Saturday, May 7, 2011

SBY Bangga Pamor ASEAN Meningkat


Jakarta – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan rasa bangganya karena pamor ASEAN meningkat di mata dunia.

Saat menyampaikan pidato pembukaan KTT ASEAN ke-18 di Jakarta Convention Center, Sabtu (7/5), Presiden SBY menyatakan banggak karena telah banyak negara di kawasan lain yang ingin menjalin kerjasama dengan ASEAN.

“Ini berarti meningkatnya pamor ASEAN sebagai organisasi regional yang berhasil di mata dunia. Oleh karena itu, banyak hal yang sesungguhnya dapat kita tawarkan kepada kawasan dan bangsa lain di luar kawasan kita,” kata SBY.

Presiden menyatakan, ASEAN telah memetik pelajaran yang amat berharga setelah lebih dari 40 tahun bekerjasama. “Kita telah mendapatkan pengalaman dan pelajaran yang sangat banyak dan berharga,” tutur presiden.

Seiring dengan tertujunya mata dunia ke kawasan ini, berarti ASEAN juga harus bekerja lebih keras, mencapai Komunitas ASEAN 2015 dan menjadikan hubungan kemitraan di antara kita semakin bermanfaat untuk menyelesaikan masalah-masalah global.

“Tingkatkan kerjasama dan libatkan rakyat menjadi bagian ASEAN. Saya sungguh berharap KTT ASEAN tahun ini, dapat menjadi jembatan menuju keberhasilan yang kita harapkan bersama,” lanjutnya.

No comments: