Thursday, July 29, 2010

130 Ribu Sapi Potong Disiapkan untuk Ramadhan

Jakarta, NU Online
Para ibu rumah tangga dan pengusaha rumah makan tak perlu khawatir kekurangan suplai daging sapi menjelang bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri. Asosiasi Produsen Daging dan Feedlot Indonesia (Apfindo) telah menyiapkan sedikitnya 130 ribu ekor sapi siap potong.

"Stok sapi potong yang ada di kandang anggota sekitar 130 ribu ekor. Ini siap untuk disuplai guna memenuhi kebutuhan permintaan daging selama bulan puasa dan lebaran," ujar Ketua Apfindo, Achmad, di Jakarta, Rabu (28/7).

Dengan ketersediaan sapi yang cukup, Achmad melanjutkan, seharusnya tidak ada alasan untuk para pedagang menaikkan harga jual daging sapi selama bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

"Tapi memang faktanya selalu ada kenaikan harga menjelang puasa, padahal dari segi suplai tidak kurang. Mungkin karena permintaannya meningkat tajam," jelasnya.

Dikatakannya, bagi para pengusaha sapi potong dan feedlot, ketersediaan sapi untuk memenuhi kebutuhan bulan mulia bagi umat Islam, bukanlah masalah yang perlu dikhawatirkan. Stok sapi di kandang para anggota Apfindo selalu bisa mencukupi kebutuhan yang diminta pasar.

Masalah yang saat ini mengganggu para pengusaha adalah ketersediaan atau pasokan sapi ke kandang setelah bulan puasa dan Idul Fitri.

"Karena setelah dipotong untuk puasa dan lebaran, pastinya stok di kandang menipis. Bagaimana mendapatkan suplai cepat setelah stok habis inilah yang menjadi kekhawatiran kami," ungkapnya. (ful)

No comments: