Thursday, October 2, 2008

TKI Diberangkatkan Menuju Port Klang

Sebanyak 104 Tenaga Kerja Indonesia telah diberangkatkan dari kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kuala Lumpur menuju Pelabuhan Port Klang, Kamis (2/10) pukul 14. 00 WIB atau 15.00 Waktu Malaysia.

Para TKI didampingi dua pejabat KBRI dari konsuler dan penerangan. Diperkirakan, perjalanan dari Kuala Lumpur menuju Port Klang ditempuh dalam satu jam.

Kapal Negara (KN) Sarotama milik Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai atau Indonesian Coast Guard, juga telah merapat di Pelabuhan Utara (North Port), Port Klang, Malaysia, pukul 13.00 waktu setempat.

Dari Port Klang, KN Sarotama akan membawa pulang para TKI ke pelabuhan Tanjung Balai Asahan, dengan waktu tempuh delapan jam. Meski demikian, kapan KN Sarotama akan berlayar karena tergantung clearance dari Otoritas Pelabuhan Port Klang.

Para TKI itu merupakan korban tenggelamnya kapal tongkang di perairan Port Klang, Selasa lalu. Ketika tenggelam, tongkang berkapasitas 70 orang itu mengangkut 140 penumpang. Menurut d ugaan sementara, kapal tenggelam karena kelebihan muatan, dan diterjang gelombang tinggi.

Pengiriman kapal itu berdasar permintaan Duta Besar Indonesia untuk Malaysia, Da'i Bachtiar kepada Menteri Jusman, Selasa malam sekitar pukul 19.00 WIB, ujar Bambang Ervan. KN Sarotama yang dikirim karena dekat berpangkalan di Tanjung Uban, Riau, tidak terlalu jauh dari Malaysia.

No comments: