Monday, February 15, 2010

Warga Kumalasa Kampung Pandan Adakan Kenduri Kesyukuran







Salam

Pada kebiasaan yang di lakukan warga Kumalasa Rantau jika waktu libur selalunya menggunakan waktu libur itu sebagai aktifitas keluarga.Pada kemaren malam 14/2/2010warga Kumalasa rantau tetangga telah membuat kenduri ke syukuran yang di dakan di Kampung Pandan Kuala Lumpur.

Acara kenduri kesyukuran di adakan oleh Bang Rahmat warga Kumalasa yang sudah puluhan tahun menetap di Kuala Lumpur.Tujuan kenduri kesyukuran tersebut adalah menyelamati anak lelakinya yang baru seminggu bertemu jodoh dengan warga Kumalasa juga,Selain kenduri untuk anak lelakinya bang Rahmat juga adakan kenduri acara 40 hari cucunya (cukur rambut).Dalam acara kenduri kesyukuran itu ,bang Rahmat mengundanag group bersanjian dan marhabanan warga Bawean yang juga sudah lama menetap di negara tentangga ini.

250 orang warga Kumalasa hadir di acara kenduri kesyukuran pada malam itu,kelihatan begitu gembira para warga yang hadir di acara itu.Coba bayangkan kalau pada hari -hari tertentu jarang bisa ketemu seperti ini.Juga tampak para ibu-ibu juga hadir di acara kenduri kesyukuran tersebit.

Saat saya bertanya dengan bang Rahmat ,kenapa kenduri kesyukuran ini di adakan tepat pada hari imlek,beliau menjawab iyanya senang karena warga pada libur,kalau hari biasa sulit untuk mengundang warah ,karena pada sibuk kerja,maklumlah mereka kerja merata-rata tempat,ungkap bang Rahmat.

Memang benar kalau mengadakan kenduri pada hari libur senang sekali ,warga pada libur.Hari libur seperti ini bisa saling ketemu dan saling menyaapa kabar,inilah tradisi orang-orang Bawean Kumalasa di rantau.Jika ada kenduri kesyukuran begini ianya akan datng semua.

Menurut Hikma warga Kumalasa di rantau ini sebanyak 450 orang jiwa ,dana bahkan masih banyak yang tidak tercatet ,karena mereka ada di luar Kuala Lumpur.

No comments: