Thursday, August 18, 2011

Warga Bawean Dan Tki Tidak Pernah Melupakan Insan Yang Di Cintai Di Tanah Air

Salam

TKI

Lagi berapa hari ummat Islam akan merayakan hari kemenangan yaitu hari raya idul fitri,bagi teman-teman pekerja Indonesia yang bekerja di Malaysia juga begitu.Jika mereka tdk mudik selalunya akan lebaran di Malaysia.Kdang-kadang kangen dengan keluarga di kampung akan terobati jika ketemu sesama warga indonesia..

Dalam menjalankan kewajiban dan tanggung jawab dengan keluarga mereka tidak pernah melupaka keluarganya yang di kampung,selalunya waktu lebaran akan tiba akan kirim uang kepada keluarga di kampung.

Warga Bawean Di Rantau

Juga tidak ketinggalan bagi warga Bawean ,selalunya jika tidak dapat mudik mereka juga akan kirim uang kepada keluarganya.Kebanyakan warga Bawean yang ada di Malaysia sudah bertahun-tahun bekerja di Negara Malaysia.

Setiap lebaran tiba mereka tidak ketinggalan menyiapkan apa-apa yang di anggap perluh.Terutama para ibu-ibu akan sibuk di dapur dengan membuat kue-kue untuk persiapan lebaran.

Pada kebiasaanya warga Bawean akan mempersiapkan lontong,ketupat,rendang,ayam goreng dan juga macam-macam lagi,tidak banyak bedanya dengan orang tempatan ,budaya orang tempatan dengan orang Bawean tidak banyak bedanya.

Dalam pantuan saya , beberapa hari ini kelihatan para masyarakat Bawean sudah mulai sibuk untuk buat kue lebaran,maklumlah takut saudara-saudaranya datang berlebaran.

Pada kebiasaanya warga Bawean setelah solat idul fitri akan berkunjung kerumah saudara dan tetangga,budaya ini tetap tertanam di jiwa setiap werga Bawean,meskipun jauh di sudut sana di rantau orang.

Sebelum lebaran tiba perlu kita ketahui bahwa ada hari-hari yang di katakan lekoran katanya orang jawa ,yaitu hari-hari ganjil dimana di hari 10 terkhir romhdan ada malam istimewa yaitu malam Lailatur Qoder.

jangan kita terlalu memikirkan lebaran tapi yang terpenting bagai mana kita ingin meningkatkan ibada kita kepad Allah SWT.Memperbanyak amalan-amalan malam pada sepuluh terakhir bulan yang mulia ini.

Perbanyak sholat sunnat tahajjud,sholat hajat dan sholat sunnat tasbi,juga minta ampunan dari Allah SWT agar dosa kita di ampunih oleh Allah.

Semoga kita semua di jadikan ummat sebaik-baiknya oleh Allah..Amin



No comments: