Sunday, June 6, 2010

Jangan pernah sekali pun memberitahukan kata sandi e-mail (surat elektronik) Anda kepada siapa pun.Tentang Akun Facebook dan Twitter Agar tak Dibobol

Jakarta - Tingkat kejahatan dunia maya Indonesia terbilang tinggi. Perusahaan pembuat program keamanan komputer terbesar Symantec melansir, pada 2009 Indonesia berada di peringkat kedelapan dalam daftar negara dengan tingkat kejahatan dunia cyber tertinggi di kawasan Asia-Pasifik. Naik empat tingkat dari tahun sebelumnya. Diperkirakan trennya akan terus meningkat. Apalagi komunikasi antar-individu dan beragam transaksi keuangan kian bergantung pada Internet, mengikuti tuntutan zaman. Untuk membantu Anda agar tidak menjadi korban para penjahat berkerah hitam ini, berikut ini kiatnya.

TAKTIK UMUM
1.Jangan pernah sekali pun memberitahukan kata sandi e-mail (surat elektronik) Anda kepada siapa pun.
2. Kreatiflah dalam memilih kata sandi. Jangan yang berkaitan dengan data pribadi, termasuk nama hewan peliharaan Anda. Jangan pula nama artis idola, karena mudah ditebak.
3. Gunakan variasi huruf kapital, angka, dan tanda baca untuk kata sandi. Agar tak mudah lupa, catat dan simpan di suatu tempat yang hanya Anda ketahui.
4. Jangan gunakan kata sandi yang sama untuk semua akun Anda.
5. Jangan menggunakan satu alamat e-mail untuk berbagai keperluan. Bedakan e-mail untuk transaksi elektronik dengan e-mail situs jejaring sosial yang Anda ikuti.
6. Kurangi menggunakan jasa warung Internet. Berselancar yang paling aman adalah dengan menggunakan komputer sendiri.
7. Bila terpaksa menggunakan komputer umum, biasakan menghapus History di browser yang Anda gunakan. Jangan lupa pula menghapus cookies, agar data Anda tidak mudah terlacak pengguna komputer setelah Anda.
8. Jangan umbar data pribadi di situs apa pun, termasuk blog pribadi Anda.

TAKTIK UNTUK FACEBOOK DAN TWITTER
1. Sembunyikan alamat e-mail Anda dari layar profil.
2. Jangan sembarangan menerima pertemanan jika tidak kenal.
3. Bila telanjur mencantumkan nomor telepon pribadi, segera hapus. Karena bisa digunakan orang iseng untuk kegiatan kriminal.
4. Jeli melihat tampilan halaman utama Facebook dan Twitter. Jangan sampai terkena perangkap phishing dengan tidak buru-buru memasukkan nama dan kata sandi.
5. Jika Anda curiga telah dijebak lewat phishing, langsung tutup halaman itu.
6. Jangan suka mengklik link yang tidak jelas.

TAKTIK UNTUK PAYPAL ATAU SEJENIS
1. Sekali lagi jangan lupa, bedakan e-mail akun lain dengan e-mail PayPal atau kartu kredit Anda.
2. Gunakan fasilitas Security Center di situs-situs transaksi elektronik Anda. Meski harus mengeluarkan uang, jumlahnya tidak akan sebanding dengan kerugian yang akan Anda derita.
3. Usahakan menggunakan komputer pribadi saat melakukan transaksi ini.
4. Bertransaksilah secara aman. Jangan bertransaksi di toko-toko online yang belum jelas kredibilatasnya.

No comments: