Wednesday, January 13, 2010

Kiai se-Indonesia Desak PKB Gus Dur Dideklarasikan

INILAH.COM, Jakarta - Dukungan terhadap PKB Gus Dur terus mengalir. Desakan itu terlontar dari para kiai di pulau Jawa, yang menyerukan agar PKB Gus Dur segera dideklarasikan.

"Kyai-kyai Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatra dan Indonesia Timur yang siap memback up dan mendesak PKB Gus Dur untuk segera dideklarasikan," kata jurubicara PKB Kalibata Imron Rosiadi Hamid kepada INILAH.COM di Jakarta, Rabu (13/1).

Ia mengatakan, dukungan tersebut akan terus bertambah. Apalagi dukungan tidak hanya datang dari umat islam, namun dukungan juga muncul dari komunitas non muslim dan Tionghoa.

Guna mempersiapkan deklarasi PKB Gus Dus, tutur Imron, keluarga Ciganjur dalam rapat memutuskan membentuk tim kecil setelah peringatan 40 hari wafatnya Gus Dur. Tim ini akan berkerja untuk mempersiapkan hal-hal teknis menyangkut deklarasi.

Selain itu, Imron, juga menyampaikan pada Senin 11 Januari 2009, malam keluarga Ciganjur telah mengadakan rapat tentang PKB Gus Dur guna menyikapi terhadap wacana 'penggabungan' PKB.

Dalam rapat tersebut ada 3 opsi yang sempat mengemuka. Yakni opsi pertama bergabung dengan Muhaimin cs dengan konsekuensi tidak menghormati Gus Dur karena Muhaimin cs terbukti tidak mengakui Gus Dur sebagai Ketua Dewan Syuro PKB hingga akhir hayat. Opsi kedua tetap berjuang berebut pengakuan PKB tetapi energi umat habis karena terus berkonflik

Opsi ketiga membuat kendaraan baru untuk menampung massa pro Gus Dur yang secara mayoritas menguasai konstituen PKB. "Rapat mempertimbangkan akan opsi ke 3 karena paling sedikit mudharatnya," pungkas Imron. [win/jib]

No comments: