Tuesday, April 21, 2009

Dubes Jepang Puji Proses Pemilu

JAKARTA (SI) – Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia Kojiro Shiojiri memuji proses Pemilu Legislatif 2009 di Indonesia yang digelar Kamis (9/4).

Menurut dia, pemilihan umum (pemilu) di Indonesia harus diakui sebagai proses demokrasi yang paling rumit di dunia. Sebab, pemilihan langsung oleh ratusan juta rakyat Indonesia ini digelar secara serentak di seluruh pelosok Nusantara yang terdiri atas ribuan pulau.

Belum lagi dengan karakter pemilih yang terdiri atas beragam suku dan budaya. “Tingkat kerumitan itulah yang tidak dimiliki negara-negara lain di dunia dalam berdemokrasi.Pemilu di Indonesia sangat rumit, tetapi bisa berjalan dengan baik. Karena itu, Indonesia lebih berharga dibanding negara lain dalam berdemokrasi,” katanya saat berkunjung ke redaksi Seputar Indonesia (SI) di Jakarta kemarin.

Shiojiri menuturkan, sebelum pemilu digelar,dia sempat kembali ke Jepang dan telah meyakinkan Pemerintah Jepang bahwa pemilu di Indonesia akan berjalan lancar. Dan benar,proses pemilu di negeri ini berjalan dengan baik. Meskipun diakui banyak kendala dan kesulitan, itu sudah pasti karena kondisi geografis yang sangat luas. Dia optimistis Jepang mampu meningkatkan berbagai kerja sama dengan Pemerintah Indonesia ke depan.

Barometernya adalah hingga saat ini stabilitas politik dan keamanan relatif terkendali sehingga banyak hal yang bisa dilanjutkan dari kerja sama antara kedua negara sebelumnya.“Saya yakin pilihan masyarakat Indonesia akan menghasilkan pemimpin yang baik.Dari pengalaman bekerja sama dengan Presiden SBY (Susilo Bambang Yudhoyono), berjalan dengan baik,”ungkapnya.

Meski demikian, selama bertugas di Indonesia, Shiojiri belum mau berpuas diri terkait kerja sama yang telah diwujudkan kedua negara. Menurut dia, masih banyak potensi lain yang bisa dilirik dan kerja sama lebih dalam kedua negara masih bisa ditingkatkan hingga beberapa tahap ke depan.

Sebuah kemajuan akan terus meningkat jika pihak bersangkutan tidak cepat berpuas diri. “Bagi saya, tugas di Indonesia tentu tugas yang sangat berat karena kondisi geografis yang sangat luas dan potensi Indonesia jauh lebih luas dan besar dibanding dengan negara lain di dunia. Itulah pentingnya Indonesia bagi negaranegara di dunia,bukan hanya ASEAN,” tandas Shiojiri.

Dia menambahkan, stabilitas politik dan keamanan menjadi hal yang terpenting dan hal itu telah diwujudkan dalam pemerintahan SBY. Menyinggung sektor investasi di Indonesia, Shiojiri menyambut positif. Dia meyakinkan investor Jepang di Indonesia tidak hanya membawa uang untuk kepentingan bisnis. Lebih dari itu, investor Jepang punya ciri khas dengan membawa serta keluarga mereka.“Bukan hanya membawa uang tunai untuk bisnis, tetapi masyarakat Jepang berdatangan dan membawa sertakeluarga.

Bahkanadayangtinggal antara lima dan 10 tahun. Keluarga yang dibawa pun ikut dalam aktivitas masyarakat,”ungkapnya. Bagi Shiojiri,investasi lebih besar lagi bagi kedua negara adalah kesamaan karakter dan semangat bangsanya yang pantang menyerah dalam menghadapi terpaan berbagai persoalan.“

Saya merasa bangga dengan Jepang karena memiliki masyarakat yang mampu mengatasi berbagai kesulitan dan tantangan.Nah, ini memiliki kesamaan karakter dengan Indonesia, semakin berat tantangan yang dihadapi, semakin kokoh pula bangsa ini,”paparnya.

Dari sisi pendidikan, persahabatan kedua negara juga tak kalah pentingnya. Khususnya di kalangan kaum muda, dia menilai pelajar Indonesia sangat tertarik dengan budaya Jepang.Itulah yang mendorongnya ingin meningkatkan lagi kerja sama di bidang pendidikan. Selain itu, pertukaran budaya kedua negara bisa dilakukan dengan pagelaran festival, terutama yang sangat terkenal di Jepang.

“Kalau bisa sekali seminggu, saya ingin bertatap muka dengan pelajar- pelajar Indonesia untuk memperkenalkan budaya Jepang dan sebaliknya. Saya berharap masyarakat Indonesia bisa lebih tahu tentang budaya Jepang. Fungsi itu sangat besar bagi saya dan harus saya jalankan,”kata Shiojiri. (Sumber Sindo ,azhar azis)

No comments: