Saturday, November 1, 2008

Cerita Tki Yang Rajin Bekerja

Kerajinan tki bekerja di Malaysia tidak memilih bidang pekerjaan terbukti dengan dua tki asal Pontianak.jika tki yang datang ke Malaysia banyak yang bekerja di kebun,kontrek dan pabrik.

Lain halnya dengan tki asal Pontianak yang bekerja sebagai pencuci mobil seperti dalam foto.

menurut cerita tki tersebut, gaji sebagai pencuci mobil sangat lumayan sekali ,mereka bekerja sebagai pencuci mobil sudah 5 atau 6 tahun.

(kah nama samaran ),mengatakan kepada saya saat berkunjung ketempat beliau bekerja,pekerjaan mencuci mobil perlu kesabaran dan ke pandai katanya.memang pada awalnya bekerja seperti ini sangat susa sekali.jika salah mencuci mobil orang bisa rosak.

saya datang ke Malaysia untuk bekerja,jadi tidak perlu memili kerja,asalkan reseki yang Allah beri halal.

Bisa kirim kepada orang tua di Pontianak.menurut cerita kah,yang penting ada kemahuan bekerja ,di Malaysia senang sekali cari uang jika rajin bekerja.yang paling terpenting mahu rajin bekerja,tidak malas dan tidak memilih pekerjaan.

Sesudah gajian selalunya saya tabung sedikit-sedikit,jika nanti pulang ke Indonesia bisa bikin modal kecil- kecilan berdagang di kampung.

sedikit saya menyinggung tentang pekerjaan kah,apakah bekerja sebagai pencuci mobil tidak malu,dengan pantas beliau menjawab bikin apa saya malu,ini pekerjaan yang halal dan tidak mencuri.

mulanya saya bekerja sebagai pencuci mobil belajar dengan paman saya,yang juga sebagai pencuci mobil,pamannya bekerja di tempat yang sama dengan kah.

menurut cerita kah lagi ,saya sudah lama tidak pulang kampung hampir 5 tahun,saya juga kangen kampung ,bagaimanapun kita senang di negara orang tidak semestintanya melupakan tanah air sendiri.

Sebenarnya antara Pontianak dengan Malaysia bukannya jahu, "dekat, " apa lagi saya dekat dengan Serawak.perjalanan dari Pontianak ke Serawak hanya beberapa jam saja.

saya datang ke Malaysia barat ini ikut teman saya,lagipun saudara-saudara saya banyak yang tinggal di Kuala Lumpur.sebab itu saya tidak bekerja di Serawak biarpun dekat dengan kampung.

Disinggung tentang gaji ,kah mengatakan gaji setiap hari tidak tetap,ini tergantung pendapatan setiap hari. kadang-kadang gaji setiap hari bisa dapat 70 atau 50 ringgit.jika banyak pelanggan yang datang banyaklah dapat gaji.

Waktu bekerja setiap hari jam 8 pagi sampai 6 sore tetapi juga tergantung dengan banyaknya mobil.jika masi ada mobil yang belum di cuci kadang kadang saya pulang sampai 6.30 sore.

Saya jarang sekali untuk libur,selagi ada pekerjaan saya tidak berminat untuk libur ,menurut cerita kah lagi ,selagi badan sehat untuk apa saya libur.

Kah adalah pemuda yang baru berumur 24 tahun yang rajin berdikari,biarpun kah merantau jahu dengan keluarga di Indonesia bahkan tidak pernah melupakan orang tuanya di kampun.

Kah selalu kirim uang dengan keluarganya ,saya ingin berbakti kepada keluarga ,selagi mempu memberikan pertolongan dengan keluarga kenapa tidak akan membantunya,ungkapnya lagi.

Apa bilah saya singgung tentang perkawinan,katanya beluam ada jodoh,kah ingin mencari seorang istri yang bisa sama-sama memahami kehidupan ini.

Kalau hanya ingin cari istri bisa saja,tetapi apakah benar-benar tanggung jawab sebagai suami bisa melaksanakannya.

Selain kah saya sempat juga ngomong-ngomong dengan Pak Parman tki asal Pontianak.Parman datang ke Malaysia bekerja sebagai pencuci mobil ,menurut cerita Parman tidak bisa bekerja lain ,karena pekerjaan mencuci mobil ini sudah menjadi kemahirannya.

Untuk bekerja kontrek(buruh binaan ),kebun atau pabrik tidak bisa,karena tidak punya ke mahiran pekerjaan tersebut.

Pak Parman datang Malaysia dengan anak dan istrinya.istrinya bekerja di pasar pagi dan tidak jahu dari tempat pak Parman bekerja.

Sedangkan anaknya juga bekerja di pasar pagi di Pandan Perdana ini ungkap pak Parman.

Ini terbukti menurut cerita kedua-dua tki yang bekerja di Malaysia perlu ketekunan dan kerajinan.reseki bisa di dapat dimana-mana asalkan rajin dan mahu menabung.kesempatan yang ada janganlah di buang begitu saja,selagi di beri kesehatan oleh Allah .Mari gunakan kesempatan yang ada ini,Reseki tidak datang bergolek ,malainkan ketekunan.kerajinan dan tidak malas ,perlu kesabaran dan yang paling terpenting mahu menabung seperti kah.

No comments: