Wednesday, April 21, 2010

Kartinian, Lily Wahid Berkebaya

Jakarta, NU Online:Ada yang berbeda dengan penampilan politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Rabu (21/4 ) hari ini. Tak seperti biasa, Lily mengenakan pakaian kebaya berwarna kuning emas. Perempuan kelahiran Jombang, 4 Maret 1948, ini mengatakan, pakaiannya hari ini khusus dipersiapkannya untuk memperingati Hari Kartini yang jatuh tepat hari ini.

"Hari ini teman-teman DPR mengimbau agar mengenakan pakaian nasional," kata Lily saat ditemui di kompleks Gedung DPR, Jakarta, hari ini. Saat ditemui, Lily tengah bersiap-siap akan menemani rekannya di Tim 9, Misbakhun, yang bakal memenuhi panggilan Mabes Polri untuk menjalani pemeriksaan sebagai saksi atas perkara tindak pidana perbankan yang dilakukan pemilik Bank Century, Robert Tantular.

Lily mengakui pakaian kebaya yang dikenakannya kurang praktis. Apalagi, dia harus menyambangi Mabes Polri dan menemani Misbakhun menjalani pemeriksaan yang bisa memakan waktu seharian. Meski demikian, toh dia tetap semangat berkebaya demi meramaikan Hari Kartini. "Sebenarnya ke Mabes kurang praktis juga sih pakai kebaya. Tetapi enggak apa-apalah," ujarnya sambil tersenyum seperti dikutip kompas.com.

Di mata Lily, perjuangan Kartini untuk memperjuangkan hak-hak perempuan belum terealisasi hingga kini. Ini terlihat dari masih tingginya tingkat kematian ibu melahirkan. Selain itu, kekerasan terhadap perempuan juga masih marak terjadi di Indonesia. "Rentang sekian ratus tahun lebih perjuangan Ibu Kartini itu belum terealisir," tandas dia. (mad)

No comments: