Tuesday, May 26, 2009

Gus Sholah Yakin Warga NU Dukung Jk-win

Surabaya - Pengasuh Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Ir KH Sholahuddin Wahid (Gus Sholah), meyakini warga Nahdlatul Ulama (NU) akan mendukung pasangan Capres Jusuf Kalla-Cawapres Wiranto (JK-Win) pada putaran kedua Pilpres 2009.

"Dukungan warga NU akan terpecah pada putaran pertama, tapi jika ada putaran kedua dan JK-Win lolos, maka dukungan warga NU akan ke JK-Win, karena Pak Kalla adalah tokoh NU dan warga NU tentu ingin tokohnya menjadi pemimpin," katanya di Surabaya, Selasa (26/5).

Mantan Cawapres dalam Pilpres 2004 itu mengemukakan hal itu setelah berbicara dalam seminar bertajuk "Mempertegas Posisi Intelektual Muda Dalam Peta Politik Nasional Jelang Pilpres 2009" yang digelar Pesantren Mahasiswa IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Adik kandung mantan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu mengakui, dukungan warga NU terhadap Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat ini relatif tinggi, namun tingkat dukungan itu cenderung menurun.

"Setidaknya, begitulah menurut beberapa survei, apalagi beberapa tokoh NU dan Muslimat NU secara pribadi mengisyaratkan dukungan kepada JK-Win. Muslimat NU itu `kan paling solid, terbukti saat Khofifah menjadi Calon Gubernur Jatim," katanya.

Karena itu, katanya, dukungan warga NU sangat signifikan dalam Pilpres 2009, apalagi jumlah pemilih saat ini diperkirakan 170 juta orang, sedangkan warga NU diperkirakan berjumlah 80 juta orang.

"Karena jumlahnya banyak, kepentingan masyarakat NU otomatis menjadi kepentingan masyarakat Indonesia, namun bukan berarti NU ingin mendapatkan prioritas dari negara," katanya.

Pandangan itu berbeda dengan pendapat mantan Ketua PWNU Jawa Timur Dr KH Ali Maschan Moesa MSi yang juga menjadi pembicara dalam seminar di IAIN Sunan Ampel Surabaya itu."Saya yakin suara warga NU akan tetap terpecah, termasuk di putaran kedua.

Itu konsekuensi dari keinginan NU yang ingin menjauh dari politik, sehingga warga NU semakin dewasa dan petunjuk tokoh dalam politik praktis bukan patron lagi," kata Ali Maschan yang sempat menjadi Calon Wakil Gubernur Jatim tapi kalah. ant

No comments: