Tuesday, April 6, 2010

Polda Jatim Buka Pendaftaran Taruna Taruni AKPOL

Sumber Detik.Com :Selasa, 06/04/2010 09:02 WIB
Reporte :Rois Jajeli - detikSurabaya

Surabaya - Kesempatan diberikan pada warga Jawa Timur khususnya untuk kelas 3 SMA sederajat, lulusan SMA sederajat, lulusan sarjana yang ingin menjadi Taruna Taruni Akademi Kepolisian (AKPOL) Tahun Ajaran 2010

Pendaftaran calon Taruna Taruni AKPOL 2010 ini dibuka mulai 3 Mei sampai 7 Juni 2010, di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani, Surabaya.

"Kita membuka kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat yang berdomisili di Jawa Timur, tapi harus memenuhi persyaratan yang berlaku," kata Kasubbid Publikasi Bidhumas Polda Jatim, AKBP Suhartoyo di mapolda, Selasa (6/4/2010).

Persyaratan untuk menjadi calon taruna taruni AKPOL adalah Warga Negara Indonesia, umur pada saat pembukaan pendidikan tanggal 19 Agustus 2010 minimal 16 tahun dan maksimal 21 tahun.

Lulusan SMU sederajat dengan persyaratan nilai IPA minimal 6,5 dan IPS 7. Bagi calon yang mempunyai visus mata maksimal minus 1 dan dapat dikoreksi normal dengan menggunakan 6,75 untuk IPA dan 7,25 untuk IPS.

Bagi calon yang masih duduk di bangku kelas III, menggunakan nilai rata-rata rapor semester I kelas III minimal 7 untuk IPA dan minimal 7,25 untuk IPS.

Jika lulusan dari brigadir polisi berumur 21 tahun dan lulusan sarjana berumur 22 tahun. Persyaratan tinggi badan untuk pria yakni minimal 165 cm, untuk wanita minimal 160 cm dan berat badan seimbang. Belum pernah menikah.

Persyaratan administrasi yang harus dibawa pada saat pendaftaran diantaranya, surat permohonan, SKCK, surat keterangan kesehatan dari institusi kesehatan. KTP calon, kartu keluarga (KK), KTP orang tua asli.

Akte kelahiran atau surat kenal lahir asli, semua ijazah atau rapor asli dan membawa pas foto hitam putih ukuran 4x6 sebanyak 12 lembar, map kuning 3 lembar dan snelhecter kuning 5 lembar.

"Selama mengikuti seleksi tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Keterangan selengkapnya juga dapat dilihat langsung di masing-masing polwil, polres dan polsek di seluruh Jawa Timur," tandasnya.

(roi/wln)

No comments: