Wednesday, April 30, 2008

BURUH "KUASAI" JAKARTA



Kamis, 1 Mei 2008 08:21 WIB
JAKARTA, KAMIS-Jakarta hari ini (Kamis, 1/5) dikepung oleh ribuan buruh dari berbagai arah yang memperingati Hari Buruh Sedunia (May Day).
Berdasarkan informasi dari Direktorat Intelkam Polda ke Traffic Management Centre (TMC), perayaan May Day diisi dengan kegiatan May Day Fiesta, mimbar bebas dan sepuluh aksi unjuk rasa.

Berikut ini lokasi kegiatannya:

May Day Fiesta1. Sekitar pukul 09.00 WIB bentuk kegiatan May Day Fiesta akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan Jakarta Pusat , oleh beberapa elemen dari buruh diantaranya SPN,FSP LEM,FSPMI dan FSP KEP DKI dan akan diikuti oleh sekitar 50.000 orang Mimbar Bebas.

1.Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia sekitar pukul 09.00 WIB,akan menggelar Mimbar bebas di tiga tempat diantaranya Kantor Jamsostek di Jl.Gatot Subroto Jaksel ,Gd.DPR / MPR Jl.Jend Gatot Subroto Jakpus dan Stadion Utama Senayan Jakpus.Aksi nya kali ini akan diikuti oleh sekitar 3.000 s/d 5.000 orang .

2.LBH Kesehatan & Lembaga Kesehatan Buruh akan menggelar Mimbar Bebas pada jam 10.00 -14.00 WIB,di dua lokasi yaitu Kantor Jamsostek Jl.Gatot Subroto Jakpus dan Depan Istana Negara Jl.Merdeka Utara Jakpus dan akan diikuti oleh sekitar 300 orang dengan tuntutan Meminta Pemerintah dan PT.Jamsostek meningkatkan hak dan kesehatan buruh dan keluarganya.

3.SPSI Reformasi ,PPMI 98,KSPSI ,FSPTSK akan menggelar aksinya di lapangan Banteng Jakpus dan diikuti oleh sekitar 5.000 -10.000 orang dengan tuntutan Menolak Outsorching menuntut upaya layak nasional dan diturunkannya harga .Massa aksi berasal dari Jakarta,Depok ,Tanggerang ,Bekasi ,Bogor dan Purwakarta.

4.Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia akan menggelar aksi Pawai dan Mimbar Bebas di Lapangan Borobudur Jakpus dan diikuti oleh sekitar 1.000 orang dengan maksud Menolak Outsourshing ,kebebasan berserikat dan turunkan harga .
5.Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) akan menggelar Mimbar bebas dan Unjuk rasa di dua tempat diantaranya Tugu Proklamasi Jl.Proklamasi Jakpus dan Istana Negara Jl.Merdeka Utara Jakpus.Direncanakan aksi kali ini akan diikuti oleh sekitar 500 orang unjuk rasa.

1.Aliansi Buruh Menggugat akan menggelar unjuk rasa pada jam 09.00 WIB,di dua tempat yang pertama di Bundaran HI Jl.MH Thamrin Jakpus dan Depan Istana Negara Jl.Merdeka Utara Jakpus,rencananya aksi akan diikuti oleh sekitar 2.000 s/d 3.000 orang.Tuntutan Menolak Upah layak nasional dan menolak Outsourshing.

2.Relawan Pejuang Demokrasi dan Komite Buruh Bersatu (KBB) akan menggelar aksi pada jam dan tempat yang sama .Unjuk rasa akan dipimpin oleh Budiman Sudjatmiko dan Jhoni Rio dengan peserta sekitar 500 s/d 1.000 orang .Dengan tuntutan Menolak Outsorshing .Massa aksi berasal dari Tangerang dan Cibinong.
3.Front Perjuangan Rakyat akan mengelar aksi masih pada jam dan tempat yang sama ,dengan pimpinan aksi Rudi HB Daman dan akan diikuti oleh sekitar 1.000 orang .Dengan tuntutan Menolak Outsorshing .

4.BEM UI masih pada jam dan tempat yang sama ,akan melangsungkan aksi nya dengan diikuti oleh sekitar 100 orang.Dengan Maksud Memperingati hari buruh sedunia dan meminta pemerintah menurunkan harga kebutuhan pokok.
5.Jaringan Anti Autoritorian juga akan melangsungkan aksinya pada jam dan tempat yang sama dengan diikuti oleh sekitar 50 orang .Dengan Maksud Memperingati hari buruh sedunia

6. Aliansi yang menamakan Guntur 49 akan melakukan aksi masih pada jam dan tempat yang sama dengan pimpinan Sri Bintang Pamungkas dan diikuti oleh sekitar 15 orang . Dengan Maksud Memperingati hari buruh sedunia

7.PP Serikat Pekerja Metal Otomotif Indonesia (SPOI) masih pada jam yang sama akan menggelar aksi di Depan Istana Negara Jl.Merdeka Utara Jakpus dengan diikuti oleh sekitar 500 sepeda motor dan 1.000 orang .Menuntut upah layak Nasional dan menolak Outsourshing .Massa akan konvoi mulai titik kumpul kantor PP SPOI-Jl.Raya Cakung –Kawasan Industri –Pulogadung –Jl.Pemuda –Jl.Pramuka –Matraman – Jl.Salemba-Jl.Kramat Raya –Senen –Kwitang – Tugu Tani – Gambir –Monas –Istana Negara .

8. Federasi Serikat Pekerja Pariwisata Reformasi masih pada jam dan tempat yang sama akan menggelar aksinya dengan diikuti sekitar 150 sepeda motor dan 300 orang .Dengan tuntutan Hapuskan system kerja kontrak dan menolak outsourshing .Massa akan konvoi mulai titik kumpul kantor FSP PAR REF Jl.Dr.Saharjo –Jl.Tambak –Tugu Proklamasi –Diponegoro –Jl.Salemba –Jl.Kramat Raya –Senen-Kwitang –Tugu Tani – Gambir –Monas –Istana Negara .
9.Aliansi buruh yang menamakan Gaspermindon,pada pukul 09.00 WIB, akan menggelar aksinya di Gd.DPR /MPR Jl.Gatot Subroto Jakpus dengan pimpinan Miyadi Suryadi dan diikuti oleh sekitar 500 orang . Dengan tuntutan menolak Outsourshing dan PHK massal.

10.Terakhir, unras akan berlangsung masih di DPR /MPR Jl.Gatot Subroto Jakpus ,dari Federasi Serikat Pekerja Mandiri (FSPM),aksi akan dipimpin oleh Ody Hudiyanto dengan peserta 500 orang.Dengan tuntutan Menolak Outsourshing dan kebebasan berserikat.
Diharapakan agar para pengguna jalan tidak perlu khawatir jika ingin melewati tempat yang diikuiti oleh aksi unjuk rasa ,karena Polisi Polda Metro Jaya sudah menempatkan beberapa personilnya dititk-titik tersebut agar mengupayakan arus lalin tidak tersendat akibat aksi ini.(TMC)

No comments: