Sunday, May 8, 2011

Tontowi/Liliyana Kembali Juara


Jakarta - Ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir meraih gelar kedua dalam dua pekan berturut-turut setelah menang atas unggulan keenam Chan Peng Soon/Goh Liu Ying 18-21, 21-15, 21-19 pada final Malaysia Terbuka Grand Prix Gold, Minggu.

Pekan lalu, pasangan unggulan keempat itu juga menjuarai turnamen India Terbuka Super Series untuk membukukan gelar Super Series pertama mereka.

"Tadi game pertama kami tertekan terus dan mengikuti permainan pasangan Malaysia. Sampai awal game kedua pun masih tertinggal terus, tetapi setelah mengubah pola permainan kami bisa mengejar dan menang," kata Liliyana mengenai kemenangan yang diraih dalam 57 menit di Alor Setar, Kedah itu.

"Setelah itu, pada game ketiga kami sudah percaya diri," tambah Liliyana yang bersama Tontowi akan memperkuat tim Piala Sudirman itu.

Liliyana yang dua kali menjadi juara dunia ketika berpasangan dengan Nova Widianto itu, berharap dapat memberikan yang terbaik dan menyumbang angka pada kejuaraan dunia beregu campuran Piala Sudiman di Qingdao, China, pada 23-29 Mei.

"(Untuk Sudirman) harapannya bisa memberi yang terbaik bagi tim Merah Putih, khususnya sektor ganda campuran. Mudah-mudahan kami selalu menyumbang poin untuk tim Indonesia," katanya.

Indonesia berpeluang meraih satu gelar lagi di Malaysia GP Gold, setelah ganda putra unggulan keempat Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan juga maju ke final bertemu unggulan teratas Koo Kien Keat/Tan Boon Heong dari Malaysia yang bertanding pada partai terakhir, Minggu.


Tim Sudirman

Sementara itu, PB PBSI, Minggu, menyerahkan kepada Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) daftar nama-nama anggota tim untuk Piala Sudirman yang akan berlangsung di Qingdao, China, 23-29 Mei.

Menurut Sekjen PB PBSI Yacob Rusdianto, tim Indonesia terdiri atas 18 pemain dengan masing-masing sembilan putra dan putri.

Indonesia menjuarai kejuaraan dunia beregu campuran yang digelar setiap dua tahun sekali itu saat pertama kali diselenggarakan di Jakarta pada 1989 dan enam kali menjadi runner-up.

Pada penyelenggaraan terakhir, dua tahun lalu, di Guangzhou, China, tim Merah Putih hanya sampai pada babak semifinal.

China adalah negara yang paling sering mengangkat trofi dengan meraih gelar tujuh kali (1995-2001 dan 2005-2009) dari 11 kali turnamen.

Berikut ini nama-nama anggota tim Indonesia untuk Piala Sudirman:

Taufik Hidayat, Simon Santoso, Dionysius Hayom Rumbaka, Adriyanti Firdasari, Lindaweni Fanetri, Bona Septano, Mohammad Ahsan, Alvent Yulianto, Hendra Aprida Gunawan, Greysia Polii, Meiliana Jauhari, Nitya Krishinda, Anneke Feinya Aguntine, Tontowi Ahmad, Liliyana Natsir, Fran Kurniawan, Pia Zebadiah, Debby Susanto.(*)

(ANT)

No comments: