Monday, May 24, 2010

Jadwal Pemakaman Ainun Habibie

JAKARTA, KOMPAS.com — Sejumlah petugas baik dari sekretariat keluarga Habibie maupun kerabat mulai Senin (24/5/2010) malam sibuk mempersiapkan upacara pemakaman mantan Ibu Negara, Hasri Ainun Habibie.

Berikut jadwal pemakaman istri mantan Presiden RI BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Selasa (25/5/2010).

1. Jenazah yang akan tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Selasa (25/5/2010) sekitar pukul 05.00 WIB.

2. Jenazah langsung disemayamkan di rumah duka hingga pukul 10.00 WIB.

3. Para takziah hingga pukul 10.00 WIB diharapkan sudah berada di rumah duka, Jalan Patra Kuningan XIII Blok L XV Kav 5 dan 7, Kuningan, Jaksel.

4. Pukul 10.00 WIB, peti jenazah akan ditutup dan siap untuk dibawa ke TMP Kalibata, Jakarta Selatan.

5. Pukul 10.15 WIB, upacara penyerahan dari keluarga kepada pihak negara. Dari pihak keluarga akan diwakili Jusuf Effendy, adik kandung Habibie yang juga merupakan Duta Besar RI untuk Belanda.

6. Pukul 10.30 WIB, para takziah dijadwalkan sudah hadir di area Blok M, Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, tempat liang lahat sebagai peristirahatan terakhir Ainun Habibie, yang berdekatan dengan makam pahlawan revolusi, AH Nasution.

7. Pukul 10.40 WIB, Wapres Boediono beserta Ibu Herawati tiba di TMP Kalibata disambut Menteri Sosial dan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo. Mereka bersama istri kemudian menuju ruang tunggu utama untuk beristirahat sejenak.

8. Pukul 10.45 WIB, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta istri tiba di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, disambut Wapres dan lainnya. Sembari menunggu rombongan jenazah tiba dari rumah duka, Presiden bersama rombongan lainnya langsung menuju ruang tunggu utama.

9. Pukul 11.00 WIB, jenazah dijadwalkan tiba di lokasi dan langsung diselenggarakan upacara kenegaraan. Presiden kemudian menuju mimbar upacara selaku inspektur upacara.

10. Acara pemakaman Ainun Habibie dijadwalkan selesai pukul 12.00 WIB. (Tribunnews/Alie Usman)

No comments: