Thursday, September 29, 2011

Inilah 6 Hakim Agung MA Terpilih

Jakarta - Komisi III DPR akhirnya menetapkan enam nama Hakim Agung. Keenam Hakim Agung ini peroleh dari hasil voting yang dilakukan terhadap 18 nama calon Hakim Agung.

Berdasarkan hasil voting yang dilakukan oleh Komisi III diperoleh enam nama calon Hakim Agung yang mendapatkan suara terbanyak.

Keenamnya sebagai berikut;
1.Suhadi (51 suara)
2 Gayus Lumbun (44 suara)
3. Andi Samsan Nganro (42 suara)
4. Nurul Elmiyah (42 suara)
5. Dr. Dudu Duswara Machmudin (34 suara)
6. H.M Hary Djatmiko (28 suara)

Dengan demikian maka ketua Komisi III DPR, Benny K Harman menetapkan keenamnya sebagai Hakim Agung. "Dengan ini maka DPR menetapkan enam calon Hakim Agung terpilih," saat mengesahkan hasil voting.

Sementara itu, Gayus Lumbuun mengaku sangat bersyukur dengan hasil voting pemilihan Hakim Agung di Komisi III yang menetapkan dirinya sebagai Hakim Agung. Namun dengan hasil tersebut, Gayus tak merasa rekan-rekannya memilihnya karena dirinya pernah duduk sebagai Anggota Komisi III.

"Saya merasa bersyukur, tidak merasa hebat karena lolos. Tapi saya bersyukur karena diberi kemudahan, bukan oleh manusia. Jadi jangan disalahartikan. Saya merasa dimudahkan oleh Yang Maha Kuasa, untuk saya bisa menyalurkan pengabdian saya di tempat lain," ujar Gayus.

Menurut Gayus, terpilihnya dia sebagai Hakim Agung bukan karena posisinya yang pernah duduk di Komisi III DPR, tetapi hanya mukzizat dari tuhan.

"Saya tidak merasa punya kapasitas dan kemampuan yang lebih. Tapi saya lebih meyakini bahwa Allah Yang Maha Kuasa lah yang mengijinkan saya untuk bekerja di tempat lain. Pengabdian saya sekarang di jalur yudikatif," ungkapnya.

Dikatakan Gayus, dengan terpihnya menjadi Hakim Agung maka dalam waktu dekat ini dirinya akan segera mengajukan pengunduran diri sebagai anggota DPR.

"Kalau saya sudah dinyatakan lolos, setelah saya dapat pemberitahuan resmi dari anggota DPR, segera saya akan menyatakan mundur. Itu aturan," pungkasnya. [sumber inilah.com)

Parlemen Hongkong minta Indonesia benahi PJTKI

Solo - Delegasi parlemen Hongkong menyarankan pemerintah Indonesia untuk membenahi regulasinya terkait perusahaan pengerah jasa tenaga kerja (PJTKI) yang saat ini dinilai terlalu memberatkan para TKI, khususnya yang ada di Hongkong.

Kepada pers disela-sela acara Konferensi Parlemen Asia di Solo anggota DPR Hongkong Lee Cheuk-yan menuturkan bahwa biaya yang dibebankan perusahaan pengerah tenaga kerja Indonesia kepada para pekerja yang disalurkannya sudah terlalu tinggi.

"Para pekerja yang baru datang ke Hongkong harus membayarkan fee penempatan yang sangat tinggi hingga mencapai 21 ribu dolar Hongkong dan hal itu telah memberatkan para pekerja Indonesia sendiri, walaupun fee hanya dibayarkan untuk sekali saja," ujar Lee.

Pencicilan biaya kepada perusahaan-perusahaan yang menempatkan para TKI di Hongkong tersebut, menurut Lee, dilakukan selama 5 hingga 7 bulan pertama bekerja sehingga dalam kurun waktu tersebut para pekerja Indonesia tidak bisa lagi menyisihkan upah mereka untuk dibawa pulang atau dikirim ke keluarganya di Indonesia.

Lebih lanjut Lee mengatakan bahwa untuk memastikan bahwa perusahaan-perusahaan pengerah tenaga kerja itu mendapatkan fee dari para pekerja Indonesia di Hongkong, tidak jarang pula pihak perusahaan menahan paspor mereka.

Akibatnya para pekerja Indonesia tersebut seperti tersandera oleh perusahaan-perusahaan yang telah menempatkan mereka di Hongkong.

Terkait dengan berbagai permasalahan itu, Lee menyarankan agar pemerintah Indonesia melakukan pembenahan terhadap penempatan para pekerjanya di luar negeri, termasuk mengatur secara lebih ketat perusahaan-perusahaan penyalur TKI.(ant)
(D011)

Wednesday, September 28, 2011

Ikut Berduka Cita Wafatnya Mantan Kapolri periode 1991/1993

Inna Lillahi Wainna Ilahi Rajiun
Sesungguhnya Kita Kepunyaan Allah ,Dan Kita Akan kembali Ke Pada -Nya


Epung Komalasa Ikut Berduka Cita Wafatnya Mantan Kapolri periode 1991/1993, Jenderal Polisi (Purn) Drs Kunarto meninggal dunia di Rumah Sakit Internasional Surabaya, pagi tadi pukul 04.00 WIB. Mantan pejabat tinggi asal Bojonegoro itu sakit dan sempat dirawat Rumah Sakit Bhayangkara Wahyu Tetuko Bojonegoro pada 12 September 2011.

Karena kondisi yang tidak kunjung membaik, dua hari berikutnya, tepatnya Rabu (14/9/2011) ia dirujuk ke Rumah Sakit Internasional Surabaya. Setelah 15 hari menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Internasional Surabaya seprti yang di lansir berita jatim,com, akhirnya pria kelahiran 8 Juni 1940 ini menghembuskan nafas terakhir dini hari tadi pukul 04.00 Wib.

Jenazah mantan Kapolda Kapolda Nusa Tenggara (1989-1990) ini saat ini sudah dibawa ke Juanda untuk diterbangkan ke Jakarta setelah sebelumnya sempat disemayamkan dan disholatkan ke Mapolda Jatim.

“Jenazah sudah dalam perjalanan ke Juanda untuk dibawa ke Jakarta,” ujar Kepala Sub Bidang Publikasi Bidang Humas Polda Jatim, AKBP Suhartoyo yang ikut dalam rombongan.

Semoga keluarga yang di tinggalkan mendapat ke sabaran dari Allah swt dan rohnya di tempatkan dengan orang-orang yang sholeh..Alfateha

Kebakaran KM Kirana di Tanjung Perak:Inilah Nama-nama Korban Tewas

Sumber: Beriat Jatim

Surabaya - Korban tewas akibat kebakaran KM Kirana IX diperkirakan bakal terus bertambah. Hingga saat ini, jumlah korban ada 8 orang. Sedangkan korban luka sebanyak 30 orang. Terdiri dari 15 perempuan dan 15 laki-laki.

Berikut nama-nama korban meninggal (7 nama diketahui, 1 belum dikenali):
1. Ny Sumarni (P) 58 tahun asal Jalan Cendana Gang 7/55 Kaltim
2. Ny Natuha (P) 60 tahun asal Sumedangan, Pademawu-Pamekasan
3. Ny Suminah (P) 54 tahun asal Karang Lundo RT 3/RW 1 Grobogan
4. Tn Sodiq (L) 50 tahun asal Karang Pinang Sampang
5. Ny Solikah (P) 50 tahun asal Karang Duren Balong Jember
6. Ny Siti Rohana (P) 28 tahun asal Krinang Selang Magelang
7. Ny Juminah (P) 45 tahun asal Karang Pinang Sampang
8. Mrs X dengan ciri-ciri kaos coklat berkrah, umur sekitar 50 tahun, celanan jeans, warna biru tua, rambut panjang bergelombang.

Sekadar diketahui, KM Kirana 9 yang akan berangkat menuju ke Balikpapan sekitar pukul 06.00 WIB terbakar di Gapura Surya. Sejumlah penumpang yang akan menunggu keberangkatan langsung berhamburan keluar karena api dan asap. Akibat tragedi tersebut sebanyak 8 orang meninggal dan puluhan lainnya terluka. Semua korban dibawa ke RS PHC Tanjung Perak. [tok/but]

8 Jenazah Dipindah ke RSU Dr Soetomo

Berita Kebakaran KM Kirana 9
Sumber: Berita Jatim


Surabaya - Delapan jenazah korban kebakaran KM Kirana 9 yang saat ini di RS PHC Tanjung Perak dikirim ke RSU dr Soetomo Surabaya. Pemindahan dilakukan karena tidak memungkinkan untuk dilakukan visum terhadap korban meninggal secara bersamaan.

Kabid Dokes Polda Jatim AKBP Heri mengatakan, fasilitas di RS PHC Tanjung Perak kurang memadai untuk dilakukan visum secara langsung. Dari itu, pihaknya memutuskan untuk mengirim 8 jenazah ke RS milik Pemprov Jatim.

"Kasihan kalau di sini tidak ada tempat. Kita kirim ke sana saja agar bisa divisum secara bersamaan," ujar AKBP Heri, Rabu (28/9/2011).

Saat ini, 8 jenazah sudah diberangkatkan ke RSU Dr Soetomo dengan menggunakan 4 unit mobil ambulans milik PMI, Polda Jatim, serta ambulans milik RS PHC.

Lebih lanjut, Heri menjelaskan, saat ini pihaknya tengah menyiapkan tim dokter untuk melakukan visum. "Kita sudah siapkan di sana. Pokoknya begitu datang, jenazah langsung divisum. Biar tidak lama-lama," katanya.

Sedangkan untuk korban luka sebanyak 30 orang, kesemuanya tetap dirawat di RS PHC Tanjung Perak. Satu per satu keluarga korban mulai berdatangan. Hanya saja, mereka belum bisa menemui korban yang dirawat.

Sekadar diketahui, KM Kirana 9 yang akan berangkat menuju ke Balikpapan sekitar pukul 06.00 WIB terbakar di Gapura Surya. Sejumlah penumpang yang akan menunggu keberangkatan langsung berhamburan keluar karena api dan asap. Akibat tragedi tersebut sebanyak 8 orang meninggal dan puluhan lainnya terluka. Semua korban dibawa ke RS PHC Tanjung Perak. [rif/but]

Panik, Penumpang Terjun ke Laut

Sumber: Berita Jatim


Surabaya - Terbakarnya KM Kirana IX di pelabuhan Gapura Surya Tanjung Perak benar-benar membuat penumpang panik. Salah satu penumpang dikabarkan terjun bebas ke laut.

Salah satu saksi menuturkan, dia melihat ada satu penumpang yang melompat dari kapal dan terjun ke laut. Namun karena dia sendiri panik, peristiwa itu dilewatkan begitu saja.

Dia tidak sempat mengenali, apakah penumpang yang terjun tersebut laki-laki atau perempuan. Dia hanya melihat sekilas, di antara penumpang yang panik, salah satunya terjun bebas ke laut.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak. AKP Jayadi menuturkan, ada informasi memang tentang penumpang yang terjun ke laut. Pihaknya pun telah mengerahkan petugas untuk menyisir sekitar kapal.

Sayangnya, sampai saat ini, usaha penyisiran belum menemukan hasil. "Untuk yang tenggelam masih belum saya jelaskan. Karena masih menunggu pendataan dari rumah sakit. Dan juga mencari keterangan dari saksi-saksi," kata AKP Jayadi.

Sementara itu, petugas saat ini tengah mengevakuasi barang-barang penumpang dari kapal untuk diturunkan. Terlihat pula petugas kepolisan dari Brimob dan dari Polres masih melakukan penjagaan serta melakukan penelisiran di dalam kapal.

Sekadar diketahui, KM Kirana 9 yang akan berangkat menuju ke Balikpapan sekitar pukul 06.00 WIB terbakar di Gapura Surya. Sejumlah penumpang yang akan menunggu keberangkatan langsung berhamburan keluar karena api dan asap. Akibat tragedi tersebut sebanyak 8 orang meninggal dan puluhan lainnya terluka. Semua korban dibawa ke RS PHC Tanjung Perak. [gil/but]

KM Kirana Terbakar di Tanjung Perak, Penumpang Semburat

Sumber Beritajatim.com


Surabaya - KM Kirana IX yang akan berangkat menuju ke Balikpapan sekitar pukul 06.00 WIB terbakar di Gapura Surya.

Akibatnya sejumlah penumpang yang akan menunggu keberangkatan langsung berhamburan keluar karena api dan asap.

Karena penumpang akan berangkat pemumpang berhamburan keluar dari kapal. Akibat tragedi tersebut sebanyak lima orang terluka dan terjepit saat turun dari tangga. Sehingga 5 orang tersebut dilarikan ke RS PHC Tanjung Perak.

Hingga saat ini belum diketahui penyebab kebakaran Kapal Kirana 9. Sebanyak 5 unit PMK dikerahkan untuk melakukan pemadaman ditambah dua buah kapal Pelni juga ikut dikerahkan. Petugas juga melakukan evakuasi penumpang ke tempat yang aman.[ted]

KBRI KL: TKI Jangan Percaya Agen Pengurusan Paspor Dan Tidak Pernah Lantik Agensy

Kuala Lumpur, - Perwakilan RI di Malaysia mengimbau kepada para tenaga kerja Indonesia (TKI) terutama yang sedang mengikuti program pemutihan jangan percaya kepada para agen yang menyatakan bisa menguruskan pembuatan paspor dengan dalih telah ditunjuk untuk melaksanakannya.

"Kami tidak pernah dan tidak mungkin menunjuk agen untuk melaksanakan pengurusan pembuatan paspor. Jadi TKI diminta jangan sampai tertipu oleh para agen tersebut," kata Kepala Bidang Penerangan, Budaya, Sosial Kedutaan Besar RI untuk Malaysia, Suryana Sastradiredja di Kuala Lumpur, Rabu. Menurut dia, peringatan ini agar TKI tidak termakan bujuk rayuan dari pada agen yang secara terang-terangan menyatakan telah ditunjuk oleh konsulat jenderal RI di Malaysia untuk membantu pengurusan pembuatan paspor terutama kepada para pekerja asing tanpa izin (PATI) asal Indonesia yang akan diputihkan statusnya menjadi pekerja legal di negara ini.

Dari pantauan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur, terdapat beberapa agensi yang mengaku telah ditunjuk oleh konsulat jenderal RI di Malaysia sehingga para agen tersebut sanggup untuk menyediakan paspor tanpa perlu kehadiran pemohonnya.

Bahkan, ada agensi pengurusan yang mengaku akan menguruskan paspor tersebut meskipun para pemohon hanya mengirimkan datanya melalui jaringan telekomunikasi.

Saat ini, pihak KBRI sedang melakukan penyelidikan, apakah pengakuan para agen itu benar-benar seperti yang disampaikan (bisa siapkan paspor.

"Kita sedang selidikinya. Tapi saat ditanya para agen itu selalu menyatakan mereka hanya kantor cabang, sedangkan urusan dengan pihak yang menyiapkan paspor dilakukan dengan kantor pusat," ungkap Suryana.

Terkait dengan adanya agensi yang melakukan praktik pengurusan paspor itu, pihak KBRI sesuai dengan hasil pertemuan dengan pihak Kementerian Dalam Negeri (KDN) akan mengirimkan surat pengaduan agar pemerintah pemerintah Malaysia menindak tegas para pelaku yang menggunakan simbol simbol negara (burung garuda) dan melakukan penipuan dengan menggunakan nama perwakilan RI yang seolah merestui operasional mereka itu.


Tunggu Kejelasan KDN

Sementara itu, seluruh perwakilan RI di Malaysia dalam rapat koordinasi telah menyatakan akan memberikan paspor apabila ada kejelasan dari pihak KDN mengenai nama-nama PATI WNI yang diterima bekerja di Malaysia (diputihkan).

"Dalam pertemuan dengan Sekjen KDN, pihak KBRI menegaskan kembali bahwa pemberian paspor setelah pihak KDN memberikan daftar nama yang diterima kerja di sini. Tapi bukan dari majikan ataupun agensi," tegas Suryana.

Ia menjelaskan, hal ini dilakukan dengan pertimbangan untuk menghindari pemerasan terhadap PATI WNI seperti dimintakan biaya yang sangat besar mulai dari 200 ringgit hingga 1000 ringgit, padahal harga paspor hanya 18 ringgit.

Pertimbangan lain adalah untuk menghindari perdagangan orang sebab paspor seseorang tapi dipegang oleh orang yang tidak berhak yang kemudian bisa saja diperjual belikan.

Selanjutnya, kata dia, ini juga untuk menghindari adanya penyisipan nama-nama yang tidak berhak untuk bekerja yang dilakukan oleh pihak majikan ataupun agensi.

"Bisa saja, ada pekerja yang sebenarnya tidak termasuk diputihkan, tapi disisipkan oleh majikan ataupun agensi,"ungkapnya dengan menambahkan bahwa daftar nama itu juga untuk menghindari non WNI memiliki paspor WNI.

Bahkan, kalau itu tidak dijaga pengeluaran paspor tersebut maka dikawatirkan adanya penyusupan orang-orang yang punya aktifitas terorisme. "Bisa saja, paspor tersebut dipergunakan oleh orang-orang yang punya aktifitas terorisme," tegasnya.(ant Kl )

Sunday, September 25, 2011

12 Desa di Gresik Masih Dilanda Kekeringan

Minggu, 25 September 2011 13:41:50 WIB
Sumber : beritajatim.com

Gresik-Sedikitnya 12 desa di Kecamatan Benjeng, Kabupaten Gresik, Jawa Timur masih mengalami kekeringan akibat kemarau panjang. Prihatin dengan kekeringan di Gresik, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Gubernur Jatim akan mengirim bantuan air bersih, tandon air, dan jirigen. Bantuan tersebut kabarnya telah dikirim ke 12 desa yang terkena kekeringan.

Beberapa desa yang diberi bantuan antara lain, Desa Munggugianti dan Desa Metatu yang keduanya berada di Kecamatan Benjeng. Dua desa tersebut masing-masing menerima bantuan 2 unit tandong air dan 10 jirigen. Tandon bantuan yang berkapasitas 2000 liter tersebut akan ditempatkan di beberapa lokasi tempat sesuai kondisi masyarakat setempat.

"Bantuan tandon ini masih dalam proses, mungkin 2 hari ke depan sudah dikirim," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Gresik, Hari Sucipto, Minggu (25/09/2011).

Ditambahkan Hari, kendati masih dalam proses dia optimistis dalam minggu ini bantuan air bersih maupun tandon air yang dialokasikan dari BNPB dan Gubernur Jatim bakal didistribusikan.

"Bantuan air yang diberikan BNPB dan Gubernur Jatim senilai Rp 5,5 juta dan segera didistribusikan untuk meminimalisir dampak kekeringan," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan Logistik Gresik, Iwan Lukito mengatakan, terkait kekeringan yang melanda puluhan desa di Gresik, pihaknya telah berkoordinasi dengan beberapa kecamatan yang desanya dilanda kekeringan. "Beberapa kecamatan telah berkoordinasi dengan kami untuk merevisi kembali laporan desanya yang terdampak kekeringan. Misalnya, Kecamatan Benjeng yang meminta tambahan droping air untuk 12 desa," tuturnya. [dny/air]

Saturday, September 24, 2011

TKI di Malaysia dapat pelatihan komputer gratis

Kuala Lumpur- Sejumlah tenaga kerja Indonesia (TKI) dari berbagai sektor pekerjaan mendapatkan pelatihan komputer dan internet gratis yang diadakan Perum LKBN ANTARA Perwakilan Kuala Lumpur bekerja sama dengan KBRI Kuala Lumpur dan masyarakat Indonesia di negara ini.

Angkatan pertama pelatihan komputer dan internet yang dimulai Sabtu ini sebanyak 23 orang dan minggu (25/9) terdapat 50 orang lagi dengan masa pelatihan selama tiga bulan (12 kali pertemuan).

Para TKI yang menjadi peserta pelatihan itu meliputi bidang pekerjaan konstruksi, pekerja pabrik , jasa dan lainnya.

Para peserta pelatihan tersebut nantinya akan mengikuti ujian akhir dan bagi yang lulus mendapatkan sertifikat yang diterbitkan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur.

Antusiasme TKI untuk mengikuti pelatihan ini terbilang tinggi sebab mereka datang dari sejumlah wilayah yang jauh dari Luar Kuala Lumpur (tempat pelatihan).

Bahkan ada seorang pekerja sengaja datang dari Johor untuk mengikuti pelatihan tersebut karena berharap bisa menambah ilmu sebagai bekal di kemudian hari dalam mencari pekerjaan yang lebih baik di negara ini ataupun sekembalinya ke tanah air.

"Saya kagum dengan keseriusan para pekerja untuk ikut pelatihan ini meskipun harus datang dari luar kota seperti dari Klang, Selangor bahkan ada yang dari Johor," kata Cipto Saptadji, pengajar materi pengenalan komputer dan internet.

Besarnya minat tersebut, menurut Cipto, menunjukkan mereka ingin lebih terus menimba ilmu sehingga kelak dapat menaikan posisi tawar dalam bidang pekerjaan yang sekarang digelutinya ataupun untuk ke bidang pekerjaan lainnya yang memang mensyaratkan kemampuan ketrampilan menggunakan komputer ataupun internet.

Atase Perdagangan KBRI Kuala Lumpur Ani Mulyati menyambut gembira dengan keberadaan pelatihan untuk para TKI tersebut bahkan dia berharap tidak saja pelatihan mengenai komputer tapi juga bagaimana menumbuhkan jiwa kewirausahaan para pekerja Indonesia di Malaysia ini.

"Saya akan upayakan juga ada pelatihan seperti ini untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan para TKI. Sehingga bila dia sudah kembali ke tanah air memiliki bekal untuk memulai berwiraswasta," kata dia saat melakukan kunjungan ke lokasi pelatihan yang diselenggarakan di resto es teler 77 di Pasar Seni, Kuala Lumpur.

Sementara itu, para TKI berharap mereka juga tidak saja mendapatkan pelatihan di bidang komputer dan internet, tapi juga bisa belajar bahasa Inggris karena di negara ini sangat diperlukan untuk lebih memperlancar pekerjaan.

"Saya ingin bisa belajar bahasa Inggris agar komunikasi dengan para majikan ataupun orang asing lainnya di negara ini semakin mudah," kata pekerja yang datang dari Johor.

TKI Asal Bojonegoro ke Timur Tengah Menurun

Bojonegoro – Calon tenaga kerja Indonesia (CTKI) asal Bojonegoro dengan tujuan ke timur tengah menurun. Calon TKI lebih banyak memilih negara tujuan seperti Hongkong dan Taiwan.

Joko Santoso, Kepala Bidang Pengembangan, Penempatan Kerja, dan Transmigrasi, Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial Pemerintah Kabupaten Bojonegoro mengatakan, turunnya minat calon TKI ke negara-negara timur tengah dipengaruhi banyak hal.

Di antaranya, adanya kebijakan penghentian sementara pengiriman TKI ke Arab Saudi dan tingginya kasus kekerasan yang menimpa TKI yang menjadi pembantu rumah tangga (PRT) oleh majikannya di negara timur tengah. Padahal, sebelumnya pengiriman TKI ke Arab Saudi, Abu Dhabi, Qatar, dan , Malaysia cukup tinggi.

"Minat calon TKI ke negara-negara timur tengah menurun drastis, karena turunya morotorium dari pemerintah atau pemberhentian sementara pengiriman TKI," katanya

Menurut Joko, rata-rata calon TKI asal Bojonegoro yang berangkat ke luar negeri sekitar 15-20 orang per bulan. Namun, sebagian besar berangkat ke Hongkong, Taiwan, dan Korea Selatan. Sedangkan, calon TKI yang ke negara timur tengah hanya sekitar 1-2 orang per bulan.

Sementara di Bojonegoro saat ini memiliki 6 Unit penyuluhan, pendataan dan pendaftaran Calon TKI (UP3CTKI). Calon TKI asal Bojonegoro sebagian besar berasal dari Kecamatan Dander, Purwosari, Kedungadem, dan Temayang. Sebagian besar calon TKI itu berasal dari keluarga petani yang tinggal di daerah pedesaan.

Di sisi lain, pengiriman uang TKI asal Bojonegoro di luar negeri untuk keluarganya di kampung halaman terbilang cukup besar. Pada bulan Agustus lalu, jumlah kiriman uang TKI lewat Kantor Pos Kecamatan Kedungadem sekitar Rp994 juta. Sedangkan, kiriman dari TKI lewat Kantor Pos Kecamatan Baureno mencapai Rp 780 juta.

Menurut Manajer Urusan Pelayanan Luar, Kantor Pos Bojonegoro, Ratna Sulistiyani, pengiriman uang dari para TKI ini kebanyakan mengalir ke daerah yang dikenal sebagai kampung TKI, di antaranya di Kecamatan Kedungadem, Baureno, Dander, dan Purwosari. "TKI dari Bojonegoro, Kecamatan Kedungadem dan Dander yang dari dulu cukup banyak," Ungkapnya. [uuk/kun]

Thursday, September 22, 2011

Do’a, Bacaan Al-Qur’an, Shadaqoh & Tahlil untuk Orang Mati

Apakah do’a, bacaan Al-Qur’an, tahlil dan shadaqoh itu pahalanya akan sampai kepada orang mati? Dalam hal ini ada segolongan yang yang berkata bahwa do’a, bacaan Al-Qur’an, tahlil dan shadaqoh tidak sampai pahalanya kepada orang mati dengan alasan dalilnya, sebagai berikut:

وَاَنْ لَيْسَ لِلْلاِءنْسنِ اِلاَّ مَاسَعَى

“Dan tidaklah bagi seseorang kecuali apa yang telah dia kerjakan”. (QS An-Najm 53: 39)

Juga hadits Nabi MUhammad SAW:

اِذَامَاتَ ابْنُ ادَمَ اِنْقَطَعَ عَمَلُهُ اِلاَّ مِنْ ثَلاَثٍ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ اَوْعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ اَوْوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُوْلَهُ

“Apakah anak Adam mati, putuslah segala amal perbuatannya kecuali tiga perkara; shadaqoh jariyah, ilmu yang dimanfa’atkan, dan anak yang sholeh yang mendo’akan dia.”

Mereka sepertinya, hanya secara letterlezk (harfiyah) memahami kedua dalil di atas, tanpa menghubungkan dengan dalil-dalil lain. Sehingga kesimpulan yang mereka ambil, do’a, bacaan Al-Qur’an, shadaqoh dan tahlil tidak berguna bagi orang mati. Pemahaman itu bertentangan dengan banyak ayat dan hadits Rasulullah SAW beberapa di antaranya :

وَالَّذِيْنَ جَاءُوْامِنْ بَعْدِ هِمْ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَااغْفِرْلَنَا وَلاِءخْوَنِنَاالَّذِيْنَ سَبَقُوْنَا بِاْلاِءْيمن

“Dan orang-orang yang datang setelah mereka, berkata: Yaa Tuhan kami, ampunilah kami dan ampunilah saudara-saudara kami yang telah mendahului kami dengan beriman.” (QS Al-Hasyr 59: 10)

Dalam hal ini hubungan orang mu’min dengan orang mu’min tidak putus dari Dunia sampai Akherat.

وَاسْتَغْفِرْلِذَنْبِكَ وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنتِ

“Dan mintalah engkau ampun (Muhammad) untuk dosamu dan dosa-dosa mu’min laki dan perempuan.” (QS Muhammad 47: 19)

سَأَلَ رَجُلٌ النَّبِىَّ صَلَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ يَارَسُوْلَ اللهِ اِنَّ اُمِى مَاتَتْ افَيَنْفَعُهَا اِنْ تَصَدَّقْتَ عَنْهَا ؟ قَالَ نَعَمْ

“Bertanya seorang laki-laki kepada Nabi SAW; Ya Rasulullah sesungguhnya ibu saya telah mati, apakah berguna bagi saya, seandainya saua bersedekah untuknya? Rasulullah menjawab; yaa berguna untuk ibumu.” (HR Abu Dawud).

Dan masih banyak pula dalil-dalil yang memperkuat bahwa orang mati masih mendapat manfa’at do’a perbuatan orang lain. Ayat ke 39 Surat An-Najm di atas juga dapat diambil maksud, bahwa secara umum yang menjadi hak seseorang adalah apa yang ia kerjakan, sehingga seseorang tidak menyandarkan kepada perbuatan orang, tetapi tidak berarti menghilangkan perbuatan seseorang untuk orang lain.

Di dalam Tafsir ath-Thobari jilid 9 juz 27 dijelaskan bahwa ayat tersebut diturunkan tatkala Walid ibnu Mughirah masuk Islam diejek oleh orang musyrik, dan orang musyrik tadi berkata; “Kalau engkau kembali kepada agama kami dan memberi uang kepada kami, kami yang menanggung siksaanmu di akherat”.

Maka Allah SWT menurunkan ayat di atas yang menunjukan bahwa seseorang tidak bisa menanggung dosa orang lain, bagi seseorang apa yang telah dikerjakan, bukan berarti menghilangkan pekerjaan seseorang untuk orang lain, seperti do’a kepada orang mati dan lain-lainnya.

Dalam Tafsir ath-Thobari juga dijelaskan, dari sahabat ibnu Abbas; bahwa ayat tersebut telah di-mansukh atau digantikan hukumnya:

عَنِ ابْنِى عَبَّاسٍ: قَوْلُهُ تَعَالى وَأَنْ لَيْسَ لِلاِءنْسنِ اِلاَّ مَا سَعَى فَأَنْزَلَ اللهُ بَعْدَ هذَا: وَالَّذِيْنَ أَمَنُوْاوَاتَّبَعَتْهُمْ ذُرِيَتُهُمْ بِاِءْيمنٍ أَلْحَقْنَابِهِمْ ذُرِيَتَهُمْ فَأَدْخَلَ اللهُ الأَبْنَاءَ بِصَلاَحِ اْلابَاءِاْلجَنَّةَ

“Dari sahabat Ibnu Abbas dalam firman Allah SWT Tidaklah bagi seseorang kecuali apa yang telah dikerjakan, kemudian Allah menurunkan ayat surat At-Thuur; 21. “dan orang-orang yang beriman, dan yang anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan, kami pertemukan anak cucu mereka dengan mereka, maka Allah memasukkan anak kecil ke surga karena kebaikan orang tua.”

Syaekhul Islam Al-Imam Ibnu Taimiyah dalam Kitab Majmu’ Fatawa jilid 24, berkata: “Orang yang berkata bahwa do’a tidak sampai kepada orang mati dan perbuatan baik, pahalanya tidak sampai kepada orang mati,” mereka itu ahli bid’ah, sebab para ulama’ telah sepakat bahwa mayyit mendapat manfa’at dari do’a dan amal shaleh orang yang hidup.

KH Nuril Huda
Ketua Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU)

Wednesday, September 21, 2011

Gus Dur layak jadi pahlawan nasional

Pamekasan - Wakil Ketua DPRD Pamekasan, Madura, Jawa Timur Khairul Kalam menilai, mantan Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur layak mendapat penghormatan sebagai pahlawan nasional, karena jasa-jasa terhadap bangsa selama ini.

"Dia sangat berjasa dalam hal demokratisasi, wawasan kebangsaannya sangat bagus, iklusif dalam hal pemikiran serta menghargai perbedaan," kata Khairul Kalam di Pamekasan, Selasa.

Tidak hanya itu saja, menurut Khairul Kalam, Gus Dur semasa hidup juga dikenal sebagai tokoh perdamaian, bahkan pembela kelompok minoritas.

"Pahlawan dalam konteks kekinian hemat saya adalah seperti Gus Dur. Bukan lagi memanggul senjata, akan tetapi memerangi hal-hal yang bersifat tirani dan tidak manusiawi. Nah Gus Dur itu orangnya seperti itu," kata Khairul Kalam.

Gus Dur tidak termasuk dari 22 nama yang diusulkan menjadi calon pahlawan ke Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri, meski sebelumnya banyak kalangan menginginkan agar Gus Dur dijadikan sebagai pahlawan nasional.

Mantan Presiden lain yang juga sempat diusulkan menjadi pahlawan nasional adalah mantan Presiden Soeharto.

"Tapi hemat saya, Gus Dur ini masih lebih baik dengan pertimbangan pemikirannya itu," kata Kahirul Kalam menjelaskan.

Politisi dari Partai Demokrat ini lebih lanjut menyatakan, hal yang juga patut menjadi pertimbangan adalah upayanya dalam memperjuangkan pluralisme dan kebebasan berfikir.

Pahlawan Nasional adalah gelar yang diberikan oleh Pemerintah kepada seseorang warga Negara Indonesia yang semasa hidupnya melakukan tindak kepahlawanan dan berjasa sangat luar biasa bagi kepentingan bangsa dan negara.

Gelar pahlawan nasional biasanya dianugerahkan pada Hari Pahlawan setiap 10 November. Untuk menyandang gelar tersebut harus memenuhi ketentuan dan syarat tertentu serta lolos seleksi pencalonan.

Nama-nama yang dicalonkan merupakan usul tertulis dari masyarakat secara berjenjang kepada bupati-wali kota yang meneruskan ke gubernur melalui dinas sosial setempat hingga akhirnya ke Kementerian Sosial.

Lebih lanjut usul nama tersebut akan diproses oleh Dewan Gelar, Tanda Kehormatan, dan Tanda Jasa yang dipimpin Menko Polhukam yang akan menyaring lebih lanjut.

Terkait dengan usulan menjadikan Gusdur sebagai pahlawan nasional, Kelompok yang dulunya getol mengusulkan sebagian aktivis NU dan fungsionaris partai politik yang pernah dipimpin Gus Dur. ((ant)

Disertai Gemuruh, Gunung Marapi Meletus


Bukittinggi - Gunung Marapi di Koto Baru, Kecamatan X Koto, Bukittinggi, Kabupaten Agam, dan sebagian di Kabupaten Tanahdatar meletus, Selasa (20/9/2011) petang sekitar pukul 18.30 WIB.

Letusan gunung terlihat dari kejauhan di Bukittinggi, tepatnya saat azan Maghrib berkumandang. Terlihat kepundan gunung mengeluarkan api yang disertai semburan abu vulkanik dan suara gemuruh.

Afrizal, warga Bukittinggi, menyebutkan, letusan gunung yang terlihat dari Kota Bukittinggi. Pancaran cahaya api, katanya, sangat jelas dan disertai suara gemuruh. "Pancaran api dari kawah gunung membuat saya takut. Api yang keluar dari kawah gunung itu sangat besar. Pancaran cahaya api itu terlihat sangat jelas sekali."

Dia mengaku khawatir ketika letusan yang disertai api dari dalam kawah, akan menimbulkan lahar yang nantinya bisa sampai ke Bukittinggi.

Yulia Ningsih, warga Sungai Puar, yang merupakan daerah yang berada di kaki gunung mengaku tidak takut dengan letusan gunung disertai pancaran api itu. "Saya sudah sering melihat gunung mengeluarkan api. Bagi kami yang tinggal di Sungaipuar ini, letusan gunung dengan mengeluarkan cahaya api sudah hal biasa," katanya.

Kata dia, letusan gunung dengan memancarkan cahaya api terjadi pada malam hari dan terlihat sangat indah. "Letusan Maghrib tadi terlihat sangat dahsyat. Pancaran api yang keluar dari kawah gunung masih dalam kondisi biasa. Sekitar 10 tahun yang lalu, letusan gunung sempat mengeluarkan lahar yang jatuh ke bawah," ucapnya.

Pada Selasa pagi, gunung telah mengeluarkan debu vulkanik, sekitar pukul 06.45 WIB. Kepulan asap hitam terlihat dari Bukittinggi.

Petugas pengamatan Gunung Marapi Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (BGPVMB) Ujang mengakui, sekarang Gunung Marapi kembali mengeluarkan debu vulkanik yang bercampur belerang dari kepundannya.

Dia menambahkan, masyarakat di sekitar kawasan Gunung Marapi diminta selalu waspada karena berstatus waspada level II. [ant]

Sunday, September 18, 2011

Mobil Ringan Mankjubkan Masa Depan Audi


London – Mobil berbentuk seperti laba-labar Audi ini diberi nama Spyder. Raksasa pembuat mobil Jerman ini mengungkap konsep aneh barunya di Frankfurt Motor Show. Seperti apa?

Audi mengklaim, mobil berpenumpang dua ini ditenagai baterai dengan roda 21 inci yang membuatnya ideal untuk ‘tur kota’. Mobil ini memiliki dua mesin listrik dan kokpit yang terbuat dari serat karbon yang diperkuat polymer.

“Mobil ini tak sesuai untuk mobil konvensional karena memadukan elemen mobil balap, santai dan kota,” ungkap Audi.

Hal ini dikarenakan seperti dikutip Dailymail, tempat duduk pada mobil ini cukup rendah dan sedikit terhuyung serta pintu mobil ini terbuka secara diagonal ke atas.

Menariknya, mobil ini memiliki ukuran mobil kota yang mampu digunakan balapan di jalanan kota. “Konsep Audi ini dikembangkan dengan prinsip ketat konstruksi ringan, efisien dan reduksi,” ungkap juru bicara produsen mobil itu. [mor]

Indonesia raih "The Best Performance" festival Turki

Kairo (ANTARA News) - Kontingen Sekolah Menengah Pertama (SMP) Labschool Kebayoran, Jakarta, yang mewakili Indonesia dalam menyemarakkan festival seni dan budaya internasional di Turki berhasil meraih kategori "The Best Performance".

"Kontingen Indonesia memperoleh dua kategori penghargaan, yakni "The Best Performance" dan "The Best Participation" dalam "International Bodrum Folkdance Festival" di Turki," kata Afrizal Akmal dari unsur orang tua murid SMP Labschool Kabayoran kepada ANTARA Kairo, Ahad (18/9) dini hari.

Penghargaan tersebut diterima kontingen Indonesia dalam acara penutupan Festival pada Sabtu (17/9) malam waktu setempat atau Ahad dini hari WIB, katanya.

Kontingen SMP Labschool Kebayoran yang beranggotakan 22 murid dalam festival itu menyajikan beragam pertunjukan seni dan budaya Indonesia dan selalu mendapat sambutan hangat hadirin.

Festival seni budaya yang berlangsung selama sepekan dari 13-18 September 2011 di Bodrum, kota wisata pesisir pantai Laut Mediterania, itu diikuti belasan negara.

Kontingen Indonesia itu menampilkan kebolehan mereka, antara lain, Tari Lenggang Nyai, Tari Giring-Giring, Tari Saman dan Tari Piring yang diiringi oleh musik tradisional Indonesia.

"Semua tarian itu mencuri perhatian publik, terlebih lagi Tari Saman yang energik disambut hangat penonton dengan tepuk tangan meriah," tutur Afrizal.

Panitia festival menyatakan sangat puas dengan penampilan dari para penari dan pemusik dari Indonesia serta meminta untuk dapat melakukan pementasan tambahan di luar acara festival di kota Didim Belediyesi, sekitar 1,5 jam perjalanan darat dari Kota Bodrum.

Media massa setempat juga memuat berita meriahnya penampilan kontingen Indonesia tersebut.

Bahkan, beberapa kontingen negara lain meminta kontingen Indonesia untuk memberikan pengenalan tari-tarian dan alat musik yang dibawakan dan sempat dilakukan kolaborasi dadakan secara bersama.

Kepala Sekolah SMP Labschool, Ukim Komarudin, MPd, dalam sambutan pelepasan kontingen pada 12 September, mengemukakan bahwa kegiatan tari dan musik Tradisional di sekolah yang beralamat di Jalan KH Ahmad Dahlan No. 14, Kebayoran, Jakarta, itu merupakan salah satu aktivitas ekstra kurikuler yang sangat aktif.

"Kegiatan penampilan tari dan musik tradisional itu selain dilakukan untuk mengisi acara-acara internal sekolah, juga di luar sekolah seperti mengisi kegiatan UNESCO, Lembaga Pertukaran Budaya dan di Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata.

Selain itu, mereka ikut pula kejuaraan tari di Jakarta dan kegiatan pertukaran pelajar, baik antar propinsi maupun dengan negara lain seperti "Sister School Program" di Sydney dan Melbourne, Australia.

Menurut Dina Bayundani, Ketua Tim Orang Tua Murid SMP Labschool Kebayoran, keikutsertaan festival di Turki ini merupakan salah satu kontribusi untuk memperkenalkan budaya seni tari dan musik Indonesia di dunia Internasional.

Disebutkan, pendanaan kontingen pimpinan Wahyudi Sumantoro ini diperoleh dari swadaya sekolah dan sumbangan dari para orang tua muris serta dukungan dari para sponsor setelah berkoodinasi dengan Instansi terkait, seperti Kementerian Budpar dan KBRI Ankara.

KBRI Ankara menyampaikan apresiasi kepada kontingen SMP Labschool Kebayoran yang telah berupaya melakukan penampilan terbaik, sehingga nama negara dan budaya Indonesia lebih dikenal oleh masyarakat Turki dan di mata dunia.

Usai festival di Kota Bodrum, Kontingen SMP Labschool Kebayoran bertolak ke Istanbul pada 18 September 2011 untuk melanjutkan kegiatan study tour selama tiga hari di kota perlabuhan bersejarah tersebut.

Selama di Istanbul, kegiatan akan mencakup kunjungan ke situs-situs kebudayaan dan beberapa kegiatan city tour.

"Dengan kegiatan studi tour ini diharapkan agar para siswa-siswi SMP Labschool Kebayoran selain mengemabn misi sebagai duta bangsa Indonesia, juga memahami kebudayaan Turki, salah satu negara sahabat erat Indonesia itu.

Kontingen SMP Labschool Kebayoran direncanakan akan tiba kembali di tanah air pada 21 September 2011 sekitar jam 17.25 dengan penerbangan Turkish Airlines.

Kasus Korupsi di Madiun Meningkat


MADIUN, KOMPAS.com — Jumlah kasus dugaan korupsi yang ditangani oleh penyidik Kejaksaan Negeri Madiun, Jawa Timur, tahun 2011 meningkat dibandingkan sebelumnya. Itu belum termasuk kasus dugaan korupsi yang sudah terjadi, tetapi belum tertangani karena keterbatasan jumlah penyidik.

Kepala Kejaksaan Negeri Madiun Ninik Mariyanti mengungkapkan, sampai dengan bulan September 2011 saja ada 10 kasus korupsi yang dibidik dan sebanyak delapan kasus di antaranya sudah ditangani. Bahkan, bulan September ini kejaksaan siap melimpahkan lima kasus ke pengadilan.

Jumlah kasus yang ditangani naik dibandingkan tahun 2010 di mana selama satu tahun hanya 9 kasus korupsi yang ditangani. ”Itu pun semuanya dari polisi. Kalau tahun ini delapan kasus dari kejaksaan dan dua kasus dari polisi,” kata Ninik.

Lima kasus korupsi yang siap dilimpahkan ke pengadilan, antara lain, dugaan korupsi lembaga keuangan kelurahan, penyelewengan dana bantuan perkuatan modal untuk koperasi brem, dan penyelewengan proyek pembangunan plengsengan.

Saturday, September 17, 2011

Gus Ipul: NU Harus Jaga Manhab



Malang (beritajatim.com) - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf meminta para petinggi Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Malang mempertahankan sistem manhab yang sudah dimiliki NU. Manhab ini harus dipelihara dan dipertahankan. Serta, para Kyai NU harus melestarikan dan mengembangkannya. Tujuannya adalah, agar umat terjaga dan tidak terjebak pada aliran yang sesat.

"Jangan melenceng dari sistem manhab. NU, harus menjaga umat agar tak masuk aliran sesat," ungkap Gus Ipul, panggilan akrab Wakil Gubernur, Sabtu (17/9/2011), saat membuka Konfrensi Cabang (Konfercab) NU Kabupaten Malang, di Pondok Pesantren Roudlotul Muhsinin Al Maqbul Desa Kuwolu, Kecamatan Bululawang.

Ditegaskan Gus Ipul yang juga menjabat Ketua PBNU Jawa Timur itu, perlunya petinggi dan warga NU untuk kembali menjaga sistem manhab, karena akhir-akhir ini banyak yang mempermasalahkan hal-hal mendasar dari NU.

Salah satu contohnya adalah, tentang adanya tahlil. Tahlil, banyak yang mempermasalahkannya. Seorang Kyai, apa yang diwariskannya tidak akan dibantah. Karena apa yang diwariskan adalah dicontohkan Rasulullah. Sehingga, sistem manhab harus selalu dijaga.

"Umat harus diselamatkan dari aliran dan ajaran sesat. Itu sebabnya, NU harus menjaga sistem manhab kembali," terangnya. [yog/but]

Indonesia-Malaysia mulai bahas pengiriman kembali TKI


Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Malaysia mulai membahas pengiriman kembali TKI sektor pekerja domestik pasca-penandatanganan amandemen MoU penempatan dan perlindungan TKI sektor tersebut.

Pertemuan bilateral dilakukan kedua negara melalui forum Joint Task Force (JTF) atau satuan tugas gabungan untuk membahas persiapan-persiapan teknis dan pelaksanaan kesepakatan kedua negara dalam rangka penempatan kembali Tenaga Kerja Indonesia (TKI) domestic worker/penata laksana rumah tangga (PLRT) di Malaysia.

"Pertemuan bilateral dalam tim satgas gabungan ini bertujuan mengawal implementasi MoU dengan memberikan solusi nyata dan bantuan penyelesaian yang tepat terhadap berbagai permasalah yang muncul di lapangan," kata Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja (Binapenta) Kemenakertrans Reyna Usman dalam keterangan pers di Jakarta, Jumat.

Sebelumnya, MoU penempatan dan perlindungan TKI sektor domestik ditandatangani Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar dan Menteri Sumber Manusia Malaysia, Datuk DR. S Subramaniam pada 31 Mei 2011 di Bandung.

Reyna mengatakan satgas gabungan atau JTF melakukan pembahasan bersama mengenai sinkroniasi langkah-langkah persiapan penempatan kembali TKI Domestic Worker ke Malaysia.

"Pembahasan di JTF ini sangat bersifat teknis untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang muncul di kedua negara. Secara struktural, JTF ini berada dibawah Joint Working Group (JWG), sehingga JTF secara berkala kepada JWG," katanya.

Setelah beberapa kali melakukan pertemuan JTF, Reyna mengatakan kedua belah pihak telah mencapai beberapa kesepakatan penting yang mengakomodir dan menguntungkan kedua belah pihak.

"Intinya kedua belah pihak telah sepakat dalam skema penempatan yang telah diformulasikan bersama untuk memudahkan kedua belah pihak dalam melakukan fasilitasi penempatan, terutama peningkapan aspek perlindungan TKI di Malaysia," paparnya.

Kesepakatan lainnya adalah format baru perjanjian kerja yang memuat batasan gaji TKI, mekanisme pembayaran melalui perbankan, libur sehari dalam seminggu serta TKI berhak memegang pasport dan lain-lain.

"Perjanjian kerja ini harus di-endorse (disetujui dan disahkan) oleh perwakilan atau kedutaan masing-masing negara untuk memastikan TKI dan pengguna/majikannya mendapatkan hak dan kewajiban sesuai peraturan sehingga tidak ada pihak yang dirugikan," kata Reyna.

Kedua negara juga akan melakukan registrasi terhadap PPTKIS maupun agensi yang menempatkan TKI Ke Malaysia dan membuat surat perjanjian kesanggupan untuk memenuhi kewajibannya terhadap "cost structure" (biaya penempatan) dan kewajiban lainnya.

Sedangkan untuk "working permit" atau ijin kerja, Reyna menyebut hanya akan dikeluarkan pemerintah Malaysia bila calon TKI telah memiliki KTKLN.

Untuk memastikan calon TKI PLRT telah memenuhi persyaratan dan dokumen, kedua negara juga akan membentuk sistem informasi TKLN (SISKO TKLN) yang bisa diakses Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta untuk melakukan pengecekan bersama.

"Selain itu, kedua negara sepakat menerapkan law enforcement secara tegas terhadap agency/PPTKIS yang tidak melakukan penempatan TKI sesuai dengan kesepatakan amandemen MoU penempatan dan perlindungan TKI domestic worker di Malaysia," kata Reyna.

Malaysia hargai warga RI hadiri HUT Malaysia

Kuala Lumpur (ANTARA News) - Perdana Menteri Malaysia Najib Tun Razak mengucapkan terima kasih kepada warga Indonesia yang menghadiri perayaan ke-54 kemerdekaan Malaysia dan 48 tahun Hari Malaysia yang berlangsung meriah di lapangan Dataran Merdeka, Kuala Lumpur, Jumat.

"Sampaikan salam saya kepada rakyat Indonesia," kata Najib saat memberikan salam kepada para wartawan senior dan sejumlah pemimpin redaksi media massa dari Indonesia yang menjadi tamu kehormatan dalam acara perayaan tersebut.

Najib juga menyempatkan bersalaman dengan Kuasa Usaha Ad Interim Kedutaan Besar Republik Indonesia Mulya Wirana yang juga menjadi tamu kehormatan dalam acara tersebut.

Kehadiran para wartawan senior dan pemred dari Indonesia tersebut atas undangan langsung dari Kementerian Penerangan, Komunikasi, dan Kebudayaan Malaysia.

Selain menghadiri perayaan tersebut, rombongan juga sudah melakukan pertemuan dengan Menteri Penerangan, Komunikasi dan Kebudayaan Malaysia Rais Yatim, termasuk mengunjungi sejumlah media massa di Malaysia.

Para wartawan senior itu adalah Direktur Pemberitaan LKBN ANTARA yang juga Ketua Ikatan Setiakawan Wartawan Malaysia-Indonesia (Iswami) Saiful Hadi, Pemred Harian Jurnas juga Penasehat Iswami Asro Kamal Rokan, Kepala Pemberitaan Korporat Tempo Group Toriq Hadad, Ketua Dewan Kehormatan PWI Tarman Azzam, GM Internal Affair TVOne Totok Suyanto, CEO PT Padang Intermedia Zaili Asril.

Menurut Saiful Hadi, menghadiri acara tersebut merupakan bagian dari upaya Iswami untuk lebih mendekatkan hubungan diplomasi antarmasyarakat kedua negara.

"Ini merupakan yang pertama kali kami dari insan pers Indonesia diundang secara resmi untuk acara kenegaraan Malaysia," katanya.

Dalam rangkaian kegiatan ini, Rais Yatim pada pekan depan juga akan berkunjung ke Sumatera Barat guna lebih mendekatkan hubungan kedua negara serumpun, termasuk untuk mengunjungi tanah kelahiran keluarga Rais Yatim yang berasal dari Bukittinggi.

"Selain untuk bersilaturahim dengan masyarakat Minang, saya juga akan bertemu dengan Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring, dan ini merupakan pertemuan rutin antara kedua kementerian," katanya.

Sementara itu, dalam acara hari kemerdekaan Malaysia, sejumlah perwakilan negara asing yang ada di Malaysia juga tampak hadir di tribun tamu kehormatan.

Lebih dari 100 ribu orang memadati lapangan Dataran Merdeka, Kuala Lumpur, Malaysia untuk ikut memeriahkan perayaan tersebut. Mereka datang sejak pagi dan memadati ruas jalan di Dataran Merdeka sambil melambai-lambaikan bendera Malaysia.

Dalam acara tersebut juga tampak hadir Duli Yang Maha Mulia Sultan Mizan Zainal Abidin, mantan Perdana Menteri Tun Mahathir Muhamad, Perdana Menteri Najib Tun Razak, Wakil Perdana Menteri Muhyiddin Yasin dan jajaran menteri dalam kabinet Pemerintahan Malaysia.
(N004/A011

Thursday, September 15, 2011

Dua WNI Asal Jatim Di Vonis 12 Tahun Penjara Karena Merampok

Kuala Lumpur - Dua warga negara Indonesia asal Jawa Timur Gatot Prasetyo, 26 tahun, dan Rotab Muhamad, 23 tahun, di vinis 12 tahun dan 2 kali cambuk .

Dalam sidang yang digelar di Mahkamah Sesyen Shah Alam, Kamis, 15 September 2011, hakim tunggal Aslam bin Zainuddin menjatuhkan hukuman kepada kedua wni itu ,setelah keduanya mengaku bersalah .

Bersama dua orang temannya, Gatot dan Rotab didakwa telah melakukan perampokan dengan menggunakan senjata api di Jalan Aquatik Nomor 6 13/66, Seksyen 13, Shah Alam pada 9 September 2008.

Pencurian barang berharga berupa emas, handphone, serta jam tangan bermerek tersebut berhasil digagalkan oleh anggota polisi yang datang ke tempat kejadian. Dua orang pelaku meninggal karena ditembak di tempat. Sementara Gatot dan Rotab berhasil ditangkap.

PRT Indonesia Raih Diploma Atas Biaya Majikan di Malaysia


(Sarmini (tengah) dan majikannya saat diwisuda)

Kuala Lumpur - Sepasang suami istri berkebangsaan Malaysia membiayai penuh pendidikan diploma pembantu rumah tangga (PRT) mereka yang berasal dari Indonesia. Hal itu dilakukan pasangan tersebut untuk memperbaiki standar kehidupan TKI bernama Sarmini Muhyadi tersebut.

Tan Choo Tang (56) dan istrinya Wee Phooi Kuan (47) memutuskan untuk membantu Sarmini agar bisa menempuh studi manajemen di Universitas Terbuka Malaysia. Semua biaya pendidikan Sarmini ditanggung pasangan tersebut.

Upaya tersebut membuahkan hasil pada Juni lalu ketika Sarmini meraih gelar diplomanya. Bahkan saat ini wanita berumur 28 tahun itu menduduki sebuah posisi di perusahaan swasta di Indonesia.

"Kami tahu bahwa Sarmini punya banyak potensi untuk sukses karena dia pekerja keras," kata majikan Sarmini, Tan seperti dilansir harian Malaysia, The Star, Kamis (15/9/2011).

"Kami mendukung dia selama empat tahun sehingga dia tak akan menyerah," imbuh Tan. Dikatakannya, biaya pendidikan Sarmini selama empat tahun adalah sebanyak 5 ribu ringgit.

Atas upaya tersebut, majikan Sarmini mendapat penghargaan F&N Outdo Yourself Award (OYA) di negeri jiran itu. Keduanya termasuk di antara 7 orang yang menerima penghargaan tersebut. Mereka masing-masing mendapat hadiah uang sebesar 5 ribu ringgit, sertifikasit, piagam dan produk-produk F&N.

Tuesday, September 13, 2011

Warga Aceh Di Vonis 13 Tahun Penjara,Lolos Dari Hukuman Mati

Pengadilan Tinggi Shah Alam Selangor menjatuhkan hukuman 13 tahun dan 10 kali cambuk kepada Warga negara Indonesia ,asala Aceh Bustami Abdurrahman 37 tahun

Hakim tunggal pengadilan Tinggi Shah Alam Datok Abdul Alim Abdullah Membacakan putusan terhadap terdakwa ini hari 13/9/2011.

Jaksa penuntut umum telah merobah dengan pasal 39 A yaitu ganjaran 20 tahun penjara ,sebelum ini terdakwa telah dituduh dengan pasal 39 B karena tertangkap basa ganja di tanganya seberat 429 gram.Terdawa di tangkap oleh polisi pada 28/4/2010 ,di toko Badik Maju, Bukit Mega sesyen 33 Shah Alam Selangor.

Monday, September 12, 2011

Presiden SBY sambut PM Thailand


(Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (kanan) menyambut kunjungan kenegaraan dari Perdana Menteri (PM) Kerajaan Thailand Yingluck Shinawatra di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (12/9). Kunjungan kenegaraan PM Kerajaan Thailand Yingluck Shinawatra ini merupakan kunjungan kenegaraan pertama kalinya ke Indonesia sejak terpilih menjadi Perdana Menteri menggantikan Abhisit Vejjajiva. (ANTARA/Widodo S. Jusuf)

Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan menyambut kedatangan Perdana Menteri Kerajaan Thailand Yingluck Shinawatra dengan upacara kenegaraan di teras depan Istana Merdeka, Jakarta, Senin.

Kunjungan Yingluck yang membawa 27 anggota delegasi itu adalah yang pertama kali ke Indonesia sejak terpilih sebagai PM Thailand pada awal Agustus 2011.

Yingluck tiba di Bandara Halim Perdanakusuma pada Senin pukul 09.15 WIB dan langsung menuju Istana Merdeka pada pukul 10.00 WIB untuk menghadiri upacara penyambutan kenegaraan.

Setelah upacara resmi dengan memperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia dan Thailand yang diiringi oleh 19 kali dentuman meriam, delegasi kedua negara akan menggelar pertemuan bilateral.

Presiden SBY dan PM Shinawatra kemudian dijadwalkan mengadakan konferensi pers bersama setelah pertemuan bilateral yang dilanjutkan dengan jamuan kenegaraan santap siang di Istana Negara.

Yingluck yang lahir di Chiang Mai pada 21 Juni 1967 itu hanya mengadakan kunjungan singkat di Indonesia tanpa bermalam. Adik mantan PM Thailand Thaksin Shinawatra itu dijadwalkan hanya singgah selama 35 menit di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta.

Setelah upacara peletakan bunga di Taman Makan Pahlawan, Yingluck yang hanya didampingi Menteri Luar Negeri Surapong Tovichackchaikul itu dijadwalkan kembali ke Bangkok, Thailand, pada pukul 14.30 WIB.
(*)

SBY-Yingluck sepakat tingkatkan kerjasama


(Kunjungan kenegaraan PM Thailand Yingluck Shinawatra adalah kunjungan kenegaraan pertamanya ke Indonesia sejak terpilih menjadi Perdana Menteri menggantikan Abhisit Vejjajiva.ANTARA/Widodo S. Jusuf)

Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Indonesia dan Thailand sepakat untuk terus meningkatkan kerjasama di berbagai bidang sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan kedua pihak.

"Ada beberapa hal yang kami diskusikan dengan tujuan untuk lebih meningkatkan kerja sama dan kemitraan pada waktu mendatang," kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyon dalam keterangan pers bersama PM Yingluck Yingluck Sinawatra usai pertemuan bilateral, Senin.

Kedua kepala pemerintahan membahas kerjasama bidang ekonomi, pertanian, perikanan, energi, pariwisata, politik, hukum, dan militer.

Pada 2011, sebut Yudhoyono, total perdagangan Indonesia dan Thailand mencapai 12 miliar dolar AS atau naik 34 persen dari total volume perdagangan pada 2010.

"Kami percaya pada masa depan masih ada peluang baru untuk meningkatkan kerja sama perdagangan, juga agrobisnis," kata Presiden.

Sementara Yingluck menghargai peran Indonesia dalam peningkatan kerja sama dengan Thailand. Ia sepakat dengan Yudhoyono bahwa kedua negara memiliki hubungan yang sangat baik dan berpeluang untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas kerja sama.

"Kami harus perkuat dan tingkatkan kerja sama. Banyak mitra swasta Thailand berinvestasi di Indonesia terutama di sektor energi, dan Thailand mendukung kerja sama dengan Indonesia dengan dasar sama-sama menguntungkan," katanya.(*)

Sunday, September 11, 2011

MBC Halal Bihalal Dan Silaturahim Sesama Pengurus

Dari : Kuala Lumpur Malaysia
Oleh : Epung Komalasa
Tanggal :11/9/2011





Salam

Meskipun lebaran sudah beralalu 12 hari namun suasan lebaran masih tetap di rayakan oleh semua warga Manusia yang bergama Islam diatas bumi ini.Kalau di Jawa lebaran yang paling rami adalah lebaran ketupatan.

Warga Bawean yang di rantau khususnya yang ada di Malaysia,Singapora pada kebiasaannya akan adakan open hause.Di situ kita akan silaturahim sesama warga Bawean atau warga tempatan.

Hari ini Club Bawean Malaysia (MBC) adakan pertemuan silaturahim atau halal bihalal sesama anggota dan pengurus MBC.Lokasi pertemuan kali ini di tempat ayang agak jauh dikit dengan ibu kota Kuala Lumpur,yaitu di Restoran BINJAI Daman Sara Utama,restoran kepunyaan kawan ketua MBC.

Dalam Pertemuan silaturahim halal bihal MBC hanya di hadiri oleh beberapa pengurus saja,karena para anggotan dan pengurus yang lain menghadiri acara yang lain.Meskipun hanya di hadiri olah beberapa pengurus ianya berjalan seperti yang di rencanakan.

Hadir dalam pertemuan yaitu Fiya ketua MBC,Mr Paman Penasehat,Intin Sekretaris MBC,Ust Hasan Jalil Wakil Ketua,Kak Salima Biro Kebajikan,serta pengurus Yang lain.

Pertemuan silaturahim tersebut mulai jam 3.00 sore sampai dengan 5.30 sore,barmacam-macam kue yang ada,ada bihun goreng,laksa,bubur pisang,buah-buahan dan lain-lain, suasana keakaraban bersalaman tetap terbayang di wajah setiap pengurus MBC kerinduan ke Bawean tetap ada meskipun tidak dapat berlebaran di Bawean.

Saturday, September 10, 2011

Ribuan Pendekar Serbu Madiun

MADIUN, KOMPAS.com — Lebih dari 4.000 pendekar anggota perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Tunas Muda Winongo memasuki Kota Madiun, Jawa Timur, Minggu (11/9/2011).

Mereka datang dari pelbagai kota di Nusantara untuk menghadiri acara halal bi halal dan haul pendiri perguruan silat SH Tunas Muda Winongo di Jalan Dhoho 123, Kelurahan Winongo, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun.

Para pendekar ini tiba di Madiun menggunakan beragam moda transportasi mulai sepeda motor, truk, bus, kereta api, dan angkutan umum.

Ratusan pendekar sempat berkonvoi menggunakan sepeda motor dalam perjalanan menuju ke lokasi acara. Mereka mengenakan pakaian khas atasan hitam dipadu dengan celana hitam dan berikat pinggang selendang warna kuning.

”Undangan resmi hanya 4.000 orang, tapi kami tidak bisa menolak anggota yang ingin datang. Total anggota kami saat ini mencapai 100.000 saudara lebih yang tersebar di seluruh penjuru Nusantara hingga luar negeri mengingat kami memiliki cabang di Belanda dan Timor Leste,” ujar ketua panitia acara, Shidiq Sapta Utomo.

Friday, September 9, 2011

Selamat Ulang Tahun Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hari ini genap berusia 62 tahun

TEMPO Interaktif, Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hari ini genap berusia 62 tahun. Hadiah spesial apa yang diberikan kepada orang nomor satu di negeri ini? Ternyata, SBY lebih memilih untuk tidak dihadiahi bingkisan.

“Bapak kemarin juga berpesan untuk tidak dirayakan, cukup didoakan saja agar beliau bisa mengemban amanah sampai 2014 nanti,” kata juru bicara kepresidenan Julian Adrian Pasha ketika dihubungi, Jumat, 9 September 2011.

Di hari spesialnya, Presiden RI yang ke-6 ini ternyata tidak mengadakan perayaan khusus. Hari ini juga ia masih bekerja seperti biasanya dengan agenda rapat internal mulai pagi hingga sore.

Namun, Julian mengungkapkan, sore nanti selepas pukul 17.00 WIB, rencananya akan ada syukuran kecil-kecilan di Istana Negara. Akan tetapi, katanya lagi, tidak ada undangan khusus untuk acara syukuran hari istimewa pria yang telah menjabat sebagai presiden sejak tahun 2004 silam. “Tapi keluarga biasanya datang," ucap Julian.

Saat ini, di Istana Negara, hadiah berupa karangan bunga juga belum terlihat. Namun, Julian menyebutkan di pagi ini dirinya banyak menerima ucapan selamat ulang tahun berupa pesan pendek atau telepon. Ucapan itu, lanjut Julian, telah disampaikan ke SBY langsung. “Dan beliau mengucapkan banyak terima kasih,” tandasnya.

Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat ini lahir pada 9 September 1949 di Pacitan, Jawa Timur. Beliau meraih gelar Master in Management dari Webster University, Amerika Serikat tahun 1991. Lanjutan studinya berlangsung di Institut Pertanian Bogor dan di 2004 meraih Doktor Ekonomi Pertanian.

Peraih lulusan terbaik AKABRI Darat tahun 1973 ini terus mengabdi sebagai perwira TNI sepanjang 27 tahun. Di tahun 2000, beliau meraih pangkat Jenderal TNI. Menikah dengan Ani Herrawati dan dikaruniai 2 anak lelaki dan seorang cucu perempuan.

Thursday, September 8, 2011

Koruptor Dihukum Mati Saja

Jakarta, NU Online
Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj berpendapat para koruptor yang telah membangkrutkan negara sebaiknya dihukum mati saja agar menimbulkan efek jera kepada pejabat lain agar tidak mencoba-coba melakukan tindakan yang sama.

“Silahkan diatur sendiri, sejauh mana kriteria membangkrutkan negera itu,” katanya, Rabu (7/9).

Pemberian remisi pada hari raya Idul Fitri yang diberikan kepada semua narapidana, termasuk para koruptor, belakangan ini dikritisi masyarakat karena karuptor diangggap sebagai kejahatan luar biasa yang tidak layak untuk mendapat remisi.

Dalam Munas Alim Ulama NU di Pondok Gede tahun 2002, diputuskan sebainya koruptor tidak disholati. Keputusan ini juga merupakan upaya menimbulkan efek jera dengan menggunakan pendekatan agama. “Yang mensholati ngak usaha kiai, cukup keluarganya saja,” paparnya.

Penulis: Mukafi Niam

Friday, September 2, 2011

Kentang Ungu Turunkan Tekanan Darah


KOMPAS.com - Kentang selama ini selalu mendapat reputasi buruk, terutama karena makanan berbahan kentang yang terkenal adalah kentang goreng atau keripik kentang yang tinggi kalori. Padahal, jika diolah dengan benar kentang bisa menyehatkan jantung.

Dalam sebuah penelitian berskala kecil terbukti, kentang (Solanum tuberosum L) bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan menjaga berat badan. Efek kentang tersebut diklaim hampir sama seperti jika kita mengonsumsi oatmeal.

Joe Vinson, seorang profesor kimia di University of Scranton, Pennsylvania, menganalisa18 pasien yang mengonsumsi enam hingga delapan kentang ungu kecil sebanyak dua kali sehari selama satu bulan. Hasil analisa menunjukkan, tekanan darah sistolik dan diastolik masing-masing turun sebesar 3,5 dan 4,3 persen.

Kentang ungu yang dimakan para partisipan studi itu dimasak dengan microwave agar nutrisi penting dalam kentang tidak rusak. Kentang seukuran bola golf itu juga dan tidak diberi topping seperti keju atau krim agar tidak ada tambahan kalori.

Vinson menyebutkan kentang ungu merupakan salah satu jenis kentang yang memiliki antioksdan paling tinggi. Meski begitu pada dasarnya kentang yang berkulit merah dan putih juga memiliki antioksidan.

Lona Sandon, juru bicara American Dietetic Association, mengatakan kentang merupakan bahan pangan yang kaya akan kalium, yang dikenal mampu membantu mengontrol tekanan darah.

"Kentang merupakan makanan pokok yang sehat karena rendah lemak, relatif rendah kalori, dan sarat akan nutrisi, terutama pada bagian kulit," kata Sandon, yang juga seorang asisten profesor gizi di University of Texas Southwestern Medical Center, Dallas.