 1952 dengan ganjaran gantung sampai mati.

Vonis mati di bacakan oleh Pesuruh Jaya Tinggi ,Tuan Abang Iskandar ,Hakim pengadilan tinggi 5 Shah Alam.Muklis akan mengajukan banding kepengadilan tinggi negara di Putra Jaya.

Thursday, February 5, 2009

KPU.Distribusikan Perlengkapan Pemilu Ke LN 20 Februari

Distribusi perlengkapan pemungutan suara pemilu 2009 ke 117 panitia pemilihan di luar negeri akan dimulai pada 20 Februari 2009. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Abdul Hafiz Anshary, di Jakarta, Kamis, mengatakan Departemen Luar Negeri menginginkan agar perlengkapan pemungutan suara untuk pemilu legislatif 2009 di luar negeri telah siap pada 15 Februari.

"Deplu minta pada
15 Februari semua logistik sudah siap untuk didistribusikan ke luar negeri dan ini disanggupi oleh percetakan. Diminta 20 Februari sudah didistribusikan," katanya.

Perlengkapan pemungutan suara tersebut meliputi kotak suara, surat suara, bilik pemungutan suara, segel, dan perlengkapan penunjang. Perlengkapan penunjang meliputi diantaranya sampul kertas, karet pengikat surat suara, perekat, kantong plastik, bolpoin, spidol, formulir, tali pengikat alat pemberi tanda, dan alat bantu tunanetra. Pengadaan perlengkapan pemungutan suara sebagian besar telah berlangsung diantaranya adalah tinta sidik jari.

Sejumlah perusahaan pemenang lelang pengadaan tinta telah mendistribusikan tinta ke Kabupaten/Kota.Sementara untuk surat suara, produksinya direncanakan dimulai pada Sabtu (7/2) ini.

KPU telah meminta perusahaan pencetakan untuk mencetak surat suara satu kali dalam ukuran sebenarnya guna divalidasi.Namun, Hafiz mengatakan untuk mencetak surat suara guna divalidasi masih ada masalah.

Format data yang diserahkan KPU ke percetakan tidak sesuai akibatnya ketika dicetak ada nama caleg yang terpotong dari surat suara.

Untuk itu KPU masih harus memperbaiki data yang akan diserahkan ke percetakan.Hafiz menegaskan KPU menargetkan logistik pemilu seperti surat suara, tinta, segel, dan formulir sudah sampai ke Kabupaten/Kota pada minggu kedua Maret 2009. (antara)

Ribuan TKI di Malaysia Terancam PHK

Sebanyak 100 ribu Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia mungkin akan pulang lebih awal dari kontraknya semula karena terancam pemutusan hubungan kerja (PHK) menyusul krisis global yang menekan dunia usaha di Malaysia.

Namun, menurut Menakertrans Erman Suparno dalam siaran persnya, Jumat, jumlah 100 ribu TKI yang akan dipulangkan itu masih angka prediksi. Saat ini sekitar 300 ribu orang TKI berkerja di sektor manufaktur Malaysia.

"Jumlah tersebut bisa berubah, tergantung pada jadwal dan kondisi masing-masing perusahaan," kata Erman.

Dalam pertemuan Dubes RI untuk Malaysia dengan Asosiasi Manufaktur Malaysia, terungkap bahwa sebanyak 100 ribu TKI pada industri manufaktur sangat mungkin terpaksa dipulangkan ke Indonesia.Keputusan itu dilakukan mengingat krisis global telah menekan ekonomi Malaysia dimana permintaan barang produksi turun 30-35%.

Prediksi ini pernah disampaikan Menteri Sumber Daya Manusia Malaysia kepada Menakertra
ns.Faktanya, lanjut Erman, pemerintah telah dilapori bahwa sekitar 10 ribu TKI yang bekerja pada sektor tersebut telah diPHK dan mereka sudah dipulangkan ke Indonesia secara bertahap.

Indonesia sejauh ini berhasil menegosiasikan hak-hak TK yang diPHK dipenuhi perusahaan, bahkan perusahaan Malaysia bisa membantu biaya transportasi mereka untuk kembali ke tanah air."Depnakertrans terus berkoordinasi dengan Departemen Luar Negeri dan Dubes RI untuk Malaysia untuk mengantisipasi dan merespon pemulangan tersebut," kata Erman. (* sumber antara)

Wednesday, February 4, 2009

Pemberitahuan Pada Warga Bawean Di Malaysia (Khusus Pemuda Dan Mahasiswa Bawean Di Malaysia )

Kuala Lumpur : 04 / 02 / 2009

Assalamualaikum WB

Kepada sahab-sahabat warga Bawean yang merantau ke negara tetangga ini marilah kita bergabung dengan membentuk Ikatan Pemuda Bawean Rantau Malaysia (IKPBRM).

Jika teman-teman (thogelan ) semua ,kalau ingin bergabung bersama," membentuk IKPBRM tolong menghantar Email ",pada saya dan memberikan alamat tempat tinggal di Malaysia serta nomer Hp lewat email saya :yaitu sfl_aimn@yahoo.com

Insya Allah jika di izinkan Tuhan kita masyarakat Bawean akan membentuk IKPBRM sesudah pelaksanaan pesta demokrasi negara tercinta kita.



Semuga thogelan semua di rantau ini dapat menjalankan aktivitas dan selalu di lindungi Allah.

Wassalam
Epung Komalasa

Anak-anak TKI di Sabah Kini Bisa Nyanyi "Indonesia Raya"

Oleh Adi Lazuardi

Kuala Lumpur - Mengharukan juga melihat dan mendengar anak-anak kelas 3 SD Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) menyanyikan lagu "Indonesia Raya" dan "Garuda Pancasila" sebelum mereka memulai belajar.

"Inilah cara kami mengenalkan Indonesia dan menumbuhkan rasa cinta pada diri anak-anak TKI di Sabah terhadap negara tercinta, Indonesia," kata Dadang Hermawan, Kepala Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK), Sabah, Borneo.

Sekitar 80 persen, anak-anak TKI yang sekolah di SIKK lahir di Sabah. Mereka kurang mengenal Indonesia. Lahir karena orang tua mereka adalah buruh perkebunan kelapa sawit. Anak-anak TKI itu tumbuh dan besar di negeri orang tanpa bisa mengecap pendidikan formal seperti umumnya anak-anak Indonesia di tanah air dan anak-anak warga Malaysia.

"Tidak betul juga jika dikatakan anak-anak TKI tidak bisa belajar di sekolah Malaysia. Yang dilarang adalah sekolah kebangsaan karena itu ada subsidinya. Anak warga asing seharusnya sekolah di swasta atau sekolah internasional," kata atase pendidikan KBRI Kuala Lumpur, Imran Hanafi.

"Di sinilah persoalannya, orang tuanya berprofesi sebagai TKI tidak mampu membayar sekolah swasta apalagi sekolah internasional sehingga ribuan anak-anak TKI bisa mengecap pendidikan formal," tambah dia.

Ditambah lagi, peraturan imigrasi Malaysia melarang pekerja asing membawa anggota keluarganya, baik anak dan istri, termasuk dilarang kawin.

Namun kenyataannya, TKI yang bekerja di Sabah, apakah itu menjadi buruh perkebunan kelapa sawit atau menjadi pembantu, membawa keluarganya. Para majikannya tampaknya mengijinkan hal itu demi kenyamanan dan loyalitas kerja para buruhnya.

Menurut data KJRI Kota Kinabalu tahun 2006, ada sekitar 24.199 anak-anak TKI di Sabah tidak bisa mendapatkan pendidikan. Karena saat itu yang dicatat hanya anak-anak usia sekolah maka pada tahun 2008, diperkirakan 30.000 anak-anak TKI yang tidak mengecap pendidikan formal.

Hambatan Sekolah

Masalah buruh di perkebunan kelapa sawit untuk tidak boleh kawin dan membawa keluarga menjadi suatu dilema. Aturan imigrasi Malaysia memang buruh asing dilarang kawin dan membawa keluarganya, kecuali ekspatriat.

Hal itu diakui Manajer SDM Sabah Land Development Board (SDLB) Syaheddrul Joddari. "Kami punya buruh laki-laki dan wanita. Walaupun kami selalu melarang mereka kawin, tapi yang namanya cinta sulit dicegah. Perkawinan baik resmi atau tidak terjadi di perkebunan hingga mereka punya anak," katanya.

Melihat ada buruh yang kawin, punya istri dan anak sudah tentu mendorong buruh yang punya istri di kampung untuk membawa keluarganya ke Sabah. Hal ini berlangsung sekian lama sehingga ribuan anak-anak buruh perkebunan kelapa sawit kini tidak bisa mengecap pendidikan formal. Apalagi setelah ada revisi UU Pendidikan di Malaysia yang mendiskriminasi anak buruh asing bersekolah di sekolah milik pemerintah karena ada unsur subsidinya.

"Bagi majikan dan perusahaan perkebunan, ada keluarga buruh menciptakan kenyamanan kerja bagi si buruh. Jika nyaman maka loyalitas kerja juga bagus. Selain itu, anak-anak dan istri buruh juga bisa sekaligus bekerja untuk menambah penghasilan keluarga. Apalagi anak-anak buruh tidak bersekolah maka bekerja di perkebunan kelapa sawit selain menambah penghasilan juga kegiatan yang baik untuk membunuh waktu," kata konsuler bidang ketenagakerjaan KJRI Kota Kinabalu, Umbara Setiawan.

Anak tidak bisa sekolah sudah tentu akan menambah panjang kemiskinan keluarga buruh. Pemerintah Indonesia dan Malaysia dibantu LSM Humana berbasis di Eropa mencoba mengadakan sekolah informal. Anak-anak TKI dan buruh Filipina diajarkan membaca, menulis, dan berhitung. Tidak ada jenjang kelas. Yang penting bisa membaca, menulis dan berhitung.

Pemerintah Malaysia juga sudah meminta perusahaan perkebunan secara sukarela menyediakan gedung sekolah informal. Kini ada sekitar 90 gedung sekolah informal yang dikelola Humana dengan jumlah murid sekitar 7.000 orang. Sejak tahun 2007, Indonesia telah mengirimkan 109 guru.

Tapi upaya pemerintah Indonesia tidak cukup sampai di situ saja. Atas dasar hubungan baik kedua negara, kedua kepala pemerintahan sepakat untuk mengijinkan adanya sekolah Indonesia di Kota Kinabalu bagi anak-anak TKI.

Sudah Operasi

Sekolah Indonesia Kota Kinabalu beroperasi sejak 1 Desember 2008 dengan jumlah 274 murid sekolah dasar (SD). SIKK memiliki enam ruang kelas di kompleks pertokoan Alam Mesra, Kota Kinabalu.

Dengan enam kelas, SIKK ini dapat menampung 326 anak TKI, tapi kini baru menampung 274 anak karena baru empat guru termasuk kepala sekolah ikut mengajar. "Dalam waktu dekat akan ada empat guru tambahan lagi datang dari Indonesia," kata Dadang Hermawan.

"Agar dapat memberikan pendidikan yang lebih luas kepada anak-anak TKI, SIKK akan mengadakan pendidikan non formal melalui paket A, paket B dan paket C, " tambah dia.

Untuk tahun pertama, seluruh anak-anak SIKK diberikan seragam baru "Merah Putih" dan buku-buku pelajaran. "Mereka sangat antusias dalam belajar. Masuk pukul tujuh tapi pukul 6 banyak yang sudah tiba di sekolah. Itu artinya mereka sudah meninggalkan rumah ke sekolah jam 05 pagi," ungkap Dadang.

Orang tua murid, Edijatmiko, asal Malang mengaku sangat senang ada sekolah Indonesia di Kota Kinabalu karena kini anaknya bisa mendapatkan pendidikan informal. "Selama ini, anak-anak kami hanya sekolah seperti madrasah di kampung. Tidak bisa masuk ke sekolah formal," katanya.

Menurut data KJRI, ada 576 anak TKI yang ingin sekolah di SIKK. Tapi setelah diadakan seleksi dan evaluasi hanya 274 yang bisa masuk sekolah formal. "Banyak anak-anak TKI di usia 11 tahun tapi belum bisa baca. Terpaksa kami tidak bisa terima," kata Kepsek SIKK Dadang.

Nabila, murid kelas I SIKK, mengaku senang bisa sekolah di SIKK. "Teman-teman juga senang bisa memakai seragam merah putih, seragam sekolah Indonesia. Saya kini sudah hafal lagu Indonesia Raya dan Garuda Pancasila," katanya sambil tersenyum. (*)

Monday, February 2, 2009

Santai Di Mcdonanalds Pandan Indah,Sambil Membahas Buletin Bawean

di sore hari tanggal 2/2/09 saya bersama teman-teman pemuda Bawean di Malaysia lagi nyantai dan sambil ngobrol-ngobral tentang bagaimana kalau kita bikin Buletin Bawean.

Idea untuk Buletin Bawean datangnya dari saudara Sakdallah ,mahasiswa asala Kumalabaru yang sekarang menekuni jurusan PH.D dalam bidang psikologi di UKM kajang Selangor Malaysia.

Saya bersama Sakdallah ,Hasan Jali Mahasiswa Bawean yang lagi kulia di UM dan juga jadi guru di sekolah Internasional Kuala Lumpur Malaysia.Hasan dan Sakdallah sangat mendukung sekiranyan Buletin Bawean di terbitkan di Malaysia.

Mengingat warga Bawean yang ada di Malaysia tidak semua bisa mengakses internet.jika Buletin Bawean dapat di terbitkan di Malaysia ,sekurang-kurangnya warga Bawean di Malaysia bisa mengatahui sikon Bawean dari masa ke masa.

Hal ini akan saya bicarakan terlebih dahulu dengan Editor media Bawean (MB),karena Buletin Bawean yang di wacanakan tersebut ,akan di ambil pemberitaanya dari Media Bawean.

Saya berpendapat Buletin Bawean yang akan di terbitkan nanti 1 bulan sekali,sekiranya Bulatan Bawean ramai peminatnya bisa di terbitkan 2 minggu sekali.

Cara marketingnya, akan di jual langsung kepada warga Bawean yang bekerja dan Tinggal di Malaysia.Dan saya akan segera menghubungi saudara Basit minta persetujuan beliau.Sekiranya beliau bersetujuh tinggal bagaimana nanti tehnisnya , saya bersama-sama pemuda Bawean Malaysia akan membuat permohonan secara resmi dengan pengasas Media Bawean ,yaitu saudara Basit.

Jika teralisasi ini bisa menjadi kebanggaan Warga Bawean di Malaysia,dan ini bisa di mumfaatkan untuk membesarkan Media Bawean khususnya.

Sunday, February 1, 2009

Nu Malaysia Akan mengadakan Pengajian Akbar,Sekalian Pelantikan Pengurus Baru.

Nahdlatul Ulama cabang istimewa Malaysia akan mengadakan pelantikan ke pengurusan untuk preoda 2008-2011. Pelantikan NUCIM akan di selenggarakan pada hari sabtu 07/02/09 ,08.30 malam di Halaman Dewan Orang Ramai No ,45 Blok 5 Kampung Melayu Wiradamai Batu Caves Selangor..

Dalam pelantikan tersebut juga akan diadakan pengajian akbar yang akan di sampaikan oleh Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Indonesia ,KH .Hasyim Muzadi .

Menurut ketua panitia pelantikan persiapa sudah hampir 80 persen ,Insya Allah sesuai dengan jadwal akan berjalan dengan mulus,kata Saudara Lasip

Apa bilah saya tanya dengan saudara Lasip kenapa pelantikan Nucim di adakan di Wiradamai,karena wiradamai adalah tempat yang sangat strategis untuk bisa warga Nahdliyen di Malaysia menghadiri acara pelantikan itu.

Tempat pelantikan Nucim yang akan di adakan itu,sangat memungkinkan dapat di jangkau oleh warga Nahdliyen yang bermistatun sekitar Kuala Lumpur dan Selangor. Saya sangat berharap warga Nu di Malaysia untuk hadir ke acara yang sudah di jadwalkan itu,ungkap Saudara Lasip saat menghubungi via telepon genggamnya.