Monday, June 28, 2010

Disayangkan, 27 DPW PKNU Tolak Islah dengan PKB

ISLAH PARPOL BERBASIS NU
Denpasar, NU Online
Ketua DPW PKNU se-Indonesia memutuskan menolak melakukan islah dengan PKB. Keputusan itu kata Ketua DPW PKNU Bali, Imam Hanafi, diambil dalam acara silaturrahmi ketua DPW PKNU se Indonesia yang berlangsung di Denpasar, Bali.

"Kita sudah sepakat untuk menolak islah dengan PKB," kata Imam yang juga ketua panitia silaturrahmi itu, di Denpasar, Senin (28/6).

Menurut Imam, penolakan para DPW PKNU itu, sesuai dengan hasil Musyawarah Pimpinan Nasional (Muspimnas) PKNU di Hotel Sahid Jakarta awal tahun ini. Acara yang dimulai Jumat lalu dan berakhir Ahad (27/6), diikuti 27 DPW PKNU se Indonesia dan enam DPW yang tidak hadir, yakni Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Sumut, sumbar, Kaltim dan Kalbar.

Menurut Imam, selain menolak islah dengan PKB, seluruh ketua DPW PKNU se-Indonesia juga mendesak DPP PKNU untuk segera mengadakan rapat gabungan guna memberikan sanksi pada Sekjen PKNU Idham Cholid yang telah melanggar sistem.

Ditegaskan, apa yang dilakukan Sekjen PKNU Idham Cholid yang tergabung dalam Komite Islah merupakan sikap dan langkah pribadi, bukan sikap PKNU. "Ketua Umum sendiri (Chairul Anam) tidak tahu menahu tentang islah tersebut," tambah Imam Hanafi seperti dilansir republika online.

Dikatakan Imam, dalam AD/ART PKNU, tidak diatur mengenai keharusan untuk islah dengan PKB Gus Dur maupun PKB Cak Imin. Karena itu tambahnya, peserta silaturrahmi itu memandang menolak rencana atau tawaran melakukan islah. "Jadi intinya kita akan jalan terus," kata Imam. (mad

No comments: