Friday, September 17, 2010

Kandidat dari Empat Parpol Berebut Pimpin Ansor

SURABAYA -(Jawapos) Gerakan Pemuda (GP) Ansor segera melakukan suksesi kepemimpinan. Badan otonom yang bernaung di bawah Nahdlatul Ulama (NU) itu berencana mengadakan kongres ke-14 di Asrama Haji Surabaya awal Oktober nanti.

Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) GP Ansor Saifullah Yusuf mengatakan, Surabaya dipilih sebagai arena kongres karena dari sisi fasilitas paling siap. ''Selain itu, sebagai kenang-kenangan di akhir periode saya,'' kata wakil gubernur Jawa Timur itu.

Mengenai kepastian pembukaan kongres, menurut Saifullah, masih menunggu konfirmasi dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Rencana semula, kongres dibuka pada 1 Oktober. Namun, bila presiden tidak bisa hadir pada tanggal tersebut, kongres ditunda hingga kegiatan pemberangkatan jamaah haji selesai. Sebab, asrama haji akan dipergunakan sebagai embarkasi haji.

Saat ini sudah muncul sejumlah kandidat. Semuanya adalah politikus. Mereka adalah Marwan Ja'far (PKB), Chatibul Umam Wiranu (Demokrat), Nusron Wahid (Golkar), Abdul Malik Haramain (PKB), dan Syaifullah Tamlia (PPP). ''Semua calon berkualitas, saya yakin mereka akan berkompetisi secara sehat.

Marwan Ja'far saat ini menjabat ketua DPP PKB. Alumnus Universitas Islam Indonesia itu juga duduk sebagai ketua Fraksi PKB di DPR. Sementara Abdul Malik Haramain saat ini menjabat Sekjen PP GP Ansor dan juga anggota Komisi II DPR dari FPKB.

Chatibul Umam Wiranu adalah anggota Komisi II DPR dari Fraksi Partai Demokrat. Dulu Umam adalah politikus PKB. Setelah PKB konflik, dia lama tidak muncul ke permukaan. Tiba-tiba pada pemilu 2009 dia berbaju Demokrat.

Kemudian, Nusron Wahid adalah anggota Komisi VI DPR. Mantan ketua umum PMII itu juga menjadi pengurus DPP Partai Golkar. Sedangkan Syaifullah Tamlia menjadi anggota Komisi IV DPR dari Fraksi PPP. (tom/c2)

No comments: