Thursday, September 3, 2009

Korban Tewas Akibat Gempa Capai 44 Orang

03/09/2009 08:07
Liputan6.com, Bandung: Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan laporan sementara korban meninggal akibat gempa bumi 7,3 skala Richter mencapai 44.

"Berdasarkan laporan sementara Satkorlak PBA Jawa Barat, jumlah korban jiwa sebanyak 44 orang, terbanyak di Kabupaten Cianjur," kata Heryawan usai Rapat Khusus Penanganan Bencana Gempa di Gedung Pakuan Kota Bandung, Rabu (2/9) malam yang dikutip ANTARA.

Heryawan menyebutkan, korban meninggal tersebar di delapan kabupaten yakni Kabupaten Cianjur sepuluh orang, Kabupaten Bandung (delapan orang), Kabupaten Tasikmalaya (delapan orang), Garut (tiga), Kabupaten Bogor (dua), Sukabumi (satu), Ciamis (satu), dan Kabupaten Bandung Barat (satu orang).

Menurut gubernur, kerusakan paling parah terjadi di Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya.Penangan sementara dilakukan penanganan gawat darurat yang melibatkan Satlak PBA dan instansi terkait di daerah masing-masing termasuk Polri dan TNI.

Pemprov Jabar menyiapkan dana sekitar Rp 90 miliar untuk penanganan bencana antara lain untuk menangani kedaruratan hingga pemulihan.

Sementara itu untuk pengobatan pasien korban akibat gempa, pemprov akan menggratiskan biaya pengobatan."Pokoknya mereka akan ditangani dan ditanggung pemerintah," kata Heryawan.

Selain itu Pemprov Jawa Barat akan segera mendrop kebutuhan masyarakat khususnya mereka yang mengungsi baik itu pangan maupun sandangnya.

"Penanganan pertama kedaruratan dulu, akan disusul kemudian bantuan untuk mereka. Cadangan beras pemerintah bisa dialokasikan untuk membantu mereka," kata Ahmad Heryawan.(JUM)

No comments: