Wednesday, October 13, 2010

Pabrik Sandal di Gempol Ludes Dilalap si Jago Merah

Pasuruan - Pabrik sandal milik PT Evarindo Mega Makmur di Jalan Raya Ngerong, Gempol, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Rabu pagi ludes dilalap si jago merah.

Api mulai diketahui berkobar sekitar pukul 04.00 WIB dari ruang penyimpan bahan baku yang mudah terbakar, tapi hingga berita ini di turunkan, tiga unit PMK dari PT Gudang Garam, PT HM Sampoerna, dan PMK Kabupaten Sidoarjo masih terus berupaya memadamkannnya.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, tapi dipastikan kerugian bisa mencapai miliaran rupiah. Seluruh pabrik berikut isinya ludes dilalap si jago merah, hanya sebagian kecil peralatan kantor yang bisa diselamatkan.

Junaidi, seorang saksi mengatakan, kobaran api mulai diketahui sekitar pukul 04.00 pagi dari ruang penyimpan bahan baku sandal. Api cepat membesar karenba bahan baku sandal mudah terbakar, sehingga merambet keseluruh gedung.

Ia menjelaskan, sebelum terjadi kebakaran, sekitar pukul 01.00 WIB listrik di pabrik mati. Namun, ketika sekitar pukul 04.00 listrik menyala kembali, terjadi kobaran api di ruang bahan baku. Kobaran api kemudian merambet ke bagian lain pabrik.

Tiga unit mobil PMK yang datang ke lokasi belum berhasil memadamkan kobaran si jago merah. Api sulit dipadamkan karena bahan baku sandal yang berupa spoon sangat mudah terbakar.

PT Evarindo Mega Makmur yang beraga di tepi Jalan Raya Desa Ngerong, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan meproduksi sandal merk Melly. Besarnya kobaran api yang menaimbulkan asap tebal terlihat jelas dari radius belasan kilometer.

Posisi pabrik yang berada di tepi jalan antara Malang-Surabaya di ruas Pandaan-Gempol menjadi perhatian pengguna jalan yang lewat.

Kasatreskrim Polres Pasuruan AKP indra Mardiana, yang ditemui dilokasi kejadian belum bisa menjelaskan penyebab kebakaran. Ia mengatakan polisi masih menyelidiki, dan melakukan identifikasi, serta mengumpulkan keterangan dari sejumlah saksi.

Dia juga mengungkapkan, penyebab kebakaran baru bisa diketahui setelah ada olah TKP yang dilalukan oleh Tim Labfor Polda Jatim yang akan didatangkan.

No comments: