Saturday, September 26, 2009

PKB Siapkan strategi Hadapi 18 Pilkada di Jawa Timur

SETELAH pemilu legislatif dan pemilu presiden, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bakal habis-habisan dalam pemilihan kepala daerah (pilkada).

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menegaskan, partainya tengah menyiapkan serangkaian strategi untuk menghadapi 18 pilkada di sejumlah kabupaten/kota di Jawa Timur.Setidaknya, dua strategi disiapkan PKB.

Pertama, membuka pintu rekonsiliasi dengan partai lain yang juga berbasis nahdliyin.

Kedua, merekrut kandidat yang maju dari pengurus atau tokoh lokal sesuai dengan hasil survei dan polling. ''Survei dan polling akan dikombinasikan untuk menjadi kesimpulan dan keputusan,'' kata Muhaimin seusai bersilaturahmi dengan KH Muchit Muzadi di Jember kemarin.

PKB tidak membedakan sang kandidat dari kader maupun bukan kader.Menurut Muhaimin, dalam mematangkan rekonsiliasi dengan partai lain yang berbasis nahdliyin, pengurus DPP bersilaturahmi dengan sejumlah tokoh NU.

Selain KH Muchit, Muhaimin mendatangi pengasuh Pesantren Raudlatul Ulum KH Khotib Umar dan pengasuh Ponpes Al Qodiri KH Muzaki Syah. Dua kiai tersebut kebetulan berdomisili di Jember.

Upaya rekonsiliasi itu disambut positif oleh KH Muchit. ''Sak apik-apike wong nggak rukun, luwih apik sing rukun (sebaik-baik orang bertengkar, tetap lebih baik yang rukun, Red),'' tutur KH Muchit. (aro/jpnn/agm)

No comments: