Friday, April 10, 2009

Pemilih TPSLN di Kuala Lumpur Tidak Signifikan

Kuala Lumpur:Meski jumlah pemilih di Malaysia adalah yang terbanyak untuk wilayah luar negeri, namun ternyata tingkat partisipasi pemilih masih sangat rendah. Terlihat dari jumlah pemilih yang mencontreng melalui TPS hanya sekitar 4 persen.Pantauan epung Komalasa, Jumat (10/4/2009) terhadap 30 TPSLN di wilayah Kuala Lumpur, partisipasi pemilih hanya sebesar 2.544 suara.

Untuk wilayah Kuala Lumpur, PPLN mendirikan 30 TPSLN dengan perincian 9 TPS di KBRI Kuala Lumpur, Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (9), Wisma Duta (7), Rumah Dinas Atase Pertahanan (2), Wisma Wakil Duta (1), Dewan Beringin Sri Gombak (1), dan Dewan Serbaguna Puchong (1).

Setiap TPS di dalam premis Indonesia disiapkan untuk 2.000 calon pemilih DPT. Sedangkan TPS di Gombak dan Puchong masing-masing disiapkan bagi 600 calon pemilih DPT. Namun ketika pelaksanaan pemilihan, tidak semua WNI yang telah terdaftar mendatangi TPS yang ditentukan.

Jumlah DPT untuk wilayah Kuala Lumpur yang memilih melalui TPS sebesar 57.200 dari total DPT yang mencapai 427 ribu pemilih. Sedangkan sisanya dilakukan pemilihan melalui pos sekitar 320 ribu dan dropping box sekitar 49 ribu.

Rendahnya tingkat partisipasi pemilih di wilayah Kuala Lumpur kemungkinan disebabkan amburadulnya sistem pendataan DPT, penyebaran WNI yang tidak merata, dan keterbatasan area pendirian TPS.Sementara penghitungan suara yang dilakukan melalui dropping box akan akan dimulai Sabtu, 11 April 2009

No comments: