Monday, August 31, 2009

Larangan Puasa Daim Bagi yang tak Mampu

‏ ‏أن ‏ ‏عبد الله بن عمرو بن العاص ‏ ‏قال ‏ ‏أخبر رسول الله ‏ ‏صلى الله عليه وسلم ‏ ‏أنه يقول لأقومن الليل ولأصومن النهار ما عشت فقال رسول الله ‏ ‏صلى الله عليه وسلم ‏ ‏آنت الذي تقول ذلك فقلت له قد قلته يا رسول الله فقال رسول الله ‏ ‏صلى الله عليه وسلم ‏ ‏فإنك لا تستطيع ذلك ‏ ‏فصم وأفطر ونم وقم وصم من الشهر ثلاثة أيام فإن الحسنة بعشر أمثالها وذلك مثل صيام الدهر قال قلت فإني أطيق أفضل من ذلك قال صم يوما وأفطر يومين قال قلت فإني أطيق أفضل من ذلك يا رسول الله قال صم يوما وأفطر يوما وذلك صيام ‏ ‏داود ‏ ‏عليه السلام ‏ ‏وهو أعدل الصيام قال قلت فإني أطيق أفضل من ذلك قال رسول الله ‏ ‏صلى الله عليه وسلم ‏ ‏لا أفضل من ذلك قال ‏ ‏عبد الله بن عمرو ‏ ‏رضي الله عنهما ‏ ‏لأن أكون قبلت الثلاثة الأيام التي قال رسول الله ‏ ‏صلى الله عليه وسلم ‏ ‏أحب إلي من أهلي ومالي ‏

Hadis riwayat Abdullah bin Amru bin Ash ra, ia berkata:Rasulullah SAW dikabarkan bahwa aku pernah berkata akan selalu salat qiyam, akan berpuasa pada siang harinya sepanjang hidupku. Kemudian Rasulullah SAW bertanya:

Betulkah engkau pernah bilang demikian? Aku menjawab: Betul, aku pernah mengatakannya, wahai Rasulullah. Rasulullah saw. bersabda:

Sungguh engkau tidak akan mampu melakukan yang demikian. Oleh karena itu berpuasalah dan juga berbukalah. Tidurlah dan bangun malamlah. Berpuasalah tiga hari dalam setiap bulan. Sebab, satu kebajikan itu nilainya sama dengan sepuluh kebajikan. Dan yang demikian itu (puasa tiga hari dalam tiap bulan) nilainya sama dengan puasa satu tahun. Lalu aku katakan kepada Rasulullah saw: Tetapi aku mampu berbuat lebih dari itu. Beliau bersabda:

Berpuasalah sehari dan tidak puasa dua hari. Aku katakan kepada beliau: Tetapi aku mampu berbuat lebih dari itu. Rasulullah saw. bersabda:

Jika begitu, berpuasalah sehari dan berbukalah sehari, itu adalah puasa nabi Daud as. dan itulah puasa yang tengah-tengah. Kemudian aku berkata: Sungguh aku mampu berbuat lebih dari itu. Rasulullah saw. bersabda:

Tidak ada yang lebih utama dari itu. Abdullah bin Amru ra berkata: Aku terima tiga hari sebagaimana yang dikatakan Rasulullah SAW adalah lebih aku sukai dari istri dan hartaku. (HR. Muslim)

Hukum Puasa Bagi Musafir

عن ‏ ‏ابن عباس ‏ ‏رضي الله عنهما ‏ ‏أنه أخبره ‏ أن رسول الله ‏ ‏صلى الله عليه وسلم ‏ ‏خرج عام الفتح في رمضان فصام حتى بلغ ‏ ‏الكديد ‏ ‏ثم أفطر قال وكان صحابة رسول الله ‏ ‏صلى الله عليه وسلم ‏ ‏يتبعون الأحدث فالأحدث من أمره ‏-- ‏صحيح مسلم

Hadis riwayat Ibnu Abbas ra:Bahwa Rasulullah SAW bepergian pada tahun penaklukan kota Mekah di bulan Ramadhan. Beliau tetap berpuasa hingga tiba di daerah Kadid, beliau tidak berpuasa. Dan para sahabat Rasulullah SAW selalu mengikuti kejadian demi kejadian karena perintahnya. (HR. Muslim)

عن ‏ ‏جابر بن عبد الله ‏ ‏رضي الله عنهما ‏ ‏قال ‏ كان رسول الله ‏ ‏صلى الله عليه وسلم ‏ ‏في سفر فرأى رجلا قد اجتمع الناس عليه وقد ظلل عليه فقال ما له قالوا رجل صائم فقال رسول الله ‏ ‏صلى الله عليه وسلم ‏ ‏ليس من البر أن تصوموا في السفر-- ‏صحيح مسلم‏ ‏

Hadis riwayat Jabir bin Abdullah ra, ia berkata:
Adalah Rasulullah SAW pada suatu perjalanan melihat seorang laki-laki dikerumuni orang banyak sehingga ia hampir-hampir tidak dapat dikenali. Kemudian beliau bertanya: Ada apa dengannya? Para sahabat menjawab: Dia sedang berpuasa. Rasulullah SAW bersabda: Bukan termasuk kebaikan kalian berpuasa dalam perjalanan. (HR. Muslim)

سئل ‏ ‏أنس ‏ ‏رضي الله عنه ‏ ‏عن صوم رمضان في السفر فقال ‏ ‏سافرنا مع رسول الله ‏ ‏صلى الله عليه وسلم ‏ ‏في رمضان فلم يعب الصائم على المفطر ولا المفطر على الصائم-- ‏صحيح مسلم

Anas ra pernah ditanya tentang berpuasa pada bulan Ramadhan dalam perjalanan? Dia menjawab: Kami pernah bepergian bersama Rasulullah SAW pada bulan Ramadhan, yang berpuasa tidak mencela yang tidak puasa dan yang tidak puasa juga tidak mencela yang berpuasa. (HR. Muslim)

Mutiara Ramadhan

Menjaga Lidah Saat Puasa

‏ ‏عن ‏ ‏أبي هريرة ‏ ‏رضي الله عنه ‏ ‏رواية ‏ ‏قال ‏‏إذا أصبح أحدكم يوما صائما فلا ‏ ‏يرفث ‏ ‏ولا يجهل فإن امرؤ شاتمه أو قاتله فليقل إني صائم إني صائم ‏

Hadis riwayat Abu Hurairah ra, ia berkata:Rasulullah SAW bersabda: Apabila salah seorang dari kalian bengun dalam keadaan berpuasa, maka janganlah ia berbicara jorok dan kotor, maka jika seseorang dicaci atau diperangi, maka hendaklah ia berkata: Aku sedang berpuasa, aku sedang berpuasa. (HR. Muslim)

Keutamaan puasa

‏ ‏عن ‏ ‏سهل بن سعد ‏ ‏رضي الله عنه ‏ ‏قال ‏‏قال رسول الله ‏ ‏صلى الله عليه وسلم ‏ ‏إن في الجنة بابا يقال له الريان يدخل منه الصائمون يوم القيامة لا يدخل معهم أحد غيرهم يقال أين الصائمون فيدخلون منه فإذا دخل آخرهم أغلق فلم يدخل منه أحد ‏


Hadis riwayat Sahal bin Saad ra, ia berkata:Rasulullah SAW bersabda: Sesungguhnya di dalam surga itu terdapat pintu yang bernama Rayyan. Orang-orang yang berpuasa akan masuk lewat pintu itu pada hari kiamat. Tidak ada orang selain mereka yang masuk bersama mereka. Ditanyakan: Di mana orang-orang yang puasa? Kemudian mereka masuk lewat pintu tersebut dan ketika orang yang terakhir dari mereka sudah masuk, maka pintu itu ditutup kembali dan tidak ada orang yang akan masuk lewat pintu itu. (HR. Muslim)

Puasa dalam Kondisi Hadas Besar

عن عائشة وأم سلمة ‏رضي الله عنهما‏ ‏ ‏ ‏ فكلتاهما قالت ‏ كان النبي ‏صلى الله‏‏ عليه وسلم‏ يصبح جنبا من غيرحلم ثم يصوم-- ‏صحيح مسلم

Hadis riwayat Aisyah ra dan Ummu Salamah ra berkata:Rasulullah SAW pernah bangun pagi hari dalam keadaan junub bukan karena mimpi kemudian beliau terus berpuasa. (HR. Muslim)

Sunday, August 30, 2009

Doa Hilangkan Marah/Hadapi Orang Marah, Jauhkan Permusuhan

Doa Menjauhkan Permusuhan


Allahumma la tusymit bi ‘adwwi wa la tasu’ubi sadiqi wa la taj’al musibati fi dini wa la taj’alid dunya akbara hami wa la tusallit ‘alayya man la yarhamuni ya hayyu ya qayyumu.

Artinya: “Ya Allah, janganlah jadikan musuhku gembira karena kesusahanku, dan janganlah jadikan temanku membuat kejahatan terhadapku dan janganlah jadikan kemalanganku dalam urusan agamaku dan janganlah jadikan kepentingan dunia menjadi pusat perhatianku dan janganlah jadikan orang yang tidak berbelas kasihan ber maha raja lela atasku, wahai Tuhan yang hidup yang berdiri sendiri.”

Doa Menghilangkan Rasa Marah :
A’uzubillahi minasy syaitanir rajimi. Allahummagfirli zanbi wazhab gaiza qalbi wa ajirni minasy syaitanir rajimi.
Artinya: “Aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk. Ya Allah, ampunilah dosaku dan hilangkanlah kepanasan hatiku dan lepaskanlah aku dari gangguan syetan yang terkutuk.”

Doa Menghadapi Orang Sedang Marah
La ilaha illallahul halimul hakimu, subhanallahi rabbus samawatis sab’a wa rabbul ‘arsyil ‘azimi, la ilaha illa anta ‘azza jaruka wa jalla sana’uka.
Artinya: “Tiada Tuhan melainkan Allah yang Maha Kasih Yang lagi Maha Bijaksana, Maha suci Allah Tuhan yang memelihara tujuh langit dan yang memelihara ‘arsy yang besar tiada Tuhan melainkan Engkau, sangat kuat perlindungan-Mu dan Maha tinggi perlindungan-Mu.”


Tafsir Jawa Kuno

Seorang petugas menunjukkan tafsir serta terjemahan Alquran kuno berbahasa serta abjad Jawa di Museum Radyapustaka, Solo, Sabtu (29/8).

Tafsir dan terjemahan tersebut dibuat pada tahun 1905 dan baru dikembalikan lagi ke Museum Radyapustaka setelah dipinjam Masjid Agung Demak sejak tahun 2006.

Maling Nyolong Ayam Di Desa Komalasa Ke Tangkap Polisi

Barang Bukti Ayam Curian

Amat Memalukan ,bulan baik dan hari baik mereka sanggup buat perkara yang tidak baik.Mengapa mereka SANGGUP nyolong pada bulan ramadhan,sedangkan harga ayam bukanya mahal banget. Apakah tidak punya uang untuk membelinya

Moral dan ahlak sudah tidak di pakai lagi itulah akibatnya nyolong ayam.Bertobatlah sebelum pintu taubat di tutup .

Nasehatku wahai ibu bapak orang di desa kumalasa jagalah dan didiklah anakmu baik-baik,jangan memalukan warga nya. Ingat ini adalah bulan ramadhan,sepatutnya bermal ibadah untuk mohon ampunan dengan Allah,bukannya jadi maling ayam.

Pak Polisi mohon adili seadil-adilnya sesuai dengan tuntutan pidana nyolong,biar maling tersebut kapok dan tidak berani berbuat seperti ini lagi dan menjadikan pengajaran kepada yang lain.

Sumber
Media Bawean, 30 Agustus 2009

Di bulan puasa yang seharusnya digunakan untuk melakukan amal kebaikan, ternyata di desa Komalasa Sangkapura Pulau Bawean sekelompok anak muda melakukan perbuatan merugikan orang lain dengan mencuri ayam.

Proses penangkapan dilakukan sejak tadi malam hingga siang hari ini (30/8) oleh Polsek Sangkapura. Sampai sekarang sudah diperiksa tiga orang, dimungkin jumlah tersangka akan terus bertambah sesuai keterangan tersangka yang sudah ditangkap.

Tersangka yang ditahan di Polsek Sangkapura, yaitu JM, SW dan AG asal ketiganya dari desa Komalasa.Peristiwa tetangkapnya maling ayam di daerah Komabaru desa Komalasa, setelah maling ketangkap saat mencuri ayam milik Izzih.

Setelah ketangkap langsung diserahkan kepada pihak berwajib di Polsek Sangkapura.Kapolsek Sangkapura, AKP. H.Zamzani dihubungi Media Bawean via ponselnya membenarkan adanya penangkapan maling ayam di desa Komalasa.

"Pencuri ayam tersebut harus diproses alias lanjut sampai tuntas," kata AKP. H. Zamzani. (bst)

Saturday, August 29, 2009

Jumatan Pertama di Bekas Kawasan Lokalisasi Kramat Tunggak

Bekas kawasan lokalisasi Kramat Tunggak di Jakarta Utara kini telah berubah.

Ditutup pada 1999 setelah beroperasi selama 30 tahun, kawasan hitam yang pernah menampung sekitar 1.600 pekerja seks komersial (salah satu yang terbesar di Asia Tenggara) itu berganti menjadi Jakarta Islamic Center (JIC).

Selama bulan suci Ramadan, sejumlah aktivitas religius dilangsungkan di lokasi seluas 10,9 hektare itu.

Tampak ribuan umat muslim kemarin (28/8) sedang menunaikan salat Jumat pertama Ramadan di masjid yang menjadi salah satu fasilitas JIC. (*)

Kiriman Uang dari TKI Naik Besar

Surabaya - Pengiriman dana dari Tenaga Kerja Indonesia (TKI) melalui jasa Kantor Pos Surabaya naik signifikan karena banyak TKI yang tidak pulang ke kampung halaman pada Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

"Sampai sekarang, pencairan dana dari para TKI mencapai Rp32 miliar," kata Kepala Kantor Pos Surabaya, Barkah Hadi Moeljanto di Surabaya, Sabtu.

Menurut dia, dana yang terserap di kantor pos tersebut meningkat 50 persen, dari pencapaian pengiriman dana TKI PADA 2008, dan semuanya berasal dari 9.500 TKI.

Dari arus dana sebesar itu, 60 persen berasal dari Malaysia, sedangkan 40 persen sisanya dari Arab Saudi.

Sebaliknya, pengiriman dana melalui Western Union (WU) di kantor pos itu turun mencapai 23 persen. (*)ant

Friday, August 28, 2009

KELEBIHAN SOLAT TARAWEH

1. Kelebihan Solat Tarawih Malam Pertama Diampuni dosa orang-orang yang beriman sebagaimana keadaannya baru dilahirkan.

2. Kelebihan Solat Tarawih Malam Kedua Diampunkan dosa orang-orang yang beriman yang mengerjakan solat Tarawih, serta dosa-dosa kedua ibubapanya.

3. Kelebihan Solat Tarawih Malam Ketiga Para malaikat di bawah 'Arasy menyeru kepada manusia yang mengerjakan solat Tarawih itu agar meneruskan solatnya pada malam-malam yang lain, semoga Allah akan mengampunkan dosa-dosa mereka.

4. Kelebihan Solat Tarawih Malam Keempat Orang-orang yang mengerjakan solat Tarawih akan memperolehi pahala sebagaimana pahala yang diperolehi oleh orang-orang yang membaca kitab-kitab Taurat, Zabur, Injil dan Al-Quran.

5. Kelebihan Solat Tarawih Malam Kelima Allah SWT akan mengurniakan pahala seumpama pahala orang-orang yang mengerjakan sembahyang di Masjidil Haram, Masjidil Madinah dan Masjidil Aqsa.

6. Kelebihan Solat Tarawih Malam Keenam Allah S.W.T akan mengurniakan kepadanya pahala seumpama pahala malaikat-malaikat yang bertawaf di Baitul Makmur serta setiap batu dan tanah berdoa untuk keampunan orang-orang yang mengerjakan tarawih malam itu.

7. Kelebihan Solat Tarawih Malam Ketujuh Seolah-olah ia dapat bertemu dengan Nabi Musa a.s serta menolong Nabi itu menentang musuhnya Fir’aun dan Hamman.

8. Kelebihan Solat Tarawih Malam Kelapan Allah S.W.T mengurniakan pahala orang yang bersolat tarawih sebagaimana pahala yang dikurniakan kepada Nabi Ibrahim a.s.

9. Kelebihan Solat Tarawih Malam Kesembilan Allah S.W.T akan mengurniakan pahala dan dinaikkan mutu ibadat hamba-Nya seperti Nabi Muhammad s.a.w.

10. Kelebihan Solat Tarawih Malam Kesepuluh Allah SWT mengurniakan kepadanya kebaikan dunia dan akhirat.

11. Kelebihan Solat Tarawih Malam Kesebelas Ia meninggal dunia di dalam keadaan bersih dari dosa seperti baru dilahirkan.

12. Kelebihan Solat Tarawih Malam Keduabelas Ia akan dibangkitkan pada hari kiamat dengan muka yang bercahaya-cahaya.

13. Kelebihan Solat Tarawih Malam Ketigabelas Ia akan datang pada hari kiamat di dalam keadaan aman sentosa dari sebarang kejahatan dan keburukan.

14. Kelebihan Solat Tarawih Malam Keempatbelas Malaikat-malaikat akan datang menyaksikan mereka bersolat Tarawih serta Allah S.W.T. tidak akan menyesatkan mereka.

15. Kelebihan Solat Tarawih Malam Kelimabelas Semua malaikat yang memikul ‘Arasy dan Kursi akan berselawat dan mendoakannya supaya Allah mengampunkannya.

16. Kelebihan Solat Tarawih Malam Keenambelas Allah S.W.T. menuliskan baginya dari kalangan mereka yang terlepas dari api neraka dan dimasukkan ke dalam syurga.

17. Kelebihan Solat Tarawih Malam Ketujuhbelas Allah S.W.T menuliskan baginya pahala pada malam ini sebanyak pahala Nabi-Nabi.

18. Kelebihan Solat Tarawih Malam Kelapanbelas Malaikat akan menyeru: Wahai hamba Allah sesungguhnya Allah telah redha denganmu dan dengan kedua ibu bapamu (yang masih hidup atau yang sudah mati).

19. Kelebihan Solat Tarawih Malam Kesembilanbelas Allah S.W.T akan meninggikan darjatnya di dalam Syurga Firdaus.

20. Kelebihan Solat Tarawih Malam Keduapuluh Allah S.W.T mengurniakan kepadanya pahala sekelian orang yang mati syahid dan orang-orang soleh.

21. Kelebihan Solat Tarawih Malam Keduapuluh satu Allah S.W.T akan membina untuknya sebuah mahligai di dalam syurga yang diperbuat dari cahaya.

22. Kelebihan Solat Tarawih Malam Keduapuluh dua Ia akan datang pada hari kiamat di dalam keadaan aman dari sebarang huru-hara pada hari tersebut.

23. Kelebihan Solat Tarawih Malam Keduapuluh tiga Allah S.W.T akan membina untuknya sebuah bandar di dalam syurga daripada cahaya.

24. Kelebihan Solat Tarawih Malam Keduapuluh empat Allah S.W.T akan membuka peluang untuk dua puluh tahun ibadat bagi orang-orang yang mengerjakan solat Tarawih pada malam tersebut.

25. Kelebihan Solat Tarawih Malam Keduapuluh lima Allah S.W.T akan mengangkat seksa kubur darinya.

26. Kelebihan Solat Tarawih Malam Keduapuluh enam Allah S.W.T akan mengurniakan pahala empat puluh tahun ibadat bagi orang-orang yang mengerjakan solat Tarawih pada malam tersebut.

27. Kelebihan Solat Tarawih Malam Keduapuluh tujuh Allah S.W.T akan mengurniakan kepadanya kemudahan untuk melintasi titian sirat sepantas kilat.

28. Kelebihan Solat Tarawih Malam Keduapuluh lapan Allah S.W.T akan menaikkan kedudukannya seribu darjat di akhirat.

29. Kelebihan Solat Tarawih Malam Keduapuluh sembilan Allah S.W.T akan mengurniakan kepadanya pahala seribu haji yang mabrur.

30. Kelebihan Solat Tarawih Malam Ketigapuluh Allah S.W.T akan memberi penghormatan kepada orang yang bertarawih pada malam terakhir dengan firman-Nya (yang bermaksud): Wahai hambaku!, makanlah segala jenis buah-buahan yang Engkau ingini untuk dimakan di dalam syurga dan mandilah kamu di dalam sungai yang bernama salsabil serta minumlah air dari telaga yang dikurniakan kepada Nabi Muhammad s.a.w. yang bernama Al-Kautsar.

TKI Dan TKW madiun Kirim Uang Rp 800 Juta Per Hari

MADIUN,- Kiriman uang tunai dari para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang bekerja di luar negeri melalui layanan "western union" di Kantor Pos Besar Madiun memasuki bulan Ramadhan rata-rata mencapai Rp 800 juta/hari.

Manajer Pelayanan Kantor Pos Besar Madiun, Agus Wahyu Hidayat, Jumat, mengatakan, kiriman uang tersebut naik tajam dibanding hari-hari sebelumnya yang hanya sekitar Rp 300 juta hingga Rp 500 juta/hari.

Agus mengatakan, kiriman uang tunai ini berasal dari para TKI dan TKW yang bekerja di Malaysia, Arab Saudi, Hongkong, Taiwan, dan Singapura. Jumlah kirimannya bervariasi mulai dari Rp1 juta sampai Rp50 juta.

Uang tersebut nantinya banyak mengalir ke wilayah Kabupaten Madiun yang memang cukup banyak mengirimkan pekerja ke luar negeri, baik sebagai tenaga formal maupun informal. Basis TKI dan TKW di Madiun, antara lain Kecamatan Kebonsari, Dolopo, Dagangan, Geger, Mejayan, Gemarang, Pilangkenceng, Sawahan, dan Wonoasri.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, para TKI dan TKW ini sengaja mengirimkan uang untuk anggota keluarganya yang berada di Indonesia agar dapat merayakan Lebaran dengan lebih baik," katanya.

Pihaknya memprediksi, kiriman uang tunai dari para TKI dan TKW ini akan terus meningkat hingga menjelang Lebaran mendatang. Berdasarkan pengalaman tahun 2008 lalu, kiriman uang tunai dari para TKI ini bisa mencapai Rp1 miliar/hari.

Selain uang, kiriman barang dari luar negeri juga mengalami lonjakan. Sejak dua pekan lalu, Kantor Pos Besar Madiun kebanjiran barang kiriman. Lonjakan diperkirakan mencapai 40 persen dari dalam dan luar negeri.

"Kiriman pakaian serta obat-obatan mendominasi jenis barang yang dikirim dari luar negeri. Kebanyakan pakaian tersebut dikirim TKI dari Malaysia, Arab Saudi dan Korea Selatan," katanya.

Salah satu warga Dolopo Kabupaten Madiun, Munfiatun (32), mengaku, salah seorang anggota keluarganya yang menjadi TKW di Hongkong selalu mengirimkan uang tunai untuk kebutuhan keluarga di rumah.

"Setiap menjelang Lebaran, saudara saya yang di Hongkong itu selalu kirim uang tunai. Uang itu, untuk kebutuhan Lebaran seperti beli baju, makanan, memperbaiki rumah, dan lainnya," katanya.

TKI Elegal Asal Flores Di Vonis Empat Belas Bulan Karena Nyolong Sepeda Motor

Sri Manjung :Pengadilan Rendah Sri Manjung ,Perak menjatuhkan hukuman empat belas bulan penjara dan tiga ribu ringgit denda kepada dua orang TKI elegal asal flores karena nyolong sepeda motor .

Dua orang TKI elegal asal flores bekerja di kebun sayur di Sri Manjung Perak ,keduanya di tangkap oleh polisi waktu boncengan menaiki sepeda motor yang di colong di parking sepeda motor kepunyaan warga setempat.

Kedua terdakwa di tangkap pada tanggal 20/5/09 jam 7 pagi sampai dengan 1 sore di depan Klinik Gigi ,Setiawan Manjung Perak. Keduanya di dakwa dengan pasal 34 kreminal karena menyolong sepeda motor.

Waktu dakwaan di bacakan kepada keduanya, menerima kesalah dengan pasal nyolong sepeda motor.Ganjaran nyolong sepeda motor penjara tidak lebih dari tujuh tahun dan juga bisa bayar denda.

Hakim Pengadilan Sri Manjung membacakan vonis empat belas bulan dan denda tiga ribu ringgit pada ,Aris Lekar 27 tahun dan Fardi Siran 18 tahun hari ini 28/8/09 ,kedua terdakwa asal flores.

warga Aceh Di Vonis Sepuluh Tahun Penjara

Warga Aceh Fajar Fatria 25 tahun terlepas dari dakwaan pengedaran narkoba apabilah JPU mengubah pasal 39 B kepada pasal 39A.

Fajar Fatria waktu di tangkap oleh polisi narkoba baru umur 19 tahun.Pada waktu itu Fajar kedapatan membawa ganja seberat 425 gram di terminal Bas , di Batu,8 Jalan Bukit Kemuning,Klang ,pada tanggal 14 Februari 2003 jam 11 malam.

JPU mengubah dakwaan dari pada pengidar kepada milikan dengan ganjaran Penjara seumur hidup atau penjara tidak kurang dari 5 tahun dan cambuk tidak kurang dari 10 kali dengan rotan.

Menurut Made Jakfar Penterjemah bahasa Aceh di pengadilan ,Hakim pengadilan Dagang Kuala Lumpur membacakan vonis sepuluh tahun dan cambuk sepuluh kali dengan rotan terhadap Fajar Fitria hari ini 28/8/09.

Thursday, August 27, 2009

Belajar Islam Tak Cukup Qur’an dan Hadist

Ketua PBNU KH Said Agil Siradj atau biasa dipanggil Kang Said menyatakan belajar Islam tidak hanya cukup mempelajari Qur’an dan Hadist karena didalamnya tidak menyebutkan detail persoalan atau mengakomodasi perkembangan zaman.

Karena itulah, para selanjutnya para ulama mendasarkan diri pada persoalan-persoalan yang tidak dibahas dalam Qur’an dan Hadist melalui ijma’ atau kesepakatan ulama dan qiyas atau analogi satu hukum dengan hukum yang lain.

Hal ini disampaikannya dalam Pelatihan Kader Dakwah LDNU yang diselenggarakan di gedung PBNU, Kamis (27/8).

Ia mengkritik sebagian kalangan Islam yang seringkali mengklaim dirinya langsung belajar dari Al Qur’an dan Hadist, padahal banyak ilmu yang baru tumbuh untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi ummat pasca wafatnya rasulullah.

“Jadi jangan dengan gampang mengatakan sesuatu yang tidak ada pada zaman nabi haram atau bid’ah,” tandasnya.

Ia mencontohkan beberapa masalah yang beru dibahas adalah lamanya masa haid, ilmu tajwid, ushul fikh dan lainnya. Siapapun umat Islam saat ini, pasti mempelajari hal-hal tersebut. “Kita tak bisa ikut Islam tanpa ikut ulama,” imbuhnya.

Dikatakannya, kesalahan dalam memaknai ayat-ayat Qur’an terbukti berakibat fatal dalam perkembangan Islam, salah satunya adalah pembunuhan Khalifah Ali bin Abi Thalib oleh Abdrrahman bin Muljam.

Muljam menganggap khalifah Ali telah keluar dari Islam karena menggunakan hasil musyawarah dengan para sahabat untuk mengambil sebuah keputusan.

Hal ini dianggapnya telah keluar dari Islam dan karena itu sudah termasuk orang kafir. Barang siapa yang sudah kafir, maka layak dibunuh.

“Muljam salah dalam melakukan penafsiran ayat La hukma illallah, faman lam yahkum bimaa anzalallah, faulaaika humula kaafiruun, “tiada hukum selain dari Allah.

Barangsiapa yang tidak berhukum dengan yang telah ditetapkan Allah maka ia telah kafir,” terangnya.

Menurut Kang Said, Muljam yang rajin puasa, faham Qur’an dan selalu tahajjud tiap malam ini tak mampu menggali substansi dari isi Al Qur’an dan melakukan tindakan ekstrim yang malah mengacaukan umat Islam sendiri. (mkf)

Gempa 5,3 SR Terjadi di Perairan Barat Sumut

Kamis, 27 Agustus 2009 20:26 WIB

Bandarlampung - Gempa berkekuatan 5,3 skala Richter (SR) telah terjadi pada Kamis, pukul 17:48 WIB, di perairan barat Sumatera Utara.

Menurut laporan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam situsnya, pusat gempa itu berada pada 97 km barat daya Sibolga atau 98 km tenggara Gunungsitoli, Sumut.

Gempa itu terjadi pada kedalaman 30 km, demikian BMKG.(*) ant

Presiden: Jadikan Islam Sebagai Jalan Keselamatan dan Kedamaian

Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengajak semua pihak untuk menjadikan ajaran Islam sebagai bagian dari usaha untuk menciptakan kedamaian dan keselamatan bagi semua entitas yang ada di alam semesta.

Saat memberikan sambutan dalam acara buka puasa bersama dengan para pejabat negara dan tokoh pers serta duta besar negara sahabat di Istana Negara Jakarta Kamis petang, Presiden Yudhoyono mengatakan sesungguhnya ajaran Islam maupun sabda Rasulullah SAW benar-benar karunia dan jalan menuju keselamatan umatnya, baik dunia maupun akhirat.

"Ajaran agama kita juga menjadi jalan untuk menuju keselamatan dan kelestarian kita. Nilai Islam bersifat universal yang dapat dikontribusikan bagi pembangunan tata dunia yang adil aman dan sejahtera," katanya.

Presiden dalam kesempatan itu mengajak semua pihak untuk dapat memahami hakekat ajaran Islam dengan benar sehingga mampu menempatkan pemahaman atas Islam sebagai rahmat bagi sekalian alam.Ia menjelaskan dalam perdebatan keilmuan sering kali ada sejumlah hal yang dibahas terkait nilai-nilai keislaman dan implementasinya dalam kehidupan saat ini.

Pada kesempatan itu Kepala Negara memberikan contoh lima perdebatan.Kelima hal itu adalah benarkah nilai Islam bisa universal, apakah Islam bisa bergandengan dengan demokrasi, apakah Islam bisa menerima modernisasi, apakah Islam bisa berkontribusi secara riil bagi keamanan dunia dan apakah peradaban Islam menyumbang bagi peradaban dunia dan seiring dengan peradaban lain.

Dari lima itu, kita bisa meletakkan secara benar ajaran Islam. Saya punya pandangan bahwa jawaban dari lima pertanyaan itu bisa, benar dan ya. Jawaban yang sama tentu juga akan muncul dari saudara muslim yang betul memahami Islam, saudara kita yang non Islam juga akan memberikan jawaban yang sama," kata Presiden.

Pada kesempatan itu Presiden juga menyatakan ketertarikannya atas studi dari sebuah lembaga survei internasional yang meneliti bagaimana nilai-nilai Islam dipandang oleh penganutnya di lebih dari 30 negara berpenduduk mayoritas muslim.

"Dari lembaga survei di dunia yang melakukan studi selama 7 tahun, sample puluhan ribu di 30 negara penduduk mayoritas islam. kesimpulan dari jawaban dari survei itu ternyata nilai islam tidak bertentangan bahkan bisa berjalan seiring dengan hal-hal itu," kata Yudhoyono.

Presiden yang didampingi oleh Ibu Ani Yudhoyono sore itu mengenakan batik berwarna abu-abu paduan coklat muda mengatakan selain melangsungkan buka puasa bersama, juga akan bersama-sama menyimak kajian tentang Islam sebagai rahmat bagi sekalian alam.

Selain Wakil Presiden Kalla, hadir pula sore itu Wakil Presiden terpilih Boediono dan Herawati Boediono, Ketua DPR Agung Laksono, Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar.

Jusuf Kalla dan Boediono yang duduk berdampingan bahkan kebetulan mengenakan pakaian yang hampir sama yaitu kemeja koko warna putih dan celana panjang warna gelap.

Sementara dari kalangan anggota kabinet Indonesia Bersatu hadir antara lain Menteri PU Djoko Kirmanto, Menhan Juwono Sudarsono, Menegpora Adhyaksa Dault, Meneg Lingkungan Hidup Rachmat Witoelar.

Hadir pula Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso, Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri, Jaksa Agung Hendarman Supandji.

Dari kalangan tokoh, hadir Ketua Kadin MS Hidayat serta pimpinan media massa antara lain Suryopratomo, Karni Ilyas, Toriq Hadad, Ahmad Mukhlis Yusuf, Asro Kamal Rokan dan Arief Suditomo.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, kegiatan ceramah dan sholat maghrib berjamaah dilangsungkan di dalam Istana Negara sementara hidangan buka puasa yang terdiri atas aneka jenis makanan berada di halaman belakang Istana Negara dibagi dalam sejumlah stand makanan dan dilengkapi dengan tenda didominasi warna merah dan putih.(*) ant

Wednesday, August 26, 2009

Kelebihan Ramadan al-Mubarak

oleh. Ust. H. Nadisah Astawi. Lc, MA

(Mahasiswa S3 Universiti Malaya, Katib Syuriah PCI NU Malaysia)

Daripada Anas (r.a), Katanya: Bersabda Nabi (s.a.w) : Tiada daripada seorang hamba apabila melihat ia sehari bulan Ramadan lantas dia memuji Allah ( kerana kedatangan bulan rahmat dengan kelebihan dan keistimewaanya) kemudian dibacanya Al-Fatihah tujuh kali, melainkan diafiatkan Allah daripada sakit matanya pada bulan ini.

Kelebihan bulan Ramadan dan keagungannya dengan adanya malam Lailatul Qadar yang dirahsiakan, sehingga mendapat keampunan dan pahala serta darjat dan darjah tertinggi bagi orang yang berjaya mendapatkan malam Lailatul Qadar dengan dipenuhi amal ibadah dan bertaqwa kepada Allah, disamping sembahyangnya yang sunat , istiqfar, tasbih dan berzikir sepenuhnya.

Berkata Saidina Ali, Nabi (s.a.w) telah bersabda apabila engkau melihat sehari bulan maka bacalah olehmu "AllahuAkbar" 3 kali, kemudian bacalah :

(Segala kepujian bagi Allah yang telah menjadikan aku dan telah menjadikan engkau, dan telah menentukan bagi engkau pangkat-pangkat (darjah) dan telah menjadikan engkau tanda (kekuasaan) bagi sekalian alam) nescaya bermegah Allah akan Dia dengan malaikat dan firmanNya: Hai malaikat! saksikanlah kamu, bahwa Aku telah merdekakan daripada api neraka, atau dibacakan :

(Ya Allah, zahirlah Ramadan atas kami dengan keamanan dan keimanan dan dengan keselamatan dan keIslaman, Tuhanku dan Tuhan engkau Allah.)

Bersabda Nabi (s.a.w) : Bahawa syurga berlenggang- lenggang ia dan berhias dari setahun ke setahun kerana masuknya bulan Ramadan.

Pada awal malam bulan Ramadan bertiup angin di bawah Arasy bergeraklah daun kayu lemah-longlainya di dalam syurga.

Terdengarlah desiran daun-daun kayu, hembusan sang bayu syurga yang teramat indahnya.Seni rentak lagunya menawan seluruh perasaan nurani.

Maka berhiaslah bidadari sekaliannya lalu berdirilah di atas puncak mercu syurga itu. Lantas bersuaralah bidadari :

Adakah orang yang hendak meminang kami kepada Allah, kata bidadari pula: Apakah malam ini namanya? jawab Malek Ridwan (malaikat), Hai bidadari yang cantik manis, inilah malam awal Ramadhan, Lalu Allah berfirman:

Hai Ramadan bukalah pintu syurga Bab AlJanan untuk orang-orang yang berpuasa daripada umat Muhammad (s.a.w).

Hai Malek Ridwan tutuplah pintu neraka Al-Jahim daripada umat Muhammad (s.a.w), hai Jibrail belenggukan syaitan, lontarkannya ke dalam lautan supaya tidak membinasakan umat Muhammad akan puasanya.

Maka berfirman Allah pada tiap-tiap malam Ramadan tiga kali : Adakah orang yang meminta ampun? Akan Aku ampunkan!

Pada malam Lailatul Qadar menyuruh Allah Ta'ala akan Jibrail Alaihisalam turun ke bumi, lalu turunlah Jibrail ke dalam perhimpunan malaikat ke bumi bersamanya bendera hijau lalu dipacakkan ke atas Kaabah, baginya 600 sayapnya , setengahnya tiada dibuka keduanya, melainkan pada malam Lailatul Qadar baharulah dibukakan keduanya, hingga sampai dari timur ke barat ( Musyriq Ke Maghrib ).

Untuk menyelamatkan umat Muhammad, Lalu memberi salam kepada tiap orang yang berjaga pada malam Lailatul Qadar beribadah kerana mencari keredaan Allah, dan orang-orang yang duduk beribadah, orang yang sembahyang dan berzikir dan berjabat tangan sesama mereka mukmin dan mengucap amin doa orang-orang mukmin hingga terbit fajar subuh....... berkata para malaikat kepada Jibrail , apakah Allah berikan pada hajat orang mukmin dari umat Muhammad (s.a.w) pada bulan Ramadan ini?

Berkata Jibrail bahawasanya Allah menilik kepada umat Muhammad yang berpuasa dan beribadah padanya dan dimaafkan mereka, diampunkan dosa-dosa mereka, melainkan empat orang yang tiada diampunkan dosanya: yaitu orang yang kekal minum arak, orang yang derhakakan ibubapanya, orang yang memutuskan sillaturrahim dan orang yang tidak bercakap dengan saudaranya lebih dari 3 hari.

Apabila pada malam akhir Ramadan dinamakan malam persalinan. Pada malam hari raya Aidilfitri didatangkan Allah malaikat kepada tiap-tiap negeri turunlah mereka ke bumi, berdiri pada permukaan jalan menyeru dengan suara yang kuat, semua mendengarnya kecuali jin dan manusia berkata mereka, hai umat Muhammad keluarlah kamu menghadap tuhan yang amat mulia (sembahyang raya di pagi raya) yang memberi pemberian yang berpanjangan dan mengampun akan dosa-dosa yang besar.

Apabila tibalah umat Muhammad ke tempat sembahyang, firman Allah kepada maliakat : Hai malaikatKu, apakah balasan orang yang mengambil upah apabila selesai kerjanya ?

Jawab malaikat , hai Tuhan kami, sempurnakanlah upahnya! Firman Allah bahawa Aku saksikan kamu hai malaikatku, telah aku jadikan pahala mereka dari puasa mereka pada bulan Ramadan mereka mendirikan sembahyang, ialah keredaanKu dan keampunanKu kepada mereka! Maka firmannya lagi :

Hai segala hambaku, pohonlah kamu kepada ku, maka demi ketinggianku dan kebesaranku, tiada memohon kepadaku hari ini akak sesuatu bagi agamamu dan duniamu, melainkan Aku kurniakan kepadamu! (Al-Hadith).

Sabda Nabi (s.a.w) : Diberi kepada umatku lima perkara yang belum pernah diberi kepada umat-umat dahulu sebelumnya :

a) Bau mulut orang berpuasa lebih harum daripada kasturi di sisi Allah

b) Segala perbelanjaan dan derita lapar selama puasanya adalah syurga balasannya.
c) Diampunkan dosa-dosa mereka pada malam Lailatul Qadar.

d) Amalan yang dilakukan pada bulan Ramadan digandakan kepada 10 hingga 700 kali ganda, melainkan puasa maka ianya bagiKu, Aku balas kepadanya yang berkuasa menahan syahwatnya, makan minumnnya kerana Aku.

e) Dan mereka dikurniakan nikmat kepada mereka keseronokkan ketika berbuka dan ketika menemui tuhan di akhirat.(Al- Hadith)

Sabda Nabi (s.a.w) : Menunaikan yang sunat diberi balasan pahala fardhu, dan amal fardhu diberi balasan 70 kali ganda. Bulan puasa adalah bulan sabar (sabar dalam berbuat taat kepadaNya.), dan sabar itu adalah syurga balasannya bulan ini dilebihkan rezeki kepada hambanya orang mukmin, diampunkan baginya dosa-dosa.

Barang siapa memberi makan kepada orang berpuasa pahalanya seperti memerdekakan hamba dan diampunkan dosanya, berkata sahabat :

Bagaimana kami tak sanggup memberi makan orang yang berpuasa (berbuka puasa) ya Rasullullah - Allah memberi pahala ini kepada orang yang memberi seteguk susu atau sebiji kurma atau segelas air, barang siapa kenyangkan orang berpuasa diampunkan Tuhan dosanya, diminumkan Tuhan dari kolam Hudh sejenis minuman yang tiada dahaga lagi kemudiannya hingga masuk ia ke syurga dan pahalanya seperti pahala orang berpuasa. (Al-Hadith)

Puasa menurut segala yang disuruh dan menjauh segala pantang larangannya, diampunkan dosanya, dan bertasbih, bertahlil dibinakan rumah indah dalam syurga.

Barang siapa hadir ke dalam majlis zikir pada bulan Ramadan, ditulis tiap langkahnya ibadat setahun, dan pada hari Qiamat bersamaku di bawah Arasy.

Siapa tetap berjemaah dalam bulan puasa didirikan kota bercahaya indah, cemerlangnya , dan yang berbakti kepada ibubapanya Allah memandang rahmat kepadanya, dan isteri yang berbuat sesuatu mencari keredaan suaminya, maka pahala yang besar Allah kurniakan kepadanya , seperti Siti Maryam dan siapa yang menyampaikan hajat orang mukmin, Allah menunaikan seribu hajatnya, dan siapa bersedekah kepada fakir miskin (yang ada anak isteri) tiap langkah dikurniakan kepadanya seribu kebajikan, dihapuskan seribu kejahatan dan diangkatkan seribu darjat baginya. (Al-Hadith).

Orang yang sembahyang bulan Ramadan tiap sekali sujud, dikurniakan kepadanya 1700 kebajikan, dan dibinakan rumah didalam syurga daripada permata bagi orang yang berpuasa dan beribadat, 75000 malaikat meminta ampun baginya dari pagi hingga tenggelam matahari, dan dibina sebuah mahligai baginya . (Al-Hadith)

Pada hari Qiamat, Allah memerintah Malek Ridwan supaya dikeluarkan orang-orang berpuasa daripada kuburnya dengan keadaan lapar dan dahaga, lalu disuruh Malek Ridwan berikan segala keinginan mereka dari segala macam makanan dan minuman syurga. Maka Malek Ridwan memerintah kepada anak-anak membawa talam-talam makanan , minuman dan buah-buahan. Sebagai balasan berlapar di bulan Ramadan. (A-Hadith)

Orang mukmin yang tidur dalam bulan puasa kerana puasa Ramadan, dia membalikkan badannya sambil meyebut Allah! maka kata malaikat kepadanya : Rahimakallah (Allah Mencucuri Rahmat kepada kamu.)

- Apabila dia berdiri maka berdoalah hamparannya : (Wahai Tuhanku, kurniakanlah kepadanya hamparan permaidani tebal kepadanya di dalam syurga)

- Apabila memakai pakaian , berdoalah pakaian (Wahai Tuhanku, kurniakan kepadanya pakaian syurga)

- Apabila memakai kasut, berdoalah kasut (Wahai Tuhanku, tetapkanlah atas titian Siratul Mustaqim!)

- Apabila memegang timba berdoalah pula timba : (Wahai Tuhanku kurniakan kepadanya gelas syurga!)

- Apabila mengambil air sembahyang , berdoalah air itu : (Wahai Tuhanku sucikannya daripada segala dosa dan kesalahan!)

- Apabila berdiri sembahyang , berdoalah rumahnya: ( Wahai Tuhanku cahayakanlah kuburnya dan luaskanlah , lapangkanlah kuburnya!)

Serta menilik Allah kepadanya , maksudnya : HambaKu berdoa dan Aku menerima! (Al-Hadith)
Malaikat yang banyak muka bersujud kepada Allah pada hari Qiamat, satu muka sujud , satu muka melihat syurga, satu muka melihat neraka, satu muka melihat Arasy , lalu berkata malaikat itu : Wahai Tuhanku , ampunlah umat Muhammad, kasihanilah mereka! janganlah disiksa orang yang berpuasa Ramadan dari umat Muhammad! (Al-Hadith)

Keredaan Allah (bagi orang yang taat)

Keampuan Allah (bagi orang yang maksiat)

Jaminan Allah (bagi orang yang taat)

Kejinakan Allah (bagi orang yang tawakkal)

Anugerah Allah (bagi orang yang benar).

Ramadan, Ramada, ertinya : membakar - yakni menghapuskan dosa dosa orang yang berpuasa dan beribadat bulan Ramadan.

Ramadan ertinya bulan mendapatkan keredhaan Allah dan keampunan bagi hambaNya.

Orang yang mendapat keredhaan dan keampunan Allah bererti memberi jaminan (kerana ibadatnya pada bulan mulia dengan penuh taat) mendapat syurga anugerah Allah bagi hambaNya yang benar benar melakukan ibadat kerana Nya pada bulan Ramadan termulia ini dengan ganjaran pahala sehingga seribu kali ganda dan keampunan yang banyak sekali, teristimewa pada malam Lailatul Qadar.

"Bahawa di dalam syurga terdapat bilik bilik, dilihat dari luar nampak di dalamnya dan dilihat dari dalam kelihatan di luarnya, berkata sahabat : untuk siapakah ya Rasulullah? Lantas Baginda menjawab : Ialah bagi orang yang baik percakapannya, bagi orang yang memberi makan makanan, bagi orang yang sentiasa berpuasa, bagi orang yang sembahyang di tengah malam sedang manusia banyak tidur." (Al Hadith)

"Semulia mulia sedeqah ialah sedeqah pada bulan Ramadhan." (Al Hadith)

"Puasa itu perisai dan sedeqah itu memadam kesalahan dosa sepertimana air memadamkan api." (Al Hadith)

"Siapa memberi makan ( berbuka puasa) kepada orang puasa makan baginya seumpama balasan pahala orang yang berpuasa dengan tidak kurang sedikitpun ." (Al Hadith)

Sabda Nabi (s.a.w) : Tiada daripada seorang hamba berpuasa Ramadan, diam tiada berkata yang sia sia dan daripada yang haram dan yang makruh, dan sentiasa menyebut Allah (berzikrullah) , menghalalkan yang dihalalkan Allah, mengharamkan akan yang diharamkan Allah, tiada mengerjakan kejahatan, melainkan sehingga berakhir Ramadan, telah diampunkan baginya segala dosanya, dan tiap tasbih, tiap tahlil, dibinakan sebuah rumah yang terindah di dalam syurga daripada permata zamrud, di dalamnya daripada yaqut merah indah, di dalam rangka permata itu (yaqut) terdapat sebuah khemah, di dalamnya terdapat bidadari ( hurul ain isteri syurga). Terhias dengan permata bercahaya indah yang menerangkan bumi seluruhnya.( Al Hadith)

Sabda Nabi (s.a.w) : Bahawasanya bagi Allah beberapa kejadianNya, dijadikan mereka supaya menyampaikan segala hajat orang dan supaya orang meminta tolong kepada Nya, pada menyempurnakan segala hajat yang diperlukan, mereka itulah orang yang aman daripada siksa Allah (Riwayat At Tibrani) (Al-Hadith)

Sabda Nabi (s.a.w) : Bahawa pintu langit dan pintu syurga dibuka pada awal Ramadan hingga akhir malam Ramadan, tiap orang yang bersembahyang pada malamnya dituliskan baginya tiap satu sujud 1700 kebajikan, dibina rumah baginya di dalam syurga daripada yaqut merah indah, baginya 70 pintu daripada emas yang bertatah yaqut permata yang merah, orang yang berpuasa pada awal Ramadan diampunkan segala dosanya hingga ke akhir bulan Ramadan, dibinakan baginya tiap tiap hari sebuah mahligai di dalam syurga, mempunya 1000 pintu daripa emas, dan meminta ampun baginya 70 000 malaikat dari pagi hingga tenggelam matahari (Al Hadith)

Sabda Nabi (s.a.w) : Kelebihan hari Jumaat pada bulan Ramadan atas segala hari yang lainnya seperti kelebihan Ramadan atas segala bulan (Al Hadith)

Barangsiapa mengerjakan ibadat pada bulan Ramadan dengan keimanannya dan ikhlasnya kerana Allah, maka di ampunkan segala dosanya yang telah lalu (Al Hadith)

Sabda Nabi (s.a.w) : Tidur orang yang berpuasa itu adalah ibadat, dan nafasnya itu adalah tasbih, doanya itu mustajab, dosanya diampunkan Allah, dan amal ibadatnya dilipatgandakan . (Al Hadith)

Apabila berakhir bulan Ramadan, menangis wali-wali Allah kerana terpisahnya bulan yang paling mulia yang digandakan ibadat berlipatkali ganda daripada bulan bulan yang lainnya, bulan Allah mudah menerima ampun taubat hambaNya, bulan yang banyak sekali diturun rahmat ke alam, bulan yang terdapat padanya malam Lailatul Qadar, suatu rahmat dan rahsia yang dikurniakan kepada hamba hamba Nya yang salihin, yang tidak terdapat pada bulan bulan yang lainnya. Mereka menangis kerana belum tentu akan dapat menemui bulan termulia ini pada tahun tahun hadapan, kiranya dipanjangkan umur.

Apabila berakhirlah malam bulan Ramadan, menangislah tujuh petala langit dan tujuh petala bumi, dan segala malaikat, jerana berlalu Ramadan berlalulah kelebihan, sebab musibah bagi umatku, dan duduk segala malaikat bagi musibah, orang bertanya : Ya Rasullullah, apa itu musibah ?

Jawab rasullullah (s.a.w), Kerana segala doa padaNya itu mustajab, sedakah makbul, segala kebajikan digandakan dan siksa kubur diangkat, maka apakah musibah yang terlebih besar daripada ini bagi umatku?! (Al-Hadith)

Malam Lailatul Qadar adalah malam rahsia, yang turunnya padanya malaikat Jibrail dan beberapa malaikat dengan perintah Allah.

Orang yang berjaga dengan malam ibadatnya untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar yang terahsia itu yang tidak diketahui oleh manusia, hanya orang-orang solihin yang hampir, orang berusaha mendapatkan malam mulia itu dengan berjaga malam pada sepuloh malam Ramadan yang terakhir maka diampunkan tuhan segala dosanya.

Di pahalakannya dengan banyak , dirahmatkannya dengan limpah kurnia. Dan orang-orang solihin yang dikurniakan Allah mendapat malam Lailatul Qadar itu satu keberuntungan kebahagiaan bagi akhirat, mendapat keampunan dan rahmat terbesar, mendapat pimpinan Allah dalam hatinya, mendapat keredaan Allah dalam hidupnya dunia dan akhirat.

Malam Aidilfitri, malam raya, disunatkan kepada kita berjaga malam, beribadah, bertakbir "AllahuAkbar" sepanjang malamnya. Akan mendapat keampunan yang banyak, pahala yang besar, rahmat Allah tercurah kepadanya.

Siapa yang menghidupkan dua malam raya (AidilFitri & AidilAdha) dengan ibadatnya dan takbirnya , tiada dimatikan hatinya pada hari yang dimatikan segala hati. (Al-Hadith).

Keistimewaan Bulan Ramadhan dan Doa-doa Pilihan

Bulan Ramadhan memiliki keutamaan dan keistimewaan yang besar. Semua amal soleh yang dilakukan pada bulan ini akan mendapat balasan lebih banyak dan lebih baik.

Oleh karena itu kita sangat dianjurkan untuk memperbanyak amal kebajikan dan meninggalkan kemaksiatan.

Diantara keutamaan dan keistimewaan bulan Ramadhan tersebut, disebutkan dalam beberapa riwayat:

1. Ramadhan adalah bulan penuh berkah, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan pun dibelenggu.

Pada bulan Ramadhan terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan. Rasulullah SAW bersabda:

قَدْ جَاءَكُمْ رَمَضَانُ شَهْرٌمُبَارَكٌ افْتَرَضَ اللهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ تُفْتَحُ فَيْهِ أبْوَابُ الْجَنَّةِ وَيُغْلَقُ فَيْهِ أبْوَابُ الْجَحِيْمِ وَتُغَلًّ فَيْهَ الشَّيَاطَيْنُ فَيْهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ ألْفِ شَهْرٍ

Telah datang Bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa pada bulan itu, saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para setan diikat dan pada bulan itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan. (HR. Ahmad)

2. Allah SWT membebaskan penghuni neraka pada setiap malam bulan Ramadhan. Rasulullah SAW bersabda:

إذَا كَانَ أوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ شَهْرِرَمَضَانَ صُفِّدَتْ الشَّيَاطِيْنُ وَمَرَدَةُ الْجِنِّ وَغُلِّقَتْ أبْوَابُ النَّارِ فَلَمْ يُفْتَحْ مِنْهَا بَابٌ وَفُتِّحَتْ أبْوَابُ الجَنَّةِ فَلَمْ يُغْلَقْ مِنْهَا بَابٌ وَيُنَادِيْ مُنَادٍ يَا بَاغِيَ الْخَيْرِ وَيَا بَاغِيَ الشَّرِّ أقْصِرْ وَلِلَّهِ عُتَقَاءُ مِنَ النَّارِ وَذَلِكَ كُلُّ لَيْلَةٍ

Jika awal Ramadhan tiba, maka setan-­setan dan jin dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup, tidak ada satu pintu pun yang dibuka.

Sedangkan pintu-pintu surga dibuka, dan tidak satu pintu pun yang ditutup. Lalu ada seruan (pada bulan Ramadhan);

Wahai orang yang menginginkan kebaikan, datanglah. Wahai orang yang ingin kejahatan, tahanlah dirimu.

Pada setiap malam Allah SWT memiliki orang-orang yang dibebaskan dari neraka. (HR Tirmidzi)

3. Puasa bulan Ramadhan adalah sebagai penebus dosa hingga datangnya bulan Ramadhan berikutya. Rasulullah SAW bersabda:


اَلصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ وَالْجُمْعَةُ إلَى الْجُمْعَةِ وَرَمَضَاُن إلَى رَمَضَانَ مُكَفِّرَاةٌ مَا بَيْنَهُنَّ إذَاجْتَنَبَ اْلكَبَائِرَ

Jarak antara shalat lima waktu, shalat jum’at dengan jum’at berikutnya dan puasa Ramadhan dengan Ramadhan berikutnya merupakan penebus dosa-­dosa yang ada diantaranya, apabila tidak melakukan dosa besar. (HR Muslim)

4. Puasa Ramadhan bisa menebus dosa-dosa yang telah lewat, dengan syarat puasanya ikhlas. Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إيْمَا نًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Barangsiapa berpuasa dibulan Ramadhan karena Iman dan mengharap pahala dari Allah maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (HR Bukhari dan Muslim)

5. Barangsiapa memberi buka orang yang puasa maka mendapat pahala sebanyak pahala orang puasa tersebut.

مَنْ فَطَرَ صَائِمًا كُتِبَ لَهُ مِثْلُ أجْرِ الصَّا ئِمِ لَا يَنْقُصَ مِنْ أجْرِ الصَّائِمِ شَيْئٌ

Barangsiapa memberi perbukaan (makanan atau minuman) kepada orang yang berpuasa, maka dia akan mendapat pahala seperti pahala orang yang berpuasa itu, tanpa mengurangi sedikitpun pahala orang yang berpuasa tersebut. (HR Ahmad)

6. Sedekah yang paling baik adalah pada bulan Ramadhan.
أيُّ الصَّدَقَةِ أفْضَلُ؟ قَالَ صَدَقَةٌ فَيْ رَمَضَانَ

Rasulullah SAW pemah ditanya; Sedekah apakah yang paling mulia? Beliau menjawab: “Yaitu sedekah dibulan Ramadhan.” (HR Tirmidzi)

7. Orang yang banyak beribadah (menghidupkan) bulan Ramadhan, maka dosa-­dosanya diampuni oleh Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إيْمَا نًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Barangsiapa beribadah (menghidupkan) bulan Ramadhan dengan iman dan mengharap pahala, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR Bukhari dan Muslim)

8. Doa orang yang berpuasa adalah mustajab Rasulullah SAW bersabda:
ثَلَاثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٍ ؛دَعْوَةُ الصَّائِمِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُوْمِ

Ada tiga macam doa yang mustajab, yaitu doa orang yang sedang puasa, doa musafir dan doa orang yang teraniaya. (HR Baihaqi)

9. Puasa dan ِAl-Qur’an yang dibaca pada malam Ramadhan akan memberi syafaat kepada orang yang mengerjakannya kelak dihari kiamat. Rasulullah SAW bersabda:


اَلصُّيَامُ وَاْلقُرْآنُ يَشْفَعَانِ لِلْعَبْدِ يَوْمَ اْلقِيَامَةِ يَقُوْلُ اَلصِّيَامُ أيْ رَبِّ مَنَعْتُهُُ الطَّعَامَ وَالشَّهَوَاتَ بِالنَّهَارِ فَشَفِّعْنِى فَيْهِ وَيَقُوْلُ اْلقُرْآنُ مَنَعْتُهُ النَّوْمَ بِالَّيْلِ فَشَفِّعْنِي فِيْهِ قَالَ فَيُشَفِّعَانِ

Puasa dan Al-Qur’an akan memberikan syafaat seorang hamba pada hari kiamat.

Puasa berkata: “Ya Rabbi, aku mencegahnya dari makan dan minum di siang hari”, ِAl-Qur’ an juga berkata:

“Aku mencegahnya dari tidur dimalam hari, maka kami mohon syafaat buat dia.” Beliau bersabda: “Maka keduanya dibolehkan memberi syafaat.” (HR Ahmad)

10. Orang yang melaksanakan Umrah pada bulan Ramadhan maka mendapat pahala seperti melakukan Haji. Rasulullah SAW bersabda:

فَإِنَّ عُمْرَةَ فِيْ رَمَضَانَ حَجَّةٌ

Sesungguhnya umrah dibulan Ramadhan sama dengan pahala haji. (HR Bukhari)

Doa-Doa Bulan RamadhanBulan Ramadhan adalah bulan mulia, penuh berkah dan mustajab, maka kita sangat dianjurkan banyak berdoa.

Diantara doa-doa penting dibaca pada bulan Ramadhan adalah:

1. Doa Bulan Rajab dan Sya'ban Menyambut Ramadhan:

اَللَّهُمَّ باَرِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْناَ رَمَضَانَ"

Ya Allah, berkahilah kami dibulan Rajab dan Sya'ban dan pertemukan kami dengan bulan Ramadhan." (HR Ahmad)

2. Doa Lailatul Qadr:

اَللَّهُمَّ إنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيْمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فاَعْفُ عَنَّا

Ya Allah, Sesungguhnya Engkau Dzat Maha Pengampun lagi Maha Pemurah, senang pada ampunan, maka ampunilah kami, wahai Dzat yang Maha Pemurah. (HR Tirmidzi)

3. Doa Shalat Witir:
سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّْوْسِ

Maha Suci Engkau penguasa yang memiliki kesucian. (HR Nasai)

سُبُّوْحٌ قُدُّْوْسٌ رَبُّنَا وَرَبُّ الْمَلائِكَةِ وَالرُّوْحِ

Maha Suci Engkau Dzat yang memiliki kesucian, Tuhannya para Malaikat dan Ruh. (HR Daruquthni)

4. Menjelang Berbuka Sebaiknya Membaca doa:

أشْهَدُ أنْ لاَإلَهَ إلاَّ اللهُ أسْتَغْفِرُ اللهُ أسْألُكَ رِضَاكَ وَالْجَنَّةَ وَنَعُوْذُ بِكَ مِنَ النَّارِ

Saya bersaksi tidak ada Tuhan Selain Allah, Saya mohon ampun kepada Allah, Saya mohon Ridha-Mu, Surga­Mu dan selamatkanlah saya dari neraka." Mu dan selamatkanlah saya dari neraka.

5. Doa Buka Puasa

اَللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمَاءُ وَابْتَلَّتْ العُرُوْقُ وَثَبَتَ اْلأجْرُ إنْ شَاءَ اللهُ

Ya Allah, Aku berpuasa hanya untuk-­Mu dan dengan rizki-Mu aku berbuka. Hilanglah rasa haus, tenggorakan menjadz basah, semoga pahala ditetapkan, insya Allah." (HR Abu Dawud)

6. Jika Berbuka di Tempat Saudara dianjurkan mengucapkan:

أفْطَرَ عِنْدَكُمْ الصَّائِمُوْنَ وَأَكَلَ طَعَامَكُمْ اْلأبْرَارَ وَصَلَّتْ عَلَيْكُمْ الْمَلاَئْكَةُ

Telah berbuka di tempatmu orang-orang yang puasa. Orang-orang baik memakan makanan kalian, dan para malaikat mendoakan kalian." (HR Abu Dawud)

KH A Nuril Huda
Ketua PP Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU)

Niat dalam Puasa Ramadhan

Segala sesuatu yang berhubungan dengan niat, selalu ada dalam hati. Atau selalu dengan hati. Sama sekali tidak dengan lisan.

Oleh sebab itu, melafadzkan atau mengucapkan niat tidaklah wajib hukumnya. Namun demikian, tidak pula suatu bid’ah yang dosa dan sesat, meskipun hal itu tidak pernah dilakukan oleh Rasulullah SAW.

Pengucapan niat pada hakikatnya dimaksudkan untuk memesukakan isi lafadz niat tersebut ke dalam hati yang oleh sebab itu menurut suatu mazhab dipandang sunnah hukumnya, lantaran diyakini akan menjadi pendorong tercapainya suatu yang wajib.

Hanya satu yang perlu diperhatikan yakni bahwa wajibnya sebuah niat, tidak akan pernah terpenuhi hanya dengan ucapan lisan, tanpa ada dalam hati.

Bilakah Sebaiknya Berniat Puasa?Berdasarkan As Sunnah, memang ada perbedaan alokasi waktu untuk berniat antara puasa Ramadha dan puasa sunnah.

Niat puasa Ramadhan harus dilaksanakan pada malam hari sampai menjelang fajar, sedangkan niat puasa sunnah tidak.

مَنْ لَمْ يُبَيِّتِ الصِّيَامَ قَبْلَ الْفَحْرِ فَلَا صِيَامَ لَهُ”

Siapa saja yang tidak berniat puasa pada malam hari sebelum fajar maka tidak ada puasa baginya.”(HR. Ahmad, Abu Dawud dan Ibnu Majjah, dari hafshah)Hadits yang di atas menegaskan bahwa tidak sah puasa seseorang dengan niat pada saat fajar terbit, apalagi sesudahnya.

Adapun niat puasa sunnah sampai dilaksanakan sebelum tergelincir Matahari ke arah barat (masuk waktu dzuhur) dan sebelum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa.

Hal ini didasarkan pada sebuah Haditz Riwayat Muslim dan Abu Dawud tentang apa yang dikisahkan oleh Aisyah ra bahwa Rosulullah SAW pada suatu hari bertanya kepadanya:

”Apakah ada makanan ?” Aisyah menjawab ”Tidak”. Lantas Rosulullah bersabda :

”Kalau begitu aku berpuasa”Apa Sajakah yang Diwajibkan dalam Niat Puasa?

Sesuatu niat dalam ibadah, harus memenuhi beberapa kriteria yang disesuaikan dengan ibadah yang akan dikerjakan.

Untuk niat puasa, ada dua kriteria yang harus dipenuhi. Pertama, bermaksud mengerjakan puasa, yang masuk kategori; qosdul fi’li.

Kedua menyatakan puasa apa yang akan dikerjakan, misalnya puasa Ramadhan, puasa kaffarah, puasa nadzar dan lainsebagainya.

Dimana hal ini masuk ketegori ; Atta’yin. Adapun yang menyempurnakan adalah menegaskan fardhu atau sunnahnya puasa yang akan dikerjakan, yang masuk dalam ketegori ;

Atta’arrudl. Lantas, menegaskan bahwa puasa yang akan dikerjakannya itu semata-mata karena Allah SWT.

Apakah Sah Puasa Satu Bulan Ramadhan dengan Niat Satu Kali?

Puasa Ramadhan adalah ibadah, dan setiap ibadah wajib diserrtai denga niat, sebagaimana dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim dari Umar bin Khathab RA, yang dapat disimpulkan bahwa sebuah niat tidak dapat digunakan untuk dua kali ibadah atau lebih.

Hari-hari puasa Ramadhan merupakan merupakan suatu bentuk ibadah tersendiri yang sama sekali tak terkait dengan puasa hari sebelum dan sesudahnya.

Oleh sebab itu, setiap hari puasa Ramadhan membutuhkan niat tersendiri.

Namun demikian, sebagian dari para Fuqaha ada pula yang berpendapat lain yakni bahwa ; ”Puasa sebulan Ramadhan itu cukup hanya berniat satu kali saja pada hari pertama”.

Dimana pendapat itu didasarkan pada penilaian bahwa puasa sebulan Ramadhan itu adalah sebuah kesatuan, tidak terpecah-pecah, sehingga layak disebut sebagai satu bentuk ibadah, dalam artian antara malam hari yang boleh makan minum dengan siang hari yang harus berpuasa, sudah merupakan suatau gaungan ibadah puasa.

Selain itu mereka juga mengacu pada sebuah Hadits kewajiban niat yang menytakan bahwa seseorang itu hanya memperoleh apa yang telah diniatkannya.

Dalam hal ini mereka berpendapat bahwa juka seseorang sudah sekali berniat untuk melaksanakan puasa sebulan Ramadhan, maka ia akan mendapat yang sesuai dengan apa yang telah diniatkannya itu.

Atau dengan kata lain, puasanya sebulan Ramadhan itu sah.Sejauh penghematan kami, pendapat yang kedua ini yakni sah berniat satu kali untuk sebualan puasa Ramadhan sangatlah lemah, lantaran hadits yang dijadikan dasar acuan pendapat mereka itu masih memiliki relativikasi pengrtian yang beragam.

Artinya pernyataan hadits bahwa seseoranbg itu akan mandapatkan apa yang telah diniatkannnya, boleh jadi memang bisa digunakan untuk mengesahkan niat satu kali puasa sebulan Ramadhan, jika puasa sebulanm Ramadhan itu benar-benar merupakan suatu bentuk ibadah yang menyatu.

Namun nyatanya walaupun nampak layak disebut ibadah yang menyatu tak dapat kita pungkiri pula bahwa setiap hari puasa dalam bulan Ramadhan merupaka suatau bentuk ibadah yang mandiri, sama sekali tidak terkait dengan hari sebelum atau sesudahnya.

Bukti yang paling kongriet ang mendukung pernyataan ini adalah ;

”Batalnya sehari puasa Ramadhan sama sekali tidak memepengaruhi puasa hari berikutnya ”.

Dan juga sudah jelas bahwa hari-hari puasa dalam bulan Ramadhan itu merupakan suatu ibadah yang mandiri maka sulit diingkari bahwasanya setiap hari puasa ramadhan itu harus disertai dengan niat tersendiri.

Bagaimana Jika tidak Niat Puasa pada Malam Harinya?Adalah rukun puasa yang merupakan unsur dasar dari setiap ibadah.

Oleh sebab itu, tidaklah sah puasa seseorang jika tidak disettai dengan niat.

Dan jika telah dinyatakan bahwa niat puasa fardlu itu harus dilakukan pada malam hari, maka tidak sah berniat pada terbit fajar atau sesudahnya.

Dengan demikian jika seseorang tidak berniat puasa Ramadhan pada malam harinya, maka tidaklah puasanya, sehingga ia wajib melakukan qadha.

Namun demikian tidaklah ia berdosa karenanya, jika tidak berniatnya itu disebabkan karena utzur, seperti lupa atau tertidur sampai masuk waktu subuh.

Selain itu ia tetap berlaku dan bertindak sebagaimana layaknya orang yang sedang berpuasa, lantaran ia tidak termasuk orang yang diberi keringanan untuk meniggalkan puasa yang memperoleh kebasan berbuka.

Semantara itu, ada pula pendapat lain yakni bahwa dengan ditinggalkannya niat puasa oleh seseorang pada malam harinya karena udzur misalnya maka ia diperbolehkan berniat puasa Ramadhan pada pagi harinya.

Pandapat ini didasarkan pada sebuah hadits yang menyatakan bahwa, pada suatu hari tanggal 10 Muharam Rasulullah SAW memberi perintah kepada sala seorang sahabatnya agar mengintruksikan kepada semua orang baik yang sudah makan ataupun belum untuk berpuasa.

Menurut kami, pendapat ini patut diterima dengan dasar kebijakan pertimbangan alasan udzur tersebut bukan lantara puasa Muharam yang memang bukan fardhu, sebelum difardukannya puasa Ramadhan.

Namun demikian kami tetap memandang bahwa pendapat pertama jauh lebih kuat lantaran diwajibkannya berniat puasa malam hari itu didasarkan pada hadits yang sharih atau tegas sebagaimana riwayat dari Hafshah RA.

Sehingga apapun alasannya udzur atau tidak secara mutlak niat puasa fardhu pada malam hari itu wajib.

KH Arwani Faishal
Wakil Ketua PP Lembaga Bahtsul Masa'il NU

Monday, August 24, 2009

Ramadhan adalah Amanah

Bulan Ramadhan yang merupakan bulan rahmat, juga merupakan bulan yang diamanahkan oleh Allah SWT kepada Orang-orang Mukmin. Karenanya, orang-orang mukmin diharapkan dapat bersungguh-sungguh dalam mengemban amanat ini.

Seperti ibadah-ibadan lain yang membutuhkan kehusyukan untuk menjalaninya, Orang Mukmin membutuhkan keikhlasan hati untuk mengemban amanahnya.Demikian halnya dengan tubuh dan indera, yang juga merupakan amanah yang harus dijaga umat Islam, terutama selama bulan Ramadhan.

Umat Islam diharapkan menjaga pendengaran, penglihatan dan penciumannya dari hal-hal yang tidak selayaknya.Terkadang manusia sering lupa bahwa penglihatan dan pendengaran adalah amanah Allah, sehingga mereka menggunakannya untuk hal-hal yang tidak diridhoi Allah.

Karena lupa pula, manusia sering mengatakan hal-hal yang tidak layak didengar oleh orang-orang di sekelilingnya.

Ramadhan adalah waktu yang paling tepat untuk merenungi sejauh mana, orang Mukmin telah menjaga amanah Allah tersebut.

"Bila sebelum Ramadhan kita sering menyia-nyiakan amanah Allah yang berupa penglihatan dan pendengaran misalnya, maka Ramadhan adalah moment yang paling tepat untuk menghentikan kesia-siaan tersebut.

Pada bulan Ramadhan umat Muslim dapat memanfaatkan secara maksimal, amanah yang berupa lidah dengan memperbanyak berdzikir dan tadarrus Al-Qur'an.

Dengan Demikian Ramadhan sangat bermakna untuk menjaga amanah Allah yang dipercayakan kepada orang-orang Mukmin.

"Jika amanah-amanah tersebut, dapat kta manfaatkan dengan maksimal dan penuh keikhlasan, tentu kita layak berharap, puasa kita bukan sekedar menahan haus dan lapar saja.

Sunday, August 23, 2009

Al-Quran Terbesar Dan Mengaji Bandongan

Santri mengaji kitab kuning (kitab kuno salaf) di Pondok Pethuk, Kediri, Jawa Timur (23/8). Selama sebulan penuh saat Ramadhan, santri dipondok tersebut mengaji kitab Fadla`ilu Syahri Ramdhan (Keutamaan bulan Ramadhan) dengan sistem "Bandongan" atau mendengar dan mencatat tafsir yang dibacakan oleh sang kiai
Seorang pengunjung memperhatikan Al-Quran berukuran Terbesar yang menjadi simbol Masjid Raya Fatimah, Solo (23/8). Al-Quran yang berukuran panjang 115 cm dan lebar 85 cm ditulis diatas lembaran kulit unta dengan menggunakan tinta minyak Jafaron. (ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)

TAUSHIYAH RAMADHAN : Ikhlas dan Sabar dalam Berpuasa

Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling tepat untuk melatih kesabaran dan keikhlasan para hamba Allah dalam beribadah.

Bulan Ramadhan juga merupakan bulan yang paling tepat bagi orang-orang mukmin untuk memperbanyak amalan ibadah sunnah, terutama ibadah ghoiru mahdhoh (ibadah yang tidak terikat waktu, tempat dan tatacara tertentu).

Dalam berpuasa, memang banyak cobaannya. Perut yang lapar dapat menjadikan seseorang dengan mudah kehilangan kesabaran dan terpancing emosinya, jika tidak selalu menjaga niat dan keikhlasan ibadahnya.

Karenanya, selama berpuasa, orang mukmin hendaknya selalu berdzikir (mengingat Allah) untuk agar dapat mengontrol emosinya.

Demikian dinyatakan Ustadz Bukhori Muslim dalam ceramahnya ketika berbuka puasa bersama di Musholla Utama Gedung Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Jl. Kramat Raya n0. 164 Jakarta, Sabtu (22/8).

Menurutnya, meski berpuasa, orang mukmin tetap diharapkan dapat tetap produktif. Lebih lanjut, Bukhori menjelaskan, orang mukmin hendaknya tidak hanya bermalas-malasan saja, meskipun energi tubuh tidak sepenuh dan sebugar ketika tidak berpuasa.

Meski tidur juga merupakan ibadah, namun hendaknya orang yang berpuasa tidak hanya tiduran saja seharian."Jangan hanya karena alasan berpuasa, lalu Kita menikmati tidur seharian tanpa berbuat apa-apa.

Jika memang waktunya senggang, Kita dapat memperbanyak ibadah dengan senantiasa berdzikir dan membaca shalawat," terang Bukhori di hadapan sekitar seratusan jamaah.

Ustadz yang aktif berkhidmad di Lembaga Dakwah nahdlatul Ulama (LDNU) ini menambahkan, seseorang harus menjalankan ibadah puasanya dengan ikhlas, sehingga dapat menikmati dua kebahagiaan setelahnya, yakni ketika berbuka dan ketika "bertemu" dengan Tuhannya.

"Karena keagungan ibadah puasa, bahkan tidur pun dicatat oleh Allah sebagai ibadah. Maka tentu mereka yang terjaga dan senantiasa berdzikir, membaca sholawat, atau tadarrusan al-Qur'an, akan mendapatkan pahala yang dan kecintaan Allah yang berlipat-lipat," jelas Bukhori.

Jaga Kesehatan, Dianjurkan Konsumsi Buah

Menjaga kesehatan saat berpuasa cukup penting. Apalagi, puasa tahun ini bertepatan dengan musim kemarau yang rentan penyakit.

Sehingga jika kesehatan tidak terjaga, daya tahan tubuh bisa melemah dan penyakit mudah menyerang. ''Agar tubuh fit selama puasa, sebaiknya tetap menjaga dan mengatur pola makan,'' ujar Eka Kun Fatmawati, ahli gizi di RSUD Kota Madiun.

Sebab, selama puasa lambung harus beradaptasi. Selama beberapa jam, lambung kosong tanpa isi. Agar tidak menimbulkan rasa sebah atau tidak nyaman, jadwal makan saat buka puasa harus diatur.

Menurut Eka, berbuka lebih baik dilakukan bertahap. Yakni, mendahulukan minum air hangat serta menghindari es. ''Air es yang dikonsumsi saat berbuka tidak baik bagi kesehatan. Sebab bisa menurunkan imun (daya tahan tubuh, Red),'' tambahnya.

Disarankan pula, selain minum air hangat sebaiknya juga mengonsumsi makanan ringan. Namun lebih baik menghindari makanan utama. Sebab, kosumsi makanan yang berlebih dapat menyebakan perut tidak nyaman serta rasa kantuk.

Imbasnya, malas melakukan ibadah selanjutnya. ''Sebaiknya, makanan utama dikosumsi setelah menjalani salat tarawih. Karena lambung terasa longgar,'' jelasnya.

Menurut Eka, buah-buahan cukup penting dikosumsi saat berpuasa. Karena mengandung banyak vitamin untuk kebutuhan tubuh. Misalnya buah pisang dan pepaya. Selain mengandung vitamin juga baik untuk lambung.

Sedangkan untuk penderita maag, baik menghindari jeruk. ''Rasa asam dalam jeruk akan melemahkan lambung,'' jelasnya.

Menjaga dan mengatur pola makan harus dilakukan saat sahur. Menurutnya, menu sahur harus padat dan bergizi. Yakni dilengkapi, sayur mayur, lauk pauk dan karbohidrat. Sayur penting dikosumsi saat sahur karena mengandung banyak serat.

Sehingga lebih mengenyangkan atau tahan lama di lambung. ''Boleh juga minum susu saat sahur. Tapi bagi yang memiliki masalah pada lambungnya, sebaiknya menghindari susu. Sebab, susu yang diminum menjadi asam yang menyebabkan perut terasa sebah,'' papar Eka. Lalu bagaimana dengan penderita penyakit diabetes dan hipertensi?

Menurut Eka, penderita diabetes militus dan hipertensi tetap bisa berpuasa. Namun, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

''Dari konsultasi itu akan diketahui makanan apa yang perlu dihindari. Serta bagaimana cara melakukan sahur dan buka yang tepat. Sebab, yang dikosumsi akan disesuaikan dengan berat badan,'' jelasnya.

Eka juga menyarankan, tetap melakukan olah raga rutin saat berpuasa. Namun, porsi olah raga yang dijalani harus dikurangi dan tidak terlalu berat. ''Sebaiknya berolah raga setelah salat subuh,'' katanya

Friday, August 21, 2009

Doa solat tarawih , witir & Buka Puasa

(DOA SESUDAH SHALAT TARAWIH )


الحَمْدُ للهِ رَبِّالْعَالَمِينَ/ حَمْدًا يُوَافِي نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهْ / يَارَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِى لِجَلاَلِ وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكْ / اَللَّهُمَّ صَلِّعَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِينْ / اَللَّهُمَّ اجْعَلْنَا بِاْلإِيماَنِ كَامِلِينْ / وَلِفَرَائِضِكَ مُؤَدّيِنْ / وَعَنِ اللَّغْوِ مُعْرِضِينْ / وَعَلَى الصَّلَوَاتِ مُحَافِظِينْ / وَلِلزَّكَاةِ فَاعِلِينْ / وَبِالنَّعْمَاءِ شَاكِرِينْ / وَعَلَى الْبَلاَءِ صَابِرِينْ / وَفِى الدُّنْياَ زَاهِدِينْ / وَفىِ اْلآخِرَةِ رَاغِبِينْ / وَتَحْتَ لِوَاءِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ سَائِرِينْ / وَفِي الْجَنَّةِ دَاخِلِينْ / وَمِنَ النّاَرِ ناَجِينْ / وَعَلَى سُرُرِ الْكَرَامَةِ قاَعِدِينْ / وَمِنْ سُنْدُسٍ وَإِسْتَبْرَقٍ مُتَلَبِّسِينْ / وَمِنْ طَعَامِ الْجَنَّةِ آكِلِينْ / وَمِنْ لَبَنٍ وَعَسَلٍ مُصَفًّى شَارِبِينْ/ بِأَكْوَابٍ وَأَباَرِيقَ وَكَأْسٍ مِنْ مَعِينْ / مَعَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِييِّنَ وَالصِّدِّيقِينَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِينْ / وَصَلّ ِاللَّهُمَّعَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِينْ / وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّالْعَالَمِينْ


(DOA SESUDAH WITIR RAMADHAN ﴿

اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّالْعَالَمِينْ/ اَللَّهُمَّ صَلِّعَلَى مُحَمَّدْ / وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِينْ / / اَللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيمْ / تُحِبُّ الْعَفْوَ فاَعْفُ عَنّاَ / اَللَّهُمَّ إِنّاَ نَسْأَلُكَرِضَاكَ وَالْجَنَّةَ / وَنَعُوْذُ بِكَ مِنْ سَخَطِكَ وَالنّاَرْ / اَللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنّاَ صِياَمَناَ / وَقِياَمَناَ / وَرُكُوْعَناَ / وَسُجُوْدَناَ / وَتَضَرُّعَناَ / وَتَخَشُّعَناَ / وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَناَ / بِرَحْمَتِكَ ياَ أَرْحَمَ الرَّاحِمِينْ / اَللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنّاَ إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيمْ / وَ تُبْ عَلَيْناَ إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمْ / سُبْحاَنَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمّاَ يَصِفُونْ / وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّالْعَالَمِينْ


(DOA BERBUKA PUASA)

اَللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ / وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ / ذَهَبَ الظَّمَـأ ُ/وَابْـتَلََّتِ الْعُرُوْقُ / وَ ثَـبَتَ اْلأَجْـرُ إِنْ شَاءَ اللهُ تَعَـالَى


Allahumma laka shumtu , wa ‘ala rizqika afthartu , dzahaba z-zhama’uWa-btallati l-uruqu , wa tsabata l-ajru insya Allahu ta’ala, aamiin

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (kanan) menerima penganugerahan Brevet Komando Kehormatan


BREVET KOMANDO KEHORMATAN : Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (kanan) menerima penganugerahan Brevet Komando Kehormatan yang disematkan oleh Kasad Jenderal TNI Agustadi Sasongko Purnomo di Markas Satuan-81 Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Kamis (20/8).
Penganugerahan Brevet Komando Kehormatan kepada Presiden RI berdasarkan pertimbangan pimpinan TNI AD, di mana Presiden selaku Panglima Tertinggi, yang memiliki kewenangan penuh terhadap pengendalian operasional seluruh jajaran TNI, termasuk pengerahan Pasukan Khusus dalam situasi kritis sesuai konstitusi. ( FOTO ANTARA/Widodo S. Jusuf/Koz/mes/09. )

Sidang Isbat Sepakati Puasa Mulai Sabtu Besok

Jakarta: Sidang isbat penentuan awal puasa di Departemen Agama, Jakarta Pusat, Kamis (20/8) malam, menyepakati bahwa awal Ramadan 1430 Hijriah jatuh pada Sabtu besok. Keputusan ini disetujui dengan suara bulat dari seluruh peserta sidang.

Sidang isbat ini dilakukan setelah maghrib dengan dipimpin oleh Menteri Agama Muhammad Maftuh Basyuni serta Menteri Komunikasi dan Informasi Muhammad Nuh.

Sejumlah organisasi masyarakat atau ormas Islam, pejabat Depag, serta perwakilan-perwakilan negara Islam hadir pada acara tersebut.

Dalam sidang ini, para pejabat dan tim sidang sudah menerima laporan dari perwakilan Depag di seluruh Indonesia yang berusaha melihat hilal di sembilan titik antara lain di Pantai Gresik Jawa Timur, Pantai Lhoknga Aceh, Islamic Centre Makassar, Nusa tenggara Timur, dan Semarang, Jawa Tengah, serta Lamongan, Jatim.(LUC)

Gus Yusuf: Jangan Demam Ramadhan


Magelang: Peningkatan semangat hidup beragama bagi umat Islam melalui rangkaian ibadah puasa bukan hanya selama Ramadhan. "Jangan sampai terjadi demam Ramadhan," kata pengasuh Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah, KH Muhammad Yusuf Chudlori (Gus Yusuf) di Magelang, Jumat.

Operasi oleh aparat yang berwenang antara lain terhadap perdagangan minuman keras, petasan, makanan kedaluwarsa, dan tempat hiburan, katanya, tidak perlu menunggu Ramadhan.Tetapi, katanya, operasi itu memang harus setiap saat mereka lakukan dalam rangka membangun kehidupan masyarakat yang aman, tertib, tenteram, dan sejahtera.

Ia menjelaskan, umat Islam harus menjalani kehidupan beragama setiap saat supaya tercapai kebahagiaan dunia dan akhirat.

Puasa pada Ramadhan, katanya, dilaksanakan umat Islam sebagai suatu kebutuhan pribadi dan bukan sekadar menahan lapar dan dahaga.

"Tetapi menjaga kesucian hati, menahan hawa nafsu. Ibadah puasa itu sangat pribadi," katanya.

Ia mengatakan, puasa Ramadhan 1430 H juga bisa menjadi momen bagi berbagai kalangan masyarakat untuk merefleksikan kehidupan bersama selama ini.

"Apalagi tahun ini kita telah melaksanakan agenda besar yakni pemilu legislatif dan pemilu presiden.

Selama satu bulan ini kita mengendapkan rasa dan hati, refleksi, untuk berbuat hal-hal yang lebih baik bagi bangsa dan negara pada masa mendatang," katanya. (ant/)

Thursday, August 20, 2009

Awal Ramadan Jatuh pada Sabtu Lusa

BLIMBING - SURYA- Awal Ramadan 1430 H jatuh pada hari Sabtu (22/80 lusa. Ini berdasarkan sidang Badan Hisab dan Rukyat (BHR) Kota Malang yang melibatkan tiga perguruan tinggi Islam di Kota Malang, yakni Universitas Islam Negeri (UIN) Malang, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), dan Universitas Islam Malang (Unisma).


Selain itu, juga Majelis Ulama Indonesia (MUI), PCNU, PD Muhammadiyah, Depag, para kepala Kantor Urusan Agama (KUA), dan Pemkot Malang.

”Dari perhitungan kami, Kamis (20/8) belum terjadi ijtimak, sehingga bulan Sya’ban genap 30 hari. Ini berarti awal Ramadan jatuh pada Sabtu (22/8),” kata Drs H Chomsin, Kepala Kantor Depag Kota Malang, Rabu (19/8).


Meski begitu, hasil ini masih menunggu rukyatul hilal yang akan dilaksanakan di Pantai Ngliyep, Kamis (20/8) sore. ”Walau ada hisab, secara riil dibutuhkan rukyat. Karena itu, lebih baik tunggu hasil sidang isbat,” ungkap Imam Hambali, Wakil Rois PCNU Kota Malang.

Ketua Pengurus Daerah (PD) Muhammadiyah Kota Malang, Drs HA Taufiq Kusuma, mengatakan, terkait awal Ramadan pihaknya mengikuti Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah No 06/MLM/I.0/E/2009.

Berdasarkan maklumat itu, 1 Ramadan 1430 H jatuh pada Sabtu (22/8). Sedang, 1 Syawal 1430 H jatuh pada Minggu (20/9).

Sementara, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Klimatologi Karangploso memperkirakan awal Ramadan berpotensi hujan. Prakiraan cuaca 20 Agustus sampai 26 Agustus 2009, potensi hujan lokal dengan intensitas ringan dapat terjadi mulai Kmais (20/8) sampai Senin (24/8).

Sedang untuk hari-hari lainnya diperkirakan cuaca cerah-berawan dengan suhu udara 17-31 derajat celcius dan kelembaban udara 49-93 persen.ekn

Wednesday, August 19, 2009

PKB Doakan Gus Dur

SURABAYA- - DPW PKB Jatim menggelar doa bersama untuk kesembuhan mantan presiden Abdurahman Wahid (Gus Dur) yang saat ini sedang dirawat di RSCM Jakarta. Sebagai kader Gus Dur, DPW PKB berharap, Gus Dur dikarunia umur panjang.

Do’a bersama itu dihadiri jajaran pengurus DPW PKB Jatim dan belasan anak yatim piatu. Namun, petinggi PKB seperti Imam Nahrawi (Ketua DPW) dan Khoiruddin Abbas (Sekretaris DPW) datang terlambat. Mereka terlihat setelah acara do’a selesai.

Wakil Ketua DPW PKB Jatim, Mas’ud Adnan mengatakan, Gus Dur adalah guru PKB. Meski saat ini masih terjadi polarisasi di internal PKB, yakni ada yang menganggap pro Gus Dur atau tidak, tapi justru pihaknya mengaku mencintai Gus Dur. “Terbukti pada hari ini kami mengadakan doa bersama,” ujar Mas’ud usai acara doa bersama di kantor DPW PKB Jl Ketintang, Rabu (19/8).

“Kalau ada orang yang mengklaim militan mendukung Gus Dur, malah kami bersama teman-teman yang paling lama membela pemikiran beliau,” tambahnya.

Ada harapan baru bagi PKB, kata Mas’ud, pihaknya akan merangkul semua kalangan PKB yang sedang tercerai berai. Ini berarti, keinginan Hasan Aminuddin (Ketua DPW PKB) kubu Gus Dur untuk islah-sebelumnya sudah berkinginan untuk islah-akan terwujud.

“Kita berharap ke depan, semua bersatu dan Cak Imin (Ketua DPP PKB) sudah menyatakan secara terbuka akan merangkul semua. Kita berharap kebesaran PKB akan kita raih kembali ke depan,” katanya.iks

Susunan Bacaan Tahlil

Tahlil atau tahlilan sudah menjadi tradisi kaum muslimin di Indonesia, utamanya warga Nahdlatul Ulama (NU) sebagai penganut paham Ahlussunnah wal jamaah (Aswaja) sebagai upaya bertawashul kepada Allah SWT untuk mendoakan keluarga yang sudah meninggal dunia atau ahli kubur pada umumnya,

Tahlil secara lughat berarti bacaan لاإله إلاالله (Lailaha illallah)

seperti halnya Tasbih berarti bacaan سبحان الله (Subhanallah),

Tahmid bacaan الحمد لله (Alhamdulillah) dan lain sebagainya.

Bahasa Arab kebanyakan selain mempunyai arti secara lughowi (bahasa) juga mempunyai arti secara istilahi atau urfi.

Tasbih misalnya pengertian secara urfi ialah mengagumi dan mensucikan Allah sang Maha pencipta dari segala kekurangan dan kelemahan, yang direfleksikan dengan bersyukur, rasa takjub dan lain sebagainya yang diiringi dengan mengucapkan Subhanallah.

Demikian pula Tahlil dalam pengertiannya secara urfi atau islitahi ialah mengesakan Allah dan tidak ada pengabdian yang tulus kecuali hanya kepada Allah, tidak hanya mengkui Allah sebagai Tuhan tetapi juga untuk mengabdi, sebagimana dalam pentafsiran kalimah thayyibah

لاإله إلاالله أي لامعبود بحق إلاالله

Artinya: Tiada Tuhan yang berhak untuk disembah kecuali Allah, atau tidak ada pengabdian yang tulus kecuali kepada Allah

Kemudian di dalam melaksanakan bentuk pengabdian manusia sebagai hamba kepada Allah SWT, sudah barang tentu tidak cukup hanya dengan menyebut-nyebut asma Allah akan tetapi harus disertai prilaku-prilaku seorang hamba yang mentaati perintah perintah Allah serta menjauhi larangan larangan-Nya, dan perilaku tersebut digambarkan dalam rangkaian bacaan-bacaan pada tahlilan.

Jadi Tahlil dengan serangkaian bacaannya yang lebih akrab disebut dengan tahlilan tidak hanya berfungsi hanya untuk mendoakan sanak kerabat yang telah meninggal, akan tetapi lebih dari pada itu Tahlil dengan serentetan bacaannya mulai dari surat Al-ikhlas, Shalawat, Istighfar, kalimat thayyibah dan seterusnya memiliki makna dan filosofi kehidupan manusia baik yang bertalian dengan i’tiqad Ahlus Sunnah wal jamaah, maupun gambaran prilaku manusia jika ingin memperoleh keselamatan dan kebahagiaan di Dunia dan di akhirat kelak.

Tahlilan dari susunan bacaannya terdiri dari dua unsur yang disebut dengan syarat dan rukun, yang dimaksud dengan syarat ialah bacaan :

1. Surat al-Ikhlas

2. Surat al-Falaq3. Surat an-Nas

4. Surat al-Baqarah ayat 1 sampai ayat 5

الم ذلك الكتاب .......5. Surat al-Baqarah ayat 163
والهكم إله واحد ........ 6. Surat al-Baqarah ayat 255

الله لاإله إلا هو الحي القيوم ........ 7. Surat al-Baqarah ayat dari ayat 284 samai ayat 286 لله مافي

السموات ...... 8. Surat al-Ahzab ayat 33

إنما يريد الله ........ 9. Surat al-Ahzab ayat 56إن الله وملائكته يصلون على النبي ........

10. Dan sela-sela bacaan antara Shalawat, Istighfar, Tahlil da TasbihAdapun bacaan yang dimaksud dengan rukun tahlil ialah bacaan :

1. Surat al-Baqarah ayat 286 pada bacaan :واعف عنا واغفر لنا وارحمنا

2. Surat al-Hud ayat 73: ارحمنا ياأرحم الراحمين

3. Shalawat Nabi

4. Istighfar

5. Kalimat Thayyibah

لاإله إلاالله6. TasbihMakna dari susunan bacaan tahlil di atas insyaallah akan dipaparkan dalam kesempatan berikutnya.

KH M. Irfan Ms
Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Amin, Jampes, Kediri

Tiket KA Eksekutif Jelang Lebaran Ludes Terjual

Jakarta - Tiket Kereta Api eksekutif untuk jurusan kota-kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur habis terjual sejak pemesanan tiket secara online yang dibuka Selasa (18/8).

"Tiket kereta untuk H-4 dan H-5 jalur utara dan selatan kelas eksekutif sudah habis terjual," kata Kepala Stasiun Gambir, Ata Sudarta saat ditemui di Stasiun Gambir, Rabu.

Tiket yang terjual habis tersebut mencapai 12 ribu tiket untuk H-4 dan H-5 lebaran. Sementara untuk hari-hari lainnya jelang lebaran masih tersisa sejumlah tiket.

Sedangkan tiket kereta untuk jurusan lokal seperti kota Bandung dan Cirebon masih tersisa. "Masih tersisa cukup banyak," kata Arta. Setiap hari, 34 kereta api reguler berbagai kelas berangkat dari Stasiun Gambir ke sejumlah tujuan dengan total 75 ribu kursi hingga 80 ribu kursi yang tersedia.

Walaupun pada hari-hari tertentu tiket untuk sejumlah jurusan telah habis terjual, namun pihaknya belum mendapat kepastian mengenai jumlah kereta tambahan yang akan diturunkan untuk mengantisipasi membludaknya penumpang kereta yang ingin mudik lebaran.

"Belum dipastikan jumlahnya, kita masih menunggu informasi pasti mengenai jumlah kereta tambahan lebaran. Biasanya H-15 atau H-20 baru bisa dipastikan berapa kereta tambahannya," kata Arta lebih lanjut.

Jika melihat pengalaman lebaran tahun lalu, kereta tambahan lebaran yang diturunkan untuk mengangkut penumpang yang tersisa berjumlah lima kereta.Diantaranya Kereta Argo Anggrek, Gajayana, Purwojaya, Argo Lawu dan Gumarang.

"Tapi untuk lebaran tahun ini belum ada informasi mengenai itu, jadi belum bisa dipastikan jumlahnya (kereta tambahan)," kata Arta.

Arta menjelaskan tidak ada kenaikan harga tiket menjelang libur lebaran. "Tidak ada kenaikan, tuslag juga sudah dihapus," katanya.Berdasarkan pantauan, suasana Stasiun Gambir siang ini terlihat lengang.

Tidak tampak antrean panjang calon penumpang. Karena pembelian tiket kereta stasiun Gambir dapat dilakukan melalui beragam cara. Seperti pembelian langsung, melalui biro perjalanan maupun sistem online.(*) ant

Eksekutor Nasrudin Disidang, Otak Pembunuhan Belum Disebut


TANGERANG - Lima eksekutor pembunuh Direktur Utama PT Putra Rajawali Banjaran Nasrudin Zulkarnain resmi menjalani sidang di PN Tangerang kemarin mulai pukul 10.00. Seluruh terdakwa dihadirkan satu per satu dengan materi mendengarkan dakwaan dari jaksa penuntut umum (JPU).
Namun, dari pembacaan surat dakwaan terhadap lima terdakwa (Daniel Daen Sabon, Hendrikus Kia Walen, Heri Santosa, Fransiskus Tadon Kerans, dan Eduardus Noe Ndopo) tersebut, nama Antasari Azhar sebagai tokoh yang diduga otak di balik kasus pembunuhan itu tidak disebut. Materi sidang hanya membacakan kronologi dan peran para terdakwa yang diakhiri ancaman pasal 340 junto 55 ayat 1 KUHP dengan hukuman mati.(jwps)

Presiden Tiba di Sidang Paripurna DPD

Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, tiba di Gedung Nusantara kompleks MPR/DPR RI untuk menyampaikan pidato dalam sidang Paripurna Khusus Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

Presiden tiba sekitar pukul 10.00 WIB didampingi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua DPD Ginanjar Kartasasmita, serta sejumlah petugas protokoler kepresidenan.Setelah tiba, presiden dan rombongan langsung menuju ruang rapat paripurna I.

Sesaat setelah mengheningkan cipta, Ketua DPD Ginanjar Kartasasmita membuka sidang.Rencananya, presiden akan menyampaikan pidato pada pukul 10.00 WIB. Sebelum itu, Ketua DPD Ginanjar Kartasasmita akan menyampaikan pidato sambutan.

Sidang Paripurna Khusus Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI diawali dengan nyanyian lagu-lagu daerah, prosesi pataka (bendera lambang) daerah seluruh Indonesia, dan pemutaran film dokumenter tentang DPD RI.

Sidang tersebut dihadiri oleh 125 dari 128 orang anggota DPD. Sejumlah pejabat tinggi dan kepala daerah juga turut hadir dalam Sidang Paripurna Khusus Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI itu.

Semua anggota DPD yang hadir dalam acara ini termasuk Presiden dan Wapres menggunakan pakaian batik.(*) ant

Bea Cukai Soekarno-Hatta Gagalkan Penyelundupan Heroin

Tangerang,(ANT) - Petugas Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Rabu, menggagalkan upaya penyelundupan narkotika jenis heroin sebanyak 60 gram.

Kasubag Umum Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta, Maman Sulaeman mengatakan, selain mendapatkan barang bukti, petugas kepabeanan tersebut menahan dua orang tersangka yang menyelundupkan barang haram tersebut, yakni Hari dan seorang wanita bernama Juana.

"Kami memperkirakan harga heroin itu senilai Rp600 juta," kata Maman.Maman menuturkan, pelaku melakukan modus operandi melalui jasa pengiriman paket PT DHL atas nama pengirim EJC dan nama penerimanya, HR, di daerah Cikini, Jakarta Pusat, sedangkan narkotikanya diselipkan ke dalam kitab suci yang dilengkapi sampul.

Maman menyebutkan berdasarkan pengakuan dari tersangka, kedua pelaku sudah melakukan lima kali dengan modus yang sama, namun pelaku mengaku hanya sebagai kurir sehingga tidak tahu apa isi paket pengirimannya.

Sementara itu, pencegahan barang haram tersebut berawal dari informasi Bea Cukai Kamboja (Cambodian Customs Office) yang berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Bea Cukai, Badan Narkotika Nasional dan Direktorat IV Mabes Polri.

Maman mengungkapkan, kedua pelaku penyelundupan melanggar Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2007 tentang Narkotika dengan ancaman maksimal pidana hukuman mati atau seumur hidup, atau paling lama penjara 20 tahun dan denda paling banyak Rp1 miliar.

Untuk penyelidikan lebih lanjut, pihak Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta akan menyerahkan para tersangka dan barang bukti kepada Mabes Polri.(*)

Aceh Mungkin Masuk Jaringan Pengedar Narkotika Dunia

Banda Aceh (ant) - Kepala Kepolisian Daerah Provinsi Aceh Irjen Pol. Aditya Warman mengungkapkan ada indikasi bahwa Aceh masuk jaringan pengedar narkotika internasional.

"Kita sudah mulai dapat mengungkap bahwa ada dugaan jaringan internasional yang melatarbelakangi pengedaran shabu dan ganja ke dalam dan luar Aceh," kata Aditya di Banda Aceh, Rabu.

Dugaan ini muncul setelah beberapa waktu lalu satuan kepolisian air Polda Aceh menangkap tersangka pengedar shabu-shabu di Provinsi Aceh di kawasan perairan Bireuen."Yang tertangkap itu mengaku masuk dari negara tetangga dan memang menuju ke Aceh, dan itu tertangkap oleh kita," katanya.

Jalur perairan merupakan jalur yang seringkali dilakukan pengedar untuk menyalurkan barang haram tersebut."Meskipun jalur udara juga sering kita temui, tetapi di perairan daerah ini sangat sering terjadi dan begitu banyak celah masuk barang yang dilarang itu ke Aceh," katanya.

Untuk itu polisi setempat telah berkoordinasi dengan keamanan internasional untuk memberantas jaringan narkoba tersebut."Selain itu kami juga sering melakukan pertemuan dengan DEA (Satuan Narkoba kepolisian Amerika serikat) dan Interpol guna membahas perkembangan situasi dan mencari solusinya," kata Kapolda.

Selama ini Polda Aceh gencar menggelar operasi untuk mengungkap jaringan pengedaran narkoba, bahkan dalam dua bulan terakhir ditemukan 48,5 hektare ganja di Aceh, tepatnya Gayo Lues, Aceh Besar, Pidie dan Bireuen.

Polisi juga menyita 140.550 batang ganja dan 535 gram shabu-shabu.Ganja (Cannabis Sativa) sendiri tumbuh subur di dataran Provinsi Aceh, sementara masyarakat sendiri sudah terbiasa menggunakannya sebagai pelezat masakan, namun kini sebagian warga mengubah ganja sebagai penghasilan karena nilai jualnya tinggi.

"Kita berusaha meningkatkan pemahaman masyarakat tentang bahaya ganja, dan memberi bantuan berupa bibit komoditi sebagai pengganti tanaman ganja untuk ditanami di keperkebunan palawija," katanya. (*)

Polda Aceh Sita 89,8 Ton Ganja

Banda Aceh (ant) - Sebanyak 89,8 ton ganja berhasil disita dan diamankan kepolisian daerah Provinsi Aceh sepanjang bulan Juli- Agustus 2009.

"Ini merupakan hasil operasi dua bulan dan kita menyita sekaligus meringkus jaringan pengedar ganja yang selama ini menjadi target kepolisian," kata Kapolda Aceh, Irjen Pol.Aditya Warman di Banda Aceh, Rabu.

Sepanjang Juli-Agustus 2009, Polda Aceh berhasil menyita 140.550 batang ganja siap panen yang diperkirakan berbobot 89,8 ton, selain 535 gram shabu-shabu.

Operasi tersebut digelar di Gayo Lues, Aceh Besar, Bireuen dan Pidie dengan menempatkan tim Unit Kecil Lengkap (UKL), sebuah tim bentukan bagi pemberantasan narkotika di Provinsi Aceh.

"Tim ini berhasil menjalankan tugasnya dengan baik untuk beberapa daerah sementara yang kita tergetkan sebagai tempat operasi," kata Kapolda.

Kapolda Irjen Pol. Aditya Warman mengaku ganja merupakan tanaman yang tumbuh subur di Provinsi Aceh dan juga memiliki nilai jual yang tinggi di dunia internasional.

"Namun ini sangat membahayakan jika masyarakat tidak mengerti dampak yang dihasilkan dari ganja kalau hanya karena tergiur nilai jualnya saja yang tinggi itu," katanya.

Karena itu dibutuhkan langkah-langkah preventif dalam memberantas penanaman dan pegedaran ganja di Aceh, termasuk program alternatif seperti menanampi komotidi lainnya.

"Kita tetap fokus dalam upaya pemberantasan narkoba di Aceh yang salah satunya dengan menggelar operasi dan sosialisasi bahayanya ganja dalam kehidupan ini," katanya.

Selain itu, pihaknya juga berupaya memutuskan rantai jaringan sindikat pengedar ganja di Aceh, terutama yang merupakan target operasi pemberatasan narkoba daerah ini.

"Kita telah menemukan jaringan sindikat pengedar ganja dan saat ini menjadi target utama kita adalah menumpasnya," kata Kapolda Aditya tegas.

Bahkan Kapolda Aceh mengatakan, jaringan pengedar ganja dan shabu di provinsi ujung paling barat di Indonesia itu terindikasi masuk dalam jaringan internasional."Seperti shabu dan beberapa ganja yang ditemukan satuan polisi air berapa waktu lalu itu datangnya dari luar Aceh," katanya.

Selain itu, dalam laporannya Polda Aceh juga dilaporkan telah meringkus sebanyak 10 orang tersangka pengedar ganja dalam beberapa bulan terakhir.

"Tiga orang di antaranya pengedar shabu-shabu dan dua orang lainnya masih ditahan di Polresta Bireuen," demikian Kapolda Aceh Irjen Pol. Aditya Warman.(*)

Warga Indonesia ditemui mati dengan kesan tikaman

TAWAU 19 Ogos — Seorang lelaki warga Indonesia ditemui mati dengan beberapa kesan tikaman di badannya, dalam semak di Kilometer 4, Jalan Bunga Raya, Sin On Tiku di sini pagi semalam.

Pemangku Ketua Polis Daerah Tawau, Deputi Supritenden Daches Semob berkata, pekerja kawasan pembinaan berumur 36 tahun itu dipercayai mati ditikam oleh seorang lelaki yang juga berasal dari Indonesia.

Beliau berkata, siasatan awal menunjukkan bahawa lelaki yang tiba di Tawau bersama isterinya dua bulan lalu itu diserang semasa dalam perjalanan ke tempat kerjanya.

“Kami sudah kenal pasti suspek yang berumur sekitar 30-an dan kami sedang memburunya,” katanya kepada pemberita di sini hari ini.

Menurutnya, kasus itu diklasifikasikan sebagai kasus kreminal bunuh, dan polisi percaya kejadian itu berpunca daripada perbelahan mengenai hutang.

Mayat lelaki itu kini berada ke Hospital Tawau untuk bedah siasat. - Bernama

Lelaki Aceh lepas hukuman gantung

KUALA LUMPUR 18 Ogos - Seorang lelaki Aceh terlepas daripada hukuman mati di tali gantung setelah Mahkamah Tinggi di sini hari ini melepas dan membebaskannya daripada tuduhan mengedar 877 gram ganja, lima tahun lalu.

Hakim Datuk Ghazali Cha memutuskan demikian terhadap Sayuti Muhammad Ali, 32, setelah mendapati pihak pendakwaan gagal membuktikan keraguan munasabah terhadap pertuduhan tersebut di akhir kes pembelaan.

Dalam penghakimannya, Hakim Ghazali menyatakan, pendakwa raya gagal membuktikan dua elemen penting iaitu bungkusan dadah itu gagal dimasukkan ke dalam seluar yang dipakai tertuduh ketika ditangkap seperti yang ditunjukkan dalam demonstrasi pihak pembelaan pada 8 Mei lalu dan di mana sebenarnya dadah itu ditemui.

Menurut beliau, elemen di mana dadah berkenaan dijumpai tidak dapat dibuktikan memandangkan terdapat percanggahan sama ada di rumah tertuduh atau di dalam seluarnya.

''Mahkamah juga mengambil kira keterangan bersumpah tertuduh yang berkali-kali menyatakan bahawa dadah itu berada di dalam rumah dan bukannya di dalam lif, tempat dia ditangkap.

''Versi pendakwaan berjaya disangkal oleh tertuduh dan mahkamah mendapati pegawai penyiasat tidak melakukan siasatan yang rapi dan terperinci,'' katanya.

Hakim Ghazali kemudian turut memerintahkan Sayuti dibawa ke Jabatan Imigresen untuk urusan menghantarnya pulang ke Indonesia.

Sayuti yang bekerja sebagai buruh kelihatan gembira dan tersenyum selepas keputusan itu dibacakan.

Dia yang diwakili peguam bela, Datuk Baljit Singh didakwa mengedar ganja tersebut di hadapan lif bahagian bawah Blok B, Tingkat 17 di Kampung Baru, di sini kira-kira pukul 2.30 pagi, 3 November 2004.

Dakwaan terhadapnya dikemukakan oleh Timbalan Pendakwa Raya, Geethan Ram Vincent mengikut Seksyen 39B(1)(a) Akta Dadah Berbahaya 1952 yang memperuntukkan hukuman gantung sampai mati jika sabit kesalahan.

Tuesday, August 18, 2009

Warga Aceh Terlepas Dari Ancaman Gantung

Seorang warga Aceh bebas dari hukuman gantung sampai mati oleh pengadilan negeri Shah Alam, Selangor, namun divonis hukuman 11 tahun penjara ditambah 10 cambuk karena memiliki ganja seberat 909 gr.

Hakim PT Shah Alam Yang Arif Tuan Hj Mohd Yasid mengetuk palu dan jatuhkan vonis penjara 11 tahun ditambah 10 cambuk kepada Bustami Abd Rahman, 21 thn, karena didapati memiliki ganja sebesar 909 gr ketika ditahan polisi.

Menurut fakta di persidangan, polisi menahan terpidana di sebuah POM bensin Jalan Sunga Buluh, Selangor, jam 10.15 malam, tanggal 13 Juni 2007. Pada saat itu, Bustami sedang bersama temannya dalam sebuah mobil proton di depan WC umum pom bensin. Tanpa disadari, polisi sudah mengintai gerak-gerik warga Aceh itu.

Polisi kemudian mendatangi mobil itu dan menemukan satu bungkusan plastik merah bertulisan "terima kasih" di dalam celana levis kepunyaan Bustami yang ternyata berisi ganja seberat 909 gr.

Polisi kemudian menahan Bustamin dan membebaskan temannya karena tidak ditemukan Narkoba.

Jaksa mengenakan pasal 39B tentang kepemilikan ganja dengan tuntutan maksimal yakni hukuman gantung sampai mati. Tapi Bustami kemudian mengajukan permohonan keringanan tuntutan ke kejaksaan sehingga tuntutannya diubah menjadi 39A, yang hukuman maksimalnya bukan hukuman mati.

Selain itu, Bustami juga berjanji akan insaf setelah jalani hukuman penjara dan tidak akan melakukan pekerjaan ini lagi dan mengikuti teman-temannya yang melakukan kriminal.

"Bustami ini datang ke Malaysia berusia 17 tahun. Tujuannya untuk bekerja dan mencari nafkah, namun terseret teman-temannya yang terlibat Narkoba,"

Monday, August 17, 2009

Malam Renungan Suci / Tasyakuran Hut Ri Ke 64 Permai Di Gedung Sekolah Indonesia Kuala Lumpur ( SIK)


Para Ibu-Ibu juga hadir di Acara Malam Kyukuran /Malam Renungan HUT Ke 64 Republik Indonesia


Tasyakuran / malam renungan suci HUT RI ke-64 Himpunan Masyarakat Indonesia (Permai) dengan kerjasam Kedutaan Besar Ri Kuala Lumpur dan sponsor Celcom Sdn Bhd dilaksanakan malam ini (16/8) di Sekolah Indonesia Kuala Lmpur (SIK).
Hadir Ketua Umum Permai Bapak T.Rizal Gading, Serta tokoh-tokoh masyarakat Indonesia Kuala Lumpur .
Acara tasyakuran / malam renungan dimulai dengan pembacaan Ayat-ayat suci alqur'an dan bacaan tahlil serta sambutan ketua panitia saudara M.Magfur dan Ketua Umum Permai .
Acara di lanjutkan dengan bacaan doa dan potong tumpang sehingga menunggu detik-detik dua belas malam.Saat berita ini di turunkan acara masi di berlanjut .