Thursday, April 9, 2009

Hampir Pasti Koalisi Demokrat, PKS, dan PKB

JAKARTA, — Penjajakan koalisi sudah dilakukan beberapa bulan menjelang pemilu legislatif. Kini ketika gambaran kekuatan sudah di depan mata, bagaimana peta koalisi sejumlah partai?

Partai Demokrat yang hampir dipastikan sebagai pemenang pemilu kemungkinan akan memastikan koalisinya dengan dua partai menengah, yaitu PKS dan PKB. Demikian pengamatan yang disampaikan Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari, Jumat (10/4).

"Setelah melihat indikasi hasil ini, kita harus mendengar setiap pernyataan politik terkini masing-masing partai. Namun, saya menduga, koalisi yang hampir definitif itu antara Demokrat, PKS, dan PKB," kata Qodari kepada Kompas.com.

Ketiga partai itu selama ini cukup intensif dan terlihat konsisten menggalang barisan koalisi. Pada penghitungan cepat sejumlah lembaga survei, perolehan suara Demokrat di kisaran 20 persen, PKS 7 persen, PKB 4-5 persen.

Untuk memperkuat koalisi yang juga sering mereka sebut sebagai golden bridge ini, kemungkinan akan merangkul partai-partai kecil yang sudah dijajaki. Partai-partai itu diantaranya PBB, PDP, PKP Indonesia, dan Partai Pelopor.

Sementara itu, wacana koalisi golden triangle antara PDI Perjuangan, Golkar, dan PPP, menurut Qodari, justru belum bisa dipastikan.

No comments: