Sunday, April 26, 2009

Anas: PKB Resmi Ijab Kabul, PKS Menyusul

Koalisi Partai Demokrat (PD) dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) diam-diam telah menekan ijab kabul. PKB menjadi partai yang pertama menjalin kemesraan kembali dengan Partai Demokrat semenjak Pemilu 2004.

"Yang sudah secara resmi menyatakan koalisi dengan PD adalah PKB, sudah teken ijab kabul. Yang lain baru tahap finalisasi karena masih tunggu proses internal sesuai dengan mekanisme masing-masing partai," kata Ketua DPP Partai Demokrat Bidang Politik Anas Urbaningrum saat menggelar keterangan pers di Jakarta, Ahad (26/4).

Menurut Anas, langkah PKB ini bakal segera disusul Partai Keadilan Sejahtera. "PKS sudah dekat ijab kabul itu," paparnya.

Meski sudah mendekat, Anas menyatakan, Partai Demokrat tetap menghormati proses internal PKS yang saat ini tengah menggodok cawapres.

Lain hal dengan PKS, posisi Partai Amanat Nasional (PAN) masih di persimpangan jalan. Partai Demokrat pun menanti proses internal yang terjadi di PAN, termasuk partai-partai lain.

"Beberapa partai juga sudah melakukan pembicaraan intensif, tapi rata-rata masih menunggu pengesahan lewat mekanisme internal partai," tandasnya.

No comments: