Thursday, September 23, 2010

Agus: Netralitas TNI Dipertahankan


JAKARTA, KOMPAS.com — Laksamana TNI Agus Suhartono mengatakan, jika terpilih sebagai Panglima TNI, ia tetap akan mempertahankan netralitas TNI yang telah dilakukan sejak Pemilu 2004 dan 2009 serta pilkada di seluruh Indonesia.

Selain itu, Agus akan melanjutkan reformasi internal TNI yang telah berjalan sejak tahun 1998 meliputi aspek kultural, doktrin, dan struktural yang dinilai belum sempurna. Reformasi yang perlu disempurnakan, menurut dia, terkait pengalihan bisnis-bisnis TNI, peradilan militer, dan reformasi aspek kultural.

"Upaya penyelesaian reformasi ini membutuhkan waktu dan proses mengingat TNI bukan lembaga yang berdiri sendiri, tetapi terkait dengan institusi lain," ucap Agus ketika menyampaikan visi dan misi saat uji kelayakan dan kepatutan sebagai calon Panglima TNI di Komisi I DPR, Kamis (23/9/2010).

Secara garis besar, visi yang diberikan Agus adalah terwujudnya TNI sebagai komponen utama pertahanan negara yang tanggung. "Dengan misi menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah negara serta keselamatan bangsa dan mewujudkan pembangunan kekuatan, kemampuan, dan gelar kekuatan menuju minimum essential force secara bertahap," ucapnya

No comments: