Wednesday, July 2, 2008

Safari Ke Teman-teman Membicarakan Kesenian Bawean

Dengan libur 2 hari ,"saya gunakan", waktu yang sangat berharga itu ,untuk berkunjung ( nanangga ) ke kampung-kampung orang Bawean Di Malaysia.

Memang sudah lama tidak bersilaturrahmi dengan teman-teman, karena kesibukan bekerja di pengadilan.selalunya kalau berangkat kerja jam 7 pagi , pulangnya jam 6 sori.kadang-kadang sampai 8 malam.

Semenjak di lantik sebagai ketua Lembaga Pemenang Pemilu DPC PKB M 3 hari yang lalu ,sudah mulai terfikir di pundak saya untuk bersafari ke tempat-tempat orang Bawean di Malaysia,waktu yang singkat 2 hari banyak bertemu teman-teman ,maklumlah kita sama-sama mencari nafkah di rantau orang.

Safari pertama berkunjungi ke Lembah Jaya ,safari kedua Kajang.di Lembah Jaya dan di Kajang bertemu beberapa sesepu orang Bawean, banyak yang di bicarakan disana,setuasi politik PKB , juga saling bertanya kabar. juga menyinggung tentang kesenia Bawean ,seperti ,Samro,Korjak,Pencak Silat,Dan kercengan.

Selain membicarakan kesenian Bawean teringat juga ,sewaktu kecil-kecil pada waktu itu,di Kumalasa,kalau tidak silap waktu itu umur 8 tahun.Di Kumalasa waktu saya masi anak-anak sering sekali ada Samra.Selalunya Samra di tampilkan apa bila ada acara walimatur urus (perkawinan) .Tentang kesenia Samra,kalau samra Kumalasa pada waktu itu di Pimpin Ibu Hj Musriha.karena keasikan berbual dan membicarakan Bawean,sampai saya terlupa untuk pulang dari tempat teman , pertemuan tersebut amat mengasikkan sampai jam 10 malam.

Dan keesokan harinya saya mengunjungi rumah teman di Gombak ,disana bertemu teman-teman lama yang pernah aktif sama-sama di PKB. Sewaktu di Gombak mendengar dari telingaku bahwa minggu depan ada Samra orang sungai rujing.

Saya tanya dengan teman samro siapa,teman s menjawab samro kak Nikmatussuhro.katanya teman tersebut, samra AL-Jazirah sekarang di pimpin kak Nikmat,sebelum di pimpin kak Nikmat ,dulu ketuanya Pak Sugik,tetapi Pak Sugik hanya penasehat sekarang. beru ingat samro AL-JAZIRAH, bahwa kumpulan samro yang di pimpin kak Nikmat tersebut pernah di tampilkan di acara peringatan hari Buruh di Stadiun Raja Muda Kampung Baru 3 tahun silam.Pada waktu itu Aliansi Buruh Migran (ABM ) Kuala Lumpur,mengadakan acara hari pekerja.,yang di hadiri Bapak Wakil Dubes Ri dan Bapak Muamir M Syam.Staff Khusus Mentri Tenaga Kerja RI.

Teringat kembali sewaktu kecilnya ,semasa masi di Bawaen.kalau tidak salah ,kak Nikmat adalah manta Musaboqo Tilawatil Qur'an peringkat Kab,Gresik.melanjutkan perbicaran dengan teman-teman, juga membicarakan gimana kalau kesenian Bawean yang ada di Malaysia kita promosikan ke Singapura.

Mungkin kita bisa akses dengan Media Bawean,atau bloger-bloger kepunyaan orang-orang bawean yang mempunyai LINK dengan Media Bawean (BM) .Sempat di singgung dan di bicarakan bahwa BM saat ini salah satu media yang konsen memberitakan tentang sikon Pulau Bawean .teman juga bertanya MB itu kepunyaan siapa,saya beritahu teman-teman bahwa MB editornya anak muda yang begitu loyal dengan BAWEAN.Yaitu Mas Basit ,beliau adalah LSM dari Gerbang Bawean.

Selain bersiraturrahmi ke kampung-kampung orang Bawean waktu 2 hari yang sangat singkat ,sempat juga saya mensosialisasikan tentang Media Bawean.dan juga keberadaan Media BAWEAN .

Kembali kepada cerita Samra masi ingat lagi, bahkan benar-benar ingat bahwa Samra adalah kesenian yang sangat di minati orang BAWEAN.Karena keasikan berbual dan bertukar pendapat dengan teman ,seolah-olah terlupa untuk pulang ke rumah,karena besoknya haru bertugas kembali ke Penghadilan.Pengalaman yang sangat berharga ,dan kesempatan yang baik bisa bertemu teman-teman dari Bawean.

Insa Allah kalau ada kesempatan libur akan melanjutkan safari ke Kampung Pandan dan Segambut,di dua tempat yang di sebutkan tadi penempatan orang BAWEAN yang bekerja di Malaysia.

2 comments:

Anonymous said...

laodik onggu jidie....kamma azizna?

Anonymous said...

men andik careta bab-na oreng komalasa, toles aken ka blogna-champainstitute.
sukses selalu e malay.selamat berjuang.MERDEKA!