Sunday, January 3, 2010

"Memang Layak Gusdur Mendapat Gelaran Pahlawan Nasional "

Salam

Banyak kalangan pemimpindan organisasi yang mencadangkan agar Gus Dur di beri gelaran Pahlawan Nasional.

Jika kita lihat perjuangan Mantan Pengurus Besar Nu itu tepat sekali kalau Almarhum di beri gelaran Pahlawan Nasional.Almarhum adalah tokoh yang banyak di kenal dari bawa sampai keatas,dari kalangan rakyat biasa sampai kalangan pemerintahan.

Dari kalangan Nasional jasa Alamarhum sudah tidah di ragukan lagi perjuangannya,apalagi kipra Alamarhum di dunia internasional begitu besar pengaruhnya.

Seperti mana kenyataan Gubernur Jatim Bapak Soekarwo,"Tak ada seorang pun yang meragukan kepahlawanan Gus Dur. Beliau sebagai Bapak Bangsa, Bapak Pluralisme, dan Bapak Multikulturalisme. Sepak terjang beliau dalam memperjuangkan perdamaian dan kemanusiaan tidak hanya dikenal di dalam negeri, melainkan juga diakui oleh dunia," katanya.Banyak kalangan perseorang atau organisasi mencadangkan Gusdur diberi gelaran Pahlawan Nasiona,sebelum ini PKB akan perjuangkannya.Selain Pkb ,PPP juga usulkan Gusdur Pahlawan Nasional.

Selaian Gubernur Jatim Alamarhum Gusdur juga dapat dukungan dari Aktivis mahasiswa Kota Bogor, Jawa Barat, mendukung penuh Presiden RI keempat, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur menjadi Pahlawan Nasional, kata aktivis mahasiswa Instistut Pertanian Bogor (IPB), Siti Frihatin.

Hal senada diutarakan Akhmad Khoirul Umam, mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Ibn Khladun (UIKA) Bogor yang mendesak pemerintah untuk segera menganugerahkan pahlawan nasional kepada Gus Dur.

"Jasa Gus Dur bagi bangsa ini, bahkan dunia internasional, teramat besar. Sudah sewajarnya pemerintah menganugerahi Gus Dur dengan tanda jasa pahlawan nasional," kata alumnus Pesantren Daarul Rahman Jakarta ini.

Ismat, tokoh Muslim Bogor menambahkan, turut mendukung rencana pemerintah memberikan anugerah Pahlawan Nasional kepada Gus Dur.

"Anugerah pahlawan nasional terlalu kecil untuk tokoh sekaliber Gus Dur, mengingat besarnya jasa yang diberikan bagi dunia internasional, terutama dalam konteks toleransi antarumat beragama, perdamaian antarbangsa hingga masalah kemanusiaan universal," kata Ismat seperti mana yang di beritan dalam koran.

Saya juga berpendapat memang selayaknya Almarhum Gusdur mendapar Gelaran Pahlawan Nasional,kalau kita lihat perjuang Almarhum sewaktu hidupnya .

No comments: