Saturday, January 16, 2010

KH Mustofa Bisri Diusulkan Jadi Mediator Islah PKB

Sumber Jawapos: Sabtu, 16 Januari 2010

SURABAYA - Wacana islah PKB semakin menggelinding. Mantan Sekjen PKB yang juga Ketua Umum GP Ansor Saifullah Yusuf mengusulkan agar mediator islah adalah tokoh yang punya integritas. Dia berharap, penengahnya itu orang yang bebas dari kepentingan dan didengar semua pihak.

Saiful mengusulkan KH Mustofa Bisri atau Gus Mus sebagai tokoh yang layak menjadi mediator. Dia menilai, kiai asal Rembang itu sebagai tokoh yang sudah teruji dan bisa diterima semua kalangan. Gus Mus juga salah seorang deklarator PKB yang baru-baru ini mengirimkan surat ke semua kompenen PKB dan NU untuk mengajak semua pihak melakukan rekonsiliasi di PKB.

Gus Ipul -sapaan Saifullah Yusuf- mengatakan, sebenarnya semua pihak menginginkan islah, baik kubu Muhaimin Iskandar maupun kubu Yeni Wahid. Ketika Gus Ipul mendatangi Muhaimin, dia juga menginginkan islah. Yeni juga menginginkan islah. ''Semua mempunyai spirit islah,'' jelas pria asal Pasuruan itu kemarin. Jika sudah seperti itu, tinggal mencari sesuatu langkah awal dan harus ada pihak yang menjadi mediator yang bisa didengar semua pihak.

Usaha islah juga dilakukan kelompok yang menamakan diri Forum DPW PKB se-Indonesia kubu MLB Parung (Kubu Yenny Wahid). Sebanyak 18 DPW kubu yang mengakui Gus Dur sebagai ketua dewan syura itu mengadakan koordinasi untuk membahas upaya islah. Di antaranya, DPW DI Jogajakarta, DPW Riau, DPW Sumatera Barat, dan DPW Papua.

Pertemuan yang diadakan di Hotel Tunjungan, Surabaya, pada 14 Januari menghasilkan tiga poin penting berkaitan dengan islah. Yaitu, pikiran-pikiran Gus Dur harus terus diperjuangkan oleh seluruh kader. Karena itu, setiap pengurus wilayah harus punya agenda konkret dalam memperjuangkannya.

Kedua, forum DPW sepakat melakukan islah dan rekonsiliasi di semua elemen demi kesatuan dan kekuatan partai. Dan, yang terakhir, forum DPW mengharapkan kepada semua elemen elite PKB untuk dapat berjiwa besar dan lebih mengedepankan kepentingan bersama demi bangsa.

Muamir Muin Syam, ketua DPP PKB kubu MLB Parung yang ikut dalam acara tersebut mengatakan, pihaknya sudah mengupayakan berkomunikasi dengan semua pihak, baik kepada kubu Muhaimin maupun kubu Yeni Wahid.

Menurut dia, upaya islah sangat penting dilakukan untuk menata dan menyatukan partai kembali agar bisa menghadapi tantangan bangsa yang semakin berat. Apa yang dilakukan Forum DPW PKB sangat tepat, yakni mengupayakan partai utuh kembali. Dengan begitu, para kadernya bisa meneruskan pikiran-pikiran yang diajarkan Gus Dur.

Hal yang sama juga diungkapkan Jumadi Kamto yang berasal dari DPW Papua. Dia menyatakan bahwa pikiran Gus Dur harus terus diperjuangkan, siapa lagi kalau bukan para penerusnya. (lum/tof)

No comments: