Friday, January 15, 2010

Kondisi Gelombang Bawean Belum Membaik,Setiap Saat Ikuti Sikon Bawean

Salam

Dari kemaren saya terus berhubung dengan adik di Bawean lewat ponsel bertanya sikon hujan dan gelombang obak di Bawean,sampai saat ini anak ponakanku belum bisa berangkat ke Gresik ,sedangkan harus sekolah di Kuala Lumpur.

Tadi pagi tgl 15/1/2010 ,seusai sholat subuh sekali lagi saya hubungi adik bertanyakan sikon hujan di Bawean,menurut adik hujan pagi ini lebat sekali dan ini cuaca gelap gulitar.Saya tidak bisa keluar rumah,angin juga besar nih katanya adik.

Menurut sumber ,sampai saat ini kapal Bawean Gresik gak bisa berangkat karena kondisi cuaca yang tak mungkin bisa di tempuh ,banyak teman-teman yang masi tersandar di Bawean yang ingin berlayar ke jawa.

Berita jatim 14/1,juga memberitan bahwa penyeberangan Gresik-Bawean ditutup sementara akibat cuaca buruk yang menimbulkan ketinggian gelombang di Perairan Laut Gresik mencapai tiga hingga enam meter yang dilarang untuk aktivitas pelayaran.

Kepala Administratur Pelabuhan (Adpel) Gresik, Ali Ibrahim, Kamis, mengatakan penutupan pelabuhan itu sesuai instruksi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Tanjung Perak, Surabaya.

"Diprediksi cuaca buruk akan terjadi pada Kamis (14/1) hingga Jumat (15/1) dengan ketinggian gelombang di Laut Jawa mencapai enam meter, sedangkan kecepatan angin mencapai 20 hingga 30 knots," katanya

Sementara akibat penutupan pelabuhan menyebabkan ratusan penumpang tertahan di Pelabuhan Gresik, bahkan untuk sementara waktu mereka terpaksa menginap di sejumlah losmen di sekitar pelabuhan hingga menunggu dibukanya kembali aktivitas penyeberangan.

Lumpuhnya aktivitas penyeberangan Gresik-Bawean menjadikan pengiriman stok pangan dan obat-obatan di Bawean terganggu

Setelah kita melihat keadaan seperti ini harus ada transpotasi lain yang harus di gunakan warga Bawean, salah satunya yaitu jalur udara.Jika kondsisi seperti ini warga Bawean tidak akan dapat berharap pada jalur laut lagi ,justru itu , salah satunya adalah proyek lapter harus segera siap.

Jika lapter siap pada tahun 2010 ini , warga Bawean tidak akan ke sulitan untuk malakukan aktifitas dari Bawean Gresik.Kalau sekarang harus menunggu jalur laut,sedangkan semua orang tahu bahwa gelombang ombak yang tidak mungkin dapat di sebrangi.

Saya ikut prehatin dengan keadaan sekarang,hanya bisa berdoa agar gelombang segera membaik dan aktifitas pelayaran Bawean bisa berjalan dengan baik.

Nasehat saya bersabar ,inilah kondisi Bawean kalau gelombang besar,sebab apa ? karena belum ada jalur lain yang bisa di tempuh ,malainkan jalur laut.

Harapan Saya, minta Media Bawean (MB) untuk monitor terus perkembangan ini ,juga segera beritakan lewat MB,saya berpendapat ini sangat efektif untuk warga yang di rantau bisa terus menerus mengatahuinya.

Juga dapat merencanakan perjalanan itu , warga atau orang yang ingin wisata Ke Bawean agar tidak terkandas di Gresik,dah sudah mengetahuinya terlebih dahulu.

No comments: