Sunday, October 30, 2011

Aneka Herbal Penurun Gula Darah

Sejumlah tanaman obat memiliki efek seperti insulin dalam tubuh manusia. Tanaman tersebut menurunkan gula darah yang berlebihan pada penyandang diabetes. Dipadu pola makan dan olahraga, herbal dikonsumsi sesudah makan untuk mengendalikan kadar gala darah.

Jumlah penyandang diabetes melitus belakangan ini di Tanah Air terus meningkat. "Salah satu sebabnya adalah konsumsi terlalu banyak karbohidrat. Berapa banyak pun beras diproduksi di Indonesia, pasti habis. Seharusnya kita mengurangi asupan karbohidrat," ujar Prof. Dr. Sumali Wiryowidagdo, Apt, Kepala Pusat Studi Obat Bahan Alami, Departermen Farmasi Fakultas MIPA Universitas Indonesia.

Terlalu banyak karbohidrat akan menyebabkan produksi gula berlebihan di dalam darah. Gula darah yang berlebihan itu menyebabkan terjadinya penyakit diabetes. Kabar buruknya, bila sudah terkena, diabetes hanya bisa dikendalikan dengan pengendalian gula darah.

"Pengendalian gula darah itu tidak bisa dilakukan dengan pengaturan pola makan semata. Perlu olahraga," kata Prof. Sumali.

Tanaman obat pun bisa dikonsumsi untuk membantu mengendalikan gula darah. "Obat herbal bekerja seperti insulin. Tanaman herbal ini bisa digunakan dalam jangka panjang tanpa efek samping berarti," imbuhnya.

Diungkapkan Dr. Prapti Utami, dokter yang mendalami tanaman obat, tanaman obat berfungsi konstruktif, yaitu membangun kembali jaringan yang rusak serta menyembuhkan komplikasi. Obat herbal bekerja menurunkan gula darah dengan mekanisme menghambat penyerapan gula berkat kadar seratnya yang tinggi.

Tanaman seperti pare bekerja memperbaiki sel beta pankreas. "Ada juga yang merangsang sel beta pankreas gula darah," ujar Dr Prapti.

Untuk diabetesi yang harus mengongurns obat dari dokter agar gula darahnya terkendali, perlu konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi tanaman obat. "Perlu jarak waktu antara minum obat clan minum tanaman obat," kata Prof. Sumali. Berikut adalah beberapa herbal penurun gula darah :

1. Mahkota Dewa

Efek farmakologi: antiradang, obat disentri, sakit kulit, dan eksim.

Cara penggunaan : lima hingga tujuh iris buah mahkota dewa diseduh dengan satu gelas air panas (200 cc). Tutup dan biarkan sebentar agar melarut dulu. Setelah itu minum secukupnya.

2. Brotowali

Efek farmakologi : analgesik (menghilangkan rasa sakit), anti piretik (menurunkan panas)

Cara penggunaan : siapkan 6 cm batang brotowali, cuci bersih, lalu potong-potong. Tambahkan sepertiga genggam daun sambiloto dlan sepertiga daun kumis kucing. Rebus dengan tiga gelas sampai menjadi dua gelas. Diminum setelah makan.

3. Mengkudu

Efek farmakologi : memperbaiki sel beta pankreas dan reseptor insulin yang tidak berfungsi dengan baik.

Cara penggunaan : dua buah mengkudu masak diparut, tambahkan sedikit air kapur. Aduk sampai merata. Peras dengan sepotong kain lalu diminum.

4. Lidah buaya

Efek farmakologi : antiradang, pencahar

Cara penggunaan : 1 lembar lidah buaya dicuci bersih, buang durinya, kemudian dipotong-potong, Rebus lidah buaya dengan tiga gelas air sampai menjadi satu setengah gelas. Minum 3 x1,5 gelas setiap habis makan.

5. Pare

Efek farmakologi : antiradang, sifatnya dingin. Charantin dan polypeptide-P di dalam pare merangsang sel beta pankreas mengeluarkan insulin.

Cara penggunaan : 200 gram buah pare segar dipotong-potong, lalu dijus atau direbus. Kemudian airnya diminum. 6. Teh Hijau

Efek farmakologi : polifenol di dalam teh meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin. Efek teh hijau terhadap insulin ini pernah diteliti oleh Hiroshi Tsuneki dkk dan diterbitkan dalam jumal BMC Pharmacology edisi 2004.

Cara penggunaan : satu sendok tek daun teh hijau diseduh dengan air panas. Minum setelah makan.

Warga asing susupi pemulangan TKI bermasalah dari Saudi

Kairo - Pemulangan ribuan tenaga kerja Indonesia (TKI) bermasalah dari Arab Saudi disusupi belasan warga asing yang postur tubuh mereka mirip orang Indonesia.

Tercatat 14 warga asing sempat menyusup ke dalam rombongan warga negara Indonesia (WNI) bermasalah yang akan dipulangkan ke Indonesia, kata siaran pers KJRI Jeddah yang diterima ANTARA Kairo, Sabtu petang (29/10).

KJRI dalam proses pemulangan tersebut meningkatkan kewaspadaan untuk mencegah terjadinya penyusupan warga asing, katanya.

WNI bermasalah, katanya, diharuskan menjalani Berita Acara Pemeriksaan (BAP) agar Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) tidak jatuh ke tangan warga negara lain yang menyusup ke dalam kumpulan WNI karena kemiripan perawakan.

Sementara itu, para WNI bermasalah yang telah menjalani proses investigasi dan sidik jari dan dinyatakan bersih dari tindak kriminal, akan dipulangkan lebih awal, sedangkan mereka yang tersangkut kasus hukum, tidak akan diberangkatkan hingga kasusnya dinyatakan tuntas, katanya.

Konsul Jenderal RI Jeddah, Zakaria Anshar, di sela kesibukannya sebagai Koordinator Harian Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) 1432 Hijriyah, terus memantau dan mengikuti dari waktu ke waktu semua proses persiapan pemulangan WNI bermasalah tahap akhir yang direncanakan berlangsung dua hari --Ahad dan Senin (30-31/10).

"Semua kelengkapan dokumen harus diteliti dengan cermat agar proses pemulangan berjalan sesuai rencana mengingat tenggang waktu keberangkatan antar-penerbangan dengan jadwal berikutnya cukup mepet," kata Zakaria.

Kepala Bidang Imigrasi KJRI Jeddah, Tubagus Gandarsa, menjelaskan, umumnya TKI bermasalah itu tidak mempunyai dokumen perjalanan dan untuk memperoleh izin keluar (exit only) dari Arab Saudi tidak gampang.

Untuk memastikan kelancaran pemulangan massal itu, tim petugas dibagi ke dalam empat titik kegiatan, yaitu di KJRI Jeddah, Madinatul Hujjaj --yang dijadikan penampungan sementara, tarhil (penjara imigrasi Arab Saudi), dan terminal Barat Bandara King Abdulaziz Jeddah --yang biasa digunakan sebagai terminal deportasi warga negara asing.

Sedianya, pemulangan massal TKI bermasalah yang berjumlah sekitar 1.500 orang tersebut dilakukan 10 kloter haji dari Jeddah, namun dikurangi hanya menjadi lima kloter saja.

Pengurangan kloter itu dilakukan karena sebagian WNI bermasalah telah dipulangkan atas biaya pemerintah Arab Saudi sesuai dengan kesepakatan KJRI Jeddah dan pihak Arab Saudi, katanya.

Pesawat pertama yang mengangkut TKI bermasalah itu dijadwalkan berangkat pada Ahad (30/10) petang waktu Arab Saudi dan dijadwalkan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Senin (31/10) pukul 05:45 WIB.(ant)

Saturday, October 29, 2011

11 Imigran Gelap Ditangani Kantor Imigrasi Madiun

Madiun - Pihak Kantor Imigrasi Kelas II Madiun, Jawa Timur, tengah menangani 11 imigran yang diduga ilegal yang ditangkap anggota Polres Ponorogo di wilayah setempat. Diduga para imigran gelap tersebuut berasal dari Afganistan dan Turki.

"Tadi kita sudah mendapat laporan dari Polres Ponorogo. Dan saat ini staaf saya sudah kesana untuk melakukan pemeriksaan," ujar Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Madiun, Hermasnyah Siregar, Sabtu (29/10/2011).

Hermansyah mengatakan, jumlah imigran yang diduga gelap tersebut mencapai 10 hingga 11 orang. Selain berasal dari Afganistan, ada juga yang berasal dari Turki. Namun hal tersebut masih bisa berubah mengingat ada beberapa yang tidak memiliki paspor.

"Dari 11 orang yang tertangkap ada yang menunjukan paspor Afganistan, Turki dan ada juga yang tidak menunjukan paspor. Jadi kami masih melakukan pemeriksaan lebih mendalam terhadap kasus ini," tutur Hermansyah.

Hermansyah menambahkan, pihaknya juga belum dapat memastikan tindakan yang akan diambil untuk para WNA tersebut. Apakah itu dideportasi atau di bawa ke rumah detensi imigrasi (Rudenim) yang ada di Surabaya.

"Kalau yang tidak punya paspor dan surat surat alias imigran gelap akan langsung kita deportasi. Tapi kalau mereka membawa dokumen dan meminta suaka akan kita tempatkan di Rudenim karena hal itu sudah diatur dalam undang undang internasional," ucapnya.

Dari data Kantor Imigrasi Kelas II Madiun mencatat, kasus pelanggaran keimigrasian di wilayah eks Keresidenan Madiun meningkat sejak dua tahun terakhir. Tahun ini sampai September mencapai 29 kasus. Sedangkan, pada tahun 2010 mencapai 14 kasus dan tahun 2009 tercatat 28 kasus pelanggaran.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya petugas Polres Ponorogo berhasil mengamankan 11 orang WNA yang diduga ilegal saat melakukan operasi di perbatasan Ponorogo-Trenggalek. Saat operasi tersebut berlangsung para WNA tersebut tengah berada di dalam travel menuju Trenggalek. [rdk/but]

Pemerintah siap pulangkan 1.616 TKI "overstayer"

Jakarta - Pemerintah siap memulangkan sebanyak 1.616 TKI "overstayer" di Arab Saudi, begitu proses pendataan ulang dan verifikasi kelengkapan dokumen para TKI/WNI tersebut selesai.

"Berdasarkan informasi dari Dirjen Binapenta Reyna Usman yang memimpin Tim Pemulangan Kemenakertrans, proses pendataan TKI `overstayer` masih terus dilaksanakan dengan teliti," kata Kepala Pusat Humas Kemenakertrans Suhartono dalam keterangan pers di Jakarta, Sabtu.

Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi bekerja sama dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah melakukan proses pendataan ulang dan verifikasi kelengkapan dokumen untuk memastikan para TKI benar-benar siap dipulangkan dan tidak terkait dengan permasalahan atau kasus hukum apapun dengan pemerintah Arab Saudi.

"Berdasarkan data sementara KJRI per tanggal 28 oktober, jumlah TKI yang telah berada di Madinatul Hujjah dan siap dipulangkan berjumlah 1.616 orang. Namun kami akan cek ulang dengan bekerja sama dengan KJRI Jeddah dan pihak tarhil (imigrasi dan deportasi) Arab Saudi," kata Suhartono.

Berdasarkan jumlah SPLP (Surat Perjalanan Laksana Paspor) yang menjadi syarat pemulangan antara 19 September - 27 Oktober terdapat 4.267 orang yang berada di lokasi penampungan Madinatul Hujjah. Namun sebagian besar TKI overstayer telah dipulangkan secara rutin oleh Pemerintah Arab Saudi.

Untuk membiayai kepulangan TKI "overstayer" di Arab Saudi kali ini Kemenakertrans telah mempersiapkan pembiayaannya dari DIPA anggaran APBN Kemenakertrans.

Berdasarkan rapat koordinasi lintas kementerian yang diselenggarakan Menko Kesra, biaya pemulangan TKI overstayer ini mencapai 149 dolar AS per orang.

"Pendataan ulang memang masih terus dilakukan untuk memastikan jumlah TKI Overstayer yang akan dipulangkan. Namun kami berharap pemulangan ini menjadi pemulangan terakhir yang dilakukan pemerintah," kata Suhartono.

Rencananya pemulangan TKI Overstayer ini akan dilakukan pada 30-31 Oktober dengan menggunakan pesawat haji yang kosong sebanyak 5 kloter.

Selama pemulangan para TKI di pesawat terbang akan didampingi oleh beberapa orang perwakilan dari lintas kementerian antara lain Kemenakertrans, Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial dan BNP2TKI.

"Menakertrans telah menginstruksikan kepada BNP2TKI akan melakukan pendampingan bagi TKI mulai dari Jeddah dan sampai ke kampung halamannya masing-masing. Sedangkan biaya pemulangan TKI dari Jakarta sampai ke kampung halaman akan ditanggung oleh Kementerian Sosial," kata Suhartono.(ant)

Friday, October 28, 2011

Buruh Tolak BPJS Jadi Komoditas Pilpres 2014


VIVAnews – Ribuan orang mengepung Gedung DPR RI. Mereka berdemonstrasi menuntut pemerintah dan DPR mengesahkan Rancangan Undang Undang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (RUU BPJS) menjadi Undang Undang.

Demonstran dalam aksi itu terdiri dari gabungan 69 serikat pekerja dan aliansi buruh se-Indonesia. Mereka bersatu dan mengatasnamakan diri sebagai ‘Komite Aksi Jaminan Sosial.’ Selain menuntut pengesahan UU BPJS, mereka juga menuntut UU BPJS segera diberlakukan.

Sekretaris Jenderal Komite Aksi Jaminan Sosial, Said Iqbal mengatakan, Panitia Khusus BPJS dan pemerintah sudah menyepakati bahwa BPJS 1 yang khusus menangani kesehatan, akan beroperasi per tanggal 1 Januari 2014. BPJS 1 ini akan menggantikan Asuransi Kesehatan (Askes).

“Namun untuk BPJS 2 yang meliputi jaminan sosial lain, baru akan ditransformasikan pada 2016,” ujar Said. Pemerintah memang memutuskan menunda pemberlakuan BPJS 2 sampai dua tahun, yakni dari tahun 2014 ke 2016. Padahal, tutur Said, BPJS 2 ini akan menggantikan peran Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) yang meliputi kecelakaan kerja, kematian, dan tunjangan hari tua.

Said berpendapat, sikap pemerintah yang bersikeras menunda pelaksanaan BPJS 2 sampai tahun 2016, patut dipertanyakan. “Ini menjadi tanda tanya bagi rakyat, mengapa waktu transformasi antara BPJS 1 dan BPJS 2 dibedakan? Patut diwaspadai, jangan-jangan uang buruh yang ada di Jamsostek akan digunakan untuk Pilpres 2014,” kata dia.

Oleh sebab itu, Komite Aksi Jaminan Sosial menuntut dilakukannya transformasi serempak pada tahun 2014. Said mengatakan, tak seharusnya ada dua waktu transformasi. “Kami menuntut tahun transformasi BPJS dilakukan serempak pada 2014, agar tidak dijadikan komoditas untuk Pemilihan Presiden (Pilpres),” ujarnya. (eh)

DPR Dikepung Buruh, Sultan-Slipi Lumpuh


Jakarta - Aksi demonstrasi ribuan buruh di depan gedung DPR, membuat arus lalulintas terhambat. Para demonstran menutup seluruh jalan Gatot Subroto di depan DPR.

Dari pantauan INILAH.COM, ribuan buruh ini sudah memadati dari arah flyover Jakarta Convention Centre (JCC) hingga depan gedung DPR. Akibat aksi ini, sejumlah pejabat dan anggota DPR yang hendak menuju paripurna, terpaksa naik ojek. Di antaranya adalah Ketua Komisi II Chairuman Harahap.

Ribuan buruh yang tergabung dalam sejumlah syarikat buruh seperti Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI). Dalam aksinya, mereka sempat melakukan aksi mengheningkan cipta.

Diiringi lagu gugur bunga, ribuan buruh ini larut dalam suasana duka untuk rekan mereka yang tewas di PT Freepot Indonesia. Mereka mendesak agar RUU BPJS yang kini masih alot dibahas di paripurna, segera disahkan. Hingga kini, buruh masih terus berdatangan. [mah]

Thursday, October 27, 2011

Muhaimin: 3000 TKI/TKW ilegal dipulangkan dengan pesawat haji

Pemerintah Indonesia akan memulangkan 3.000 Tenaga Kerja Indonesia/Tenaga Kerja Wanita (TKW) ilegal dari Arab Saudi dalam dua hari ke depan.

"Kami pulangkan dengan menumpang pesawat haji," kata Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar, Rabu.

Menaker yakin waktu dua hari cukup menjemput para TKW, para pahlawan devisa Republik Indonesia tersebut.

Pesawat haji yang dimaksud adalah pesawat yang mengantarkan jamaah calon haji ke Jeddah, ibu kota Arab Saudi. Setelah mengantarkan para calon haji, barulah pesawat-pesawat itu digunakan untuk mengantar para TKI dan TKW pulang kampung.

Menurut Muhaimin, jumlah 3.000 tersebut sudah semuanya dari TKI/TKW bermasalah di Arab Saudi.

"Jadi, insya Allah tidak ada lagi yang ketinggalan," kata Menakertrans di Balikpapan.

Mereka yang dipulangkan ini termasuk mereka yang terpaksa tinggal di terowongan atau di bawah jembatan di Jeddah.

"PKB tetap minta agar kenaikan PT tidak drastis. Sesuai dengan semangatnya."

VIVAnews - Setelah Partai Amanat Nasional (PAN), kini Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengkritik melempemnya Sekretariat Gabungan (Setgab) koalisi. Anggota Pansus RUU Pemilu dari PKB Abdul Malik Haramain mengungkapkan, Daftar Inventaris Masalah (DIM) pemerintah yang menyebut angka ambang batas 4 persen yang sama dengan yang diingikan Partai Demokrat menunjukkan Setgab hanya untuk kepentingan partai besar.

"Setgab hanya berguna untuk kepentingan partai-partai besar. Agendanya diskriminatif dan tidak mempertimbangkan anggota yang lain, saya usul agar dibubarkan saja," kata Abdul Malik di gedung DPR, Jakarta, Kamis 27 Oktober 2011.

Menurut dia, hal itu juga mengindikasikan sikap diskriminatif. Yakni, sikap Demokrat dan Golkar yang memaksakan angka ambang batas 4-5 persen dan memaksakan pemekaran daerah pemilihan.

"PKB tetap minta agar kenaikan PT tidak drastis. Sesuai dengan semangatnya kenaikan PT mestinya bertahap atau gradual, 3 - 3,5 persen," kata dia. "Partai harus mempertimbangkan suara sah yang terbuang atau tidak terkonversi menjadi kursi semakin besar jika PT tinggi."

Sementara, Sekretaris Fraksi Demokrat Saan Mustopa mengungkapkan, pembahasan RUU Pemilu memang menjadi salah satu ujian bagi Setgab dalam mengakomodir anggota setgab yang berbeda-beda. Bagaimana setgab bisa menyelesaikan perbedaan kepentingan anggota setgab.

"Karena ini akan menyangkut masa depan anggota partai. Walaupun kalau optimistis bisa melampaui. Tapi kan tidak semua yakin. Ini ujian dan tantangan," ujar Saan.

Menurut Saan, pembahasan RUU pemilu itu tantangan dan ujian bagi setgab, bagaimana bisa akomodasikan kepentingan. "Ujian setgab itu bukan di soal angket pajak, angket century, tapi justru di UU Pemilu," kata Saan. Saan mengingatkan, anggota partai koalisi semestinya menyampaikan permasalahannya bersama dalam Setgab, sehingga ditemukan kompromi. (eh)

Wednesday, October 26, 2011

Ust Ahmad Mu'idi :Kembali Mimpin Nucim





( Pemberian kenang-kenangan pada Ketua PBNU Bapak Drs Selamat Efendi yang di sampaikan Oleh Mantan Ketua NUCIM Amin Fadila dan di Saksikan Oleh Ketua Tanfid terpilih Drs Ust Ahmad Mu'idi Rafi )

( Para peserta konfrensicab NUCIM yang di adakan di Aula sekolah indonesia Kuala Lumpur pada tanggal 23 Oktober 2011,para peserta adalah perwakilan,mahasiswa,perwakilan pekerja,perwakilan masyarakat dan perwakilan dari ranting-ranting NUCIM)
( seusai konfrensicab NUCIM jajaran kepanitian berfoto bareng)

Salam

Konfrensicab Nucim berjalan dengan mulus dan telah rampung memilih ketua suria yang baru dan ketua tanfids yang baru.Ust Ahmad Mu'idi dan ust Liling terpilih untuk mimpin Nucim untuk preode 2011 - 2014.

Ust lling terpilih sebagai ketua suria dengan cara aklamasi,pada awalnya ada 5 orang yang layak ke puteran kedua ,namun yang 4 orang ngundurkan diri.

Sedangkan ketua tanfidz terpilih ust Ahmad mu'idi adalah yang kedua kali di beri kepercayaan oleh peserta konfrensicab,ianya mengalahkan Ust Marhadi.

Ust Ahmad mendapat 32 suara dan ust Marhadi 22 suara 4 suara absen.Pemilihan ketua tanfid terjadi dua puteran,pada putera pertama 4 peserta yang layak,walau bagaimanapun 2 orang ngundurkan diri.

Konfrensicab Nucim di resmikan oleh kedutaan Besar Indonesia,sebelum masuk ke acara pemilihan ketua suria dan tanfidz acara konfrensicab di adakan dialog terlebih dahulu yang membicarakan ke NU an.Panitia mengundang bapak Selamat Efendi yaitu ketua PBN sebagai nara sumber khusus membicarakan ke Nuan.

Konfrensicab Nucim berlangsung sampai jam 5 sore.

Gunung Lokon Meletus, Semburkan Asap Kelabu

VIVAnews - Aktivitas Gunung Lokon di Provinsi Sulawesi Utara masih tinggi. Sore ini pukul 17.19 WITA, terjadi letusan asap dari puncaknya.

"Terjadi letusan asap kelabu tebal 1.200 meter dari kawah, tertiup angin ke arah Barat Daya," kata Kepala Pusat data dan Informasi BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Rabu 26 Oktober 2011.

Asap, tambah dia, menjauh dari pemukiman yang terletak 3 kilometer dari Kawah Tompaluan. "Letusan diikuti lontaran material pijar sejauh 800 meter di sekitar Kawah Tompaluan," tambah dia.

Letusan pertama, jelas Sutopo, disusul letusan kedua pukul 17.30 WITA dengan ketinggian asap letusan 500 meter dari Kawah Tompaluan. "Hingga kini letusan asap terus berlangsung. Tidak ada laporan tentang korban jiwa," kata dia.

Sutopo menambahkan, status Lokon tetap Siaga. "Daerah aman di luar 2,5 kilometer dari Kawah Tompaluan," tambah dia.

Menurut sejarahnya, Gunung Lokon pernah meletus dahsyat pada tahun 1991. Pada saat itu, seorang pendaki gunung asal Swiss menjadi korban keganasan Lokon. Ia tewas dan jasadnya tak ditemukan, karena tertimbun debu.Tak hanya itu, ribuan warga harus merelakan rumahnya terlahap lahar. (umi)

Satgas TKI matangkan pencabutan moratorium

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar, mengatakan bahwa saat ini satuan tugas Tenaga Kerja Indonesia (Satgas TKI) Indonesia dan juga Malaysia tengah mematangkan langkah pencabutan penundaan (moratorium) pengiriman TKI ke Negeri Jiran tersebut.

"Jadi, semua sudah dalam posisi persiapan dalam langkah lagi. Satgas di Indonesia dan satgas Malaysia mematangkan itu dilaporkan kepada Presiden dan PM Malaysia. Kalau sudah dianggap matang, insyaalah satu Desember segera dibuka," katanya di kompleks Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan, nota kesepahaman (MoU) sudah ditandatangani. Indonesia-Malaysia menurut dia, juga telah sepakat memperbaiki perekrutan dan perlindungan terhadap tenaga kerja Indonesia.

Seperti libur satu hari dalam seminggu. Jika tidak libur, menurut dia, maka harus mendapatkan gaji tambahan. Paspor yang dipegang oleh TKI sendiri dan juga batas minimum gaji yang diberikan.

Namun demikian, ia menilai, pemberlakuan untuk pengiriman kembali TKI ke malaysia, menurut dia tergantung kepada Satgas kedua belah pihak.

"Namun, semua tergantung satgas kedua negara untuk meyakinkan pemimpin negara masing-masing," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan PM Malaysia Najib Razak seusai Pertemuan Konsultasi Bilateral ke-8 Indonesia-Malaysia di kawasan Mandalika, Nusa Tenggara Barat, Kamis sore (20/10).

Menurut Presiden, kerjasama kedua negara di bidang tenaga kerja terus berjalan dan kedua pihak sepakat untuk terus meningkatkan pelayanan melalui amandemen perekrutan dan penempatan tenaga kerja Indonesia di Malaysia.

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia pada 26 Juni 2009 menghentikan pengiriman TKI ke Malaysia karena terjadinya penganiayaan TKI secara beruntun dan beberapa diantaranya berujung pada kematian.

Pemerintah Indonesia kemudian meminta agar dilakukan amandemen pada Nota Kesepahaman Perekrutan dan Penempatan TKI untuk melindungi hak-hak TKI.

Saturday, October 22, 2011

15 Diktator Terbesar Dunia Yang Berhasil Digulingkan

Diktator diidentikan dengan pemerintahan bertangan besi. Seringkali nasib para penguasa ini berakhir tragis. Tewas dibunuh, atau terusir secara menyakitkan dari negaranya sendiri. Majalah Time mengeluarkan daftar 15 diktator terbesar yang berhasil digulingkan. Siapa saja mereka?

1. Muammar Khadafi
Kolonel Muammar Khadafi memerintah Libya selama 42 tahun. Dia mengambil alih kekuasaan saat masih berpangkat Kapten dan berusia 27 tahun pada tahun 1969. Khadafi digulingkan dari kekuasaannya dan ditembak mati pasukan revolusi yang dibantu NATO tanggal 20 Oktober lalu.

2. Saddam Husein
Saddam Husein memimpin Irak sejak tahun 1979. Dia menghadapi AS dan sekutunya dalam dua kali perang. Pada perang teluk kedua tahun 2003, AS dan sekutunya menyerang Irak dengan tuduhan Saddam mengembangkan senjata biologi. Saddam berhasil ditangkap pasukan AS dan dinyatakan bersalah atau kejahatan kemanusiaan. Dia dijatuhi hukuman gantung tahun 2006.

3. Adolf Hitler
Diktator Jerman sekaligus pemimpin Nazi ini mengobarkan perang dunia kedua di seluruh Eropa. Mimpinya mengembalikan kejayaan ras arya membuat dia membunuh jutaan Yahudi. Hitler akhirnya dikalahkan pasukan sekutu. Saat sekutu mencapai Jerman, dia bunuh diri dalam bunkernya.

4. Benito Mussolini
Mussolini adalah seorang fasis yang memimpin Italia. Dia mulai berkuasa saat terpilih sebagai perdana menteri tahun 1922. Saat Italia dikuasai Sekutu, Hitler yang menjadi sekutunya mengirimkan pasukan komando Jerman untuk membebaskan Mussolini dari tahanan Sekutu. Nasib Mussolini berakhir tragis, dia ditangkap simpatisan komunis dan dibunuh di Danau Como, Italia. Mayatnya kemudian digantung terbalik di Piazzale Loreto, Milan.

5. Pol Pot
Hanya 4 tahun Pol Pot dan Khmer Merah memerintah Kamboja. Tapi selama kurun waktu 1975-1979, tidak kurang dari 1,7 juta rakyat Kamboja dibantai. Pol Pot yang dipanggil 'saudara nomor satu' ini membuat Kamboja menjadi ladang pembantaian. Invasi Vietnam ke Kamboja tahun 1978 membuat Pol Pot terdesak dari Phnom Penh. Dia melanjutkan pemerintahannya dari hutan. Sebelum akhirnya persembunyiannya dibocorkan anak buahnya sendiri. Pol Pot tewas saat menjalani tahanan rumah tanggal 15 April 1998.

Majalah Time mengeluarkan daftar 15 diktator terbesar yang berhasil digulingkan. Di Posisi keenam ada Idi Amin, mantan juara tinju yang menjadi penguasa Uganda.

6. Idi Amin
Idi Amin memerintah Uganda selama 8 tahun, dari 1971 hingga 1979. Amin yang menjadi perwira militer ini merebut kekuasaan dari Perdana Menteri Milton Obote. Selama pemerintahannya, Idi Amin mengusir ribuan orang India berkewarganegaraan Inggris dari Uganda. Dia juga diduga melakukan banyak pembunuhan pada lawan-lawannya. Di masa Idi Amin pula ekonomi Uganda morat-marit. Akhirnya pejuang Uganda yang dibantu tentara Tanzania berhasil menggulingkan Idi Amin. Dia kemudian lari ke Libya dan ditampung sahabatnya Muammar Khadafi. Amin akhirnya pindah ke Arab Saudi hingga meninggal di sana tahun 2003.

7. Mobutu Sese Seko
Jenderal Mobutu Sese Seko menjadi Presiden di Kongo sejak tahun 1965 hingga 1967, setelah melakukan kudeta. Dia selalu tampil dengan kopiah bercorak macat tutulnya yang khas. Selama memerintah, Mobutu diduga melakukan banyak pelanggaran HAM. Korupsi merajalela di negara ini. Kekuasaan Mobutu berakhir setelah pasukan Laurent Kabila mengalahkannya. Mobutu kemudian lari ke Maroko dan tewas karena kanker prostat tidak lama setelahnya.

8. Nicolae Ceausescu
Nicolae Ceausescu memerintah Rumania selama 24 tahun. Di era kepemimpinannya, dibentuk polisi rahasia blok timur yang kejam. Selain itu diktator Rumania ini membawa Rumania sebagai satu-satunya negara di Eropa yang mengalami kelaparan dan kekurangan gizi. Dia memerintah dari 1967 hingga 1989, dia juga ketua partai komunis Rumania. Ceausescu akhirnya divonis bersalah atas kejahatan genosida dan ditembak mati di depan regu tembak.

9. Slobodon Milosevic
Slobodan Milosevic akan selalu diingat karena kejahatan perang Serbia-Bosnia. Dalam perang 1992-1995, itu, Milosevic dan pasukan Serbia membantai ribuan penduduk Muslim Bosnia. Dia kemudian diadili sebagai penjahat perang. Dia meninggal dalam selnya tahun 2006. Sementara pengadilan internasional masih mencari sisa pengikut Milosevic yang terlibat aksi genosida pada perang Bosnia.

10. Jean-Claude Duvalier
Jean-Claude Duvalier sering dipanggil 'baby doc'. Sampai saat ini, mungkin dialah orang termuda yang menjadi presiden. Pada tahun 1971, Duvalier baru berusia 19 tahun saat menggantikan ayahnya yang tewas sebagai presiden. Dia segera menjadi otoriter dan mengakibatkan kelaparan dan resesi ekonomi di Haiti. Tahun 1986, karena terdesak keadaan Duvalier melarikan diri ke Perancis. Tahun 2011 saat Haiti dilanda gempa bumi dan krisis politik.

Majalah TIME merilis daftar 15 diktator terbesar dunia yang berhasil digulingkan. Pemerintahan para diktator yang diidentikkan dengan tangan besi, seringkali membuat para penguasa ini bernasib tragis.

Demikian seperti dikutip detikcom dari Majalah TIME, Sabtu (22/10/2011). Pada peringkat 1 sampai dengan 10 diisi oleh nama-nama pemimpin diktator ternama yang diketahui berakhir tragis, seperti Muammar Khadafi, Saddam Husein, Adolf Hitler dan sebagainya. Sedangkan untuk peringkat 11 sampai dengan 15 ditempati mulai Ferdinand Marcos dari Filipina hingga Husni Mubarak dari Mesir.

11. Ferdinand Marcos
Siapa yang tak kenal nama Ferdinand Marcos yang terpilih sebagai Presiden Filipina pada tahun 1964. Selama dua dekade masa pemerintahannya, Marcos Selalu menggaungkan ancaman komunis revolusioner, dan menggunakannya untuk membenarkan aksinya mematikan media dan menangkap beberapa lawan politiknya. Di masa kepemimpinan Marcos, kronisme dan korupsi meluas. Miliaran uang negara disedot ke rekening pribadi Marcos di Swiss.

Pada tahun 1986, Marcos kembali terpilih menjadi Presiden Filipina. Namun pemilu yang diduga dipenuhi kecurangan, intimidasi dan kekerasan ini menjadi titik klimaks bagi dirinya. Marcos akhirnya diturunkan dari jabatannya dalam Revolusi EDSA pada tahun yang sama. Bersama istrinya, Imelda, Marcos melarikan diri dari Filipina. Marcos meninggal di pengasingannya di Hawaii pada tahun 1989.

12. Husni Mubarak
Husni Mubarak yang merupakan mantan Komandan Angkatan Udara Mesir ini, memulai karir politiknya pada 1975 sebagai Wakil Presiden. Mubarak menjabat sebagai Presiden Mesir selama 3 dekade sejak tahun 1981. Di bawah kepemimpinan Mubarak, Mesir menjalin hubungan baik dengan Amerika Serikat. Bantuan miliaran dolar AS berhasil didapatkannya dalam rangka menjaga dukungan untuk Israel dan membasmi politik Islam. Namun, pada 11 Februari 2011, Mubarak yang berusia 83 tahun ini akhirnya mengundurkan diri dari kursinya sebagai presiden menyusul aksi unjuk rasa besar-besaran oleh rakyat Mesir selama 18 hari di awal 2011 yang menewaskan 850 orang.

13. Fulgencio Batista
Fulgencio Batista yang menjabat Presiden Kuba selama 2 dekade ini dikenal sebagai pemimpin diktator yang brutal yang memimpin Kuba sejak 1933. Pada tahun 1944, masa jabatannya berakhir dan Batista pun meninggalkan Kuba. Namun, 8 tahun kemudian, Batista melancarkan aksi kudeta dan berhasil memimpin kembali Kuba. Hampir semua sektor pemerintah dikontrol secara otoriter oleh Batista. Mulai dari ekonomi, kongres, pendidikan, hingga media. Selain itu, Batista juga memperkaya dirinya sendiri dengan uang negara. Batista berhasil dilengserkan dari jabatannya pada tahun 1959, melalui Revolusi Kuba yang dipimpin oleh Fidel Castro. Setelah itu, Batista diketahui kabur ke luar negeri dan berpindah-pindah tempat tinggal, hingga akhirnya meninggal pada 1973 di Guadalamina, Spanyol.

14. Antonio Salazar
Nama Antonio Salazar dinilai menjadi salah satu pemimpin paling otoriter di Benua Eropa. Salazar memimpin Portugal sejak 1932 hingga 1968. Bentuk pemerintahan Salazar disebut nasionalis konservatif, atau sebagian orang menyebutnya fasis. Salazar memegang teguh visi anakronistik, yakni bahwa Portugal masih memiliki kekuatan kekaisaran dan berhak menginvasi koloni-koloninya di selatan Afrika. Rezim Salazar dijuluki 'Estado Novo' atau negara baru, yang membanggakan pertumbuhan dan stabilitas ekonomi, namun masih sarat dengan penindasan. Pada tahun 1960-an, muncul pemberontakan besar-besaran terhadap rezim Salazar di Mozambik dan Angola. Saat menderita pendarahan otak pada tahun 1968, Salazar dilengserkan dari kekuasaannya secara diam-diam. Dan tahun 1974, Revolusi Bunga menandai berakhirnya rezim Salazar.

15. Alfredo Stroessner
Alfredo Stroessner menjadi diktator yang memimpin Paraguay nyaris selama 4 dekade sejak tahun 1954. Rezim Stroessner diwarnai oleh aksi penyiksaan, penculikan dan brutalitas polisi. Stroessner akhirnya berhasil digulingkan pada 1989 oleh para jenderal dalam rezimnya yang khawatir Stroessner mengembleng anaknya, yang pecandu kokain, sebagai penggantinya. Stroessner diketahui meninggal dalam pengasingannya di Brazil pada tahun 2006. Majalah TIME pernah menulis rezim Stroessner merupakan rezim yang bertahan paling lama di antara para diktator lain di negara barat. Rezim Stroessner berada sedikit di belakang rezim diktator Korea Utara, Kim Il Sung.

Pewaris Tahta Raja Arab Saudi Pangeran Sultan Meninggal Dunia

Inna Lillahi wa Inna Ilaihi Rajiun. Telah meninggal dunia calon penerus tahta Kerajaan Arab Saudi, Pangeran Sultan, di usianya yang ke 86 tahun.

Seperti yang diberitakan reuters, Sabtu (22/10/2011), Prince Sultan menghembuskan nafas terakhirnya karena sakit yang dideritanya. Dia sudah menjalani pengobatan di Amerika Serikat sejak Juni 2011.

Siaran televisi di Arab Saudi langsung menghentikan siarannya sejenak sebagai bentuk penghormatan pada keluarga kerajaan. Ayat-ayat quran dikumandangkan lewat radio dan juga televisi sebagai tanda berduka cita.

"Dengan rasa sedih yang mendalam, Raja Abdullah bin Abdulaziz sangat berduka atas kepergian adiknya. (Prince Sultan-red) meninggal subuh hari ini di luar negeri," demikian keterangan resmi dari kerajaan.

Belum ada keterangan sakit apa yang menyebabkan Prince Sultan tutup usia. Sementara itu, pemakaman akan dilangsungkan di Riyadh Selasa, 25 Oktober 2011.

Dengan meninggalnya Prince Sultan, penerus calon pengganti Raja Abdullah adalah Pangeran Nayef. Pangeran Nayef saat ini berusia sekitar 70 tahun dan menjabat sebagai deputi perdana Menteri.

Friday, October 21, 2011

MoU TKI dengan Malaysia Ditentukan 19 November

akarta - Nasib nota kesepahaman (MoU) antara pemerintah Indonesia dan Malaysia mengenai penempatan dan perlindungan tenaga kerja Indonesia di Malaysia akan ditentukan pada November mendatang. Namun penjajakan kedua negara akan terus dilakukan melalui satuan tugas gabungan.

"19 November nanti akan dilakukan evaluasi di Bali antara Satgas terkait MoU," ujar Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar dalam keterangan pers di kantornya hari ini, Jumat, 21 Oktober 2011.

Ia melanjutkan, dalam pertemuan itu akan diupayakan agar MoU bisa disepakati masing-masing pihak. Apabila sudah disetujui, maka pengiriman TKI sektor pekerja domestik ke Malaysia yang sudah dihentikan sementara sejak dua tahun lamanya akan segera dicabut.

"Kalau Joint Task Force sudah berhasil yakinkan Presiden, menteri, dan raja, akan kita izinkan pengiriman kembali dibuka 1 Desember sehingga tidak ada lagi TKI ilegal," katanya.

Muhaimin juga meminta kepada perusahaan pengiriman TKI ke Malaysia agar memenuhi prosedur pengiriman yang benar seperti dalam penggunaan visa. "Agar yang berangkat betul-betul menggunakan visa tenaga kerja, bukan yang lain."

Adapun untuk isi nota kesepahaman tersebut, antara lain soal syarat paspor yang dipegang oleh TKI, mendapatkan jatah libur satu hari dalam seminggu, dan majikan wajib membayar upah dalam jumlah tertentu sesuai kesepakatan perjanjian kerja.

Untuk pembayaran gaji, saat ini disetujui minimal upah yang diberikan sesuai dengan ketentuan pasar yang berlaku, yakni RM (Ringgit Malaysia) 700 per bulan. Potongan gaji bagi penata laksana rumah tangga juga dipastikan hanya RM 1.800 selama bekerja di Malaysia.

Sementara itu, pada pekan lalu, ratusan pelaksana penempatan tenaga kerja Indonesia telah menyepakati kontrak kerja pengiriman TKI ke Malaysia. Dalam kontrak itu, sekitar 200 pelaksana menyepakati untuk melakukan pengiriman apabila seluruh syarat dan persiapan di dalam negeri sudah terpenuhi.

Thursday, October 20, 2011

SBY Minta Moratorium TKI ke Malaysia Dicabut

LOMBOK --Pembahasan soal moratorium Tenaga Kerja Indonesia ke Malaysia menjadi bahasan penting dalam pertemuan antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Perdana Menteri Malaysia Dato' Sri Mohammad Najib Tun Abdul Razak di Novotel Resort Hotel, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis 20 Oktober 2011. Rencananya moratorium tersebut akan dicabut awal bulan Desember nanti.

"Dengan sejumlah perubahan positif meningkatkan perlindungan TKI di Malaysia, maka kami bersepakat pada saatnya nanti Insya Allah pada tanggal 1 Desember sudah bisa kita normalkan kembali kerjasama dibidang ketenagakerjaan,"ujar Presiden SBY dalam konferensi pers usai perteh bmuan bilateral Indonesia-Malaysia, di Lombok Tengah, NTB.

Menurut SBY, kedua negara sepakat untuk terus memberikan perlindungan, pelayanan dan bantuan sebaik-baiknya kepada Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Malaysia. Apalagi mereka juga berkontribusi dalam pembangunan tak hanya bagi Indonesia tapi juga pembangunan ekonomi di Malaysia.

Meski berencana untuk segera mencabut moratorium TKI ke Malaysia, SBY memberikan catatan khusus. "Dengan catatan dan syarat pada tanggal 18 atau 19 November satuan tugas gabungan (join task force) yang memastikan bahwa amandemen itu diimplementasikan dengan baik, akan melapor kepada kami berdua, Insya Allah di Bali pada saat Asean summit dan Asia Summit,"ujarnya.

"Dengan demikian bisa kita putuskan bahwa normalisasi kerjasama dibidang ketenagakerjaan pada tanggal 1 Desember tahun ini. Tentunya kita bisa sama mengevaluasi implementasi lebih lanjut amandemen itu,"kata dia.

Perdana Menteri Malaysia Mohammad Najib mengatakan ini merupakan kabar baik bagi negaranya. Ia berharap nantinya hasil temuan satgas ini menunjukkan hasil positif. Pasalnya, cukup banyak warga Malaysia yang berharap moratorium ini dihentikan. Bahkan mereka menanyakan langsung percepatan penghentian moratorium itu melalui jejaring sosial kepada Najib.

"Sebelum berangkat ke mari, akun twitter dan facebook saya dihujani pertanyaan kapan moratorium ini bisa dicabut. Saya harap tidak ada masalah lagi dan ada penegasan agar tanggal 1 Desember, kebijakan itu dicabut. INi kabar baik dari Pulau Lombok untuk Malaysia,"ujarnya.

Usai Koferensi persi, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar menegaskan ada beberapa perbaikan dalam perjanjian kerja antara TKI sektor domestik dengan para calon majikan di Malaysia. Diantaranya paspor TKI tidak lagi dipegang oleh majikan, tapi disimpan oleh TKI sendiri. "Hak libur satu kali dalam satu pekan dan gaji minimal RM 700 per bulan yang pembayaran gajinya melalui transfer bank agar ada bukti tertulis. Dan pelaksanaannya dikontrol satgas dua negara bila ada pelanggaran,"ujarnya.

Wednesday, October 19, 2011

Inilah Menteri dan Wakil Menteri yang Dilantik

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Rabu (19/10/2011) pagi ini, melantik 12 menteri baru dan 13 wakil menteri baru hasil perombakan kabinet. Pelantikan dilakukan di Istana Negara pada pukul 9.00, dihadiri Wakil Presiden Boediono dan segenap menteri Kabinet Indonesia Bersatu II.

Usai melantik, Presiden akan menyampaikan pidato kebijakan untuk tiga tahun sisa masa jabatannya.

Berikut nama-nama menteri, pejabat setingkat menteri, dan wakil menteri yang dilantik hari ini.

Bidang Politik Hukum dan Keamanan:

1. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia: Amir Sjamsuddin SH (Partai Demokrat) menjabat Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, menggantikan Patrialis Akbar (PAN). Denny Indrayana menjabat Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia

2. Kementerian PAN dan Reformasi Birokrasi: Azwar Abubakar (PAN) menjabat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dibantu wakil menteri Eko Prasodjo

3. Kementerian Luar Negeri: Wardana menjadi Wakil Menteri Luar Negeri (menggantikan Triyono Wibowo)

4. Badan Intelejen Negara: Letnan Jenderal Marcioano Norman menjabat Kepala BIN Kepala Badan Intelejen Negara, menggantikan Sutanto.

Di Bidang Perekonomian:

1. Kementerian Keuangan: Mahendra Siregar menjabat Wakil Menteri Keuangan

2. Kementerian Perdagangan: Gita Wirjawan (profesional) menjabat Menteri Perdagangan, menggantikan Mari Elka Pangestu (profesional). Gita dibantu wakil menteru Bayu Krisnamurthi yang menggantikan Mahendra Siregar.

3. Kementerian Pertanian: Rusman Heriawan menjabat Wakil Menteri Pertanian (menggantikan Bayu Krishnamurti)

4. Kementerian ESDM: Jero Wacik (Partai Demokrat) menjabat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, menggantikan Darwin Zahedy Saleh (Partai Demokrat). Jero akan dibantu wakil menteri Widjajono Partowidagdo

5. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Mari Elka Pangestu (profesional) menjabat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menggantikan Jero Wacik (Partai Demokrat). Mari akan dibantu wakil menteri Sapta Nirwandar (internal Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata)

6. Kementerian BUMN: Dahlan Iskan (profesional) menjabat Menteri BUMN menggantikan Mustafa Abubakar (profesional). Dahlan akan dibantu wakil menteri Mahmuddin Yasin

7. Kementerian Perhubungan: EE Mangindaan (Partai Demokrat) menjabat Menteri Perhubungan, menggantikan Freddy Numberi (Partai Demokrat)

8. Kementerian Kelautan dan Perikanan: Tjitjip Sutardjo (Partai Golkar) menjabat Menteri Perikanan dan Kelautan, menggantikan Fadel Muhammad (Partai Golkar)

Bidang Kesejahteraan Rakyat:

1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Musliar Kasim menjabat Wakil Menteri Pendidikan Nasional Bidang Pendidikan. Wiendu Nuryanti menjabat Wakil Menteri Pendidikan Nasional Bidang Kebudayaan

2. Kementerian Kesehatan: Ali Ghufron Mukti menjabat Wakil Menteri Kesehatan

3. Kementerian Agama: Nazaruddin Umar menjabat Wakil Menteri Agama

4. Kementerian Perumahan Rakyat: Djan Faridz (PPP) menjabat Menteri Perumahan Rakyat, menggantikan Suharso Manoarfa (PPP)

5. Kementerian Lingkungan Hidup: Baltazar Kambuaya (profesional, Rektor Universitas Cendrawasih) menjabat Menteri Lingkungan Hidup, menggantikan Gusti Muhammad Hatta (profesional)

6. Kementerian Riset dan Teknologi: Gusti Muhammad Hatta (profesional) menggantikan Suharna Surapranata (PKS).

Tuesday, October 18, 2011

Lily Wahid: Selamatkan Tuti

Jakarta - Anggota DPR, Lilly Chadidjah Wahid menyatakan pemerintah harus bekerja optimal menyelamatkan TKI Tuti Tursilawati yang terancam hukuman mati di Arab Saudi.

"Masalah tersebut sebenarnya kegagalan Indonesia dalam melindungi TKI karena selama ini belum pernah berhasil memantau jumlah TKI yang akan dihukum secara pasti," ujar Lilly.

Menurut Lilly, pemerintah tidak boleh kalah dari lembaga swadaya masyarakat yang memiliki data sejumlah TKI yang mengalami masalah hukum di luar negeri.

TKI Tuti Tursilawati mendapat ancaman hukuman mati karena dalam persidangan di Thaif, Arab Saudi, Tuti mengaku membunuh majikan dengan memukulnya menggunakan kayu.

Lily juga menyatakan mendukung advokasi hukum bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri harus dimasukkan ke dalam revisi Undang-Undang Ketenagakerjaan, kata anggota DPR, Lilly Chadidjah Wahid di Jakarta, Selasa.

"UU tenaga kerja belum secara rijit mengharuskan ada advokasi pembelaan hukum untuk TKI. Oleh karena itu UU Ketenagakerjaan harus direvisi," ujar Lilly kepada ANTARA seusai Pertemuan Pembahasan Keadaan Masyarakat Sipil Myanmar di DPR.(*)ant

Inilah Susunan Kabinet Hasil "Reshuffle"


Setelah melakukan serangkaian pemanggilan calon menteri dan calon wakil menteri di Puri Cikeas Indah, Bogor, dan kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, selama hampir sepekan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akhirnya mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Bersatu II di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/10/2011).

Perombakan kabinet kali ini merupakan yang terbesar sepanjang sejarah pemerintahan Presiden SBY. Kepala Negara mengeluarkan atau menggeser sekitar sepertiga dari jumlah anggota kabinet. Berikut ini adalah susunan KIB II pasca-reshuffle:

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan: Marsekal TNI Purn Djoko Suyanto
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian: Hatta Rajasa
Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat: Agung Laksono
Menteri Sekretaris Negara: Sudi Silalahi
Menteri Dalam Negeri: Gamawan Fauzi
Menteri Luar Negeri: Marty Natalegawa
Menteri Pertahanan: Purnomo Yusgiantoro
Menteri Hukum dan HAM: Amir Sjamsuddin (menggantikan Patrialis Akbar)
Menteri Keuangan: Agus Martowardjojo
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral: Jero Wacik (menggantikan Darwin Zahedy Saleh)
Menteri Perindustrian: MS Hidayat
Menteri Perdagangan: Gita Wirjawan (menggantikan Mari Elka Pangestu)
Menteri Pertanian: Suswono
Menteri Kehutanan: Zulkifli Hasan
Menteri Perhubungan: EE Mangindaan (menggantikan Freddy Numberi)
Menteri Kelautan dan Perikanan: Tjitjip Sutardjo (menggantikan Fadel Muhammad)
Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi: Muhaimin Iskandar
Menteri Pekerjaan Umum: Djoko Kirmanto
Menteri Kesehatan: Endang Rahayu Sedyaningsih
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan: M Nuh
Menteri Sosial: Salim Segaf Aljufrie
Menteri Agama: Suryadharma Ali
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Mari Elka Pangestu (menggantikan Jero Wacik)
Menteri Komunikasi dan Informatika: Tifatul Sembiring
Menneg Riset dan Teknologi: Gusti Mohammad Hatta (menggantikan Suharna Surapranata)
Menteri Negara Urusan Koperasi dan UKM: Syarifudin Hasan
Menneg Lingkungan Hidup: Beerth Kambuaya (menggantikan Gusti Moh Hatta)
Menneg Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak: Linda Agum Gumelar
Menneg Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi: Azwar Abubakar (menggantikan EE Mangindaan)
Menneg Pembangunan Daerah Tertinggal: Helmy Faisal Zaini
Menneg PPN/Kepala Bappenas: Armida Alisjahbana
Menneg BUMN: Dahlan Iskan (menggantikan Mustafa Abubakar)
Menneg Perumahan Rakyat: Djan Faridz (menggantikan Suharso Manoarfa)
Menneg Pemuda dan Olahraga: Andi Mallarangeng

Pejabat Negara:

Ketua Unit Kerja Presiden Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan: Kuntoro Mangkusubroto
Kepala BIN (Badan Intelijen Negara): Letjen TNI Marciano Norman (menggantikan Jenderal Pol Purn Sutanto)
Kepala BKPM Fuad Rahmany (menggantikan Gita Wiryawan).

Selain itu, Presiden juga menunjuk para wakil menteri. Berikut ini adalah daftar calon wakil menteri:

Wakil Menteri Pertanian: Rusman Heriawan.
Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan: Wiendu Nuryanti
Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan: Musliar Kasim
Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi: Eko Prasodjo
Wakil Menteri Keuangan: Mahendra Siregar (sebelumnya menjabat sebagai Wakil Menteri Perdagangan)
Wakil Menteri Perdagangan: Bayu Krisnamurthi (sebelumnya menjabat sebagai Wakil Menteri Pertanian)
Wakil Menteri BUMN: Mahmuddin Yasin (sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Kementerian BUMN)
Wakil Menteri Kesehatan Ali Gufron
Wakil Menteri Luar Negeri Wardana
Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Sapta Nirwandar
Wakil Menteri ESDM: Widjajono Partowidagdo
Wakil Menteri Agama: Nasaruddin Umar
Wakil Menteri Hukum dan HAM: Denny Indrayana

Sebelumnya, Presiden juga telah menetapkan wakil menteri di bawah ini:

Wakil Menteri Pertahanan: Sjafrie Sjamsoeddin
Wakil Menteri Perindustrian: Alex Retraubun
Wakil Menteri Perhubungan: Bambang Susantono
Wakil Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional: Lukita Dinarsyah Tuwo
Wakil Menteri Keuangan: Anny Ratnawati
Wakil Menteri Pekerjaan Umum: Hermanto Dardak

Ralat: Dalam pengumuman reshuffle, Presiden SBY tidak mengumumkan pejabat baru Kepala BKPM sebagai tertulis dalam artikel di atas.

Monday, October 17, 2011

Inilah Menteri Baru Kabinet Indonesia Bersatu

Sumber Inilah.com


Jakarta - Sejumlah wajah baru dipastikan akan menjadi menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II.

1. Menteri Perdagangan Gita Wirjawan
2. Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin
3. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Azwar Abubakar
4. Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz
5. Menteri BUMN Dahlan Iskan
6. Kepala BIN Marciano Norman. [mah]

Inilah Formasi Baru Kabinet Indonesia Bersatu II


Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sudah memilih beberapa nama untuk menduduki posisi baru di Kabinet Indonesia Bersatu(KIB) seperti yang di lansir inilah.com.

1. Menteri ESDM Jerok Wacik
2. Menteri Perhubungan EE Mangindaan
3. Menteri Pariwisata Marie Elka Pangestu
4. Menteri Perdagangan Gita Wirjawan
5. Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin
6. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Azwar Abubakar
7. Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz
8. Menteri BUMN Dahlan Iskan
9. Kepala BIN Marciano Norman
10. Menteri Kelautan Cicip Syarif Sutardjo (kandidat kuat)
11. Menristek Bert Kuambaya (kandidat kuat). [mah]

Sunday, October 16, 2011

Jutaan Jamaah Kumpul di Padang Arafah Waktu Wukuf

Padang Arafah saat belum memasuki musim haji ibarat wilayah tak berpenghuni dan tak ada aktivitas. di Padang Arafah tidak ada toko, tidak ada pasar apalagi tempat tinggal tapi yang ada hanyalah sejumlah bangunan yang digunakan jutaan jamaah dari belahan dunia saat puncak haji.

Hamparan padang pasir seluas sekitar 5,5×3,5 kilometer tersebut juga sangat gersang, sekalipun beberapa lokasi ditumbuhi pepohonan dan ilalang yang tak terurus.

Memang ada beberapa bangunan di situ seperti masjid dan rumah sakit tapi bangunan-bangunan tersebut tertutup rapat saat puncak haji belum berlangsung.

Di saat belum memasuki puncak haji, aktivitas di padang itu nyaris tidak ada. Demikian juga jalan raya yang ada di situ hanya sesekali saja dilalui kendaraan bermotor.

Kalaupun ada kendaraan yang melintas di situ, umumnya mereka yang ada di di kendaraan tujuannya ke Jabal Rahma, yang konon dipercaya tempat bertemunya Adam dan Hawa setelah 100 tahun berpisah.

Saat musim panas, suhu di padang itu terasa sangat menyengat badan hingga banyak rumput yang berwarna kuning yang menandakan mati kering.

Meskipun Padang Arafah hanyalah sebuah hamparan padang pasir yang luas, tapi di tempat itulah nanti calon haji jutaan dari belahan dunia akan berkumpul saat wukuf.

sekalipun Arafah sehari-harinya seperti wilayah mati karena tak berpenghuni, tapi jutaan umat muslim bakal menjadi tempat utama saat musim haji.

"Sekalipun panas bakal menyengat jamaah calon haji seluruh dunia bakal menempati areal padang arafah melakukan wukuf di Arafah saat puncak haji," katanya.

Puncak Haji

Padang Arafah setiap tahun pada tanggal 9 Dzulhijjah merupakan tempat berkumpulnya semua jamaah haji yang juga merupakan puncak ibadah haji saati semuanya melakukan wukuf yang merupakan rukun haji.

Padang Arafah adalah lokasi tempat berkumpulnya jamaah haji dan Arafah adalah lambang "maqam ma`rifah billah" yang memberikan rasa dan citra bahagia.

Di Arafahlah tempat berkumpulnya jamaah haji yang datang dari berbagai penjuru dunia yang berbeda bahasa dan warna kulitnya, tapi memiliki satu tujuan yang dilandasi persamaan, tidak ada perbedaan antara kaya dan miskin, besar dan kecil, pejabat dan rakyat jelata, sehingga menjadi tempat persamaan yang hakiki.

Arafah yang menjadi sepenting-pentingnya syiar haji diambil dari kata "ta`aruf" yang artinya saling mengenal dan saling mengenal itu adalah menuju saling menolong.

Wukuf di padang Arafah bagi jamaah calon haji hanya diberi kesempatan waktu sejak tergelincir matahari tanggal 9 Dzulhijjah memiliki arti sangat penting bagi jamaah.

Pada hari Arafah jamaah berbagai belahan dunia berkumpul di satu tempat itu untuk melaksanakan rukun haji yang menentukan sah atau tidaknya ibadah haji.

Saat berada di Arafah jamaah berpakaian ihram (putih tanpa jahitan) dengan melepaskan kebahagiaan dan kebanggaan keduniaan, menunjukkan sikap rendah diri kepada Tuhannya.

Juga pengakuan dosanya dinyatakan kepada Tuhan, permohonan ampun dan segala dosa dipanjatkan kepada Tuhan.

Setiap jamaah menyadari benar betapa dekatnya Tuhan kepada hamba-Nya, dan berib adah kepada Tuhan dengan penuh ikhlas yang meliputi suasana wukuf di Arafah.

Setelah wukuf dilakukan, jamaah bebas dari beban dosa kepada Tuhan, yakin doanya dikabulkan, dorongan untuk melakukan kebaikan lebih banyak terasa sangat kuat dan rahmat Tuhan pun dirasakan menentramkan jiwa jamaah.

Itulah makna keberadaan umat muslim di Padang Arafah. Sebuah padang luas yang tak berpenghuni saat nonmusim haji, tapi menjadi tempat yang paling didatangi dan berarti saat musim haji.

Yang Dipertuan Agung Malaysia Menerimah Bintang Kehormat Maha Putra Adi Putra Di Istana Merdeka Minggu 16/10/2011

Sumber Detik.com


Presiden SBY dan Dipertuan Agung Malaysia yang didampingi Ibu Negara masing-masing berfoto bersama. Haryanto/Setpres.

Yang Dipertuan Agong XIII tiba di Istana Merdeka dengan sambutan upacara kenegaraan. Haryanto/Setpres.

Yang Dipertuan Agong XIII Malaysia, Al-Wathiqu Billah Tuanku Mizan Zainal Abidin Ibni Al-Marhum Sultan Mahmud Al-Muktafi Billah Shah menerima bintang kehormatan Mahaputra Adipurna di Istana Merdeka, Minggu (16/10/2011 Haryanto/Setpres)

Minggu, Calon Menteri Dipanggil ke Cikeas

Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan memanggil calon Menteri pada minggu (16/10/2011). Para calon Menteri akan dipanggil setelah sebelumnya Presiden merampungkan posisi para Wakil Menteri.

Juru bicara Presiden mengatakan bahwa Presiden sudah mengantongi nama-nama calon Menteri tersebut.
"Sudah (ada pilihan Menteri, red). Kita tunggulah," katanya di Puri Cikeas, Bogor, Sabtu (15/10/2011) malam.

Dia mengaku tidak dapat menginformasikan lebih lanjut mengenai nama-nama Menteri pilihan terkait. Meski begitu, Julian memastikan jika proses penentuan Menteri terpilih sampai hari ini berjalan lancar. Sehingga dapat dipastikan pengumuman calon Menteri baru nanti tidak akan melebihi jadwal yang sudah ditentukan sebelumnya yakni tanggal 20 Oktober nanti.

"Yang jelas tidak melebihi 20 Oktober, memasuki 20 Oktober dengan formasi kabinet hasil reshuffle, dilakukan di Jakarta," tutupnya. [gus]

Saturday, October 15, 2011

Inilah Daftar Wakil Menteri KIB II

Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono resmi menunjuk beberapa Wakil Menteri. Berikut nama-nama Wakil Menteri yang akan masuk dalam jajaran Kabinet Indonesia Bersatu jilid II (KIB II).

1. Rusman Heryawan sebagai Wakil Menteri Pertanian
2. Windu Nuryanti sebagai Wakil Menteri Pendidikan dan Nasional bidang Kebudayaan
3. Musliar Kasim sebagai Wakil Menteri Pendidikan Nasional bidang Pendidikan
4. Eko Prasojo sebagai Wakil Menpan dan Reformasi Birokrasi
5. Mahendra Siregar sebagai Wakil Menteri Keuangan (melengkapi yang sudah ada, Anny Ratnawati)
6. Bayu Krisnamurti sebagai Wakil Menteri Perdagangan
7. Mahmuddin Yasin sebagai Wakil Menteri BUMN
8. Ali Gufron Mukti sebagai Wakil Menteri Kesehatan
9. Sapta Nirwandar sebagai wakil Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar). [gus]

Friday, October 14, 2011

Hasil Verifikasi, 218 WNI Terancam Mati

Setidaknya ada 218 tenaga kerja Indonesia (TKI) yang terancaman hukuman mati di luar negeri. Hal ini terungkap dalam hasil penelusuran terakhir satuan tugas yang dibentuk pemerintah untuk menangani masalah TKI.

Proses hukum sebagian dari mereka sudah final, tinggal menunggu eksekusi. Hal itu terungkap berdasarkan data yang disampaikan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Priyo Budi Santoso di Kompleks DPR, Jumat (14/10/2011).

Priyo menjelaskan, TKI yang terancam hukuman mati paling banyak di Malaysia dengan jumlah 151 orang. 17 orang di antaranya dalam proses amnesti, 17 kasasi, 51 banding, 51 masih di pengadilan tingkat pertama, dan sisanya masih diverifikasi.

Posisi kedua yakni Arab Saudi dengan jumlah 43 orang. Lima orang di antaranya menunggu hukuman pancung dan enam telah disetujui dimaafkan. Posisi ketiga yakni China dengan jumlah 22 orang. Sembilan di antaranya telah divonis mati.

"Di Cina, delapan orang berubah dari vonis mati ke hukuman seumur hidup. Kalau di Cina itu, begitu vonis mati, tapi selama sekian tahun berkelakuan baik di penjara langsung dirubah (vonis) jadi hukuman seumur hidup. Selama 10 tahun berlakuan baik, lalu dirubah lagi jadi 20 tahun," terang Priyo.

Priyo mendesak Pemerintah bergerak cepat menyelesaikan permasalahan itu. Politisi Partai Golkar itu berharap agar pemerintah membentuk tim pengacara yang khusus mendampingi proses hukum dari awal hingga akhir. "Dana yang diperlukan silahkan pemerintahan ajukan (ke DPR). Kita pastikan akan kita loloskan," ucap dia.

Priyo menambahkan, parlemen Indonesia akan menggunakan jalur diplomasi meminta parlemen negara-negara tersebut untuk membantu membebaskan warga Indonesia dari eksekusi. Pada akhir Desember 2011, kata dia, akan ada pertemuan parlemen se-Asia di Siria dan Januari 2012 akan ada pertemuan Organisasi Konferensi Islam.

SBY Sampaikan Belasungkawa Banjir Thailand

Bogor - Meski tengah sibuk menggodok susunan perombakan kabinet, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyempatkan diri untuk mengucapkan belasungkawa atas bencana banjir yang terjadi di beberapa negara jiran.

"Meskipun konsentrasi saya pada penataan kabinet yang nantinya akan ada penataan lembaga-lembaga kementrian dan BUMN yang harus kita lakukan penataan yang sungguh-sungguh tapi kita juga harus laksanakan tugas-tugas lain kita laksanakan," ujar Presiden SBY di kediamannya, Puri Cikeas Bogor, Jumat (14/10/2011).

Kepala Negara menyampaikan pernyataan atas nama pemerintah dan rakyat indonesia sehubungan dengan bencana banjir alam yang terjadi di Thailand, Kamboja, Laos, Vietnam, dan Filipina.

Saat menyampaikan pernyataan sikap tersebut, Presiden didampingi Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa. Presiden menyampaikan pernyataan sikapnya dalam posisi sebagai Ketua ASEAN.

"Atas nama rakyat Indonesia, saya mengucapkan simpati dan bela sungkawa atas musibah itu yang mengakibatkan banyaknya korban jiwa dan juga harta benda yang tidak sedikit. Sebagai Ketua ASEAN, Indonesia telah mengambil sejumlah langkah pro aktif Menlu kita telah menjalin komunikasi dengan Menlu jajaran ASEAN untuk merumuskan langkah-langkah kolektif di dalam membantu negara sahabat kita ini di dalam menghadapi bencana alam," ujar Presiden. [mvi]

Thursday, October 13, 2011

Istana: "Reshuffle" Kali Ini Beda

JAKARTA, — Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Politik Daniel Sparringa memastikan bahwa reshuffle atau perombakan kabinet kali ini berbeda dengan apa yang dilakukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada periode 2004-2009.

Mantan akademisi Universitas Airlangga ini menyampaikan hal ini menanggapi rumor bahwa reshuffle kali ini tak beda dengan sebelumnya.

"Yang membuat berbeda adalah reshuffle kali ini adalah akibat dari dimulainya aksi untuk perubahan yang diprakarsai Presiden SBY memasuki tahun ketiga pemerintahannya. Pada waktu yang lalu, reshuffle adalah inti dari perubahan itu sendiri. Reshuffle 2011 hanyalah sebuah implikasi dari perubahan yang lebih elementer, yaitu tiga tahun akselerasi melalui kepemimpinan interventif dan komunikasi yang lebih agresif," kata Daniel kepada wartawan, Rabu (12/10/2011).

Menurut Daniel, derivasi dari aksi untuk perubahan ini sangat banyak dan diniatkan untuk menghasilkan dampak berantai yang bergerak dari Istana Kepresidenan ke kementerian dan eselon di bawahnya, serta dari pusat ke daerah-daerah di Indonesia.

Pada periode pertama masa pemerintahannya, Yudhoyono merombak posisi 13 menterinya, tahun 2005 sebanyak 6 menteri dan tahun 2007 sebanyak 7 menteri diganti. Pada periode kedua pemerintahannya, Yudhoyono baru mengganti satu menteri pada tahun 2010. Posisi Menteri Keuangan yang semula dijabat Sri Mulyani Indrawati digantikan Agus Martowardjojo.

Empat kementerian

Pada reshuffle kali ini, berdasarkan informasi terbaru yang diterima Kompas, empat kementerian dan satu lembaga yang tetap akan dirombak adalah Kementerian BUMN, Perhubungan, Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Perumahan Rakyat, serta Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

"Di situ ada juga kementerian dan lembaga yang pejabatnya diganti dan ada yang hanya digeser," kata pejabat penting itu yang minta namanya dirahasiakan.

"Kalau beberapa kementerian yang lain, ada yang masih 50:50 persen dan ada 90:10 persen keputusannya. Kita tunggu saja," ujarnya lagi.

Kementerian tersebut, antara lain, Kementerian Keuangan, Komunikasi dan Informasi, Hukum dan HAM, serta Pemuda dan Olahraga.

Sebelumnya, Daniel pernah mengutarakan bahwa Presiden Yudhoyono memiliki keinginan kuat untuk merampungkan proses kocok ulang kabinet tersebut. Dalam hari-hari mendatang hingga sebelum 20 Oktober, selain akan ada pertemuan dengan pimpinan parpol pendukung koalisi, juga memberitahukan menteri yang diganti dan pemanggilan calon menteri.(kompas)

Jumlah Wakil Menteri Ditambah

Sumber Kompas.com

( foto ilusi)
JAKARTA, — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berencana menambah jumlah wakil menteri pada Kabinet Indonesia Bersatu II. Para menteri yang memimpin kementerian strategis akan didampingi oleh wakil menteri.

"Ini bagian dari upaya mendorong agar pemerintahan Presiden SBY yang tersisa tiga tahun menjadi lebih baik," kata Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha kepada para wartawan di kediaman Presiden, Puri Cikeas Indah, Bogor, Kamis (13/10/2011).

Saat ini, sudah ada 10 wakil menteri di Kabinet Indonesia Bersatu II. Mereka adalah Wakil Menteri Luar Negeri Triyono Wibowo, Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin, Wakil Menteri Perindustrian Alex Retraubun, Wakil Menteri Perdagangan Mahendra Siregar, Wakil Menteri Pertanian Bayu Krisnamurthi, Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono, Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak, Wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Jalal, Wakil Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Lukita Dinarsyah Tuwo, dan Wakil Menteri Keuangan Anny Ratnawati.

Presiden dijadwalkan melakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap sejumlah calon wakil menteri pada pukul 10.00. Selanjutnya, Presiden akan bertemu para pimpinan partai poli

Ibu Negara: (Presiden) Alhamdulilah Sehat

Sumber Kompas.com


BOGOR,— Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melakukan olahraga pagi di sekitar lingkungan Puri Cikeas Indah, Bogor, Kamis (13/10/2011) pagi, sebelum menemui para calon wakil menteri untuk melakukan uji kepatutan dan kelayakan.

Presiden mengenakan kaus berkerah berwarna hitam, didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono, yang mengenakan kaus berkerah berwarna merah.

Ketika bertemu para wartawan, Presiden, yang turut didampingi para staf khusus presiden, menyapa riang. "Sudah dapat bocoran (reshuffle)? Justru saya mau bertanya bocoran," kata Presiden.

Presiden pun mempersilakan para wartawan menyantap hidangan bubur yang tersedia di pendapa kediamannya. Ketika ditanya apakah dirinya dalam kondisi sehat, Presiden tak menjawabnya. Presiden memilih tak menggubris pertanyaan para wartawan. Akhirnya, Ibu Negara yang menjawab pertanyaan para wartawan.

"(Presiden) alhamdulilah sehat," kata Ibu Ani.

Ba'da Zuhur, Partai Koalisi Kumpul di Cikeas

Undangan SBY ditujukan spesifik kepada masing-masing ketua umum partai koalisi.

Jakarta:Pimpinan partai-partai koalisi akan berkumpul di kediaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Cikeas siang ini, ba’da Zuhur. Mereka akan membahas reshuffle kabinet yang kian dekat.

“Para ketua umum partai koalisi berkumpul untuk membicarakan rencana reshuffle,” kata Sekjen PPP Romahurmuziy, kepada VIVAnews, Kamis 13 Oktober 2011. Menurutnya, undangan dari Presiden SBY kepada partai-partai koalisi secara spesifik ditujukan kepada masing-masing ketua umum partai koalisi.

“Yang datang ke Cikeas hanya ketua umum saja,” ujar politisi muda PPP yang akrab disapa Rommy itu. Rabu kemarin, 12 Oktober 2011, Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha menyatakan, hari ini Presiden memang berencana mengundang pimpinan partai politik koalisi ke Cikeas.

Selain bertemu dengan ketua umum partai koalisi, hari ini SBY juga akan memanggil para calon wakil menteri. Seluruh rangkaian pemanggilan ini terkait dengan rencana reshuffle kabinet yang akan dilakukan sebelum tanggal 20 Oktober 2011.

Reshuffle semakin dekat setelah Presiden SBY mengirimkan surat kepada DPR. Isi surat itu meminta DPR untuk tidak membuat keputusan strategis bersama para menteri, sampai ada pelantikan menteri baru. Surat itu ditandatangani oleh Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi.(info dari Beberapa koran Indonesia)

Gempa di Bali Berkekuatan 6,8 SR

Jakarta - Gempa berkekuatan 6,8 skala richter (SR) terjadi di Nusa Dua, Bali. Getaran gempa banyak dirasakan warga Bali.

Data Badan Metereologi Geofisika dan Klimatologi (BMKG), Kamis (13/10/2011) mencatat gempa terjadi di 143 Km Barat Daya Nusa Dua.

Kedalaman gempa hanya 10 Km. Gempa terjadi sekitar pukul 10.16 WIB.

Akibat goyangan gempa ini Warga Denpasar berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri. "Guncangannya keras sekali. Saya langsung kabur turun dari lantai dua," kata seorang ibu yang menetap di Jl Plawa, Denpasar.

Hal yang sama juga dilakukan warga Denpasar. Mereka berhamburan keluar di tengah goncangan yang terjadi. "Gempanya cukup lama juga," kata Wayan Arsawa

Wednesday, October 12, 2011

Gempa 10 Detik di Jember Bikin Warga Keluar Rumah

Jember (beritajatim.com) - Gempa terasa sekitar 10 detik di Jember, Kamis (13/10/2011).

Gempa ini berguncang cukup keras. Ini gempa yang dirasakan cukup kuat di daerah perkotaan. Goyangan cukup terasa dibandingkan beberapa gempa yang pernah terasa di Jember.

Sejumlah warga di Perumahan Taman Gading keluar rumah. Ada gempa, ada gempa," kata salah satu warga.

Di sepanjang jalan daerah kawasan Pasar Sabtuan kecamatan Kaliwates, orang-orang juga tampak keluar rumah. Mereka kebingungan merasakan gempa tersebut. [wir]

Indonesia lobi Arab Saudi selamatkan Tursilawati

Yogyakarta - Indonesia sedang melobi Kerajaan Arab Saudi untuk mendapatkan pengampunan dari keluarga majikan agar TKI Tuti Tursilawati terhindar dari ancaman hukuman pancung.

"Sebelumnya, keluarga majikan menolak memberi maaf," kata Menakertrans Muhaimin Iskandar seusai membuka "Asia-Europe Meeting Labour and Employment Minister`s Conference" (Asem-LEMC) III (12-13 Oktober) di Yogyakarta, Rabu.

Lobi juga dilakukan pada gubernur wilayah setempat untuk membujuk keluarga Suud Malhaq Al Utaibi, yang diduga dibunuh Tuti, TKI asal Majalengka, Jabar.

Kemenakertrans, Kementerian Luar Negeri dan Satuan Tugas WNI/TKI Terancam Hukuman Mati di Luar Negeri yang dipimpin mantan Menteri Agama Maftuh Basyuni, terus melakukan upaya maksimal untuk membebaskan Tuti.

"Kita sedang mendekati keluarga kerajaan untuk membantu membujuk keluarga majikan agar mengampuni Tuti," ujar Muhaimin.

Pada sidang terakhir kasus pembunuhan itu, keluarga majikan menolak mengampuni dan tak bersedia menerima "diyat" (uang darah). Mereka minta agar Tuti dihukum "qisas" (hukuman setimpal sesuai perbuatannya) setelah musim haji tahun ini.

Muhaimin juga meminta agar penegak hukum Saudi mendengarkan alasan Tuti mengapa dia bertindak demikian.

Tuti lahir 6 Juni 1984 asal Desa Cikeusik RT 01/01 Kecamatan Sukahaji, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Dia didakwa membunuh majikannya, Suud Malhaq Al Utibi, dengan sebatang kayu saat hendak perkosa pada 11 Mei 2010 di Abha, Arab Saudi.

Tuti kemudian kabur, sekaligus membawa uang senilai 31.500 Riyal Saudi berikut satu buah jam tangan dari rumah keluara majikannya dan ditangkap aparat kepolisian di tempat lain.

Kepada aparat berwenang dan di hadapan penyidik badan investigasi kepolisan setempat pada 18 Mei 2010, Tuti yang didampingi pihak Konsulat Jenderal RI Jeddah, mengakui seluruh perbuatannyan dan ditahan di kota Thaif sampai saat ini.(ant)

Batal ke Belitung, SBY Godok Kabinet di Istana


Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) masih menggodok perombakan susunan kabinet. Setelah batal membuka Sail Wakatobi-Belitong 2011 di Provinsi Bangka Belitung, Presiden menggelar agenda tertutup di Istana Negara, Jakarta.

Menurut Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha, agenda intern Presiden di Istana tersebut sengaja untuk menggodok susunan perombakan kabinet. "Presiden ada acara intern di Istana hari ini. Beliau fokus membahas reshuffle," ujar Julian saat dihubungi, Rabu (12/10/2011).

Seperti yang diketahui bahwa sejak kemarin sore, SBY secara mendadak membatalkan kunjungan kerjanya ke Provinsi Bangka Belitung 12-13 Oktober 2011 untuk menghadiri "Sail Wakatobi-Belitong 2011 yang merupakan ajang investasi serta promosi budaya dan wisata bahari di Wakatobi dan Belitong bertaraf internasional.

"Tidak ada waktu lain yang bisa dipakai untuk mempertimbangkan reshuffle kabinet selain itu ada hal penting lain selain jalannya pemerintahan," kata Julian di kompleks Istana Presiden Jakarta, Selasa (11/10/2011).

Monday, October 10, 2011

Empat Wni Disidang Di Pengadilan Tinggi Pulau Pinang Karena Di Dakwa Mengedar Narkoba Setahun Yang Lalu

Pulau Pinang: Empat warga negara Indonesia di dakwa dengan pasal berlapis karena mengedar narkoba setahun yang lalu di pengadilan tinggi Pulau Pinang.

Empat orang wni di tangkap oleh polisi pada tanggal 27 Oktober 2009 jam 9.30 malam di no 243 Jalan Batu Feringgi Pulau Pinang .

Dwi Suprianto Meo 45 bersama Fredy Hermawan 46 tahun,Andy Paksi 42 tahun dan Indra Mulyadi 42 ketangkap basa di rumahnya 10.743.2 gram Mettylenedioxmethaphetamine dan 17.743.2 gram Ketamin serta mesin proses pil estasi dan ember yang berisi cecair.

sewaktu polisi menggerebak rumah terdakwa narkoba di temui di lanti dapur yang masih mentah yang hanya berbentuk tepung.

Mereka di dakwa dengan pasal berlapis yaitu 39B (1) (a) undang-undang narkoba tahun 1952 yang ganjaranya gantung sampai mati

Agenda sidang hari ini 10/10/2011 membacakan dakwaan dan juga saksi JPU dari kantor kimia Pulau Pinang..Sidang berlanjut besok

Sunday, October 9, 2011

Resepsi Pernikahan Ketua MBC Menampilkan Group Qosida Orang Teluk Jati








Kuala Lumpur: Ketua Club Malaysia Bawean di Kuala Lumpur jadi Ratu sehari setelah resepsi pernikahannya di adakan hari ini 9/10/2011 di Pangsa Gugusan Siantan,Kota Damansara Utama Kuala Lumpur.

Acara resepsi pernikahan tersebut di hadiri banyak warga Bawean yang merantau di Kuala Lumpur.Ketua Mbc (Salafiyah Anwari telah bertemu jodoh dengan jajaka pilihannya Zulkipli Ghazali asal Negeri Sembilan seremban wilayah bahagian selatan Malaysia.Suami ketua Mbc adalah warga Malaysia,sedangkan Salafiyah adalah warga Gelam yang sudah 30 tahun tinggal di Malaysia.

Dalam resepsi pernikahan ketua MBC ada beberapa group kercengan dan samrah warga Bawean yang di kuala Lumpur tampil pada acara tersebut.

Keluarga besar MBC mengucapkan selamat berbahagia semoga bahagia sampai ke anak cucu ,di berikan rejeki yang banyak serta anak-anak yang sholeh serta selahat.

Thursday, October 6, 2011

FOTO: Ada Kambing Berkaki Tujuh di Gresik



Kambing milik pasangan Aman dan Sumilah, warga Dusun Bangunrejo, Desa Mojopurogedhe, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, ini memiliki keanehan dan unik. Kambing yang lahir pada Jumat (30/9/2011) pukul 14.00 itu punya tujuh kaki. Tak ayal, kambing itu pun jadi tontonan warga.

Menurut Sumilah, kambingnya melahirkan dua anak. Semuanya jantan, tapi yang satu memiliki tujuh tujuh. "Kondisinya sehat," tuturnya, Sabtu pagi ini.

Dua anak kambing milik Aman menyusu seperti layaknya kambing baru lahir. Tali pusarnya masih terlihat. Akan tetapi, yang berkaki tujuh apabila berjalan tertatih-tatih. Tiga kakinya yang berada di tengah terseret.

Beberapa kali kambing itu terjatuh saat kakinya tersandung tali. "Kasihan juga," kata Imron, seorang warga. Namun, anak-anak dan warga sekitar merasa penasaran dengan kambing itu. Bahkan, sebagian dari mereka mengambil gambar dengan telepon seluler.(sumber vivanews)

Menlu minta KPU se-ASEAN temukan solusi pemilu

akarta - Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa meminta Forum KPU Se-ASEAN mampu menemukan jalan keluar terhadap tantangan yang dihadapi dalam penyelenggaraan pemilu sebagai pendorong demokrasi.

Hal tersebut ia sampaikan dalam pidato mengenai peran Indonesia sebagai Ketua ASEAN dalam perkembangan demokrasi di kawasan ASEAN pada acara penutupan Forum Komisi Pemilihan Umum (KPU) Se-ASEAN di Jakarta, Rabu.

Salah satunya adalah bagaimana meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu, sekaligus meminimalisasi adanya manipulasi, kekerasan serta ketidakjujuran dalam pemilu.

Sejalan dengan masalah tersebut, Menlu Marty Natalegawa mengatakan Indonesia bersama negara anggota ASEAN lainnya telah merintis pembentukan Komunitas Politik dan Keamanan ASEAN sejak 2003, sebagai bagian dari komunitas ASEAN.

Menurut Menlu, salah satu prioritas utama Indonesia sebagai Ketua ASEAN 2011 adalah memastikan adanya kemajuan yang signifikan dalam mencapai terbentuknya komunitas ASEAN.

"Komunitas ASEAN memungkinkan adanya kerja sama yang erat di antara negara ASEAN dalam membangun dan memperkuat kapasitas institusi demokrasi di negara ASEAN, termasuk mengenai praktik pemilu," katanya.

"Merupakan suatu kehormatan bagi Indonesia untuk dapat berada bersama dengan wakil-wakil lembaga penyelenggara pemilihan umum dari negara-negara ASEAN dan peserta lainnya dalam Forum KPU Se-ASEAN ini untuk mengonsolidasikan nilai-nilai demokrasi dan tata pemerintahan yang baik," kata Menlu.

Ia juga menggarisbawahi beberapa pemikiran mengenai pemilu dan demokrasi, yakni tentang rasa kepemilikan dan partisipasi di dalam kehidupan demokrasi.

"Seluruh pemangku kepentingan, termasuk badan penyelenggara pemilu, harus mengambil bagian dan memerankan peran yang krusial, pemerintah dan masyarakat sipil harus menjadi mitra dalam memperkuat nilai-nilai dan institusi demokrasi," katanya.

Menlu menambahkan, "Demokrasi merupakan suatu proses, bukan kegiatan sekali jadi".

Oleh karena itu, Menlu mengatakan ASEAN perlunya mengambil pelajaran yang berharga dari pengalaman yang terjadi di negara sendiri maupun negara lain untuk saling belajar dan berbagi pengalaman dalam mengupayakan pembangunan politik.

"Di saat kita belajar dari pengalaman pihak lain, pada saat yang sama kita juga berbagi pengalaman yang mungkin berharga pula bagi mereka," kata Menlu.

Poin terakhir yang ia garis bawahi adalah peran perkembangan kawasan yang tidak dapat dipisahkan dari konsolidasi demokrasi di tingkat nasional.

"Untuk itulah negara ASEAN dan mitranya, serta negara sehaluan duduk bersama di forum ini untuk berbagi pengalaman dan pelajaran terbaik untuk dapat melaksanakan pemilu yang transparan, adil dan memiliki legitimasi," ujarnya.

Menlu mengatakan pada akhirnya, demokrasi harus memberikan hasil yang nyata bagi seluruh elemen masyarakat.

"Saya percaya dengan semangat tersebut, kita semua akan memiliki kerjasama yang kuat dalam mempromosikan demokrasi di ASEAN sebagai eleman yang penting untuk mewujudkan komunitas ASEAN yang kuat," kata Menlu.

Forum KPU Se-ASEAN diselenggarakan oleh KPU bekerja sama dengan Institut Internasional Untuk Demokrasi dan Pendampingan Pemilu (IDEA) yang berlangsung di Jakarta, 3-5 Oktober.

Peserta forum tersebut terdiri atas ketua/wakil KPU daerah di Indonesia, penyelenggara pemilu di ASEAN (Thailand, Kamboja, Malaysia, dan Filipina), penyelenggara pemilu negara sahabat (Timor Leste, India, Amerika Serikat, Australia, Jordania, Fiji), dan lembaga-lembaga swadaya masyarakat internasional nonpemerintah yang berafiliasi dengan LSM di Indonesia.(ant)

Malaysia akan laksanakan tahap pemutihan program 6P

Kuala Lumpur - Pemerintah Malaysia akan melaksanakan tahap pemutihan dalam program 6P untuk menyelesaikan masalah imigran ilegal mulai Senin depan, kata Wakil Perdana Menteri Tan Sri Muhyiddin Yassin.

Pada tahap ini sebanyak 2,3 juta pekerja asing ilegal yang sudah terdaftar akan ditempatkan pada lima sektor pekerjaan yang ditentukan Pemerintah Malaysia yaitu di sektor perkebunan, konstruksi, manufaktur, pertanian dan jasa, katanya di Kuala Lumpur, Rabu.

Program 6P terdiri dari enam komponen yaitu pendaftaran, pemutihan (legalisasi), pengampunan (amnesti), pemantauan, penguatkuasaan (penegakan hukum) dan pengusiran (deportasi).

"Mereka yang telah terdaftar akan ditempatkan di sektor yang tepat. Mereka mungkin ditempatkan di mana mereka sekarang bekerja. Jika dirasa cocok, mereka akan terus bekerja di sana dan akan diberikan izin kerja," katanya.

Muhyiddin mengatakan dari 2,3 juta imigran, 1,01 juta terdaftar dengan sistem biometrik dan sisanya 1,3 juta di bawah komponen amnesti dari program 6P.

Dia juga mengatakan bahwa 50.000 dari imigran yang terdaftar dipekerjakan di sektor yang tidak diperbolehkan oleh Pemerintah sehingga mereka dianggap sebagai pekerja ilegal.

"Kami ingin memberikan kesempatan kepada mereka yang datang untuk mendaftar untuk dipekerjakan di sektor kami telah disetujui," katanya.

Muhyiddin mengatakan setelah selesainya proses pemutihan, tindakan tegas akan diambil terhadap majikan yang tidak mendaftarkan pekerja dan menempatkan mereka di sektor yang disetujui pemerintah.

"Kami telah memberikan mereka waktu yang cukup dan perpanjangan lebih dari yang diperlukan. Penegakan akan dilakukan terhadap mereka yang tidak menanggapi tawaran kami untuk mendaftarkan selama periode yang ditentukan," katanya.

"Yang penting adalah untuk mengambil tindakan tegas terhadap majikan dan kemudian terhadap pekerja asing ilegal," katanya lagi.

Muhyiddin mengatakan penegakan hukum akan segera dilakukan jika ada laporan dari pengusaha yang menyembunyikan pekerja asing ilegal.

Ia juga mengatakan bahwa penghentian sementara perekrutan pekerja asing akan tetap berlaku sampai selesainya proses pemutihan.

Wednesday, October 5, 2011

1.3 juta PATI dibenar bekerja di lima sektor

Kuala Lumpur :Lima sektor pekerjaan kini dibenarkan mengambil seramai 1.3 juta pekerja asing tanpa izin (PATI) yang berdaftar di bawah Program Penyelesaian Menyeluruh Menangani Pekerja Asing Tanpa Izin (Program 6P) bagi mengisi kekosongan dalam sektor berkenaan.

perkasa visit kdn on isa 290911 hishamuddinMenteri Dalam Negeri, Datuk Seri Hishammuddin Hussein berkata, lima sektor berkenaan yang dibenarkan dalam dasar semasa kerajaan ialah perkilangan, perladangan, pertanian, pembinaan dan 15 jenis pekerjaan dalam sektor perkhidmatan.

"Saya yakin 1.3 juta PATI ini yang tidak mempunyai majikan sebelum ini dapat disalurkan kepada lima sektor ini,” katanya kepada pemberita selepas mengadakan mesyuarat bersama Pengarah Imigresen Negeri di Ibu Pejabat Polis Bukit Aman di Kuala Lumpur, semalam.

Katanya, beliau dimaklumkan keperluan tenaga pekerja asing dalam lima sektor tersebut kini melebihi 1.3 juta pekerja.

Menurutnya 1.3 juta PATI itu adalah sebahagian dari jumlah keseluruhan 2.3 juta pendatang asing yang berdaftar dalam Program 6P lalu.

Hishammuddin berkata tindakan susulan untuk menawarkan dan membahagikan pekerjaan kepada mereka terletak di bawah tanggungjawab kementerian yang relevan dengan lima sektor berkenaan.

azlanDalam pada itu, Hishammuddin berkata "post-mortem" fasa kedua Program 6P iaitu pemutihan akan dibuat hari ini dalam mesyuarat yang dipengerusikan oleh Timbalan Perdana Menteri Datuk Seri Muhyiddin Yassin serta dianggotai oleh 14 kementerian dan agensi.

Antara perkata penting yang akan dibincangkan sama ada proses pemutihan itu akan mengguna pakai Dasar Penggajian Pekerja Asing Semasa atau dasar khas khusus untuk proses pemutihan, katanya.

Tuesday, October 4, 2011

PRT: Gara-Gara Mahu Kabur Jadi Apes Jatu Dari Lantai 8

Berita Duka


PETALING JAYA – Cuba kabur seorang tki PRT dari rumah majikannya dengan menggunakan kabel Astro membawa apes apabila dia meninggal dunia setelah terjatuh dari lantai 8 Kondominium Kelana Jaya Park View malam tadi seperti yang di lansir Berita koran Sinar Malaysia.

Dalam kejadian kira-kira jam 8 malam itu korban yang dikenali sebagai Rini, 30 berasal dari Indonesia tidak bernasib selepas kabel yang dipercayai diikat pada jendela kamarnya terputus menyebabkan dia terjatuh ke bawah.

Ketua Polis Daerah Petaling Jaya Asisten Komisioner Arjunaidi Mohamed berkata penyelidikan permula mendapati korban yang baru bekerja selama seminggu di situ sebagai prt sebelum ini pernah meminta kepada majikannya untuk dihantar semula kepada egennya di Seremban.

“ Korban terjatuh beberapa meter dari pondok satpam kondominum itu dan satpam bertugas di situ kemudiannya bertindak menghubungi polis selepas melihat korban berada dalam keadaan cedera tidak sedarkan diri,”katanya

Katanya lagi, korban yang cedera teruk pada pergelangan kaki meninggal dunia serta merta selepas terjatuh pada di atas permukaan besi penutup longkang.

Jelas Arjunaidi, kes klasifikasikan sebagai mati mengejut dari ahsil penyelidikan tidak menunjukkan kreminil manakala majikannya sudah dipanggil untuk memberi keterangan.

Jenaza korban dibawa ke Rumah Sakit Universiti Malaya (PPUM) untuk otopsi.

Monday, October 3, 2011

KBRI rencanakan pelatihan bahasa Inggris untuk TKI


Kuala Lumpur - Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kuala Lumpur berencana memberikan pelatihan bahasa Inggris untuk para tenaga kerja Indonesia yang bekerja di Malaysia untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam berbahasa internasional tersebut.

"Kami punya rencana untuk memberikan pelatihan bahasa Inggris untuk TKI di negara ini," kata Atase Ketenagakerjaan KBRI Kuala Lumpur Agus Triyanto AS di Kuala Lumpur, Minggu.

Pelatihan bahasa Inggris tersebut terutama pada pendalaman bahasa percakapan sehari-hari. "Ini penting agar komunikasi antara para pekerja dengan majikan yang menggunakan bahasa Inggris menjadi lebih lancar," ungkap dia.

Ia berjanji, jika pelatihan komputer yang saat ini sedang dilaksanakan bersama Perum LKBN ANTARA Perwakilan Kuala Lumpur berjalan dengan baik dan para peserta tetap antusias, pihak KBRI akan merencanakan pelatihan bahasa Inggris.

"Pelatihan seperti ini efeknya tidak hanya untuk jangka pendek, tapi bisa dirasakan nanti. Sekembali Anda semua dari Malaysia, sudah memiliki ketrampilan untuk modal bekerja di Tanah Air," ungkapnya.

Mengenai pelatihan komputer, menurut dia, positif bagi para peserta karena mereka akan mendapatkan banyak manfaat seperti kemampuan mengetik, mengedit foto/video, yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

"Saya merasa bangga dan kagum atas semangat anda semua, mau meluangkan waktu dan pikiran anda untuk mengikuti pelatihan ini," katanya di depan 34 peserta pelatihan pengenalan komputer dan internet yang digagas Perum LKBN ANTARA bekerja sama dengan warga Indonesia yang berada di negara jiran ini.

KBRI mendukung penuh program ini. Para peserta akan diberikan sertifikat yang bisa menjadi bukti bahwa mereka kompeten dalam urusan komputer, walaupun hanya di tingkat dasar.

"Saya harap dengan sertifikat itu mereka bisa mendapatkan banyak manfaat, salah satunya kenaikan gaji," ucap Agus.

Pelatihan ini diadakan selama tiga bulan dengan total 12 kali pertemuan. Mereka akan mempelajari dasar-dasar komputer seperti Microsoft Office dan terutama penggunaan internet.

Para pelatih adalah mahasiswa, ekspatriat, pengusaha, dan warga Indonesia yang menetap di negara ini. Mereka antusias untuk membagi ilmunya.

"Kepada para pengajar, saya sampaikan terima kasih karena telah bersedia untuk meluangkan waktu berbagi ilmu dengan saudara se-Tanah Air di Malaysia ini," katanya.(ant)

Saturday, October 1, 2011

Kandaskan Taufik, Tomy Maju ke Final


SAMARINDA, — Tommy Sugiarto bermain mengesankan saat mengalahkan Taufik Hidayat dalam babak semifinal turnamen GP Gold Indonesia Open. Juara GP Gold Taiwan ini menang dua game langsung, 21-10, 21-15.

Kunci kemenangan Tommy atas Taufik dalam laga itu adalah kesabaran untuk tidak meladeni

Korupsi Bisa Ganjal Pasar Tunggal ASEAN 2015

Sumber : berita jatim.com


Jombang - Perjalanan Indonesia menuju pasar tunggal ASEAN 2015 sepertinya tidak bisa berjalan mulus. Kondisi itu disebabkan masih maraknya kasus korupsi di Indonesia. Jika sudah demikian, maka Indonesia hanya sebagai pasar potensial bagi negara di kawasan dalam pasar tunggal itu.

Pernyataan itu dilontarkan oleh Dr Moh Nasih dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya saat menjadi narasumber seminar nasional bertema 'Peningkatan Daya Saing Daerah Dalam Menghadapi Pasar Tunggal ASEAN 2015' yang diadakan oleh LPP-Unipdu (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum) Jombang, Sabtu (1/10/2011).

Nasih menjelaskan, sesuai dengan kesepakatan negara-negara ASEAN, pada 2015 kawasan tersebut menjadi AEC (ASEAN Economic Comunity). Dalam arti, seluruh negara ASEAN harus melakukan liberalisasi perdagangan barang, jasa, investasi, serta tenaga kerja terampil secara bebas dan arus modal yang juga lebih bebas.

Namun menurut Nasih, untuk menuju ke arah itu tak semudah membalik telapak tangan. Banyak hal yang harus dibenahi, terutama soal kebijakan. Kondisi itu mengigat barang yang dihasilkan dari Indonesia masih kalah murah dengan produksi negera ASEAN lainnya, seperti Thailand dan Malaysia.

Hal itu disebabkan oleh tingginya biaya produksi. "Energi di Indonesia masih mahal, seperti listrik dan minyak. Sudah begitu, bahan baku juga banyak mengimpor dari luar. Dan yang paling memprihatinkan adalah tingginya korupsi diberbagai lini. Kondisi itu membuat Indonesia semakin berat dalam pasar tunggal ASEAN," kata dosen asal Unair Surabaya ini.

Nasih kemudian mencontohkan kasus BlackBerry baru-baru ini. Produsen alat komunikasi canggih itu lebih memilih Malaysia ketimbang Indonesia dalam melakukan produksi. Padahal, pasar BlackBerry lebih banyak di Indonesia daripada di negeri jiran itu.

"Karena di Indonesia birokrasinya masih rumit. Sudah begitu banyak pungli, bahkan korupsi. Padahal biaya-biaya siluman itu juga dimasukkan dalam cost produksi. Jadi wajar saja jika BlackBerry lebih memilih Malaysia. Sekali lagi, budaya pungli harus kita hilangkan jika ingin menuju pasar tunggal," katanya Nasih menambahkan.

Selain Nasih, dalam seminar tersebut juga menghadirkan Prof Pratikno, guru besar Fisipol UGM (Universitas Gajah Mada) Yogyakarta. Pratikno mengatakan, tantangan Indonesia menghadapi pasar tunggal ASEAN 2015 cukup berat. Pasalnya, kinerja Indonesia dalam lima tahun terakhir ini hanya peringkat 4 ASEAN, yakni setelah Singapura, Malaysia, Thailand.

Sementara di sisi lain, Indonesia menjadi importir tertinggi ke-3 setelah Singapura dan Malaysia. Belum lagi tantangan menghadapai perdagangan negera Asia seperti Cina dan India yang berkembang pesat.

"Bukan hanya produk teknologi canggih yang membanjiri Indonesia. Namun yang sangat memprihatinkan, produk pertanian juga membanjiri pasar impor. Akibatnya, produk pertanian kita semakin terdesak. Akibatnya, petani kita banyak yang menjerit," kata Pratikno.

Sebagai langkah solusi, menurut Pratikno, Indonesia harus memiliki daya saing tinggi baik internal ASEAN maupun eksternal. Bentuk konkritnya adalah harus bisa menarik investasi sebesar-besarnya dan juga daya saing dalam memproduksi barang serta jasa. "Jika itu dilakukan minimal Indonesia bisa bersaing dalam kompetisi itu," ujarnya.

Lantas bagaimana sikap negara? Staf ahli Kementrian Luar Negeri (Kemenlu) Bidang Ekonomi, Suprapto menjelaskan, penataan menuju pasar tunggal 2015 terus dilakukan. Salah satunya adalah mengajak pihak swasta dalam kompetisi itu. Selain itu, pihaknya juga berharap agar seluruh masyarakat mengetahui bahwa ada perekonomian bebas di ASEAN 2015 mendatang.

Artinya, lanjut Suprapto, untuk menopang agenda tersebut dibutuhkaan peran seluruh elemen, baik pemerintah maupun swasta. "Kita juga terus melakukan sinkronisasi antara aturan yang ada di pusat dan di daerah. Dengan begitu, kita benar-benar siap menghadapi pasar tunggal ASEAN," ujar Suprapto di forum yang sama.

Selain dihadiri akademisi, seminar bertempat di aula kampus Unipdu itu juga dihadiri oleh para pelaku usaha di Jombang serta sektor UMKM (Usaha Kecil Menengah dan Mikro). [suf/kun]