Monday, May 31, 2010

Pengurus Permai Menghadiri Acara Tahlilan Wafatnya Abang joko




Kuala Lumpur :Pengurus Permai kemaren 31 mei 2010 menghadiri acara tahlilan yang ke tujuh harinya abang kepada Bapak Joko yang telah wafat satu minggu yang lalu di Jakarta Indonesia.

Hadir dalam tahlilan di rumah Bapak Joko Di Gombak ,Ketum Permai Bapak Teuku Rizal Gading,Bapak Husen Lubis,Bapak Mahroji Magfur,Ust Liling serta warga Indonesia di Wilayah Gambak selangor.

Wni Asal Aceh Hasbala Mohd Sarong Di Jatuhi Hukuman Gantung

Shah Alam: Pengadilan Tinggi Shah Alam menjatuhkan hukuman gantung sampai mati kepada wni asal Aceh Hasbala Mohd Sarong 26 tahun.

Hasbalah di jerat dengan pasal 39 B undang-undang narkoba tahun 1952 karena mengedar narkoba,Ganjaran pasal 39 B adalah Gantung sampai mati.

Terdakwa di tangkap oleh dua oarang polisi di terminal bas kecil di depan pabrik Proton saga di seksen 26 Shah Alam ,pada 27 Februari 2004 jam 10 malam,tujuh tahun yang lalu untuk jual beli ganja seberat 4697 gram.

Vonis mati di bacakan oleh Hakim pengadilan tinggi Datok Asmabe Bt Mohammad hari ini tanggal 31/5/2010.

Dalam keputusan sela sebelum ini ,jaksa penuntut umum telah dapat meyakinkan Hakim bahwa terdakwa mengedar ganja tujuh tahun yang lalu,Terdakwa telah memberikan keterangan sewaktu membelah dirinya sediri.

Sunday, May 30, 2010

Lukman Edi Ajak PKB Konsolidasi Hadapi PT


Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa Lukman Edy mengajak partai politiknya untuk berkonsolidasi menghadapi pembahasan ambang batas perolehan suara partai politik untuk penetapan jumlah kursi di parlemen (parliementary threshold) agar bisa eksis pada masa datang.

"Saya tidak mau menjadi sekjen PKB yang terakhir karena melihat perkembangannya, maka PT sebesar 5 persen adalah satu keniscayaan dan tidak bisa dihindari. Inilah yang kami khawatirkan bahwa jika kami tetap terpecah seperti ini, bukan tidak mungkin setelah 2014 kami tidak ada lagi mewakili konstituen," katanya.

Dia mengatakan, PT 5 persen sudah tidak bisa dihindari sebagai langkah penyempurnaan demokrasi dan memperkecil jumlah parpol yang ikut pemilu. OLeh karena itu, dia menghimbau islah agar PKB bisa tetap eksis karena trend PKB saat ini terus menurun perolehan suaranya.

Menurut Lukman, islah adalah sangat mutlak sehingga dia mengharapkan komite islah segera dibentuk untuk mengakomodasi semua kepentingan.

Lukman menjelaskan pembentukan komite islah yang merupakan gabungan dari kubu Ancol, Parung dan PKNU bukan dengan maksud untuk menggeser posisi tertentu seseorang dalam jabatan struktural partai atau hanya berdasarkan kepentingan pribadi dan golongan sehingga semua elemen kaum nahdliyin mesti memberikan respon positif.

"Kita ini sifatnya `adhoc` dan setelah kami melakukan silaturahmi ke beberapa tempat, misalnya Surabaya, Kediri, Tegal Rejo dan Krapyak, semua kiai dalam hal islah ini sudah tidak ada masalah karena dasarnya `kan kami ingin menggabungkan semua. Jika kultural, struktural dan lainnya bisa gabung, 2014 akan tercapai," kata Lukman Edy.

Menurut Lukman, apabila islah tidak dilakukan, potensi menipisnya kader PKB dan jumlah konstituen diprediksi menurun drastis, apalagi partai besar sudah memberikan sinyal untuk membuka pintu menerima kehadiran mereka.

"Saya ingat mukatamar di Makassar, saat itu Hayono Isman juga menyatakan meminta kepada PBNU untuk mendukung Demokrat, Suryadharma juga terus melakukan safari. Nah ini `warning` bagi kami," katanya.

Sementara itu, Sekjen PKNU Idham Cholid mennyatakan bersedia menjadi pintu masuk bagi rencana islah PKB karena ikatan historis antara PKB dan NU.

"Jadi dalam islah ini sebenarnya ada yang tidak mau sama sekali, ada yang mau tapi ada syarat serta ada yang malu-malu. Tapi kita semua harus tahu realita politik ke depan dan para kiai sudah mendorong ini semua," kata Idham. (*)

Saturday, May 29, 2010

Pengiriman Uang TKI Capai Rp445 Miliar

Surabaya - Pengiriman uang dari tenaga kerja Indonesia (TKI) kepada keluarganya di eks-Keresidenan Kediri dan Madiun, Jawa Timur, pada triwulan I/2010 mencapai Rp445,96 miliar.

"Jika dibandingkan dengan triwulan sebelumnya, maka remitansi (pengiriman uang dari TKI) pada triwulan I/2010 ini meningkat sekitar 4,51 persen," kata Pemimpin Kantor Bank Indonesia (BI) Kediri, Mat Sisno, di Surabaya, Sabtu.

Berdasarkan data yang dihimpun BI Kediri dari perbankan, PT Pos Indonesia, Perum Pegadaian, dan perusahaan penyelenggara kegiatan usaha pengiriman uang, selama triwulan IV/2009, transaksi remitansi TKI di kedua wilayah eks-keresidenan tersebut hanya Rp426,70 miliar.
Peningkatan nominal transaksi pada triwulan I/2010 juga diikuti dengan kenaikan volume transaksinya yang tumbuh 9,82 persen, dari 120.148 lembar menjadi 131.944 lembar.
Sementara itu, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya (triwulan I/2009), nominal remitansi pada triwulan I/2010 mengalami peningkatan sebesar 57,32 persen. Demikian halnya dengan volume transaksi, juga melonjak hingga 121,25 persen.

Dari sepuluh kota/kabupaten di dua wilayah eks-keresidenan itu, sebagian besar mengalami peningkatan remitansi dibandingkan triwulan sebelumnya.

Kabupaten Magetan meningkat sebesar 33,12 persen, Kabupaten Nganjuk (31,13%), Kabupaten Tulungagung (18,73%), Kabupaten Ngawi (12,56%), Kabupaten Ponorogo (6,50%), Kota/Kabupaten Blitar (4,62%), Kabupaten Pacitan (1,39%), dan Kota/Kabupaten Kediri (0,03%).

Hanya dua daerah yang mengalami penurunan remitansi, yakni Kota/Kabupaten Madiun (-5,59%) dan Kabupaten Trenggalek (-12,47%).

Meskipun nominal dan volume transaksi remitansi TKI pada triwulan I/2010 mengalami peningkatan, rata-rata nominal per lembar transaksi justru menurun hingga mencapai lima persen, yakni dari sebesar Rp3,551 juta per transaksi pada triwulan IV/2009 menjadi sebesar Rp3,380 juta per transaksi pada triwulan I/2010.

Sumbangan tertinggi terhadap total remitansi TKI di wilayah eks-Keresidenan Kediri dan Madiun pada triwulan I/2010 berasal dari Kabupaten/Kota Madiun sebesar Rp123,45 miliar atau sekitar 28 persen, Kabupaten Tulungagung sebesar Rp101,26 miliar (23%), Kabupaten/Kota Blitar sebesar Rp72,45 miliar (16%), Kabupaten Ponorogo sebesar Rp63,50 miliar (14%), dan Kabupaten/Kota Kediri sebesar Rp61,94 miliar (14%).

Sementara itu, jika dilihat dari negara asal, Arab Saudi, Malaysia, dan Hongkong tetap menempati posisi sebagai negara yang memberikan sumbangan tertinggi terhadap total nilai remitansi TKI pada triwulan I/2010, masing-masing sebesar 24,59 persen, 15,49 persen, dan 14,59 persen.

Berdasarkan sarana pengiriman yang digunakan, nilai nominal transaksi remitansi TKI di wilayah eks-Keresidenan Kediri dan Madiun pada triwulan I/2010 sebagian besar atau sekitar 52 persen menggunakan jasa perbankan.

Sementara itu, berdasarkan volume transaksinya, sebesar 78 persen dari total transaksi remitansi TKI menggunakan jasa nonperbankan (Western Union/Money Gram).
"Kecenderungan para TKI memilih jasa layanan perbankan dalam melakukan transaksi pengiriman uang, umumnya lebih didasarkan pada pertimbangan keamanan," kata Mat Sisno.

Untuk pemilihan pada jasa layanan nonperbankan, biasanya dilakukan untuk transfer dana dengan daerah tujuan yang selama ini belum terjangkau layanan perbankan.

"Seiring berjalannya proses pemulihan perekonomian dunia yang terus berlangsung serta memasuki tahun ajaran baru di Tanah Air, transaksi remitansi TKI di wilayah eks-Keresidenan Kediri dan Madiun pada triwulan II/2010 diperkirakan masih akan mencatat pertumbuhan positif," katanya.*

SBY Tegaskan Komitmen Dukung Kemerdekaan Palestina


SBY (kanan) dan Mahmoud Abbas memberikan keterangan pers bersama di Istana Merdeka, Jakarta (29/5). ANTARA/Widodo S. Jusuf

Jakarta -Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan Indonesia tetap berkomitmen dan konsisten dalam mendukung perjuangan kemerdekaan negara Palestina. Indonesia, kata Presiden, siap menjadi fasilitator dalam pembicaraan dan negosiasi demi tercapainya kemerdekaan penuh Palestina.

"Indonesia memiliki sikap yang kokoh, konsisten, dan konsekuen mendukung penuh kemerdekaan palestina," kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono usai pertemuan dengan Presiden Palestina Mahmud Abbas di Istana Merdeka, Sabtu (29/5). "Kemerdekaan akan membawa keadilan sejati bagi palestina dan juga bagi dunia."

Presiden mengungkapkan, pertemuan yang berlangsung selama 45 menit ini, dilakukan dengan persahabatan dan kekeluargaan. Mahmud Abbas, kata presiden, juga memaparkan kondisi dan situasi di Palestina dan benua Timur Tengah. Juga, pertemuan itu produktif dan mengarah masa depan Palestina yang jauh lebih baik.

Kunjungan Presiden Palestina Mahmud Abbas merupakan kunjungan kedua kalinya. Indonesia, kata SBY, siap menjadi fasilitator dalam proses peran yang tepat dikehendaki oleh pemimpin palestina. "Karena negosiasi itulah yang mengantarkan Palestina menjadi negara merdeka dan bisa memecahkan masalah secara permanen," ujar Presiden.

Yudhoyono melanjutkan, Indonesia juga akan membantu bidang kemanusiaan dan pembangunan capacity building di Palestina bersama sejumlah negara Asia dan Afrika. Salah satunya, pembangunan rumah sakit di Gaza dengan dana Rp 20 miliar. "harapannya bisa menambah fasilitas di Gaza dan tentunya indonesia siap memberikan bantuan kemanusiaan apapun dimasa yang akan datang," tegas presiden.

Presiden Palestina, Mahmud Abbas mengucapkan terima kasih atas komitmen Indonesia dalam dukungan pencapaian kemerdekaan dan bantuan kemanusiaan kepada Indonesia. "Terima kasih atas dukungan Indonesia terus menerus kepada Palestina," katanya. Palestina, menjadi negara yang merdeka.

Abbas berharap adanya pembicaraan yang mengarah pada kemerdekaan negara Palestina. "Harapan kami melalui sejumlah pembicaraan dan solusi dalam pembicaraan," ujar Abbas. Dia mengatakan, sejumlah tragedi di Gaza dan di Masjidil Aqsa beberapa waktu lalu. Sehingga, kata Abbas, perlu adanya rekonsiliasi demi kepentingan rakyat. "Kami berharap Hammas menandatangani dokumen perdamaian dan rekonsiliasi," ujarnya.

Abbas juga mengungkapkan rasa terima kasih atas sejumlah bantuan kemanusiaan dan pembangunan rumah sakit di Gaza. "Kami yakin Indonesia akan mendukung Palestina dan jalinan hubungan semakin dalam dan rasa solidaritas semakin kuat," katanya.

Abbas mengucapkan terima kasih atas penyambutan yang akrab. Selain itu, Abbas juga memuji keberhasilan pemilihan umum dan pelaksanaan demokrasi di Indonesia. Abbas mengundang Presiden SBY ke Palestina. "Kami harap kita bisa beribadat bersama di Masjidil Aqsa."

Acara Musyawarah Pembentukan Panitia Muyawarah Dua Permai





Salam

Alhamdulillah rapat pembentukan panitia musyawarah dua Perhimpunan Masyarakat Indonesia sudah kelar dengan sukses.Peserta Musyawarah memilih Bapak Husein Lubis sebagai ketua Panitia,sedangkan saya di tunjuk sebagai Sekretaris.

Rencana musyawarah dua Permai akan di adakan sebelum Bulan Ramadan ,Tempat musyawarah belum di tentukan masih menunggu raker panitia minggu depan melengkapi susnan kepanitian .

Musyawarah pembentukan panitia di adakan di Hotel City Villa Kuala Lumpur hari ini 29/5 ,yang di hadiri oleh pengurus harian yaitu Bapak Teuku Rizal Gading Ketum,Arpin Sekjen,H Nasikin Bendahara,Bapak Khairuddin Harahap Penasehat,Husein Lubis Ketua Pemuda Dan Olah Raga,Ibu Mimin Mintarsi ,Ust Liling,dan juga beberapa anggota.

Sebelum acara pemilihan ketua panitia di mulakan penasehat Permai Bapak Khairuddin Harahap berpesen kepada para pengurus agar lebih komitmen untuk mengurus permai ini,karena apa?ini adalah ormas yang sangat signefikan untuk tempat berpayung warga Indonesia yang bekerja dan menetap di negara tetangga ini , kita harus terus menjalankan komonikasi dengan Kbri dan kerjasama yang baik,ungkapnya.

Siapapun yang akan terpilih sebagai ketum di musyawarah umum harus punya loyalitas 30% pada organisasi,Jika tidak sanggup untuk mengurus dengan baik permai silah ngundurkan diri pesen Khairuddin lagi.

Thursday, May 27, 2010

Pendukung Humas Cukur Gundul Sambut Kemenangan

Sumber Antara Jatim.com
Jumat, 28 Mei 2010 00:14:52| Pilkada

Gresik - Sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik Jawa Timur menyambut keunggulan sementara pasangan Husnul Khuluq-Musyaffa'Noer (Humas) pada Pilkada periode 2010-2015 dengan mencukur gundul rambutnya.

Pejabat tersebut adalah Kepala Bagian (Kabag) Humas Hari Syawaludin, Kabag Pemerintahan Umum Mulyanto, Kabag Pengolahan Data dan Informasi Endong Wahyu, Kabag Perekonomian, Haris Irianto, Kabag Kesra Wahib, juga sejumlah Kasubag seperti Wafid, Sapari, Ony Efendi. Pelaksana Tugas Camat Cerme Suyono dan sejumlah camat lainnya juga gundul.

Selain pejabat setempat, sejumlah masyarakat umum pendukung Humas juga ikut melakukan hal yang sama secara spontan dengan mengundang seorang tukang cukur di Kantor Dewan Perwakilan Cabang (DPC) PKB Kabupaten Gresik.

"Saya sudah berjanji kalau Humas menang saya langsung menggunduli rambut. Ini sebagai bentuk kegembiraan sekaligus merayakan kemenangan," kata Hartono salah satu, pendukung Humas di Kantor DPC PKB Gresik, Kamis

Sejumlah pendukung Humas mengaku memilih merayakan dengan cukur gundul dari pada harus berfoya-foya yang tidak bermanfaat. Cukur gundul ini menurut mereka adalah pertanda bahwa pendukung Humas berhati ikhlas dan bersih

"Daripada kami berfoya-foya melakukan sesuatu yang tidak bermanfaat, lebih baik kami potong rambut bareng toh nanti bakal tumbuh lagi. Kepala gundul menunjukkan hati yang ikhlas dan bersih dari pikiran kotor, semuanya kami lakukan semata-mata untuk mewujudkan ekspresi kegembiraan," terang Pilus, Koordinator Pendukung Humas.

Humas Unggul versi Hitungan Sementara KPU Gresik

Sumber Antara Jatim.com

"HUMAS" UNGGUL VERSI HITUNGAN SEMENTARA KPU GRESIK

Gresik, 27/5 (ANTARA) - Pasangan Husnul Khuluq-Musyafa' Noer ("Humas") tercatat unggul dalam hitungan sementara versi KPU Gresik, Kamis.

"Kendati 'real count' versi KPU sudah keluar, kami belum berani memastikan pemenangnya, karena sifatnya sementara," kata anggota KPU Gresik, Abdul Basid.

Menurut hitungan sementara KPU Gresik, pasangan nomor urut 1 (Bani) mendapatkan dukungan 92.788 (16.25 persen) dan nomor urut 2 (Jiwa) 7.360 (1.29 persen).

Untuk nomor urut 3 (Sambari-Qosim) atau SQ meraih 198.677 (34,80 persen), nomer 4 (Monash-Syamsul) 25.649 (4,49 persen), nomor urut 5 (Humas) 224.456 (39,32 persen) dan nomor 6 (S2BY) 21.949 (3,84 persen).

"SQ unggul di Kecamatan Dukun, Panceng, Ujungpangkah, Sidayu, Manyar, Kebomas dan Gresik," katanya.

Sementara itu, Humas menang di Kecamatan Bungah, Duduksampeyan, Benjeng, Balongpanggang, Menganti, Kedamean, Driyorejo, Wringinanom, Tambak, Cerme, dan Sangkapura.

"Hasil resminya tinggal menunggu rekapitulasi tingkat PPK, lalu rekapitulasi tingkat KPU dan rapat penetapan," katanya.

Namun, hasil hitungan internal tim pemenangan SQ dan tim Humas tampaknya saling mendaku (klaim) sama-sama unggul dengan satu putaran.

Tim SQ mendaku unggul dengan 38 persen suara, sedangkan tim Humas mendaku unggul dengan 40,54 persen.

Hasil hitungan SQ menyebutkan pasangan nomor urut 1 yakni Bani (Bambang Suhartono-Abdullah Qonik mendapatkan suara sebesar 15 persen dan pasangan Jiwa (Mujitabah-Suwarno) nomor urut 2 sebesar 1 persen.

Untuk nomor urut 3 yakni SQ sebesar 38 persen, nomor urut 4 yakni Monash-Syamsul sebesar 6 persen, Humas nomor urut 5 memperoleh 36 persen dan pasangan nomor urut 6 S2BY (Sastro Suwito-Samwil) hanya mendapatkan suara dua persen.

"Seluruh hasil hitung cepat sifatnya kan masih sementara. Kami pun mempunyai hitungan sendiri dan sementara yang unggul tentunya SQ," kata Ahmad Nurhamim, Ketua Tim Sukse pasangan SQ.

SQ menang di hampir seluruh kecamatan wilayah Gresik utara yang merupakan basis nahdliyin, sedangkan kemenangan calon lain di wilayah selatan yang merupakan basis SQ.

"Keunggulan calon lain di wilayah selatan adalah tidak lazim jika tidak ada faktor lain, tapi hitungan kami sementara tetap SQ unggul hanya satu putaran dengan perolehan suara sebesar 38 persen sambil menunggu hitungan resmi dan ketetapan dari KPU," katanya.

Sementara hitungan internal tim Humas mencatat pasangan nomor urut 1 (Bani) meraih 15,33 persen, nomor urut 2 Jiwa 1,36 persen, nomor urut 3 SQ 34,99 persen, nomor urut 4 Monash-Syamsul 4,17 persen, nomor urut 5 Humas 40,54 persen, dan omor urut 6 S2BY 3,61 persen.

Humas unggul di Kecamatan Menganti, Balongpanggang, Benjeng, Bungah, Cerme, Driyorejo, Kedamean, Sangkapura, Wringinanom, Tambak, Duduksampeyan, sedangkan SQ menang di Kecamatan Ujungpangkah, Manyar, Dukun, Kebomas, Gresik, Panceng, dan Sidayu.

Taman Wisata Umbul di Kabupaten Madiun Mangkrak


Madiun - Taman Wisata Umbul di Dusun Umbul, Desa Glonggong, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur terlihat mangkrak akibat minimnya perawatan oleh pemerintah kabupaten setempat.

"Keadaan Taman Wisata Umbul memang tidak terawat secara maksimal, karena pemerintah setempat tidak memiliki dana yang cukup untuk biaya operasional, apalagi untuk perawatan kebun binatangnya," ujar Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Pariwisata (Disperindagta) Kabupaten Madiun, Herry Nurtjahyono, Kamis.

Meski ada keterbatasn dana, Pemkab Madiun tetap menyediakan biaya operasional untuk Taman Wisata Umbul, walaupun hanya sedikit, karena Taman Wisata Umbul merupakan salah satu objek wisata andalan di Kabupaten Madiun.

Taman Wisata Umbul sendiri terdiri dari kebun binatang mini, pemandian air belerang, dan penginapan. Taman wisata itu dibangun Pemerintah Kabupaten Madiun pada tahun 1955, namun saat ini kondisinya sangat tidak layak, meski sumber air yang mengandung belerang masih memancar.

Sebagian besar kandang binatang juga rusak berat dan membahayakan. Koleksi binatang juga berkurang jauh dan sebagian besar binatang mati karena tidak mendapat perawatan yang baik.

Beberapa koleksi binatang yang masih ada antara lain burung merak, landak, rusa, buaya, dan beberapa spesies kera. Meski begitu, kebun binatang mini ini masih sering dikunjungi masyarakat, terutama saat hari libur.

Kordinator penjaga Taman Wisata Umbul, Mudjiono, mengatakan pada tahun 1974 hingga 1994, pengelolaan Taman Wisata Umbul disewakan ke pihak swasta dan sejak 1994 sampai sekarang diambil alih oleh Pemkab Madiun.

"Saat ini biaya operasional taman jauh berkurang. Dulu, total anggaran operasional per bulan mencapai Rp8,6 juta, sekarang jauh di bawahnya. Saat ini, anggaran operasional untuk makanan binatang hanya sekitar Rp1,4 juta, sedangkan biaya listrik sekitar Rp250 ribu dan telepon sekitar Rp70-100 ribu per bulan," katanya.

Guna memperbaiki kondisinya, Pemkab Madiun berencana segera merehabilitasi Taman Wisata Umbul dengan Bantuan Keuangan (BK) sarana dan prasarana pariwisata dari APBD Provinsi Jatim tahun 2010 sebesar Rp10 miliar. Rehabilitasi akan dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) setempat.

Sementara, Kepala Bidang Tata Ruang dan Bangunan, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Madiun, Arnowo Wijaya, mengatakan bantuan dana dari APBD provinsi tersebut sudah dianggarkan dan akan dimasukkan dalam Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) APBD Provinsi 2010.

"Dana bantuan akan masuk pada PAK pertengahan Juli tahun ini, sedangkan perbaikan Taman Wisata Umbul mungkin dilakukan pada akhir September atau awal Oktober," katanya.

Dari dana Rp10 miliar tersebut, sebanyak Rp9,4 miliar untuk pembangunan fisik dan Rp600 juta sisanya untuk perencanaan, penyusunan, pengawasan, dan administrasi.ant jatim

Kepala BNP2TKI Luncurkan Program Pemberdayaan Buruh Migran

Bandung - Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia Moh Jumhur Hidayat di Jakarta, Kamis, meluncurkan program pemberdayaan buruh migran perempuan.

Program tersebut dilaksanakan bekerja sama dengan Bank Dunia dan menunjuk Yayasan Tifa sebagai pelaksana program di lapangan, demikian Jumhur dalam siaran pers yang diterima ANTARA, kamis.

Ia menyebutkan, program itu dibiayai sepenuhnya oleh Dana Pembangunan Sosial Jepang (Japan Social Development Fund) melalui Bank Dunia, sedangkan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) sebagai fasilitator sekaligus supervisor pelaksanaan program.

Bank Dunia, katanya, mengucurkan dana sebesar 1,56 juta dolar AS atau sekitar Rp15 miliar untuk membiayai program itu.

"Program ini mulai dilaksanakan hingga akhir Desember 2010," katanya.

Program pemberdayaan bagi buruh migran atau TKI perempuan itu dilakukan di Indramayu (Jawa Barat), Sragen (Jawa Tengah), dan Banyuwangi (Jawa Timur) yang merupakan tiga contoh daerah penghasil remitansi terbesar dari TKI.

Pada 2009, remitansi atau jumlah pengiriman uang dari TKI yang masuk ke Jawa Barat mencapai Rp80 miliar perhari sedangkan di Jawa Tengah sekitar Rp8 triliun dan Jawa Timur Rp2,5 miliar per tahun.

Bentuk pelaksanaan program kerja sama itu, katanya, meliputi pelatihan terhadap calon TKI dengan melibatkan mantan TKI, pemberdayaan usaha ekonomi produktif bagi mantan TKI dan keluarganya, penyuluhan dalam penggunaan akses informasi serta penyadaran hak-hak TKI maupun pengenalan pada calon TKI menyangkut perlindungan dini selaku buruh migran di luar negeri.

Tujuan program pemberdayaan itu untuk memastikan perekrutan buruh migran ke depan hanya dilakukan melalui jalur resmimeningkatkan akses buruh migran dan mantan buruh migran terhadap layanan informasi berikut sumber-sumber finansial, khususnya perbankan, dan meningkatkan mekanisme/model pendukung perlindungan yang aman kepada buruh migran, baik di dalam maupun di luar negeri.

Peluncuran program tersebut, antara lain dihadiri sejumlah pejabat dari perwakilan Bank Dunia, BNP2TKI, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, serta dari kalangan perbankan dan sejumlah lembaga swadaya masyarakat bidang pemberdayaan TKI.

Lukman Edy: Jika Gagal Islah, PKB Habis 2014

Jakarta, NU Online
Sekjen DPP PKB Lukman Edy merespon baik kesediaan PBNU menjembatani proses islah PKB. Sebab, menurutnya, jika gagal melakukan islah pada akhir 2010 ini, ia khawatir PKB akan habis pada pemilu 2014 mendatang.

Apalagi kalau aturan parliamentary threshold (PT) dinaikkan dari 2,5 % menjadi 5 % di DPR, maka akan semakin sulit bagi PKB untuk maju di pemilu 2014.

"Kalau sampai tidak ada rekonsiliasi akhir tahun 2010, PKB akan tenggelam dan hilang pada 2014 mendatang," katanya kepada wartawan di Gedung DPR/MPR RI Jakarta, Kamis (27/5).

Hilangnya PKB, menurutnya, bisa disebabkan beberapa faktor. Diantaranya kader PKB yang potensial serta konstituen PKB akan lompat ke partai lain yang jelas-jelas membuka pintu bagi kader dan konstituen PKB sekarang ini.

"Dengan adanya rencana penyederhanaan partai melalui PT sebesar 5% akan membuat PKB makin tenggelam. Terbukti dari pemilu ke pemilu, perolehan suara PKB terus anjlok. Pada pemilu lalu PKB hanya memperoleh 4,9% suara," katanya.

Yang lebih menakutkan lagi katanya, ada wacana dari Partai Demokrat akan mengambil alih PKB. Selain Demokrat ada Gerindra, Hanura dan parpol baru lainnya.

Sebelumnya Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj menegaskan kesiapannya menjembatani proses Islam dan penyatuan kembali PKB dan PKNU yang belakangan ini digagas.

"Kalau diminta menjembatani sebagai penengah, kita siap. Kalau tidak, saya tidak akan menawarkan diri, biarkan dulu masing-masing sadar, bahwa islah ini sudah darurat kalau ingin menang pemilu 2014," katanya. (nif)

Wednesday, May 26, 2010

PBNU Siap Jembatani Proses Islah PKB

Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj menyatakan siap menjembatani proses Islam dan penyatuan kembali PKB dan PKNU yang belakangan ini digagas dalam sebuah pertemuan di Ancol.

“Kalau diminta menjembatani sebagai penengah, kita siap, kalau tidak, saya tidak akan menawarkan diri, biarkan dulu masing-masing sadar, islah sudah dhoriru (darurat) kalau ingin menang pemilu 2014, kalau ingin hancur-hancuran, ya ngak tahu,” katanya dalam pertemuan dengan para wartawan di Jakarta, Rabu (26/5).

Ia menegaskan, hubungan antara PBNU dengan PKB sebatas hubungan kultural dan emosional, tak ada hubungan struktural yang sifatnya koordinatif.

Dijelaskannya, pada masa reformasi ada tiga usulan terkait dengan hubungan NU dengan partai politik, pertama ada yang menyuarakan NU kembali partai politik, kedua, ada yang minta NU bikin partai politik, ketiga, NU membikin tim yang membikin partai politik, akhirnya disepakati dibentuk tim lima.

Tim ini terdiri dari KH Makruf Amin, KH Said Aqil Siradj, HM Rozy Munir, H Mustofa Zuhad Mughni dan H Ahmad Bagdja. Tim ini dibantu tim sembilan yang jadi asisten, yang diantaranya terdiri dari Muhaminin Iskandar.

“Hubungan kami hubungan emosional, historis, bukan hubungan stuktural. PKB jadi partai terbuka, di NTT banyak orang Kristen yang jadi anggota DPR dari PKB,” tandasnya.

Ia berjanji jika memang diminta menjadi mediator, tak akan berfihak pada siapapun, semuanya akan diselesaikan dengan cara terbaik yang menguntungkan semua fihak. (mkf

Pemerintah Setuju Penurunan Ongkos Haji 2011


Denpasar (ANTARA News) - Pemerintah menyetujui usul DPR agar ongkos naik haji turun mulai tahun 2011, namun dengan tetap menjaga kualitas layanan kepada calon jemaah haji.

"Sangat setuju, sangat setuju," kata Menteri Agama Surya Dharma Ali, menjawab ANTARA usai mendampingi Wakil Presiden Boediono berdialog dengan para siswa siswi SMA/SMK/MA/Mts se-Propinsi Bali di Denpasar Rabu.

Ia mengatakan, penurunan ongkos naik haji pada 2011 sangat dimungkinkan mengingat ada beberapa komponen yang dapat diturunkan harganya. "Pemerintah mengusulkan agar harga tiket pesawat terbang diturunkan sebesar 150 dolar AS dari yang ditetapkan kementerian perhubungan sebesar 1.754 dolar AS," ujarnya.

Namun, pelayanannya tetap terjamin bahkan kini maskapai yang akan melayani penerbangan haji tidak saja Garuda Indonesia dan Arab Saudi.

"Kami juga akan menggandeng Batavia dan Lion Airlines dan satu maskapai dari Arab Saudi. Sehingga lebih kompetitif namun pelayanannya tetap terjamin sesuai dengan standar penerbangan yang telah ditetapkan secara internasional," tutur Suryadharma.

Selain itu, Pemerintah mengusulkan agar keuntungan yang selama ini diambil masing-masing maskapai juga diturunkan dari 10 persen menjadi empat persen, kata Suryadharma menambahkan.

Tak hanya itu, transportasi lokal juga akan diturunkan biayanya. "Jadi kalau dulu pemondokan jemaah kita paling jauh berjarak tujuh kilometer, maka sekarang bisa hanya berjarak empat kilometer ke lokasi," ujar Menag.

Suryadharma menambahkan, usulan pemerintah itu masih dirundingkan dengan DPR dan diharapkan dapat selesai Juni 2010.(*)

Tuesday, May 25, 2010

Disnakertransduk Jatim Perbaiki Sistem Perlindungan TKI

Surabaya - Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur berupaya memperbaiki sistem perlindungan dan keselamatan bagi tenaga kerja Indonesia yang berada di luar negeri.

"Kami sedang memikirkan perbaikan sistem perlindungan TKI di luar negeri karena sudah banyak kasus kekerasan dan kejahatan yang dialami TKI asal Jatim di luar negeri," kata Sekretaris Disnakertransduk Provinsi Jatim, Ainul Yaqien, di Surabaya, Selasa.

Sebelumnya Disnakertransduk Jatim telah mengajukan usulan revisi Keputusan Menteri Tenaga Kerja soal penempatan TKI dan upaya peningkatan pelayanan Balai Latihan Kerja (BLK).

Ia berharap usulan revisi itu dapat mengurangi penderitaan TKI yang sedang mengadu nasib di negeri orang.

Dalam revisi itu, Disnakertransduk mengajukan usulan mengenai penanganan terhadap masalah kekerasan, kematian, deportasi, perdagangan orang, penipuan, dan kasus lain yang menimpa TKI.

"Kami akan menjadikan Jatim sebagai motor dan pelopor 'Zero Accident for Migrant', apalagi Jatim sebagai penyumbang TKI terbesar di Indonesia," katanya.

Yaqien juga meminta semua pihak yang berkepentingan dengan TKI dapat bekerja sama dalam menangani masalah-masalah TKI.

Selain itu, dia juga akan mengoptimalkan BLK sehingga nantinya TKI yang dikirim ke luar negeri juga dapat bekerja di sektor-sektor formal.

"Tenaga kerja Indonesia asal Jatim yang sebagian besar menjadi pembantu rumah tangga harus ditingkatkan kemampuannya menjadi perawat atau tenaga kerja lain yang lebih terampil," katanya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim, tingkat pengangguran terbuka pada Februari 2010 mencapai 1.011.950 orang atau sekitar 4,91 persen.

Jumlah itu turun sekitar 0,96 persen dibandingkankan dengan angka pengangguran pada Agustus 2009 sebanyak 1.033.512 orang atau sekitar 5,08 persen.

Jumlah angkatan kerja di Jatim pada Februari 2010 mencapai 20,623 juta orang atau lebih tinggi dibandingkankan dengan angka pada Agustus 2009 sebanyak 20,338 juta orang.

Sementara itu, penduduk Jatim yang bekerja di Jatim pada Februari 2010 mencapai 19,611 juta orang atau lebih tinggi dibandingkan dengan jumlah pada Agustus 2009 hanya 19,305 juta orang

Prosesi pemakaman kenegaraan terhadap almarhumah Hasri Ainun telah usai diselenggarakan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (25/5/2010).


Siswa SD Negeri Duren Tiga 01 Pagi ikut menyambut iring-iringan mobil jenazah mantan Ibu Negara, Hasri Ainun Habibie Besari saat menuju Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (25/5/2010). Sambutan luar biasa juga dilakukan oleh warga dengan berdiri di sepanjang jalan menuju peristirahatan terakhirnya

JAKARTA, KOMPAS.com - Prosesi pemakaman kenegaraan terhadap almarhumah Hasri Ainun telah usai diselenggarakan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (25/5/2010). Usai pemakaman, ratusan warga pun menyemut di sekitar liang lahat dan batu nisan Ainun Habibie.

Warga mengantre untuk mendekati makam Ainun Habibie yang terletak di kavling M Nomor 113. Mereka kemudian menaburkan bunga di atas pusara makam.

Tak cukup menaburkan bunga, warga juga menunjukkan kecintaannya kepada ibu negara ini dengan menciumi nisan makam. Karena banyaknya orang, aksi saling berebut pun sempat tak terelakan.

Namun demikian, suasana khidmat di area makam tetap terjaga. Ratusan warga tak henti-hentinya mendaraskan doa agar almarhumah diterima di sisi Yang Maha Kuasa.

Seperti dikatakan Diah Wahyuni (52), salah seorang warga yang datang ke pemakaman hanya untuk bisa mengikuti jalannya pemakaman secara kenegaraan. Ia mengaku ingin tahu seperti apa prosesi pemakaman terhadap Ainun Habibie. Ia mengatakan mengagumi sosok Ainun Habibie yang dinilainya cantik dan penuh kasih sayang.

"Orangnya baik, sama seperti suaminya Bapak Habibienya juga baik. Semoga diterima di sisi Allah SWT," katanya singkat.

Air Mata Berlinang di Pemakaman Istri


Mantan Presiden RI, BJ Habibie (kedua dari kiri) mengikuti pemakaman istrinya Hasri Ainun Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Selasa (25/5/2010). Almarhum meninggal pada usia 73 tahun setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Ludwig Maximilians-Universitat, Klinikum Grohadem, Muenchen, Jerman, akibat penyakit yang dideritanya

JAKARTA, KOMPAS.com - Kesedihan yang begitu mendalam tampaknya dirasakan oleh Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie. Saat prosesi pemakaman istrinya, Hasri Ainun Besari Habibie, beberapa kali air mata mantan orang nomor satu di Indonesia itu jatuh mengalir karena tak kuasa menahan haru.

Habibie tampak setia mengikuti seluruh prosesi pemakaman istri yang dinikahinya pada 12 Mei 1962 itu. Saat tiba di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Habibie tak pernah terlihat jauh dari peti yang berbalut Bendera Merah Putih itu. Dia terlihat tegar mendampingi jenazah istrinya dengan ditemani kedua putranya, Ilham Akbar dan Thareq Kemal.

Perlahan, ketegaran Habibie mulai memudar tatkala jenazah Ainun mulai diturunkan ke liang lahat. Tembakan salvo turut mengiringi penurunan jenazah ke liang lahat. Dengan mata berlinang, Habibie terlihat memberi hormat dengan mata yang tak pernah lepas menatap jenazah Ainun.

Dengan dipapah kedua putranya, Habibie kemudian menaburkan bunga di atas liang lahat sang istri. Tak lama acara tabur bunga ini dilanjutkan oleh kerabat keluarga dekat lainnya. Mantan Menteri Riset dan Teknologi ini hanya terduduk memandangi prosesi penguburan jenazah.

Usai jenazah dimakamkan, Habibie pun segera meletakkan karangan bunga di atas pusara makam. Seusai meletakkan karangan bunga, diusapnya nisan makam yang masih sangat baru bertuliskan Hasri Ainun Habibie binti Mohammad Besari. Tak lama, prosesi pemakaman pun usai, Habibie tampak kembali berusaha tegar. Dengan ramah dia menerima ucapan belasungkawa dari berbagai tokoh nasional.

Sosok Habibie memang tidak pernah terlepas dari peran Ainun Habibie di belakangnya. Pada saat sakitnya sejak Maret lalu di Munich, Jerman, Habibie tak pernah berhenti dan terus menunggui istrinya di rumah sakit. Hingga wafatnya, Habibie pun tetap setia mendampingi jenazah sang istri.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pun memuji kedahsyatan cinta antara Habibie dan Ainun. Dia menyebut, kasih sayang dan dukungan Ainun telah berperan besar dalam tugas kenegaraan Habibie sebagai Presiden RI dikala terjadi gelombang krisis dan reformasi pada 1998 .

Hasri Ainun Habibie dilahirkan di Semarang 11 Agustus 1937. Dia merupakan lulusan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan sempat bekerja di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo sebelum akhirnya menikah dengan BJ Habibie. Keduanya kemudian dikaruniai dua orang anak, Ilham Akbar dan Thareq Kemal.

Ainun wafat di Munich, Jerman pada Sabtu (22/5/2010), setelah menderita sakit jantung dan kanker. Jenazah Ainun kemudian dipulangkan ke Tanah Air dan langsung dimakamkan di TMP Kalibata dengan upacara pemakaman militer.

SBY Pimpin Pemakaman Ainun Habibie

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bertindak selaku inspektur upacara dalam pemakaman Hasri Ainun Habibie, istri dari mantan Presiden BJ Habibie, di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (24/5/2010).

Presiden juga memberikan kata sambutan langsung dalam upacara pemakaman secara militer yang diikuti oleh ribuan pelayat ini. "Kita persembahkan ke pangkuan Ibu Pertiwi, jiwa raga dan jasa-jasa dari almarhumah Hasri Ainun Habibie," kata Presiden Yudhoyono.

Tembakan salvo dari pasukan TNI pun menandai prosesi penurunan jenazah ke liang lahat. Tangisan pun meledak seketika di antara para pelayat yang hadir pada saat jenazah mulai di turunkan.

Beberapa saat setelah peti jenazah diturunkan, pihak keluarga diberi kesempatan pertama untuk menaburkan bunga ke atas liang lahat. Terlihat BJ Habibie dengan tegar menaburkan bunga-bunga di atas makam istri tercintanya. Berturut-turut kemudian diikuti oleh kedua putranya dan kerabat keluarga lainnya.

Selaku inspektur upacara, Presiden Yudhoyono kemudian juga turut menaburkan tanah pertanda dimulainya penutupan makam dengan tanah. Dari pihak keluarga diwakili oleh kedua putra Habibie dan Ainun, yakni Ilham Akbar dan Thareq Kemal

Jenazah Ainun Tiba di Kalibata

JAKARTA, KOMPAS.com - Jenazah Ibu Hasri Ainun Habibie beserta rombongan keluarga akhirnya tiba di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (25/5/2010). Rombongan jenazah tiba dalam iring-iringan besar sekitar pukul 11.25 WIB.

Terlihat juga BJ Habibie mendampingi peti jenazah Ainun Habibie yang telah berbalut Bendera Merah Putih. Habibie yang meski terlihat lelah namun tampak tegar di sisi peti jenazah. Setibanya di TMP Kalibata, jenazah yang digotong oleh pasukan TNI langsung dibawa menuju lokasi liang lahat yang terletak di Kapling M Nomor 113.

Beberapa saat sebelum kedatangan jenazah, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Wakil Presiden Boediono beserta jajaran Menteri Kabinet Indonesia Bersatu sudah lebih dulu tiba di lokasi, antara lain Mensesneg Sudi Silalahi, Menkopolhukam Djoko Suyanto, dan Menpora Andi Mallarangeng.

Juga terlihat di sekitar lokasi pemakaman pihak keluarga dan kerabat dekat keluarga BJ Habibie. Beberapa pejabat dan tokoh-tokoh nasional sudah terlihat hadir di lokasi antara lain mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Mantan Wakil Presiden Try Sutrisno, Ketua MPR Taufik Kiemas, Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, hingga Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin.

Kedatangan jenazah ini rencananya akan segera dilanjutkan dengan upacara pemakaman secara militer. Puluhan pasukan gabungan TNI dan Polri terlihat telah siaga mengamankan dan mengikuti jalannya upacara pemakaman.

Monday, May 24, 2010

Jadwal Pemakaman Ainun Habibie

JAKARTA, KOMPAS.com — Sejumlah petugas baik dari sekretariat keluarga Habibie maupun kerabat mulai Senin (24/5/2010) malam sibuk mempersiapkan upacara pemakaman mantan Ibu Negara, Hasri Ainun Habibie.

Berikut jadwal pemakaman istri mantan Presiden RI BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Selasa (25/5/2010).

1. Jenazah yang akan tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Selasa (25/5/2010) sekitar pukul 05.00 WIB.

2. Jenazah langsung disemayamkan di rumah duka hingga pukul 10.00 WIB.

3. Para takziah hingga pukul 10.00 WIB diharapkan sudah berada di rumah duka, Jalan Patra Kuningan XIII Blok L XV Kav 5 dan 7, Kuningan, Jaksel.

4. Pukul 10.00 WIB, peti jenazah akan ditutup dan siap untuk dibawa ke TMP Kalibata, Jakarta Selatan.

5. Pukul 10.15 WIB, upacara penyerahan dari keluarga kepada pihak negara. Dari pihak keluarga akan diwakili Jusuf Effendy, adik kandung Habibie yang juga merupakan Duta Besar RI untuk Belanda.

6. Pukul 10.30 WIB, para takziah dijadwalkan sudah hadir di area Blok M, Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, tempat liang lahat sebagai peristirahatan terakhir Ainun Habibie, yang berdekatan dengan makam pahlawan revolusi, AH Nasution.

7. Pukul 10.40 WIB, Wapres Boediono beserta Ibu Herawati tiba di TMP Kalibata disambut Menteri Sosial dan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo. Mereka bersama istri kemudian menuju ruang tunggu utama untuk beristirahat sejenak.

8. Pukul 10.45 WIB, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta istri tiba di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, disambut Wapres dan lainnya. Sembari menunggu rombongan jenazah tiba dari rumah duka, Presiden bersama rombongan lainnya langsung menuju ruang tunggu utama.

9. Pukul 11.00 WIB, jenazah dijadwalkan tiba di lokasi dan langsung diselenggarakan upacara kenegaraan. Presiden kemudian menuju mimbar upacara selaku inspektur upacara.

10. Acara pemakaman Ainun Habibie dijadwalkan selesai pukul 12.00 WIB. (Tribunnews/Alie Usman)

Presiden Akan Pimpin Upacara Kenegaraan Bagi Ainun Habibie

Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan akan memimpin upacara kenegaraan pemakaman mantan ibu negara Ainun Habibie pada Selasa (25/5) di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta.

Juru bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha saat dihubungi wartawan di Jakarta, Senin, mengatakan Presiden akan memimpin upacara pemakaman istri presiden RI ke-3 BJ Habibie tersebut.

"Tiba di Jakarta dari Jerman pukul lima pagi kemudian disemayamkan di rumah duka. Kemudian pada pukul 11:00 WIB akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, begitu rencananya," kata Julian.

Sementara itu Staf Khusus Presiden bidang luar negeri Dino Patti Djalal di Kantor Presiden Jakarta, Senin, mengatakan kegiatan Presiden sepanjang Selasa pagi hingga siang hari akan dikosongkan sehingga bisa memimpin upacara pemakaman Ainun Habibie.

"Presiden akan memimpin sendiri pemakaman Ibu Ainun, tadi sempat dibahas dengan beberapa menteri dan staf khusus. Kegiatan beliau sepenuhnya dikosongkan," kata Dino.

Pada Selasa (25/5) malam, Presiden dan Ibu negara Ani Yudhoyono dijadwalkan bertolak menuju Oslo Norwegia untuk kunjungan kerja hingga 28 Mei mendatang.

Hasri Ainun Habibie meninggal pada Sabtu (22/5) pukul 17.30 waktu Munich atau 22.30 WIB.

Hasri Ainun Habibie lahir di Semarang pada 11 Agustus 1937 semasa hidupnya aktif di bidang sosial kemasyarakatan. Ia aktif di beberapa yayasan yang didirikan keluarga.(P008/R010)

Ainun Habibie Dimakamkan Selasa 11.00 WIB

Jakarta (ANTARA News) - Jenazah Hasri Ainun Habibie, istri mantan presiden BJ Habibie, akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (25/5) sekitar pukul 11.00 WIB.

Asisten pribadi BJ Habibie, Rubijanto, di Jakarta Senin menjelaskan bahwa jenazah Ainun Habibie dijadwalkan tiba di Jakarta Selasa sekitar pukul 05.00 WIB, bersama dengan keluarga yang mendampingi yakni sang suami, BJ. Habibie dan kedua putranya.

Jenazah akan langsung dibawa ke rumah duka di Jl. Patra Kuningan XIII dan dilanjutkan dengan upacara serah terima dari negara yang diwakili oleh Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri kepada keluarga yang diwakili oleh Sahari Basari.

Setelah serah terima, jenazah akan disholatkan yang rencananya akan dipimpin oleh Prof. Arif Rahman.

Kemudian jenazah diberangkatkan ke TMP Kalibata sekitar pukul 10.00 WIB, didahului dengan upacara serah terima kembali dari keluarga ke pemerintah.

Upacara pemakaman di TMP Kalibata dijadwalkan pada pukul 11.00 WIB yang dipimpin oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Hasri Ainun Habibie wafat di Rumah Sakit Ludwig Maximilians Universitat, Klinikum Gro`hadern, Munchen, Jerman Sabtu (22/5) pada pukul 17.30 waktu Jerman (atau pukul 22.30 WIB) di usia 73 tahun.

Ainun Habibie lahir di Semarang 11 Agustus 1937 dan menikah dengan BJ Habibie (Presiden RI ke-3) pada 12 Mei 1962.

Dari hasil pernikahannya dengan BJ. Habibie, almarhumah dikaruniasi dua orang anak yakni Ilham Akbar dan Thareq Kemal.

Semasa hidupnya, almarhumah dikenal sebagai sosok ibu yang cerdas, pandai mendidik, cinta pada keluarga, gigih, dan memiliki jiwa sosial yang tinggi.

Menjelang akhir hayatnya, Ainun Habibie tetap aktif bekerja untuk Yayasan Bank Mata sebagai ketua umum. Cita-citanya adalah memasyarakatkan donor mata dan membangun klinik mata.

(T.H017/S026)

PKB Belum Layani Masyarakat Secara Baik

Wonosobo, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa Jawa Tengah, Abdul Kadir Karding, mengakui, partai politiknya hingga saat ini belum melayani masyarakat secara baik sehingga harus menguatkan peranannya mulai dari tingkat desa.

"Kami menyadari masyarakat belum terlayani dengan baik, untuk itu PKB akan mulai menguatkan partai di desa dan kelurahan guna melayani konstituen," katanya pada konsolidasi kader penggerak desa (KPD) di Wonosobo, Ahad, 23/5). Menurutnya, KPD merupakan bagian dari program nasional PKB. Partai itu mempunyai dua program nasional yakni majelis selawat dan membangun kembali pelayanan masyarakat.

Lebih lanjut, Karding menjelaskan, membangun partai tidak hanya menjelang pemilu sehingga PKB mulai saat ini menguatkan peranan di desa dan kelurahan. "Meskipun pemilu baru akan dilaksanakan pada 2014, PKB sudah memulainya dari sekarang dengan menguatkan partai di desa dan kelurahan," katanya.

Karding yang juga Ketua Komisi VIII DPR itu mengatakan, upaya partai itu membangun kembali pelayanan masyarakat supaya mereka terutama yang tinggal di desa-desa bisa merasakan kiprah PKB. "PKB merupakan partainya orang-orang kecil yang berbasis di desa dan kelurahan maka perlu memfokuskan ke daerah tersebut," katanya.

Ia mengatakan, persaingan antarpartai cukup luar biasa. Pada masa lalu hampir seluruh kekuatan Nahdlatul Ulama bergabung dengan PKB namun belakangan perolehan kursi PKB di legislatif berkurang.

"Bagaimana PKB diperhitungkan, tentu harus memenangkan pertandingan 2014," katanya.

Karding menyatakan perlunya PKB membangun kekuatan struktur partai secara ideal agar partai itu tetap eksis. Selain itu, katanya, PKB yang didukung masyarakat desa harus tampil dan membuktikan bahwa orang desa bisa mengelola partai secara modern.

"Kalau orang-orang PKB bisa membuktikan dengan kinerja yang baik, masyarakat akan tahu sendiri," katanya.

Ia mengatakan, kini bukan saatnya lagi membangun program yang tidak sesuai dengan kebutuhan rakyat. "Sebagai partai yang kurang diperhitungkan saat ini, PKB harus bisa membaca situasi," katanya. (ant)

PKB Apresiasi Kongres Partai Demokrat

Jakarta (ANTARA News) - Partai Kebangkitan Bangsa memberikan apresiasi terhadap kongres Partai Demokrat yang mereka nilai berlangsung secara demokratis dan fair, demikian Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pengurus Pusat PKB Muhammad Hanif Dhakiri di Jakarta, Senin.

"Keberhasilan Partai Demokrat menggelar kongres yang cukup demokratis dan fair patut untuk diapresiasi," katanya.

PKB juga mengapresiasi terpilihnya kader muda, Anas Urbaningrum, sebagai ketua umum partai pemenang Pemilu 2009 itu.

"Ini adalah tantangan dan sekaligus pembelajaran bagi partai-partai politik lain dalam melakukan pelembagaan demokrasi internal partai dan regenerasi kepemimpinan nasional," kata Hanif.

Tampilnya Anas sebagai ketua umum, kata Hanif, akan membuat komunikasi politik Partai Demokrat-PKB semakin lancar dan produktif.

"PKB akan terus menjadi partner in progress (mitra pembangunan) bagi Partai Demokrat di masa mendatang," kata sekretaris Fraksi PKB DPR RI itu

Sunday, May 23, 2010

Epung Komalasa Ikut Berduka Cita Atas Wafatnya Mantan Ibu Negara Ibu Hasri Ainun



Salam

Ikut berduka cita atas wafatnya mantan ibu negara Ibu Hasri Ainun telah berpulang ke hadirat-Nya dalam usia 72 tahun setelah menjalani masa perawatan intensif di Rumah Sakit Ludwig-Maximilians-Universitat, Klinikum Gro’hadern, Munchen, Jerman, selama lebih kurang 60 hari sejak 24 Maret ,semoga Allah mengampunih semua dosa-dosanya dan di tempatkan rohnya dengan orang-orang yang beriman.

Somoga keluarga yang di tinggal mendapat kesabaran dan ketabahan dari Allah SWT,Amin Allahumma Amin ..Alfatehah

Pesawat Air India Express Jatuh di India Selatan, 159 Orang Tewas


NEW DELHI - Tragedi kecelakaan kembali menimpa dunia penerbangan. Sebuah pesawat milik Air India Express jatuh dan terbakar saat mendarat di tengah hujan lebat di India Selatan kemarin pagi (22/5). Sebanyak 159 orang tewas dalam musibah tersebut. Tapi, tujuh orang lainnya selamat.

Kecelakaan tersebut terjadi sekitar pukul 06.30 waktu setempat (pukul 08.00 WIB). Saat itu, pesawat Boeing 737-800 tersebut berupaya mendarat di Bandara Bajpe, sekitar 20 km dari Mangalore, kota pelabuhan yang terletak sekitar 320 km sebelah barat Bangalore, ibu kota negara bagian Karnataka, India Selatan.

Di tengah hujan deras, pendaratan di bandara yang berlokasi di perbukitan tersebut ternyata tidak berjalan mulus. Pesawat mengalami overshoot (melampaui landasan bandara) dan kemudian menabrak pagar pembatas. Selanjutnya, pesawat tersebut terbakar dan meledak.

''(Kecelakaan) ini merupakan bencana besar,'' ungkap V.S. Acharya, menteri dalam negeri negara bagian Bangalore, kepada CNN-IBN. Itu merupakan kecelakaan penerbangan terburuk di India sejak 1996 ketika dua pesawat penumpang bertabrakan di udara dekat wilayah Ne Delhi. Sebanyak 349 orang tewas dalam musibah saat itu.

Dalam kecelakaan kemarin, pesawat Air India yang terbang dari Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), tersebut membawa 160 penumpang dan enam awak. Semua penumpang merupakan warga negara India. Dalam manifes disebutkan bahwa para penumpang terdiri atas 137 orang dewasa, 19 anak-anak, dan empat bayi.

Pilotnya diidentifikasi sebagai Z. Glusica, 53, warga Inggris keturunan Serbia. Dia menjadi pilot Air India selama dua tahun terakhir dan memiliki 10 ribu jam terbang.

Menurut Anup Srivastava, pejabat Air India Express, sampai sore kemarin petugas penyelamat telah berhasil mengevakuasi 116 jenazah korban. ''Tujuh korban yang selamat telah dilarikan ke rumah sakit setempat untuk mendapat perawatan,'' ujarnya.

Sejumlah tayangan televisi memperlihatkan, asap tebal dari bangkai pesawat memenuhi kawasan hutan di sekitar bandara, tempat terjadinya kecelakaan. Kobaran api terlihat dari puing-puing pesawat ketika petugas penyelamat berupaya mencari para korban yang selamat. Petugas pemadam kebakaran lantas menyemprotkan air ke bangkai pesawat.

Kantor berita Associated Press melaporkan, dua petugas penyelamat berlari menuruni perbukitan sambil membawa seorang gadis kecil berusia tujuh tahun. Bocah yang seluruh tubuhnya penuh busa itu selamat. Setelah mendapat perawatan darurat dari para petugas medis karena luka bakar cukup parah yang diderita, bocah tersebut dilarikan ke rumah sakit Mangalore.

Para petugas penyelamat lain menarik sejumlah jenazah dari bangkai pesawat. Jenazah itu hangus bersama logam sisa pesawat dan puing-puing pohon yang terbakar. Beberapa mayat masih terjebak di kursi pesawat. Sebagian besar korban tewas sulit dikenali karena hangus.

Keluarga korban berdatangan di bandara. Mereka hanya bisa menitikkan air mata atau menangis ketika mendekati puing-puing pesawat. ''Pesawat bergetar hebat saat mendarat. Lantas, tiba-tiba pecah menjadi dua bagian,'' tutur Pradeep, seorang korban selamat, kepada televisi CNN-IBN.

Dia menuturkan, awalnya pesawat bisa menyentuh landasan dengan halus. Masalah terjadi sekitar 15 detik kemudian. Mula-mula, muncul api kecil pada pesawat. Selanjutnya, ledakan besar mengakibatkan pesawat terbakar hebat. ''Saya cepat-cepat melompat bagian kokpit bersama empat orang lain,'' tutur pria yang terluka pada tangan dan mengalami luka bakar di bagian kaki tersebut.

Kotak hitam (black box) pesawat telah ditemukan. Saat insiden itu, penglihatan pilot dilaporkan masih cukup bagus. Selain itu, tidak ada tanda-tanda adanya kerusakan teknis.

Tetapi, ada dugaan bahwa musibah tersebut terjadi karena kecelakaan. Laporan sebuah stasiun televisi menyatakan bahwa pesawat tersebut sempat menghantam ujung menara radar saat mendarat. ''Sebelumnya, tidak ada indikasi masalah komunikasi antara pilot dan bandara,'' kata V.P. Agarwal, direktur Otoritas Bandara India.

Air India Express merupakan anak perusahaan Air India. Selama ini, maskapai itu mengoperasikan penerbangan murah dengan tujuan Dubai dan kota-kota lain di Timur Tengah.

Perdana Menteri (PM) India Manmohan Singh menyampaikan duka cita atas musibah tersebut. Dia juga menjanjikan kompensasi bagi keluarga korban. Selain itu, dia telah mengirimkan sebuah tim untuk menyelidiki musibah tersebut. (AFP/AP/Rtr/c5/dwi)

Selamat Dan Sukses Buat Group Samroh SMPN & SMAN Sangkapura Juara I Lomba Zamroh Pekan Seni Pelajar Kab. Gresik


FIfi Abdul Karim Dan I'is Subur Keduanya adalah Warga Kumalasa
Salam

Selamat Dan Sukses Buat Group Samroh SMPN & SMAN Sangkapura yang telah menggondal juara satu lombah samroh yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik, dilaksanakan hari ini (23/5) bertempat di Pendopo Kabupaten Gresik.

Yang paling membanggakan saya ,dua orang Murid adalah berasal dari Desaku Kumalasa Fifi 15 tahun putri kepada Bapak Abdul Karim dan I'is Subur.

Alhamdulillah meskipun ini adalah secara group ada juga putri-putri Kumalasa ,ya moga bakat yang ada pada putri-putri Bawean ini bisa di lanjutkan lagi,sekurang-kurangnya bisa buat kongan orang Bawean yang ada di pelosok bumi ini

Selamat Dan Sukses juga buat pelatihnya....

Saturday, May 22, 2010

Upacara Pemakaman Gesang Bernuansa Keroncong dan Militer

Pemakaman maestro keroncong Indonesia Gesang Martohartono di TPU Pracimaloyo, Kartasura, Sukoharjo, kemarin sore (21/5) berlangsung istimewa. Lagu Bengawan Solo mengiringi prosesi pemakaman

RIBUAN orang melepas kepergian Gesang ke peristirahatannya yang terakhir. Meski bukan anggota TNI, prosesi pemakaman almarhum yang wafat pada usia 92 tahun itu dilakukan secara militer. Upacara kemiliteran diberikan karena Gesang pernah menerima penghargaan Bintang Budaya Parama Dharma yang setara dengan Bintang Gerilya dari pemerintah Indonesia.

Rumah duka di Jalan Bedoyo 5, Kelurahan Kemlayan, Kecamatan Laweyan, Solo, pun penuh sesak sejak pagi. Para pelayat memberikan penghormatan terakhir kepada pencipta lagu legendaris Bengawan Solo dan Jembatan Merah tersebut.

Sejumlah tokoh penting juga tampak. Di antaranya, Menko Kesra Agung Laksono; Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kojiro Shiojiri; Dirjen Nilai Budaya, Seni, dan Film Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan Tjetjep Superman; serta Wawali Solo F.X. Hadi Rudiyatmo. Puluhan karangan bunga duka cita juga menyesaki halaman rumah sang maestro yang tak begitu besar itu.

Gesang mengembuskan napas terakhir pada Kamis (20/5) pukul 18.07 di RS PKU Muhammadiyah, Solo, setelah dirawat sembilan hari karena beberapa penyakit kronis. Selain faktor usia yang memang sudah sepuh, Gesang mempunyai masalah pada prostat, jantung, serta paru-paru. Dia meninggal setelah mengalami sesak napas.

Setelah disemayamkan di rumah duka semalaman, pukul 09.00 kemarin, jenazah Gesang diberangkatkan ke Pendhapi Gede, Balai Kota Solo, agar masyarakat berkesempatan memberikan penghormatan terakhir. Peti jenazah diusung oleh enam anggota Hisbul Wathan (pandu Muhammadiyah, Red) saat dimasukkan ke ambulans.

Saat itulah, ribuan pelayat yang menyemut melepas sang maestro. Di antara mereka, terdapat sejumlah anak sekolah yang membawa alat musik dan foto Gesang di pinggir-pinggir jalan. Mereka menyanyikan lagu Bengawan Solo sambil berjalan di depan mobil jenazah. Rombongan anak itu mengantar jenazah Gesang hingga di perempatan Jalan Ngarsopuro. Tampak pula para pemusik Solo dengan gesekan biola mengiringi pelepasan sang maestro menuju balai kota.

Di balai kota, ganti nuansa militer yang terasa. Sepuluh prajurit TNI dari Korem 074/Warastratama Solo menyambut kedatangan peti jenazah Gesang. Mereka diikuti puluhan prajurit keraton, yakni prajurit Jogoprojo dan Jogotirto. Pihak keluarga kemudian menyerahkan jenazah kepada Wali Kota Solo Ir Joko Widodo. Bersama jajarannya, Joko kemudian menyalati jenazah.

Di tempat itu, tampak sejumlah seniman, penyanyi, serta tokoh masyarakat. Salah seorang di antaranya adalah Waljinah, kolega Gesang yang baru pulang dari RS Kasih Ibu Solo karena gangguan usus besar. Pelantun lagu Walang Kekek tersebut masih belum pulih benar. Dia belum kuat berdiri. Karena itu, saat melayat, Waljinah harus duduk di kursi roda. Beberapa saat penyanyi keroncong 65 tahun itu tertegun menatap foto Gesang yang dipampang di depan peti jenazah. Matanya berkaca-kaca.

Tampak pula pelawak senior Djudjuk Srimulat, penyanyi keroncong Sundari Sukoco, penyanyi Bondan Prakoso, dan artis film laga Murti Sari Dewi.

Setelah salat Jumat, Wali Kota Joko Widodo memimpin pelepasan jenazah menuju TPU Pracimaloyo. Dalam kesempatan itu, atas nama warga Solo, Joko menyatakan bahwa masyarakat Solo kehilangan sosok guru yang periang.

Gesang dimakamkan di salah satu kompleks pemakaman keluarga Martodihardjo. Di pemakaman tersebut sudah siap sebuah liang lahad selebar 220 x 70 cm dengan kedalaman sekitar dua meter. Kompleks pemakaman keluarga Martodihardjo berisi 13 makam. Semua merupakan keluarga Gesang, termasuk bapak dan ibunya, Saiin Martodiharjo dan Sangadah. Makam Gesang terletak di ujung barat dekat pintu masuk. Di sebelah timurnya, membujur makam Mbah Kebon, salah seorang kerabatnya.

Prosesi pemakaman Gesang dilakukan dengan upacara militer. Upacara militer dilakukan sebagai penghormatan kepada Gesang yang telah mendapatkan tanda kehormatan Bintang Budaya Parama Dharma. ''Gelar tersebut diberikan kepada beliau sebagai seniman yang telah mengharumkan bangsa Indonesia. Sebenarnya, Pak Gesang layak dimakamkan di makam pahlawan. Namun, keluarga tidak mau,'' ungkap Dandim 0735 Surakarta Letkol Infantri Agus Subiyanto.

Pukul 14.30, jenazah Gesang tiba di Pracimaloyo. Tak lama kemudian, dilakukan upacara militer. Yang menjadi inspektur upacara adalah Danrem 074 Warastratama Kolonel Infantri Abdul Rahman Kadir. Komandan upacaranya adalah Danramil Jebres Kapten Agus Widodo.

Upacara diikuti beberapa pasukan TNI. Di antaranya dari Kopassus, Kostrad, Kodim Solo, dan Kodim Sukoharjo. Masing-masing satu peleton. Ditambah, satu regu salvo dari Kopassus yang beranggota sebelas personel yang berbaris tepat di samping makam Gesang.

Setelah azan dikumandangkan, jenazah sang maestro dimakamkan. Sebuah tembakan salvo mengiringi pemasukan jenazah Gesang ke liang lahad.

Proses Gelar Pahlawan Gesang

Sementara itu, pemerintah langsung memproses pemberian gelar pahlawan nasional kepada maestro keroncong Gesang Martohartono. Gelar tersebut layak disematkan mengingat peran dan jasa besar Gesang yang telah mengharumkan nama bangsa di mata dunia lewat karya-karyanya sejak zaman perjuangan.

Menko Kesra Agung Laksono menyatakan, pemerintah telah menerima masukan dari Pemkot Solo mengenai pemberian gelar pahlawan nasional untuk Gesang. ''Kami berkomitmen untuk mengakomodasi usul tersebut,'' katanya setelah melayat Gesang di Solo.

Mantan ketua DPR itu mendukung penuh pemberian gelar pahlawan bagi Gesang untuk memenuhi amanat publik agar musik keroncong dilestarikan. Pemberian gelar tersebut diberikan atas dedikasi Gesang terhadap musik keroncong yang sangat besar.

Agung menceritakan, saat dirinya mengunjungi Jepang, lagu Bengawan Solo diperdengarkan di pusat-pusat perekonomian dan kebudayaan Jepang. ''Bahkan, saya mendengar Kaisar Jepang (Akihito, Red) telah memberikan gelar pahlawan seni kepada Gesang jauh hari sebelum dia sakit,'' terangnya.

Di tempat terpisah, Duta Besar Jepang untuk Indonesia di Jakarta Kojiro Shiojiri mengungkapkan, nama Gesang dengan lagu ciptaannya, Bengawan Solo, sudah menyatu dengan masyarakat Jepang. Dubes Jepang yang kemarin ikut mengantar Gesang ke peristirahatan terakhir itu menyatakan, masyarakat Jepang merasa kehilangan seorang seniman besar asal Solo tersebut. ''Mewakili pemerintah Jepang, saya mengucapkan belasungkawa,'' katanya.

Jepang merupakan salah satu negara yang sering didatangi Gesang. Respons pencinta musik di negeri tersebut terhadap karya Gesang cukup besar. Selain di Jepang, lagu-lagu keroncong karya Gesang dikenal pencinta musik di Belanda. Banyak lagu ciptaan Gesang yang diterjemahkan ke bahasa asing. Salah satunya, lagu Bengawan Solo yang telah diterjemahkan ke dalam 13 bahasa asing. Di antaranya, Inggris, Belanda, dan Jepang.

Gesang yang lahir pada 1917 itu merupakan musikus otodidak dan mencari nafkah dengan menulis lagu serta menyanyi di sejumlah acara, termasuk pesta perkawinan. Pada masa pendudukan Belanda, 1940, Gesang yang kala itu berusia 23 tahun menciptakan lagu berirama keroncong dengan menggunakan seruling.

Komitmennya yang tinggi terhadap dunia seni membuat dirinya diganjar penghargaan Bintang Budaya Parama Dharma dari pemerintah pada 2002. Dia juga mendapatkan penghargaan Anugerah Bintang Kehormatan dari Kaisar Jepang Akihito pada 1992. (im/rdo/by/nan/zul/c5/ari)

Garda Bangsa Dukung Islah Kekuatan Politik NU

Gerakan Pemuda Kebangkitan Bangsa (Garda Bangsa) mendukung upaya penyatuan kembali kekuatan politik Nahdlatul Ulama yang pernah tergabung di dalam Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Islah merupakan sebuah keniscayaan bagi masa depan politik nahdliyin jika ingin eksistensi dan perannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara diperhitungkan kembali oleh kekuatan politik lain, termasuk dunia internasional," kata Ketua Umum Garda Bangsa Eman Hermawan di Jakarta, Jumat.

Sebelumnya, Ahad (16/5), sejumlah fungsionaris PKB, baik dari kubu Ancol maupun Parung, dan Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU), partai yang didirikan kiai dan politisi eks PKB, mendeklarasikan Komite Islah yang akan mengupayakan secara serius rekonsiliasi PKB.

Tokoh Komite Islah yang juga Sekjen PKB "Ancol" Lukman Edy menyatakan pihaknya telah menyusun sejumlah opsi yang bisa ditempuh untuk islah yang akan ditawarkan kepada pimpinan PKB "Ancol", PKB "Parung", dan PKNU.

Garda Bangsa menilai pembentukan Komite Islah merupakan langkah maju dan paling konkret yang diupayakan oleh politisi PKB-PKNU untuk segera merealisasikan penyatuan kembali kekuatan politik NU.

"Ini langkah maju dibandingkan yang selama ini gembar-gembor islah tapi hanya wacana-wacini belaka. Jadi, kalo ada yang bilang ini tidak serius, justru orang-orang yang meragukan itulah yang tidak serius, karena sesungguhnya mereka tidak melakukan apa-apa selama ini," kata Eman.

Gerakan islah antara kekuatan politik NU yang ada di PKB dan PKNU, lanjutnya, merupakan terobosan politik luar biasa yang patut mendapat apresiasi dari banyak pihak, khususnya kalangan politisi NU.

Menurut Eman, hanya dengan islah PKB dapat mengantisipasi sistem Pemilu 2014 yang kecenderungan kuatnya terus mengarah pada pola penyederhanaan partai, baik melalui kenaikan parliamentary threshold dari dua persen menjadi lima persen serta dorongan ke sistem distrik murni, di mana pemenang pemilu di satu daerah akan menyabet seluruh kursi yang ada di daerah tersebut tanpa memedulikan perolehan suara partai lain.

Jika sistem itu yang diberlakukan, lanjut Eman, apa yang bisa diperbuat oleh PKB yang suaranya sekarang tinggal 4,9 persen, bahkan survei LSI Mei 2010 menyebutkan suara PKB turun tinggal 4 persen.

"Siapa yang berani menjamin suara PKB akan bertambah di Pemilu 2014 dengan kondisi struktur partai yang compang-camping seperti ini? Adakah cara lain untuk membesarkan PKB selain islah?" katanya. (ant/sam)

Friday, May 21, 2010

Said Aqil: Partai Berbasis NU Segera Islah

Kediri, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj menyatakan, konflik yang berkepanjangan antara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU) akan berimbas pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 mendatang.

Dua partai politik yang didirikan oleh warga Nahdatul Ulama (NU) tersebut terancam gagal ikut pemilu karena sistem parlementary threshold yang mengharuskan parpol memperoleh lima persen kursi di DPR RI.

“Kita harapkan mereka dapat sadar. Kalau tidak segera menyatu, maka tidak dapat parlementry threshold yang katanya menjadi 5 persen, jadi sudah dipastrikan kalah,” kata Said Aqil Siradj Ketua umum PBNU periode 2010-2015, ketika ditemui di Pondok Pesantren (Ponpesl) Lirboyo Kediri

Kendati menginginkan kedua partai yang notabene berbadan NU itu segera islah, namun kang Said, sapaan akrab Said Aqil Siradj, mengaku bukan kepentingan NU untuk mendesaknya.

“Kalau namanya islah, ya harus kedua belah pihak. Tetapi bukan saya yang berkepentingan dengan hal itu,” ungkap Said seperti dilansir beritajatim.com.

Terpisah, KH Idris Marzuki, selaku Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo Kediri mengatakan, para kiai-kiai juga mewacakan agar kedua parpol PKB dan PKNU segera menyatu.

“Idealnya bisa menyatukan, kalau partai yang didirikan warga NU tidak bisa ikut pemilihan umu, maka yang rugi adalah NU. Kiai-kiai memang ada wacana untuk itu, namun tetap kembali pada kesadaran yang bersangkutan,” kata Idris Marzuki. (mad

Thursday, May 20, 2010

Majikan Siti Hajar Divonis Delapan Tahun penjara

:Kuala Lumpur - Pengadilan Kuala Lumpur menjatuhkan hukuman delapan tahun penjara dan denda 5.000 ringgit (Rp13,25 juta) kepada Hau Yuang Tyng (44), karena telah menyiksa pembantunya Siti Hajar hingga parah sekali.

"Siti Hajar warga Indonesia telah menjaga kedua anak mu, bekerja dengan baik tapi dibalas dengan penyiksaan hingga alami luka parah dan tidak diberi gaji. Oleh sebab itu, hukumannya delapan tahun ditambah denda RM 5.000," kata hakim pengadilan Kuala Lumpur M Komathy Suppiah, Kamis.

Namun majikan Siti Hajar yang akrab dipanggil Michele tidak langsung masuk penjara karena mengajukan banding. Walau demikian, ia harus memberikan uang jaminan dan akan dibicarakan lagi mengenai uang jaminan pada esok harinya.

Sejak kasus penyiksaan Siti Hajar dimulai, majikannya memang tidak ditahan dalam penjara. Michele diijinkan tahanan luar oleh pengadilan dengan alasan menjadi orang tua tunggal dari dua anaknya, dan salah satu anaknya, Joshua, menderita sedikit cacat mental yang perlu perhatian khusus.

Berdasarkan dakwaan, Michele dituduh dengan sengaja menyiksa Siti Hajar dengan menyiramkan air panas pada 7 Juni tahun 2009, sekitar pukul 11 pagi dan 9 malam,.

Dakwaan kedua, majikan Siti Hajar dengan sengaja menyebabkan cedera parah pembantunya dengan menggunakan senjata yaitu martil yang dapat menyebabkan kematian. Atas dua tuduhan itu dengan dijerat pasal 326 tentang penyiksaan dapat dihukum maksimal penjara 20 tahun ditambah denda atau hukuman cambuk.

Dakwaan ketiga, Hua Yuan Tyng dengan sengaja menyebabkan kecederaan Siti Hajar dengan menggunakan gunting pada 7 Juni 2009. Atas kesalahan ini, dia dapat dihukum penjara maksimal tiga tahun atau denda atau hukuman sekaligus.

Hakim Komathy menjatuhkan hukuman untuk tuduhan pertama empat tahun, tuduhan kedua empat tahun, dan tuduhan ketiga 6 bulan, namun hukuman tuduhan ketiga dijalankan bersamaan dengan hukuman tuduhan pertama sehingga total hukuman yang harus dijalankan Michele adalah delapan tahun ditambah denda yang harus dibayar 5.000 ringgit.

Dalam sidang kali ini, majikan Siti Hajar menggunakan pakaian muslim, mengenakan kerudung dan baju melayu ala wanita muslim Malaysia. Sejak awal sidang, Michele selalu mengusap air matanya di bangku terdakwa.

Said Agil Jelaskan Revisi Pengurus PBNU ke Lirboyo

Sumber :TEMPO Interaktif

KEDIRI - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Said Agil Siradj meminta para kiai dan ulama menerima revisi kepengurusan pengurus 2010 – 2015. Dia menegaskan tidak ada motif apapun dibalik pergeseran Hasyim Muzadi dan Slamet Efendi Yusuf dalam kepengurusan tersebut.

Di depan sejumlah kiai yang mendatangi kediaman Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo Kediri KH Idris Marzuki, Rabu (19/5) malam, Said Agil berharap revisi pengurus NU yang dia lakukan tidak diartikan macam-macam. “Ini murni karena AD/ART,” kata Said.

Said mengaku terpaksa mencoret nama Hasyim Muzadi dan Slamet Efendi Yusuf dari posisi wakil ketua Syuriah dan Tanfidiyah karena memang AD/ART NU tidak memperbolehkan jabatan tersebut diisi dua orang. Dalam struktur sebelumnya posisi wakil ketua Syuriah diisi oleh KH Musthofa Bisri dan Hasyim Muzadi, sedangkan wakil Tanfidiyah diisi oleh As'ad Said Ali dan Slamet Efendi Yusuf.

Namun setelah mendengar berbagai masukan dan mengacu pada pasal 41 AD/ART tentang Pemilihan dan Penetapan Pengurus, maka Hasyim Muzadi digeser menjadi Rais dalam jajaran Syuriah dan Slamet Efendi Yusuf berpindah tempat ke jajaran ketua Tanfidiyah. “Saya tidak pernah menyimpan dendam kepada mereka,” ujar Said menanggapi alasan perpindahan mereka.

Sementara itu, Syaifullah Yusuf yang juga termasuk dalam jajaran ketua pengurus tanfidiyah berharap kepada semua pihak bisa menerima keputusan ini. Gus Ipul –sapaan akrab Syaifullah Yusuf-- juga meminta kepada seluruh kiai yang hadir untuk tidak mencurigai revisi pengurus tersebut dan mengkaitkan dengan pelaksanaan muktamar beberapa waktu lalu. “Saya hanya menemani Pak Said menjelaskan hal ini kepada kiai,” tuturnya.

Hadir dalam pertemuan tersebut beberapa kiai sepuh di Jawa Timur. Di antaranya KH Mas Subadar dari Pasuruan, KH Zainudin Dzazuli dan KH Nurul Huda Dzazuli dari Pondok Pesantren Al Falah Ploso, Mojo, Kabupaten Kediri, serta sejumlah kii dari Lirboyo selaku tuan rumah. HARI TRI WASONO.

Wednesday, May 19, 2010

Menakertrans Resmikan Rumah TKW di Kuala Lumpur

Kuala Lumpur - Menakertrans Muhaimin Iskandar meresmikan "Rumah Kita", wisma penampungan sementara TKW bermasalah yang berlokasi di belakang KBRI dan merupakan sumbangan CIMB Group dan CIMB Niaga.

"Rumah besar ini memiliki delapan kamar dan dapat menampung 50 TKW dilengkapi ruang baca, peralatan komputer, ruang hiburan dan tanah untuk bercocok tanam," kata Menakertrans didampingi Wakil Dubes Tatang B Razak dan Dirut CIMB Niaga Arwin Rasyid di Kuala Lumpur, Rabu.

"Rumah Kita" ini merupakan rumah milik CIMB Group yang kemudian direnovasi dan dilengkapi berbagai kelengkapan oleh CIMB Group. Biaya pemeliharaannya seperti biaya listrik, air dan pemeliharaan bangunan akan ditanggung oleh CIMB Niaga, tapi pengelolaan sehari-hari akan ditangani KBRI Kuala Lumpur.

"KBRI akan menyediakan dokter untuk periksa kesehatan TKW, menyediakan psikolog, berbagai pelatihan, misalkan pelatihan komputer dan ketrampilan lainnya serta pengajian," kata Wakil Dubes Tatang B Razak.

"Rumah Kita" yang akan menjadi wisma bagi PRT yang bermasalah ini merupakan bentuk CSR (Corporate Social Responsibility) atau tanggung jawab sosial sebuah perusahaan, kata Arwin Rasyid.

Ibu negara Ani Yudhoyono, Selasa, sempat meninjau Rumah Kita dan berdialog dengan para TKW bermasalah. Hadir pula CEO CIMB Group Nazir Razak dan Dirut CIMB Niaga Arwin Rasyid.

Menlu RI Marty Natagalewa didampingi Dubes Da`i Bachtiar juga meninjau "Rumah Kita" setelah Ibu Negara Ani Yudhoyono meninggalkan wisma TKW itu.

Setiap tahun, KBRI menerima sekitar 1.000 TKW bermasalah yang minta perlindungan dari KBRI. Umumnya mereka menghadapi masalah tidak dibayar gaji, penyiksaan atau pelecehan oleh majikan, tidak cocok dengan majikan atau ditipu agensi.

Sambil menunggu penyelesaian kasusnya yang ditangani KBRI, para TKW itu harus tinggal di shelter atau penampungan.

Santri Se-Jawa dan Madura Bahas Nikah Siri

Kediri - Ratusan santri dari 140 lembaga pondok pesantren yang tersebar di Pulau Jawa dan Pulau Madura membahas nikah siri dan poligami dalam tinjauan ilmu fikih di Ponpes Al Falah, Kabupaten Kediri, pada 19-20 Mei 2010.

"Kegiatan `bahtsul masail` ini setiap tahun rutin kami gelar. Hanya saja tahun ini fokus bahasan kami pada masalah nikah siri dan poligami dalam hukum Islam," kata Ketua Panitia Bahtsul Masail, Moh. Khifdi, di Ponpes Al Falah, Ploso, Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Rabu.

Untuk nikah siri, kata dia, para santri akan mencermati Rancangan Undang-Undang Perkawinan, terutama Pasal 142 Ayat (3) yang menyatakan calon suami yang berkewarganegaraan asing harus membayar uang jaminan kepada calon istri melalui Bank Syariah sebesar Rp500 juta.

Selain itu, Pasal 143 dalam juga menyebutkan setiap orang yang dengan sengaja melangsungkan perkawinan tidak di hadapan pejabat pencatat nikah dipidana dengan ancaman hukuman bervariasi, mulai dari enam bulan hingga tiga tahun, dengan denda mulai dari Rp6 juta hingga Rp12 juta.

"Kami akan mempertanyakan sampai sejauh mana larangan nikah siri tersebut dapat terealisasi, dan korelasi peraturan itu dengan Undang-Undang Perlindungan Perempuan dan Anak," katanya.

Selain nikah siri dan poligami, para santri juga akan membahas beberapa isu terkini lainnya, di antaranya hukum mempekerjakan seorang waria di beberapa tempat usaha dengan mengacu hukum Islam.

"Bahtsul masail" tersebut itu juga melibatkan para ustaz dan ulama fikih, masing-masing berperan sebagai perumus dan perekomendasi atas setiap keputusan yang dihasilkan.

Hingga 2010, PP Al Falah telah menyelenggarakan 12 kali "bahstul masail" dengan topik yang disesuaikan dengan dinamika masyarakat.

Dalam ajang tersebut, acuan yang digunakan para santri adalah kitab-kitab fikih bermazhab Syafi`i, Hanafi, Maliki, dan Hambali.

Meskipun demikian, mazhab Syafi`i lebih dominan mendasari keputusan "bahtsul masail" sebagai ciri utama pondok pesantren beraliran Ahlussunnah wal Jama`ah di Jawa dan Madura.

(T.M038/D007/R009)

Tuesday, May 18, 2010

TKI di Malaysia Berhak Libur Seminggu Sekali


Putrajaya - TKI di Malaysia bisa bernafas lega. Pasalnya kerjasama yang antara lain menyebut TKI dapat libur sehari dalam seminggu resmi diteken.

Kerjasama itu diwujudkan dalam bentuk penandatanganan letter of intent (LoI) antara Pemerintah RI dengan Pemerintah Malaysia.

Penandatanganan dilakukan langsung oleh Menaker RI Muhaimin Iskandar dan Mendagri Malaysia Datuk Seri Hishammudin Tun Hussein. Presiden SBY dan PM Malaysia Datuk Seri Mohammad Najib bin Tun Haji Abdul Razak menyaksikan penandatanganan kerjasama itu.

Penandatangan LoI ini dilakukan di Kantor PM Malaysia di kawasan Putrajaya Malaysia, seperti dilaporkan wartawan detikcom Muhammad Nur Hayid , Selasa (18/5/2010).

Ikut hadir dalam acara ini selain kedua kepala negara, juga para menteri-menteri kedua negara yang ikut mendampingi Presiden SBY dan PM Malaysia.

Acara penandatanganan LoI soal Perlindungan bagi TKI ini dilakukan dalam suasana kekeluargaan dan santai meski tidak mengurangi formalitas dan kekhidmatannya. Setelah LoI ditandatangani, delegasi RI langsung dijamu makan siang oleh PM Malaysia di rumah dinasnya.

Berikut kesepakatan LoI yang ditandatangani yang tidak diterima sebelumnya oleh TKI. Pertama, pembantu rumah tangga (PRT) diberikan satu hari libur dalam seminggu. Kedua, kedua belah negara mengawal dan mengawasi gaji sesuai dengan harga pasaran yang ada.

Ketiga, paspor PRT harus dipegang langsung oleh PRT yang bersangkutan, tidak seperti selama ini. Terakhir, biaya penempatan PRT harus disepakati oleh kedua negara.

"Alhamdulillah, kita bersyukur LoI ini bisa kita tanda tangani. Ini akan menjadi langkah awal untuk semakin meningkatkan perlindungan kepada TKI kita khususnya yang di sektor domestik," kata Muhaimin usai penandatanganan.

Muhaimin menambahkan, pemerintah akan segera menindaklanjuti kesepakatan dalam LoI dengan langkah-langkah kongkret di dalam negeri dan di Malaysia. (yid/nik)

Gempa di Jabar Berkekuatan 6,0 SR

Bandung (ANTARA News) - Gempa berkekuatan 6,0 Skala Richter yang terjadi di wilayah Jawa Barat, Selasa (18/5) sekitar pukul 18.59 WIB sempat membuat panik warga yang merasakan goncangannya.

Berdasarkan data gempa bumi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, sumber gempa berlokasi di 8,22 Lintang Selatan dan 107,21 Bujur Timur atau 147 kilometer tenggara Sukabumi Jawa Barat dengan kedalaman 13 kilometer.

Gempa yang terjadi di laut lepas itu termasuk gempa dangkal, namun berdasarkan informasi dari BMKG, gempa bumi tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

"Guncangan gempa dirasakan merata di wilayah Jabar, terutama di kawasan Sukabumi, hingga Ciamis. Kami belum mendapat laporan ada kerusakan akibat gempa yang terjadi beberapa waktu lalu," kata Sugiarto, staf Pengamatan Stasiun Gempa Bumi BMKG di Lembang Kabupaten Bandung Barat.

Getaran gempa tersebut dirasakan merata oleh warga di Kawasan Bandung dan sepanjang pantau selatan dari Sukabumi hingga Tasikmalaya dan Ciamis Jawa Barat.

Bahkan di beberapa tempat, gempa bumi tersebut membuat panik warga yang berhamburan keluar rumah untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Hal sama juga terjadi di beberapa mall di Kota Bandung seperti Braga City Walk, ITC, BIP dan beberapa mall lainnya. Pengunjung berhamburan turun dan berhamburan keluar dari bangunan mall itu.

"Gempa sangat terasa dan pengunjung mall di sini panik, dan bergegas turun dan keluar dari banguna mall. Beruntung guncangan hanya beberapa detik saja sehingga suasana tenang kembali," kata Adjat, salah seorang pengunjung Braga City Walk.

Hal sama juga terjadi di pusat penjualan elektronik ITC di Jalan Purnawarman Kota Bandung. Pengunjung yang rata-rata masih trauma dengan peristiwa gempa yang terjadi pada 2 September 2009 itu berhambur keluar dari mall itu.

Sejumlah warga di Kabupaten Bandung juga banyak yang keluar rumah untuk menyelamatkan diri menghindari hal yang tidak diinginkan. Peristiwa gempa berkekuatan 6,7 SR yang terjadi di penghujung 2009 lalu masih membekas di ingatan mereka.

"Semua warga keluar rumah dan berkerumun di lapangan, hingga benar-benar tak ada lagi gempa," kata Ny Lina, warga Ciparay Kabupaten Bandung.

Gempa juga dirasakan warga di Kota Tasikmalaya. Sama halnya seperti di Bandung warga di kawasan itu juga sempat panik dan berhamburan keluar rumah.

Masyarakat Jawa Barat memang masih trauma dengan aktivitas gempa bumi pasca kejadian gempa bumi dahsyat yang terjadi tahun lalu di provinsi itu yang mengakibatkan puluhan orang meninggal dunia dan merusak puluhan ribu rumah penduduk.(Ant/R009)

Ani Yudhoyono Janji Kirim Buku untuk TKI di Malaysia

Kuala Lumpur (ANTARA News) - Ibu negara Ani Bambang Yudhoyono berjanji akan mengirim istri menteri setiap bulan untuk memberikan pelatihan dan ceramah serta buku-buku bacaan di Rumah Kita, Kuala Lumpur, tempat para TKW bermasalah ditampung oleh KBRI.

"Saya akan mengirim istri menteri setiap bulan untuk memberikan pelatihan dan ceramah kepada kalian dan memberikan buku-buku bacaan bagi orang dewasa," kata Ibu Ani Yudhoyono di hadapan sekitar 50 TKW bermasalah di Kuala Lumpur, Selasa.

Rumah Kita adalah sebuah rumah sumbangan dari CIMB Malaysia dan CIMB Niaga yang diberikan kepada KBRI untuk menampung TKW bermasalah hingga kasusnya selesai. Saat acara itu hadir CEO CIM Nazir Razak, adik kandung PM Malaysia Najib Tun Razak, Dirut CIMB Niaga Arwin Rasyid, Ny Marty Natalegawa dan Ny Dai Bachtiar.

Rumah Kita ini mampu menampung 50 TKW bermasalah dan dilengkapi dengan komputer, TV, dan berbagai alat untuk meningkatkan ketrampilan TKW.

"Rumah Kita ini hampir sama dengan konsep rumah pintar yang saya promosikan dan kembangkan di berbagai daerah di Indonesia. Ada ruang baca, melihat acara TV, dan halaman untuk bercocok tanam ," kata Ani Yudhoyono yang didampingi wakil Dubes Tatang B Razak.

Dalam kunjungan ke rumah kita itu, Ibu Ani melihat ruang tempat tidur TKW, ruang baca, ruang belajar, dan tanah untuk bercocok tanam.

Setelah itu, ia mengadakan dialog dan mendengarkan aspirasi TKW bermasalah. "Adakah di antara kalian yang mau kerja," tanya Ibu Negara.

"Tidak bu. Kami ingin pulang ke Indonesia dan bekerja di sana," jawab para TKW.

Seorang TKW bermasalah memberanikan diri bercerita pengalamannya bekerja di Malaysia. Ceritanya, selama 14 tahun bekerja di Malaysia tidak pernah menerima gaji. Dua tahun bekerja dengan majikan terima gaji tapi dibayar kepada agensi. Agensi Malaysia bukannya memberikan gajinya malah mempekerjakan pembantu Indonesia selama 12 tahun tanpa digaji.

"KBRI sedang menangani kasus dia. Kami akan memanggil majikannya dan mendesak membayar gaji PRT Indonesia," kata Tatang B Razak, wakil Dubes RI.

Berbagai bagai cerita diungkapkan oleh para TKW yang membuat Ibu Negara Ani Yudhoyono mengelus-elus dadanya dengan perasaan iba.

Rencananya, Menakertrans Muhaimin Iskandar akan meresmikan Rumah Kita, Rabu (19/5). Usai acara kunjungan Ani Yudhoyono kemudian datang Menlu Marty Natalegawa dengan Dubes RI Da`i Bachtiar melihat Rumah Kita.(Ant/R009)

Indonesia-Malaysia Tandatangani LoI Perlindungan TKI

Kuala Lumpur (ANTARA News) - Indonesia dan Malaysia menandatangani Letter of Intent sebagai langkah awal untuk memperbaharui nota kesepahaman tentang penempatan dan perlindungan Tenaga Kerja Indonesia.

Penandatanganan LOI dilakukan oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar dan Menteri Dalam Negeri Malaysia Datuk Seri Hishammuddin Tun Hussein, setelah pembicaraan bilateral antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Mohd Najib Tun Abdul Razak di Kantor PM Malaysia, Putrajaya, Selasa.

Penandatanganan Letter of Intent (LOI) sebagai penyempurnaan MOU perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) pada 2006 itu disaksikan oleh Presiden Yudhoyono dan Datuk Seri Mohd Najib Tun Abdul Razak .

Kepada wartawan, Muhaimin menjelaskan terdapat tiga persoalan dalam LOI tersebut yang tidak diatur dalam MOU sebelumnya, yaitu paspor harus dibawa bekerja oleh TKI, satu hari libur dalam sepekan, serta pembicaraan lebih detil mengenai struktur proses pemberangkatan karena masing-masing embarkasi masih memberlakukan pengaturan berbeda.

Muhaimin mengatakan, masing-masing negara dengan adanya LOI tersebut harus mengawasi upah minimum para TKI melalui kontrak kerja yang dibuat oleh penyedia jasa TKI.

"Kita mengawasi, nanti dalam kontrak kerja harus diawasi supaya jangan mau pergi ke sini kalau upahnya tidak seperti standar yang diharapkan," ujarnya.

Apabila TKI tidak diberi upah minimal sesuai kesepakatan atau tidak mendapatkan hari libur sesuai aturan, lanjut Muhaimin, maka majikan TKI akan ditindak oleh pemerintah Malaysia.

Guna mengawasi kewajiban masing-masing negara, Indonesia dan Malaysia akan mengefektifkan gugus tugas yang telah dibentuk demi perlindungan para TKI di Malaysia.

Muhaimin menjelaskan LOI yang baru ditandatangani itu nantinya akan disempurnakan menjadi MOU baru setelah Indonesia dan Malaysia masing-masing membawa hasil kesepakatan tersebut ke dalam sidang kabinet paripurna.

Ia berharap MOU itu dalam dua bulan ke depan sudah bisa disiapkan.

Namun, menurut Muhaimin, kesepakatan tertuang dalam LOI sebenarnya sudah bisa berlaku apabila Indonesia sudah siap dengan sistem yang akan diterapkan sesuai dengan aturan yang telah disepakati.

Indonesia, jelas dia, masih membutuhkan waktu sekitar dua bulan guna menyempurnakan sistem sehingga bisa membuka kembali pengiriman TKI ke Malaysia yang sudah dibekukan sejak Juli 2009.

Untuk itu pemerintah perlu mengadakan sosialisasi kepada PJTKI dan juga dinas-dinas tenaga kerja di daerah agar semua pihak memahami LOI yang baru saja ditandatangani dengan pihak Malaysia.

"Kita bikin edaran, panggil dinas-dinas, kita bikin iklan, sosialisasikan ke masyarakat bahwa siapa pun orang yang tidak siap kerja ke luar negeri dilarang keras kecuali tahu hak dan kewajibannya. Kita terus sosialisasi, panggil mereka, kasih tahu mekanismenya," tutur Muhaimin.

Setelah aturan itu berlaku, Muhaimin mengatakan, maka PJTKI harus tunduk dengan kesepakatan tertuang dalam LOI.

"Semua harus tunduk, kalau tidak kita cabut izinnya. Kalau di sini (Malaysia-red) tidak tunduk dengan itu, izinnya juga ditindak oleh pemerintah sini," ujarnya.

Dengan adanya aturan baru dalam LOI sebagai langkah awal perbaikan MOU perlindungan TKI, Muhaimin berharap tidak perlu ada lagi pekerja berangkat secara ilegal ke Malaysia.

"Pokoknya dengan LOI ini, aparat imigrasi dan kepolisian kita mohon jangan sampai ada lagi yang berangkan ilegal," demikian Muhaimin.
(D013/B010)

Delegasi Muda Muslim Australia ke Indonesia

Jakarta, NU Online
Delegasi tokoh muda Muslim Australia dari Melbourne, Sydney, dan Canberra tiba di Indonesia, untuk ambil bagian dalam program pertukaran bilateral yang bertujuan memperkokoh pemahaman Islam dan masalah antaragama di kedua negara.

Duta Besar Australia untuk Indonesia, Bill Farmer dalam keterangan pers di Jakarta, Senin, mengemukakan, delegasi Australia ini mencerminkan kemajemukan budaya yang luas dalam masyarakat Muslim Australia yang terdiri atas sekurangnya 70 latar belakang etnis, termasuk dari Indonesia.

"Islam di Australia merupakan kisah yang dinamis serta berevolusi dengan sejarah yang kaya dan yang telah memberikan sumbangsih besar pada keberhasilan Australia kontemporer yang multi-budaya," kata Farmer.

Kontak Islam dengan Australia berlangsung sebelum pemukiman Eropa, yakni pada abad ke-16 ketika pedagang dan nelayan Makassar berbagi kehidupan dengan penduduk asli di sepanjang Australia utara.

"Sangatlah penting bagi pemuda Australia untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang peran agama di Indonesia dan untuk berbagi pandangan tentang berbagai masalah," kata Dubes.

Selama program yang berlangsung dua pekan di Indonesia (16-30/5) mereka berkunjung ke Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta dan bertemu dengan tokoh masyarakat serta agama, akademisi dan perwakilan media.

Delegasi ini juga mengikuti perayaan Waisak Buddha di Yogyakarta dan bertemu dengan intelektual Muslim yang sangat dihormati Emha Ainun Najib.

Salah satu anggota delegasi yang bekerja di Canberra di Kepolisian Federal Australia, Kate Grealy berharap, belajar lebih jauh tentang budaya Indonesia, tantangannya, bagaimana Indonesia memandang Australia dan memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang variasi praktik dan penafsiran Islam di Indonesia.

Sejak Maret hingga Juni 2010, tiga delegasi Muslim Indonesia mengadakan kunjungan balasan ke Australia di bawah Program Pertukaran Tokoh Muda Muslim (MEP) Australia-Indonesia tahunan ini.

Delegasi Indonesia yang ketiga dan terakhir akan berangkat ke Australia pada awal Juni. Program pertukaran ini didirikan pada 2002 oleh Pemerintah Australia melalui Lembaga Australia-Indonesia (AII). AII telah menjalankan peran yang unik dan vital dalam memupuk persahabatan dan memajukan pemahaman antara Australia dan Indonesia. (ant/sam)

Presiden Yudhoyono Melanjutkan Kunjungan Ke Malaysia

Singapura, (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta rombongan, Selasa pagi ini meninggalkan Singapura untuk melanjutkan kunjungan kerjanya ke Kuala Lumpur Malaysia.

Setelah menginap semalam di Singapura, Presiden yang didampingi Ibu Ani Yudhoyono berangkat dari Bandara Internasional Changi Singapura, menuju Kuala Lumpur Malaysia menggunakan pesawat Kepresidenan Garuda Indonesia.

Kepala Negara dijadwalkan tiba di Kuala Lumpur pada pukul 09.00 waktu setempat dan dijadwalkan menghadiri pertemuan konsultasi tahunan dengan Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Mohd Najib Tun Abdul Razak.

Pertemuan konsultasi tahunan Indonesia-Malaysia merupakan forum bilateral tertinggi antara dua negara yang membahas segala tantangan dan peluang bagi pengembangan dan peningkatan hubungan bilateral yang saling menguntungkan dengan semangat penuh keterbukaan dan persahabatan.

Sejak diselenggarakan pada 2006, forum rutin tersebut digelar setahun sekali antara Indonesia dan Malaysia guna membahas segala persoalan dalam hubungan bilateral kedua negara tetangga.

Di kantor PM Malaysia Putrajaya, Presiden dan PM Malaysia akan membahas hubungan dan kerjasama Indonesia-Malaysia dalam berbagai bidang, antara lain ekonomi, investasi, perdagangan, tenaga kerja, serta pariwisata.

Setelah itu, Presiden dijadwalkan menerima kunjungan kehormatan Ketua World Islamic Forum (WIEF) yang juga mantan PM Malaysia, Tun Musa Hitam.

Di Malaysia pada Rabu 19 Mei 2010, Presiden diagendakan menyampaikan pidato pada WIEF ke-6 bertema Gearing for Economic Resurgence.

WIEF ke-6 diselenggarakan di Kuala Lumpur Convention Center menurut rencana akan dihadiri oleh delapan kepala negara/pemerintahan, yaitu Presiden Senegal, Presiden Maladewa, Presiden Kosovo, Perdana Menteri Bangaladesh, serta Wakil PM Kazakhstan.

Selama di Malaysia, Presiden Yudhoyono juga dijadwalkan bertemu dengan kalangan pebisnis Malaysia pada Selasa malam 18 Mei 2010 di hotel tempat rombongan Presiden menginap, JW Marriott. (D013/D012)

Monday, May 17, 2010

Fatayat Malaysia Kunjungi Shelter TKW di KBRI-Kuala Lumpur

Kuala Lumpur, NU Online
Rangkaian acara dan kegiatan hari lahir (Harlah) ke-5 Pimpinan Cabang Istimewa Fatayat NU Malaysia begitu padat, yang puncaknya telah dilaksanakan dengan penuh meriah pada Ahad, 9 Mei 2010 lalu.

Salah satu bentuk kegiatan yang tidak kalah pentingnya adalah kunjungan PCI Fatayat Malaysia ke shelter (tempat penampungan TKW bermasalah) yang berada di belakang KBRI-Kuala Lumpur.

Begitu acara puncak Harlah usai, sebagian pengurus Fatayat Malaysia menyertai para tamu rombongan dari Jakarta bergegas meluncur ke Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kuala Lumpur.

Kunjungan Fatayat ke shelter ini dipimpin langsung oleh istri menteri tenaga kerja dan transmigrasi RI, Hj. Rustini Muhaimin Iskandar dengan didampingi ketua umum PP Fatayat Hj Maria Ulfah Anshor beserta 4 pengurusnya dan 2 orang dari Dirjen Binapenta dari Jakarta. Kegiatan ini berlangsung antara jam 17.00-19.00 waktu setempat.

Begitu saja tiba di halaman KBRI-Kuala Lumpur, tamu rombongan ini langsung disambut mesrah oleh ibu Ida Yulianti Bachtira, istri Duta besar RI di Kuala Lumpur dan beberapa staff kedutaan.

Kunjungan ke Shelter KBRI-KL ini merupakan kunjungan yang kedua bagi PCI Fatayat Malaysia. Ada perbedaan dan perubahan suasana yang ketara di shelter kali ini dibandingkan dengan kunjungan 3 tahun silam. Terutama pada lokasi shelter yang telah direhab begitu rapi dan nyaman, dengan tempat ibadah/kegiatan terlihat bersih dan ber-AC, dan para penghuni shelter juga berpakaian seragam.

Dalam kesempatan yang agak terbatas waktunya ini, selain kegiatan terfokus pada taaruf dan pertanyaan dari hati ke hati oleh istri menakertrans yang juga diikuti oleh beberapa pengurus Fatayat terhadapat para warga TKW ini, juga ada pembagian makanan, dan sholat bersama di sana.

Shelter yang hari itu dihuni 158 orang TKW terasa bergegar dan suasana bertukar menjadi haru apabila para TKW ini serentak menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” sebagai sambutan terakhir mereka ketika para tamu rombongan ini akan meninggalkan ruangan shelter.

Tidak sampai di situ, pada Rabu, 12 Mei 2010, kegiatan dilanjut dengan penyerahan beberapa bingkisan keperluan asas wanita oleh PCI Fatayat Malaysia (yang diwakili oleh Fathonah K. Daud, Mimin Mintarsih, Ibanah Suhrowardiyah dan Muryanah) kepada para TKW yang masih berada di Shelter KBRI-KL. Bingkisan ini merupakan sumbangan sepenuhnya dari isteri menakertrans, yang merupakan tindak lanjut dari kunjungan awal beliau di shelter tersebut.

“Yang terpenting follow up dari kegiatan ini, semoga moment ini dapat ,menjadi kunci pembuka lorong penghubung antara PCI Fatayat Malaysia dengan KBRI-KL, tentunya agar bisa bersinergi dan bekerjasama dengan KBRI untuk mendarmabaktikan diri pada kepentingan masyarakat kita di negara jiran ini,” kata Maria Ulfa. (fth)

Menyingkap Hak Buruh Migran Dalam Perspektif Islam

Kuala Lumpur, NU Online
Selain acara resmi harlah Fatayat dilaksanakan pada Ahad pagi, 9 Mei, acara harlah dimeriahkan lagi dengan diadakannya acara bedah draf buku “Mengenal 101 Hak Buruh Migran Indonesia dalam Perspektif Islam” pada siang harinya.

Draf buku ini disusun oleh Dr Nur Rofi’ah, Bil. Uzm (salah satu pengurus pusat Fatayat). Buku ini merupakan hasil dari penelitiannya terhadap para buruh migran Indonesia (khususnya para pekerja rumah tangga perempuan) yang berada di Arab Saudi, Hongkong, Malaysia dan Singapura.

Nur Rofi’ah menyatakan bahwa dari penelitian yang ia lakukan, ditemukan sebuah fakta yang cukup menyedihkan, bahwa ternyata semakin sekuler sebuah negara, maka semakin diperhatikannya hak-hak para BMI (dalam hal ini dikhususkan kepada para perempuan pekerja rumah tangga) di negara tersebut.

Hal ini tentunya menimbulkan sebuah pertanyaan besar, mengapa terjadi? Sedangkan Islam adalah agama yang sangat memperhatikan perempuan. Selain itu, kenyataan yang terjadi adalah para BMI selain “terpaksa” bekerja di luar negeri, berjauhan dengan keluarga dan saudara, mereka juga terpaksa berada dalam posisi yang mereka anggap adalah “dosa” karena harus melakukan hal-hal yang mereka pahami sebagai melanggar aturan agama.

Oleh karena itu, hadirnya buku ini menawarkan sebuah solusi terhadap para BMI tentang hak-hak mereka, baik hak mereka sebagai warga negara Indonesia, hak mereka sebagai pekerja, dan khususnya hak mereka sebagai seorang muslim.

Sesi dialog dan tanya jawab berlangsung meriah karena tanggapan dari para peserta cukup ramai. Di antaranya adalah usulan dari Samheri agar dalam buku tersebut juga dicantumkan institusi yang sah agar nantinya tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak tertentu.

Selain itu, usulan Saiful Aiman juga menanyakan, apakah pemerintah mampu merubah Undang-undang nomor 39/2004 agar BMI yang beragama Islam untuk tidak bekerja kepada non-muslim.

Nur Rofi’ah sangat sulit karena para BMI yang berada di Hongkong misalnya, akan terancam tidak memperoleh pekerjaan apabila para BMI muslim tidak boleh bekerja kepada non-muslim.

“Idealnya, tidak ada warga Indonesia yang menjadi BMI untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun kita harus relistis. Untuk mencapai tahap “ideal” itu, diperlukan perjalanan dan perjuangan yang panjang,” katanya.

Dikatakannya, buku ini adalah salah satu usaha untuk membantu para BMI tersebut. Dan oleh karena para pekerja rumah tangga adalah hampir seluruhnya perempuan dan kebanyakannya berlatar belakang Nahdlatul Ulama, maka mereka merupakan tanggung jawab Fatayat juga.

Dan di akhir presentasinya Nur Rofi’ah berharap agar buku ini tidak saja dibaca oleh para BMI sendiri, namun juga sebagai pegangan bagi para majikan (baik muslim maupun non-muslim) yang mempunyai pekerja seorang muslim agar mereka mengenal hak-hak pekerjanya.

Sementara itu ketua umum PP Fatayat NU Hj Maria Ulfah Anshor dalam sambutannya menyatakan sangat bersyukur dengan hadirnya buku ini sebagai salah satu wujud kepedulian Fatayat terhadap para BMI dan sebagai usaha untuk mengisi beberapa celah kosong problematika BMI. (ibn)