Saturday, July 10, 2010

Isra’ Mi’raj, Makam Sunan Ampel Dipadati Ribuan Peziarah


Sejumlah peziarah khusyuk melakukan doa di kompleks pemakaman Sunan Ampel, Surabaya, Sabtu (10/7). Pemakaman Sunan Ampel ramai dikunjungi peziarah untuk memperingati Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1431 H. (FOTO ANTARA/M Risyal Hidayat/10/edy
Surabaya, Peringatan Isra` Mi`raj Nabi Muhammad SAW, ribuan peziarah memadati area makam Sunan Ampel di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu.

Tidak hanya berasal dari dalam kota, justru peziarah lebih banyak datang dari luar kota se-Indonesia.

"Kami sengaja datang ke makam Sunan Ampel untuk ziarah, tepat pada hari Isra` Mi`raj Nabi Muhammad SAW," ujar Zaenuri, peziarah asal Jogjakarta ketika ditemui di kawasan Sunan Ampel, Jln. Nyamplungan.

Ia mengaku bersama rombongan sebanyak 3 bis. Tidak hanya ke Sunan Ampel, namun juga akan mengunjungi sunan-sunan atau wali lainnya. "Kita ziarah walisongo," tutur pria berusia 35 tahun yang sengaja membawa keluarganya tersebut.

"Apalagi sekarang kan bersamaan dengan musim libur sekolah, jadi sekalian mengajak anak-anak," tambah bapak dua anak itu.

Hal senada dikatakan Istiqomah, wanita asal Sumenep, Madura, Jawa Timur. Kata dia, kedatangannya ke Sunan Ampel murni untuk berziarah. "Ini sudah kelima kalinya saya ikut rombongan. Tapi kali ini lebih spesial karena waktunya Isra` Mi`raj," ucapnya.

Ratusan bis berplat luar Surabaya terlihat mendominasi. Terminal bis yang terletak di Jln. Pegirian, atau sekitar 100 meter dari kompleks pemakaman, juga tak cukup menampung kendaraan peziarah.

Tak ayal, bis-bis pun terpaksa diparkir di pinggir jalan dan memakan ruas jalan umum. Akibatnya, jalanan di sekitar pun macet dan mengganggu kelancaran lalu lintas, khususnya yang mengarah ke area Sunan Ampel.

Sementara, banyaknya peziarah ke Sunan Ampel membuat pedagang kaki lima sumringah. Pasalnya, tak sedikit dagangannya terjual dalam waktu singkat. (ant/mad)

No comments: