Friday, May 15, 2009

PM Malaysia Singgah di Makassar

Makassar (ANTARA News) - Perdana Menteri Malaysia, Tun Sri Mohd Najib bin Tun Abdul Razak, mendarat di Pangkalan Udara (Lanud) Sultan Hasanuddin di Makasssar tepat pukul 14.50 WITA Jumat siang.

PM Malaysia beserta rombongan tiba di Makassar menggunakan maskapai penerbangan khusus Malaysia 9M - NAA Jenis Boeing 737-500.Pesawat khusus yang ditumpangi PM Malaysia berangkat dari Menado, Sulut usai mengikuti pertemuan lima kepala negara -negara peserta Coral Triangle Initiative (CTI) Summit.

Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo bersama Walikota Makassar Ilham Arif Sirajuddin dengan muspida Provinsi Sulsel telah berada di gedung Galaktika Pangkalan Udara (Lanud) Hasanuddin, untuk menjemput kedatangan PM Malaysia beserta rombongan.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyiapkan tiga unit kendaraan mewah untuk menyambut kedatangan Najib bin Tun Abdul Razak beserta rombongan yang diagendakan tiba di Makassar Jumat siang ini.Kendaraan operasional yang akan digunakan PM Malaysia, Pemprov Sulsel siapkan kendaraan mewah "Volvo" dengan nomor polisi DD 1 AA bendera kebangsaan Malaysia dan Indonesia.

Kedatangan PM Malaysia dijemput dengan tarian khas masyarakat Makassar "gandrang bulo".Bagi rombongan yang mendampingi PM Malaysia telah disiapkan dua unit kendaraan mewah yakni VW Transporter bernomor polisi DD 55 dan Toyota Fortuner DD 1051 IA. Sejumlah unit kendaraan mewah itulah yang akan digunakan rombongan PM Malaysia, Tun Sri Mohd Najib bin Tun Abdul Razak beserta rombongan menuju ke kabupaten Gowa, Sulsel.

Menurut Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Sulsel, Jufri Rahman, kedatangan PM. Malaysia ini dalam rangka ziarah ke makam Sultan Hasanuddin, sekaligus silaturahmi dengan keluarga kerajaan Gowa pasca pelantikan Najib sebagai perdana menteri.

Pemkab Gowa sendiri juga telah menyiapkan penyambutan istimewa yang renananya akan mengarak PM Malaysia dan rombongan dengan pasukan berkuda. Bupati Gowa dan Pemangku Adat Gowa akan turut serta menyambut kedatangan Najib dan keluarga kerajaan Malaysia.

Selain mengunjungi Makam Sultan Hasanuddin, PM Malaysia juga dijadwalkan akan menanam pohon di Rumah Jabatan Bupati Gowa serta peresmian Jalan Tun Abdul Razak yang sebelumnya Jalan Aroepala atau jalan lingkar Hertasning Baru.

"Pengabadian nama ayah Perdana Menteri keenam Malaysia ini sebagai bentuk jalinan hubungan kekerabatan dan ikatan emosional. Apalagi, Najid adalah keturunan Raja Gowa ke-19, I Mappadulung Daeng Mattimung Karaeng Sanrobone Sultan Abdul Djalil Tumenanga ri Lakiung," katanya.

Ikatan emosional inilah yang mempererat hubungan Dato` Sri dengan masyarakat Bugis-Makassar, yaitu adanya silsilah keturunan Dato`Sri dengan Raja Gowa XIX.(*)

No comments: