Friday, October 8, 2010

Malam Ini, 4 Menteri Berangkat ke Wasior

Laporan wartawan KOMPAS.com Inggried Dwi Wedhaswary
Jumat, 8 Oktober 2010 | 19:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Empat menteri akan berangkat menuju lokasi banjir bandang di Wasior, Papua, Jumat (8/10/2010) malam ini. Staf khusus Menko Kesra, Leo Nababan mengatakan, empat menteri yang akan meninjau lokasi adalah Menko Kesra Agung Laksono, Menteri Sosial Salim Segaf Al-Jufri, Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih, dan Menteri Perhubungan Freddy Numberi.

"Malam ini Menkokesra, Mensos, Menkes dan Menhub berangkat kesana pukul 22," kata Leo, kepada Kompas.com, malam ini.

Ia mengatakan, keberangkatan empat menteri yang baru dilakukan di hari keempat bencana bukan karena terlambat. "Kondisi di Wasior, lapangan terbangnya baru bisa dilandasi siang ini. Kemarin selama beberapa hari dipenuhi lumpur dan kayu-kayu. Nah, selama dua hari ini dibersihkan, begitu bisa dilandasi, langsung berangkat," jelasnya.

Leo membantah keras anggapan bahwa pemerintah pusat lamban tak peduli dengan penanganan bencana di Wasior. Dikatakannya, hari pertama bencana, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Syamsul Ma'arif telah berada di lokasi.

"Hari pertama, BNPB langsung membagikan makanan dan selimut melalui udara dan laur. Tapi, persepsi masyarakat itu kalau BNPB itu bukan pemerintah. BNPB itulah pemerintah," kata Leo

No comments: