Thursday, August 18, 2011

Mahfud MD Terpilih Pimpin MK Lagi



Jakarta (beritajatim.com) - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mohammad Mahfud MD terpilih menjadi Ketua MK yang baru untuk periode 2011-2014.

Dari sembilan suara, Mahfud MD memperoleh lima suara, Haryono mendapatkan dua suara, Hamdam Zoelva memperoleh satu suara dan abstain sebanyak satu suara.

"Pemilihan secara damai dan terpilih. Mudah-mudahan ketua terpilih nanti dapat menjadi kepercayaan masyarakat seperti yang disampaikan hakim," kata pimpinan rapat Mahfud MD, di Gedung MK, Jakarta, Kamis (18/8/2011).

Dengan demikian, untuk pelantikan ketua MK terpilih akan dilaksanakan pekan depan. "Sidang pleno tanggal 22 Agustus 2011 sekaligus sumpah jabatan," jelas Mahfud sembari menutup persidangan.

Mahfud MD merupakan ketua MK periode 2009-2011. Pada pemilihan ketua MK periode itu Mahfud mengalahkan Jimly Asshiddiqie.

Sementara itu, Mahfud MD menyatakan, tidak memiliki target jangka pendek dan target jangka panjang.

"Tidak ada (target). Di MK tidak ada target-target. Pokoknya perkara ditangani sesuai dengan prosedur yang berlaku," kata Mahfud.

Mahfud menyatakan, pihaknya akan terus memperjuangkan keadilan serta indepensi institusi tersebut. "Yang penting tadi indenpendensi dan keberanian untuk membuat keputusan, di mana kalau perlu direkam banyak orang agar dapat dirasakan manfaatnya oleh bangsa dan negara," jelas Mahfud. [mvi

No comments: