Tuesday, May 17, 2011

Jatim Digoyang Gempa Bumi Berskala Lemah

Sumber Beritajatim.com
Selasa, 17 Mei 2011 07:51:10 WIB

Reporter : Nanang Masyhari
Kediri - Gempa bumi dengan skala lemah mengguncang wilayah kediri dan beberapa wilayah di Jatim. Gempa yang berlangsung dua kali itu terjadi sekitar pukul 07.20 WIB.

Duwi Arif Hidayat (21), warga Desa Mlati, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri mengatakan, gempa berlangsung dua kali dan sangat singkat. Antara gempa yang pertama dan kedua jaraknya juga hampir bersamaan.

"Meja dan televisi bergetar. Tetapi tidak berlangsung lama, hanya sekitar 15 detik," kata mahasiswa Universita Nusantara PGRI Kediri itu, Selasa (17/5/2011).

Hal senada dikatakan oleh Hari, warga Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri. Dia merasakan gempa berkekuatan rendah itu dalam waktu beberapa detik saja.

Belum diketahui letak sumber gempa. Karena getarannya juga sangat rendah, ada yang tidak merasakan.

"Saya malah tidak merasakan. Orang-orang ada yang bertanya kepada saya. Mungkin karena getarannya sangat lemah," kata Ayu Andira (18), warga Kota Kediri.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika melansir bahwa gempa tidak hanya terjadi di Blitar (170 km Tenggara). Gempa juga melanda wilayah Malang (172 Barat Daya), Lumajang (174 Barat Daya), dan Jember (199 Barat Daya). Masyarakat di beberapa tempat tersebut tidak perlu khawatir, BMKG memastikan bahwa gempa tidak berpotensi tsunami. [nng/but]

No comments: