Friday, December 26, 2008

Gus Dur Minta Pemilu Diundur

JAKARTA– Mantan Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunda pelaksanaan Pemilu 2009. Dia menilai persiapan pemilu tidak maksimal.

”Kami minta KPU menunda saja pemilu hingga tahun depan, 2010,” kata Gus Dur dalam jumpa pers di Gedung PBNU,Jakarta,kemarin.Gus Dur memaparkan, banyak bukti dengan jelas menunjukkan ketidaksiapan KPU dalam menyelenggarakan pemilu.

Mulai dari masalah pendaftaran pemilih hingga hal-hal lain. Dalam momen seperti Pilkada Jatim saja, lanjut Gus Dur, data pemilih tidak akurat. Banyak pemilih yang tidak terdaftar.

Mantan Ketua Umum PBNU ini mengaku sadar permintaannya untuk menunda pemilu tidak akan diindahkan. ”Tapi nyatanya belum kerja mo ngapain,” ucapnya.

Menanggapi hal ini, anggota KPU Endang Sulastri membantah persiapan pemilu tidak maksimal.Menurut dia, KPU sudah berusaha bekerja secara maksimal.

KPU, menurut dia, sudah melaksanakan sosialisasi dan proses tahapan pemilu.”Kami tetap akan melaksanakan pada 9 April 2009,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, KPU telah melakukan sosialisasi di media massa elektronik atau cetak. (dian widiyanarko/kholil)

No comments: