Saturday, April 3, 2010

Muhaimin: NU Perlu Dirikan Bank

Jakarta, NU Online;Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengharapkan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dipimpin Rais Aam terpilih KH Sahal Mahfudz dan Ketua Umum terpilih KH Said Aqil Siradj bisa merealisikan tiga hal. Salah satunya adalah mendirikan bank baru.

“Dalam kepemimpinannya (Sahal-Said), NU harusnya punya satu bank yang mengakar ke bawah,” katanya dalam sambutan Syukuran Sukses Muktamar dan Maulid Nabi Muhammad di Kantor PP Ansor, Kamis, (1/4), malam.

Menurut Muhaimin, pendirian Bank NU itu penting dilakukan agar Ormas Islam terbesar Indonesia itu bisa membantu pengembangan perekonomian masyarakat. Hal itu tentu dilakukan dengan menjalankan fungsi intermediasi melalui Bank NU yang bisa diakses hingga masyarakat bawah.

Muhaimin juga menyebutkan, kepengurusan PBNU baru juga bisa mendorong peningkatan kualitas pendidikan seluruh warga NU. Bila kualitas sumber daya manusia (SDM) warga NU meningkat pesat, permasalahan pendidikan di Indonesia diyakini bisa teratasi dan kesejahteraan bangsa terealisasi.

“Jangan sia-siakan di sini kan ada Pak Nuh (Mendiknas) yang juga warga NU. Kalau Indonesia mau makmur merata, mau sejahtera, ya orang NU yang mayoritas harus sejahtera dalam pendidikan,” katanya.

Selain itu, menurut Muhaimin, kepengurusan baru juga diharapkan meningkatkan kegiatan dakwah NU di berbagai daerah Indonesia. Hal itu penting dilakukan karena dakwah menjadi salah satu tugas utama NU dalam memperjuangkan kebenaran. Terlebih, kegiatan dakwah ormas Islam itu selama ini dinilai tidak tertangani dengan baik. (rep/mad)

No comments: