Wednesday, June 23, 2010

Argentina Lolos Ke 16 Besar

Polokwane: Tim favorit Argentina tampil sempurna di babak penyisihan Grup B PD 2010. Setelah menundukkan Nigeria dan Korea Selatan, Tim Tango kembali meraih hasil maksimal di laga terakhir dengan mengalahkan Yunani dengan skor 2-0 (0-0). Kedua gol kemenangan La Albiceleste dihasilkan bek Martin Demichelis dan striker pengganti Martin Palermo.

Dengan hasil ini, Argentina berhak duduk di puncak klasemen grup dengan nilai sembilan, unggul lima angka dari Korea Selatan yang bertengger di peringkat kedua. Sementara, kekalahan kali kedua ini memupus mimpi Yunani untuk lolos ke babak 16 besar dengan hanya menempati peringkat ketiga dengan jumlah tiga angka.

Turun dengan sebagian besar pemain cadangannya, Argentina belum berhasil menjebol gawang Yunani sampai usainya babak pertama. Sejumlah peluang La Albiceleste gagal dikonversi menjadi gol berkat gemilangnya penampilan kiper Yunani, Alexandros Tzorvas.

Di menit ke-17 misalnya, tendangan kaki kiri Sergio Aguero masih dapat ditepis Tzorvas. Pun demikian dengan tendangan jarak jauh yang dilakukan Sebastian Juan Veron yang masih dapat digagalkan penjaga gawang Panathinaikos berusia 27 tahun itu. Gempuran demi gempuran yang dilakukan anak-anak asuhan Diego Maradona tetap tak membuahkan hasil sampai peluit akhir babak pertama berbunyi, termasuk peluang Aguero di menit ke-33 dan tendangan Lionel Messi di injury time.

Di awal babak kedua, Yunani nyaris mencetak gol yang bakal membuka peluang mereka lolos ke babak 16 besar. Memanfaatkan kesalahan antisipasi Demichelis, tendangan striker Giorgios Samaras di kotak penalti masih melebar dari gawang Sergio Romero. Argentina tersengat. Kendali permainan kembali digenggam. Tercatat peluang emas Lionel Messi dan Mario Bolatti dapat digagalkan kiper Tzorvas.

Namun, gempuran demi gempuran yang dilakukan Lionel Messi dkk akhirnya membuat gawang Yunani jebol juga ketika pertandingan tinggal tersisa 13 menit. Bermula dari sepak pojok sundulan Demichelis membentur badan Diego Milito. Bola rebound langsung dicocor Demichelis. Skor 1-0. Mental para pemain Yunani pun ambruk.

Di menit ke-85, tendangan Messi hanya membentur tiang gawang. Empat menit kemudian, Messi menjadi kreator gol kedua La Albiceleste. Sepakan keras kaki kirinya di luar kotak penalti masih dapat diselamatkan kiper Tzorvas. Namun, bola muntah jatuh di kaki Martin Palermo yang baru masuk di menit ke-80. Tendangan kaki kanan Palermo ke tiang jauh tak dapat dijangkau Tzorvas. Skor 2-0 bertahan sampai bubaran.

Susunan Pemain:
Yunani: Tzorvas, Moras, Papadopoulos, Vyntra, Torosidis (Patsatzoglou), Kyrgiakos, Papaststhopoulos, Tziolis, Karagounis (Spiropoulos), Katsouranis (KK, Ninis), Samaras.
Argentina: Romero, Demichelis, Rodriguez (Di Maria), Burdisso, Otamendi, Bolatti (KK), Veron, Maxi, Messi, Aguero (Pastore), Milito (Palermo).
Wasit: Ravshan Irmatov (Uzbekistan)

No comments: