Tuesday, April 21, 2009

PKNU Geser Dominasi PKB

BONDOWOSO - Partai Kebangkitan Ulama Nasional (PKNU) menorehkan catatan luar biasa dalam pemilu legislatif (pileg) yang berlangsung 9 April lalu. Sebagai parpol (partai politik) pendatang baru pileg tahun ini, mereka memperoleh suara terbanyak di Kabupaten Bondowoso.

Dari total 385.016 suara sah di lima daerah pemilihan (dapil), PKNU mendapat dukungan 97.163 suara. Parpol yang didirikan para ulama NU ini, menggeser dominasi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang di Pemilu 2004 menjadi pengumpul suara terbanyak di Bondowoso. Sebab, dalam pileg kali ini, PKB hanya memperoleh dukungan 47.914 suara.

Sukses PKNU menguasai Bondowoso sekaligus menggeser dominasi PKB ini terungkap dari hasil rekapitulasi penghitungan suara manual oleh KPU di Aula Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga Bondowoso yang berakhir Minggu malam (19/4) pukul 23.30. Kemenangan PKNU diperoleh setelah meraih suara terbanyak di lima Daerah Pemilihan (Dapil) Bondowoso.

"Berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara manual oleh KPU, PKNU dipastikan menjadi pemenang Pileg 2009 di Bondowoso. Sebab, suara PKNU menang besar di setiap dapil dari lima dapil untuk DPRD II Bondowoso," kata H Muniri, ketua KPU Kabupaten Bondowoso kemarin pagi. Parpol ketiga peraih suara terbanyak adalah Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Parpol berlambang Kakbah ini membukukan 38.469 suara. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendapat dukungan 33.572 suara. Partai Golkar meraih 32.789 suara, Partai Demokrat meraup 25.359 suara, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memperoleh 23.720 suara.Dominasi perolehan suara PKNU tidak hanya di DPRD II Bondowoso. Pada DPRD Jatim dan DPR RI Dapil III khusus wilayah Kabupaten Bondowoso, PKNU merajai perolehan suara terbanyak.

"Dari hasil rekapitulasi penghitungan suara manual KPU Bondowoso yang tuntas Minggu malam (19/4), untuk DPRD Jatim Dapil III di Bondowoso, PKNU mendapat 74.060 suara dari total 336.630 suara sah. Untuk DPR RI Dapil III di Bondowoso, PKNU mendapat 72.054 suara dari total 329.284 suara sah," kata H Zaenuddin, Divisi Pencalegan KPU Kabupaten Bondowoso mendampingi Ketua KPU Muniri kemarin.

Sedangkan PKB yang dalam Pemilu 2004 merajai perolehan suara di Bondowoso untuk DPRD II Bondowoso, DPRD I Jatim, dan DPR RI posisinya digeser PKNU. Dalam pileg tahun ini, untuk DPRD Jatim Dapil III di Bondowoso, PKB meraih 43.673 suara di bawah Demokrat yang mendapat 44.110 suara.

Untuk DPR RI Dapil III di Bondowoso, PKB mendapat dukungan 47.741 suara dan Demokrat meraih 44.891 suara.Sementara itu, hari terakhir rekapitulasi penghitungan suara manual Pileg 2009 oleh KPU Bondowoso Minggu malam (19/4) berjalan lancar.

Meskipun para saksi parpol sempat interupsi menolak hasil rekapitulasi penghitungan suara tersebut, namun akhirnya mereka bersedia menandatangani berita acara hasil rekapitulasi penghitungan suara manual oleh KPU tepat pukul 23.45.

"Sesuai ketentuan yang ada, KPU memberikan kesempatan saksi parpol menandatangani berita acara hasil rekapitulasi penghitungan suara pileg. Jika ada saksi parpol yang menolak tanda tangan, hasil rekapitulasi penghitungan suara manual pileg tetap sah. Bagi saksi parpol yang tidak mau tanda tangan, KPU mempersilakan menulis keberatan sesuai ketentuan yang berlaku," jelas Muniri. (ido)


No comments: