Sunday, March 13, 2011

Menteri Penerangan Malaysia Buka KTT "ANTARA"-"Bernama"

Kuala Lumpur - Menteri Penerangan, Komunikasi dan Kebudayaan Malaysia, Dato` Sri Utama Dr Rais Yatim, di Kuala Lumpur, Sabtu sore membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) pertama Kantor Berita "Bernama" dan "ANTARA".

Acara pembukaan yang berlangsung di "Royale Ghulan", salah satu hotel mewah di Kuala Lumpur, itu diikuti puluhan orang anggota delegasi dari kedua kantor berita serta wartawan dan pemerhati pers dari Indonesia dan Malaysia.

Di antara anggota delegasi kedua kantor berita yang hadir dalam acara pembukaan itu adalah Direktur Pemberitaan Perum LKBN ANTARA Saiful Hadi, Ketua Dewan Pengawas ANTARA, Henri Subiakto, Ketua Bernama Dato` Abdul Rahman Sulaiman, dan Manajer Umum Bernama, Dato` Hasnul Hasan.

Acara pembukaan KTT pertama itu juga dihadiri Wakil Duta Besar RI untuk Malaysia Mulya Wirana, mantan ketua umum PWI, Sofyan Lubis, serta Sekjen Kementerian Penerangan, Komunikasi dan Kebudayaan Malaysia, Dato` Sri Kamaruddin Siarap.

Dr Rais Yatim mengatakan, kegiatan bersama Bernama dan ANTARA ini merupakan tindak lanjut dari hasil kesepakatan Pertemuan Komite Bersama untuk Informasi dan Komunikasi (JCCM) di Kuala Lumpur pada 2-4 Mei 2010.

KTT pertama yang menjadi bagian dari upaya kedua kantor berita untuk memperkuat fondasi hubungan kedua negara dan bangsa serumpun lewat diplomasi media ini diharapkan memperkuat kerja sama nyata yang berkelanjutan, katanya.

"Diplomasi yang paling kekal adalah hubungan antarrakyat (people-to-people)... Bernama dan ANTARA adalah pihak-pihak yang akan meneruskan perjuangan," katanya.

Pada acara itu, Dr Rais Yatim dan Mulya Wirana yang hadir mewakili Dubes RI untuk Malaysia Da`i Bachtiar meluncurkan penerbitan Majalah "Sinergi".

Majalah yang terbit empat kali dalam setahun sebagai hasil kerja sama kantor berita Bernama dan ANTARA ini memuat berbagai berita dan artikel yang mencerahkan pemahaman publik tentang kemajuan hubungan kedua negara.

Setelah acara pembukaan, para anggota delegasi kedua kantor berita akan melanjutkan dialog mereka guna merumuskan sejumlah poin kerja sama konkrit kedua pihak di sebuah resor ternama Malaysia di Melaka pada Minggu dan Senin.

Di antara poin kerja sama tersebut adalah pertukaran wartawan tulis dan foto, pengambilan foto obyek-obyek menarik oleh wartawan foto Malaysia dan Indonesia di Pulau Kalimantan, penerbitan berkesinambungan Majalah "Sinergi", serta penyelenggaraan KTT kedua "Bernama" dan "ANTARA" di Indonesia. (*)

No comments: