Marilah kita selalu hidup berbagi sesama mahluk yang ada di atas bumi ini....Terima kasih atas kunjungannya,Kepada pembaca Blog Epung Komalasa Marilah Kita Senantiasa Ingat Kepada Tuhan Yang Maha Esa Di Mana Saja Berada :يَا أَيُّهَا النَّاسُ أَنتُمُ الْفُقَرَاء إِلَى اللَّهِ وَاللَّهُ هُوَ الْغَنِيُّ الْحَمِيدُ (Oleh kerana Allah menguasai segala-galanya, maka) wahai umat manusia, kamulah yang sentiasa berhajat kepada Allah (dalam segala perkara), sedang Allah Dia lah sahaja Yang Maha Kaya, lagi Maha Terpuji"

Sunday, May 31, 2009

14 Tki Di Hadapkan Ke Pengadilan kulim karena Mengasumsi Sabu-Sabu

Kulim : 14 tki yang bekerja pabrik Kulim Kedah di hadapkan ke pengadilan .Mereka di jerat dengan pasal 15 (15) (a) uud narkoba tahun 1952 yang telah di ubah menjadi tahun 2002.

Ke empat belas tki terjaring dengan rajia husus yang di lakukan oleh mabes polisi narkotik dari Bukit Aman Kuala Lumpur.Mereka terjaring dalam rajia narkotik di tian xia Pub dan Bistro 37-38 lebuh Bandar 3/1 Kulim Kedah,pada tanggal 12/4/09 jam lebih kurang 3.13 pagi.

Pada persidangan hari ini 31/5/09 ,enam orang tki telah divonis oleh hakim rendah,nama-nama yang di vonis hari ini adalah:Hamidan 27 tahun asal Medan hukum 12 bulan,Sri Rezeki 25 asal Medan 25 tahun vonis 12 bulan,Rini 26 tahun denda RM 3500 ,Astri 25 tahun denda Rm 3500,Debi 29 tahun denda Rm 3500.Mereka positif mengasumsi narkoba sejenis sabu-sabu.dari enam orang tki hanya satu yang bernasib baik,yaitu Wisnada yang bebas karena hasil DNA air kencingnya negatif.

Delapan tki lagi belum ,memandangkan DNA berkaitan air kencing beluam siap lagi.Persidangan untuk delapan orang tki akan di gelar kembali pada 5/7/09.Diantara kedelapan orang tki ada yang di jamin dengan 3500 ringgit.Empat belasa tki tersebut hanya dua orang dari Jawa Tengah dan Jawa Barat ,selebihnya dari Medan.

Dalam persidangan tersebut saya betul-betul kaget,walaupun saya sudah lama bertugas di pengadilan belum pernah ada kasus tki sebanyak itu yang di dakwa berkaitan mengasumsi narkoba. Apa yang mereka dapat dengan mengasumsi sabu-sabu,kalau hanya ingin injoy silahkan ."tapi janganlah sampai mengasumsi sabu-sabu".

Mereka di tangkap dengan kesalahan mengasumsi narkoba sejenis sabu-sabu.Karena mereka ingin injoy dan ingin goyang kepalanya.Mereka tidak ingat," atau sengaja tidak mahu ingat." datang ke negera tetangga ini untuk bekerja.Dan mereka harus meningalkan ibu dan bapak untuk mencari rezeki ,tetapi sebaliknya mereka lupa daratan . Kalau sampai ibu dan bapaknya mengatahui anaknya dalam penjara bagai mana perasaan orang tua tersebut.

Coba fikir mereka yang tidak punya uang untuk menebus denda harus mendekap dalam penjara selama 12 bulan.Jika yang punya uang mereka harus menebus denda 3500,jika mereka berfikir kan lebih baik uang tersebut di tabung untuk orang tuanya,dari pada berbuat sesuatu yang tidak baik.

Sedangkan ibu ,bapak serta adik-adiknya sangat mengharapkan bantuan darinya.Niat dari kampung ingin bantu saudara dan orang tua,tetapi bilah sampai kemari mereka lupa daratan.Saya bena-benar- tidak habis fikir dengan perbuatan anak-anak tki itu.

Bagi tki yang lain sebelum berbuat sesuatu tolong fikir dan jangan terpengaru dengan teman-teman .Berfikir lebih baik dari pada nantinya sudah kelanjur jadi pengasumsi narkoba,siap yang akan rugi tentunya dirinya sendirikan.Ingat datang ke mari untuk mencari rezeki jika ada kelebihan untuk dapat bantu keluarga di kampung.

Saturday, May 30, 2009

Aliansi Buruh Migran Jatim IKUT Berduka Cita Atas Tewasnya 3 TKI ,Paska Runtuhnya Gedung Supermarket Jaya

Koordinator Aliansi Buruh Migran Jawa Timu (ABM) ikut berduka cita dengan tewasanya 7 TKI dan 2 yang mengalami cedera paska runtuhnya supermarket Jaya di seksen 14 Petaling Jaya Selangor .

Kami berdoa agar semua roh korban di tempat di tempat yang selayaknya oleh Allah Swt, semuga setiap dosa-dosanya di ampunih oleh-Nya.Bagi keluarga yang di tinggalkan mendapat kesabaran dan dapat menerimahnya dengan hati yang lurus dan iklas.

Kami juga mohon kepada majikan korban dapat menguruskan dengan baik,serta hak-haknya di berikan kepada keluarganya yang masih hidup.Bagitu juga terkait asuransi setiap yang korban tolong di perhatikan .

Sembilan TKI menjadi korban akibat runtuhnya gedung tua bekas supermarket di Petaling Jaya Selangor Malaysia. Tujuh diantaranya tewas, yaitu Fauzan (Cilacap), Mat Daib, Abdul Rouf, Abdul Hadi, Suki bin Nahru (Sampang, Madura), Anwaruddin (Blitar), dan Maskur (Pacitan). Sedangkan dua lainnya mengalami cedera yaitu Soleh dan Arif Turantoi

Selamat Jalam Pak Selamat Dan Keluarga Semuga Bisa Jumpa lagi

Keluarga basar Koordinator Aliansi Buruh Migran Jawa Timur Kuala Lumpur ,mengucapkan selamat jalan kepada Bapak selamat dan keluarganya.Beliau adalah staff diplomatik Kedutaan Besar RI di Kuala Lumpur Malaysia di bidang Consoller.

Pak Selamat adalah sosok pegawai yang begitu konsen tentang persoalan dan problommatik Wni di Kuala Lumpur.Jika ada sesuatu kasus WNI di pengadilan beliau selalau hadir untuk menyaksikan persidangan.Jika beliau tidak dapat hadir ,beliau akan menugaskan staffnya untuk mewakilinya.

Pak Selamat bertugas di Kbri Kl sudah tiga tahun ,tadi siang 30/5/09 beliau menghubungi saya via sms mohon pamit untuk pulang ke Jakarta.Terkait dengan penugasan beliau tamat pada hari ini tanggal 30/5/09.Beliau sekeluarga akan pulang ke Jakarta

Tugas-tugas beliau banyak terkait dengan persoalan wni yang terkena kasus penjaraan ,baik di penjara maupun di kem-kem tahanan tenaga kerja elegal.

Kami juga berharap pengganti Pak selamat bisa mengemban tugas seperti apa yang bapak lakukan,kami akan selalu berkumunikasi dengan pengganti Bapak,dan akan memberikan kerja sama yang sebaik-baiknya untuk rakyat kita.S

ekali lagi kami ucapkan selamat jalan,semuga keluarga bapak senantiasa mendapat kesehatan dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Saiful Aiman Sawari
Koordinator ABM Jatim

Gedung Runtuh di Malaysia ,Seluruh Korban Ditemukan, Evakuasi Dihentikan

Kuala Lumpur - Korban tewas ketujuh akibat bangunan runtuh di Malaysia akahirnya ditemukan. Korban ketujuh tersebut menjadi korban tewas terakhir yang berhasil dievakuasi.Ketua Kepolisian Daerah Petaling Jaya ACP Arjunaidi Mohamed mengatakan, operasi pencarian dan penyelamatan dihentikan pukul 17.00 waktu setempat menyusul ditemukannya korban tewas terakhir tersebut.

"Mayat tanpa identitas itu telah dibawa ke Medical Centre Universiti Malaya untuk diotopsi. Sedangkan pencarian dengan begitu dihentikan," kata Arjunaidi sebagaimana dikutip Kantor Berita Bernama, Sabtu (30/5/2009).

Arjunaidi mengatakan, penghentian pencarian dilakukan untuk memberi kesempatan kepada Dinas Tata kota Petaling Jaya dan pihak-pihak terkait lainnya melakukan penyelidikan dan pembersihan di lokasi itu.

Sedangkan korban tewas terakhir yang terakhir dievakuasi ditemukan dengan kondisi sangat mengenaskan tanpa kepala. Lokasi penemuan lima meter dari lokasi penemuan korban kelima dan keenam.

Sembilan TKI menjadi korban akibat runtuhnya gedung tua bekas supermarket di Petaling Jaya Selangor Malaysia. Tujuh diantaranya tewas, yaitu Fauzan (Cilacap), Mat Daib, Abdul Rouf, Abdul Hadi, Suki bin Nahru (Sampang, Madura), Anwaruddin (Blitar), dan Maskur (Pacitan). Sedangkan dua lainnya mengalami cedera yaitu Soleh dan Arif Turantoi

KBRI Minta Perusahaan Tidak Melupakan Asuransi Korban

Kuala Lumpur - Sembilan TKI menjadi korban gedung runtuh di Malaysia. Perwakilan RI di Malaysia meminta perusahaan kontraktor yang memperkerjakan para korban untuk tidak melupakan hak asuransi para korban.

"Kami sudah jumpa perusahaan yang memperkerjakan mereka para TKI tersebut, dan kami meminta agar perusahaan itu juga bertanggung jawab memperhatikan hak-hak korban," kata Minister Konselor Penerangan Sosial dan Budaya KBRI Kuala Lumpur Widyarka Ryananta saat berbincang dengan detikcom, Sabtu (30/5/2009).

Widyarka mengatakan, perusahaan kontraktor PT.CW yang beralamat di No.16A Jalan Bandar II Taman Melawati 53100 Kuala Lumpur tersebut telah menyiapkan asuransi bagi para pekerjanya yang menjadi korban.

Namun untuk saat ini, dia menuturkan, PT CW masih berkonsentrasi melakukan evakuasi korban yang masih tertimbun dalam reruntuhan.

KBRI Kuala Lumpur, Widyarka menegaskan, tetap memantau jalannya proses evakuasi yang sedang berlangsung hingga pemenuhan hak-hak bagi para korban."Dalam waktu dekat ini kami akan memanggil pihak perusahaan itu ke KBRI," pungkasnya.

Bangunan tua bekas supermarket seluas 6.400 meter persegi di Petaling Jaya Malaysia roboh pada pukul 5 sore, Kamis 28 Mei kemarin. Akibat peristiwa itu, sembilan TKI yang sedang bekerja merobohkan bangunan menjadi korban.

Hingga kini proses evakuasi korban masih berlangsung. Korban yang belum ditemukan yaitu Fauzan asal Cilacap, Mat Daib (asal Bancelok Kabupaten Sampang), Abdul Rouf dan Abdul Hadi (asal desa Blu'uran, Sampang).

Depnakertrans Urus Sembilan Korban Bangunan di Malaysia

Jakarta - Depnakertrans mengirimkan Tim Khusus ke Malaysia untuk memberikan bantuan pengobatan dan pengurusan sembilan Tenaga Kerja Luar Negeri (TKLN) yang menjadi korban runtuhnya Jaya Supermarket di Seksyen 14 Petaling Jaya, Selangor, Malaysia."Kami juga akan memastikan pelaksana penempatan TKI swasta (PPTKIS) atau agen pengirim memberikan jaminan asuransi bagi korban kecelakaan tersebut," kata Menakertrans Erman Suparno dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

Erman juga menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada para korban beserta keluarganya yang berada di Indonesia.

Untuk menangani masalah itu Depnakertrans telah berkoordinasi dengan KBRI dan Atase Ketenagakerjaan di Malaysia. "Jumat ini Depnakertrans mengirimkan tim khusus ke Malaysia.

Tim ini bertugas untuk membantu mempercepat proses penanganan, evakuasi dan pengobatan korban kecelakaan," kata Erman.

Setelah mengetahui identitas para korban, Depnakertrans segera melakukan pengecekan dan memastikan PPTKIS mengingatkan pembayaran asuransi atas nama korban. Sebelumnya, bekas bangunan Jaya Supermarket di Seksyen 14 Petaling Jaya, Selangor, Malaysia, yang telah kosong dan dalam proses dirobohkan pada Kamis (28/5) pukul 16.15 ambruk dan menelan sembilan korban, dua meninggal, dua cedera dan lima masih terperangkap reruntuhan bangunan.

Data terakhir, korban meninggal A Suki bin Nahru, asal Sampang Madura yang sudah lama tinggal (menetap) di Malaysia dan Maskur, paspor AL 496323 (keluaran Blitar 28/5/08-11). Korban lain, Rouf alias Yanto, Hadi, Fauzan, Maddekip, dan Anwaruddin, juga ditemukan fotokopi paspor atas nama Mukhammad Maskur, (Pacitan 7/7/78, dan Gayam, rt 03 rw 01 ds Sidomulyo kec. Kebonagung Pacitan) dan fotokopi identitas atas nama Arif Turantoi, Pacitan 1/11/78, alamat dusun. Sidomulyo kecamatan Kebonagung, Pacitan. Saleh asal Sampang, Madura, mengalami cedera.

Mayat Anwarudin ditemukan pukul 06.30, no paspor AM 771491 dikeluarkan di KL 7.5.09/12, lahir Blitar, 1 Januari 1971, majikan Lian Hup Company. Salah seorang korban terluka bernama Suryono, asal Jawa Timur, dengan Paspor AL .496926. yang bekerja kepada Arus Cable Development Sdn Bhd. Alamatnya di Jalan B- Taman Melawati Klang 53100 Selangor. Saat ini korban masih dirawat di rumah Sakit Pusat Perubatan Universitas Malaysia.

Tiga TKI Tewas Akibat Gedung Runtuh di Malaysia

Kuala Lumpur - Tiga TKI dilaporkan tewas dalam insiden runtuhnya gedung bekas Supermarket Jaya di Petaling Jaya, Selangor, Malaysia, yang terjadi Kamis sore lalu (28/5) sekira pukul 17.00 waktu setempat.

Selain tiga TKI tewas, satu mayat lain belum diketahui identitasnya karena ditemukan hanya potongan-potongan tubuhnya, dua TKI selamat, dan tiga korban lainnya masih dicari.Berdasarkan laporan di lapangan, tiga TKI yang meninggal adalah Asuki asal Sampang Madura, Muhamad Maskur asal Pacitan, dan Anwarrudin asal Solo, sementara yang selamat ialah Surono (31) dan Saleh (28).

Tim penyelamat yang terdiri dari Bomba (tim pemadam kebakaran dan penyelamat), Rela dan Hansip masih terus mencari korban lain yang belum ditemukan yakni Rauf, Fauzan, Mat Daip dan Hadi.

Gedung bekas supermarket Jaya yang sudah kosong sejak dua hingga tiga tahun lalu itu runtuh ketika para pekerja sedang menyiapkan untuk meruntuhkan gedung berlantai empat tersebut.

Evakuasi Kamis malam menemukan tiga korban yakni seorang korban tewas yang belum diketahui identitasnya, serta dua orang yang selamat yaitu Surono dan Saleh. Bahkan Saleh sudah boleh pulang ke rumah setelah dijemput istrinya.Sementara evakuasi hari ini ditemukan dua mayat lagi yakni Asuki asal Sampang, Madura yang sudah berstatus permanent residence (PR) atau penduduk dan Anwarrudin asal Solo.

Ketika mayat Anwarruddin ditemukan terdapat tas pinggang berisi KTP, paspor, handphone dan sejumlah uang.Menurut juru bicara (minister counsellor penerangan sosial budaya) KBRI Kuala Lumpur Widyarka Ryananta, keluarga dari Asuki sudah minta jenasah segera dipulangkan ke Madura.

"Perusahaan kontraktor ini juga berjanji akan membiayai semua biaya perawatan termasuk pemulangan jenasah ke Indonesia," kata Widyarka.

Berdasarkan laporan dari kontraktor ada sembilan orang korban runtuhan gedung itu yakni Asuki, Muhamad Maskur, Anwaruddin, Surono, Saleh, Rauf, Hadi Fauzan, dan Mat Daip. Satu jenazah belum dapat diidentifikasi sehingga masih empat nama yang dicari yakni Rauf, Fauzan, Mat Daip dan Hadi.

Salah satu nama di antara ke empat orang itu kemungkinan adalah mayat yang ditemukan sudah dalam bentuk potongan-potongan tubuh.Hingga kini, tim pencarian dan evakuasi masih terus bekerja dibantu dengan anjing pelacak.(*)

Hasyim: Hubungan NU-"Partai NU" Perlu Diatur

Makassar - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Hasyim Muzadi menyatakan perlu dirumuskan aturan yang mengatur hubungan antara NU dengan partai politik berbasis NU.

Sebab, kata Hasyim saat memberi pengarahan dalam Rapat Kerja Nasional Muslimat NU di Makassar, Sabtu, selama ini belum ada aturan yang jelas mengatur hubungan NU dengan partai berbasis NU tersebut, khususnya dengan PKB.

Padahal, PKB dibentuk dan dibesarkan oleh NU pada Pemilu 1999 dengan harapan bisa menjadi pembawa aspirasi serta visi dan misi NU di ranah politik."Tahun 1999 NU membentuk PKB.

Setelah itu, PKB besar. Menjadi besar tapi tidak terdidik. Akibatnya, hubungan NU dengan PKB menjadi renggang. Selain juga karena tidak ada aturan yang mengatur hubungan itu," katanya.

Pada Pemilu 2009 perolehan kursi DPR RI PKB merosot jauh dibanding pemilu sebelumnya. Sementara PKNU yang terbentuk akibat konflik internal PKB gagal menempatkan wakilnya di parlemen. Akibatnya wakil NU di parlemen pun semakin sedikit.

Padahal, menurut Hasyim, untuk menjamin eksistensi ajaran dan gerakannya, NU membutuhkan perlindungan politik melalui parpol mengingat NU bukan parpol.Apalagi, saat ini NU menghadapi "ancaman" dari kelompok yang menganut faham yang berlawanan dengan NU yakni kelompok Wahabi.

"Mereka punya parpol, sementara parpol kita sedang amburadul," katanya.Dikatakannya, jika parpol yang mewakili aspirasi NU tidak kuat, maka dikhawatirkan undang-undang yang dibuat justru merugikan NU.

Oleh karena itu, Hasyim meminta Muslimat agar turut memikirkan dan membuat rekomendasi menyangkut hubungan NU dengan parpol untuk dibahas di muktamar NU pada Januari mendatang."Muslimat perlu turut memikirkan, apakah perlu diperbaharui sistemnya atau dibiarkan saja seperti ini," katanya.(*)

Presiden Hadiri Dzikir Nasional

Jakarta , Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Sabtu malam menghadiri acara dzikir nasional di Masjid Istiqlal Jakarta.Presiden hadir didampingi oleh Ibu Negara Ani Yudhoyono sekitar pukul 20:05 WIB.

Acara dzikir bersama yang bertajuk Maulid Akbar Indonesia Bersholawat tersebut dihadiri oleh lebih dari 3.000 umat muslim.

Dalam acara itu juga disampaikan ceramah oleh cendekiawan muslim dan penulis sejumlah buku Islam, As-Sayyid Shaykh Mohammad Hisham Kabbani.

Hadir pula Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo dan sejumlah pejabat yang mendampingi Presiden dan Ibu Negara.Umat yang datang tidak hanya berasal dari Jakarta namun juga dari Bekasi, Tangerang, Depok dan sekitar Jakarta lainnya.(*)

Friday, May 29, 2009

Nama 9 TKI Korban Supermarket Runtuh di Malaysia


  • PJ:Sembilan TKI menjadi korban saat sebuah supermarket di Malaysia rubuh tiba-tiba ,hari ini 29/05/09 di temukan dua orang lagi korban yaitu Mukhammad Maskur 31 tahun Dan Anwaruddin 38 tahun .Kedua -dua korban telah meninggal dunia di lokasi kejadian.
  • Menurut Kepala Polisi Petaling Jaya Arjunaidi bahwa pekerja penyelamat sangat konsen untuk mencari korban yang masih belum di temukan ,seperti yang di berita TV3 jam 8.00 malam 29/05/09.
  • Berdasarkan rilis dari Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Jumat (29/5/2009) kepada detik ,ada dua orang TKI yang tewas akibat peristiwa ini. Mereka adalah Suki bin Nahru, asal Sampang, Madura dan TKI asal Pacitan Jatim.
  • Sementara itu korban lainnya adalah Rouf alias Yanto, Hadi, Fauzan, Maddekip, Sedangkan Arif Turantoi dan Saleh ditemukan cidera di lokasi.
  • Namun saat ini kedua korban tersebut sudah dibawa ke Medical Centre Universiti Malaya.Sembilan TKI menjadi korban robohnya supermarket di Malaysia yang terjadi Kamis (28/5) sekitar pukul 16.15 waktu setempat.
  • Bekas bangunan Jaya Supermarket itu terletak di Seksyen 14, Petaling Jaya. Gedung itu sebenarnya merupakan bangunan yang kosong dan sedang dalam proses pembongkaran.
  • Saya berharap kepada semua keluarga dapat bersabar dengan cobaan dari Allah SWT.
  • Koordinator Buruh Migran Jawa Timur ikut Berduka cita dengan kejadian yang menimpah para pahlawan devisa negara.Kerja keras yang di lakukan aparat kepolisian Malaysia ,dan juga pihak penyelamat yang bertungkus lumus mencari korban sangat-sangat kami hargai

Bunuh Diri Karena Gagal Jadi Anggota DPRD

Malang - Gagal menjadi wakil rakyat, seorang calon legislatif (caleg) DPRD Kabupaten Malang, Yoga Suherman (51), Jumat, diduga bunuh diri.Caleg dari Partai Bulan Bintang (PBB) yang tinggal di Jalan A. Yani Desa Sumberporong Kecamatan Lawang Kabupaten Malang itu ditemukan dalam kondisi leher terikat sprei dan terbujur kaku di lantai kamar tidur sekitar pukul 07.30 WIB.

"Anak sulungnya, Mirna, menjadi orang pertama yang melihat korban sudah terbujur kaku dengan celana pendek dan kaos warna merah," kata Sunarko, salah satu kerabat korban.Dia juga mengemukakan, Mirna (21) langsung berinisiatif memotong tali seprei yang diikat ke jendela nako.

Dia juga meminta tolong pada tetangga untuk mendobrak pintu yang dikunci dari dalam.Sunarko mengaku korban tidak pernah mengeluh meski kalah dalam Pemilu legislatif."Kami kaget ketika mengetahui Yoga bunuh diri, sebab selama ini Yoga cukup baik dan siap membantu saudara maupun tetangga. Yoga orangnya juga tidak banyak bicara," katanya.

Korban, kata Sunarko, adalah Caleg DPRD Kabupaten Malang namun tidak terpilih. Sunarko juga mengatakan korban sejak tiga bulan terakhir menganggur karena gagal dalam bisnis kontraktornya di Surabaya.

Menurut Sunarko, sehari sebelum ditemukan dalam keadaan tewas, korban yang punya tiga anak tersebut berbicara kepada istrinya, Ermayanti (49).Saat itu korban mengaku depresi karena kehilangan perkerjaan dan kegagalannya dalam Pemilu.

Korban sejak Kamis (28/5) pukul 23.00 WIB mengurung diri dalam kamar dan mengunci pintu kamar dari dalam.Kapolsek Lawang AKP Sulchan, mengemukakan kematian korban murni bunuh diri dengan menggunakan tali sprei untuk mengikat leher.

Polisi membawa jenazah korban ke RSSA Malang untuk divisum. "Selain melalui visum, kami juga mengamankan kain sprei sebagai barang bukti," kata Sulchan.(*)

Anggota Muslimat NU Dipastikan Pilih Capres Nahdliyin

Makassar, Anggota Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) se-Indonesia hampir bisa dipastikan akan memilih calon presiden (capres) yang jelas berlatar belakang nahdliyin (sebutan untuk warga NU) dalam Pemilu Presiden pada 8 Juli mendatang.

Demikian dikatakan Ketua Umum Pengurus Pusat Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa, saat menggelar konferensi pers berkaitan dengan penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Muslimat NU, di Gedung Celebes Convention Center (CCC), Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (28/5) sore.

"Biasanya orang NU (pilih pemimpin yang) tidak jauh dari 'habitat'-nya (baca: sesama warga NU)," ujar Khofifah menjawab pertanyaan wartawan tentang capres pilihan anggota Muslimat NU.

Namun, Khofifah tak menyebut rinci capres dalam kategori "habitat" yang dimaksud. Ia hanya menjelaskan bahwa capres pilihan anggota Muslimat adalah orang yang memberi perhatian lebih pada warga NU secara umum."Saya kira, kalau Pak Jusuf Kalla datang (ke forum Rakernas), itu sudah bentuk perhatian terhadap warga NU," ujar Khofifah yang juga mantan calon gubernur Jawa Timur itu.

Wakil Presiden Jusuf Kalla memang direncanakan membuka secara resmi Rakernas itu di Gedung CCC pada Jumat (29/5) hari ini.

Menurut Khofifah, hal itu bukan suatu kebetulan. Tradisinya, setiap hajatan besar organisasi ibu-ibu NU itu mesti dibuka wapres."Ini bukan yang pertama kali. Kongres Muslimat NU di Batam tahun 2006 juga dibuka Wapres.

Rakernas rakernas sebelumnya juga mesti dibuka wapres, misal, Pak Habibie, yang saat itu jadi wapres. Pak Hamzah Haz (wapres Megawati)," terang Khofifah.Jusuf Kalla yang merupakan capres dari Partai Golkar dan Partai Hanura, tak hanya dikenal sebagai warga NU. Ia lahir dan dibesarkan di keluarga besar dan lingkungan nahdliyin. Ia juga masih tercatat sebagai Mustasyar Pengurus Wilayah NU Sulsel.Meski demikian, Khofifah membantah anggapan bahwa Rakernas itu digelar untuk mengarahkan dukungan politik terhadap salah satu pasangan capres-cawapres.

Salah satu agendanya memang merumuskan kriteria pemimpin bangsa yang dapat memberi kemanfaatan pada umat."Hanya merumuskan kriteria pemimpin yang maslahah, bukan untuk mengarahkan, bukan untuk dukung mendukung," tegasnya.Perumusan kriteria itu, lanjutnya, hanya satu dari sekian banyak agenda penting lainnya.

Di antaranya, pembahasan masalah nikah sirri, nikah kontrak, aborsi dan bank sperma.Selain itu, Rakernas juga mengagendakan evaluasi terhadap pelaksanaan sejumlah program kerja organisasi, antara lain, evaluasi Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Muslimat NU hingga tahun 2016. (rif)

Rakernas Muslimat NU Siap Digelar, Wapres Dipastikan Hadir

Makassar, Rapat kerja Nasional (Rakernas) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) di Asrama Haji Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan, siap digelar, Jumat (29/5) besok.

Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla dipastikan hadir untuk membuka forum tersebut.Selain Wapres, dipastikan hadir pula, antara lain, Ketua Umum Pengurus Besar NU, KH Hasyim Muzadi, Menteri Pendidikan Nasional, Bambang Sudibyo, Menteri Agama, Maftuh Basyuni, Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan, Meutia Hatta, dan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo.

Seremoni pembukaan Rakernas itu akan dilakukan di Gedung Celebes Convention Center (CCC), Jalan Tanjung Bunga, Makassar, Jumat siang.Berbagai persiapan yang dilakukan panitia pun telah mencapai tahap akhir.

Sebagian besar peserta yang merupakan utusan dari pengurus wilayah (PW) dan pengurus cabang (PC) Muslimat NU se-Indonesia sudah tiba di arena Rakernas.Demikian dikatakan Ketua Panitia Daerah Rakernas, A. Majdah Agus Arifin Nu'mang, dalam konferensi pers di Gedung CCC, Kamis (28/5).

Pada kesempatan itu, ia didampingi Ketua Umum PP Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa, Ketua PW Muslimat NU Sulsel, Nurul Fuadi dan Ketua Panitia Pusat Rakernas, Darwani Pasaribu.

Rakernas yang merupakan forum tertinggi kedua setelah kongres itu diikuti 1057 peserta. Mereka terdiri dari utusan 33 pengurus wilayah dan 413 pengurus cabang Muslimat NU se-Nusantara. (rif)

Jasa Marga dan 3 BUMN Minta Ganti Rugi ke Lapindo

Surabaya - PT Jasa Marga Tbk (JSMR) berencana menggandeng beberapa BUMN yang terkena dampak kerugian lumpur Lapindo untuk membuat klaim kolektif. Perusahaan plat merah lainnya yang akan digandeng antara lain PT Pertamina, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan PT Kereta Api.

Menurut Direktur Utama Jasa Marga Frans Sunito, kerugian yang diderita perseroan akibat lumpur lapindo mencapai Rp 72 miliar sejak tahun 2006. "Kita sudah klaim 10 kali ke Lapindo tapi belum ada tanggapan," katanya di sela kunjungan ke Tol Surabaya-Mojokerto, Surabaya, Jumat (29/5/2009).

Kerugian tersebut dikarenakan terputusnya jalur Tol Porong-Gempol akibat terendam lumpur sepanjang satu kilometer. Jalur tersebut mulai terendam sekitar Juni 2006, dan lumpuh total sekitar November tahun yang sama.

Selain itu, kerugian juga disumbang dari kehilangan pendapatan serta peralatan dan kendaraan operasional dari jalur tersebut. Menurut Frans, pada jalur yang terendam lumpur tersebut juga terdapat jalur listrik, pipa gas dan rel kereta api. "Rencana klaim kolektif ini sudah kita follow up ke (Sekretaris Kementerian Negara BUMN) Pak Said Didu," imbuhnya.

Semburan lumpur Lapindo pertama kali terjadi pada 29 Mei 2006 yang telah banyak memakan korban perumahan, pabrik, jalan, persawahan, rel kereta api dan lain-lain.

Remitansi TKI 2008 Rp120 Triliun ( Pantas Mendapat Gelaran Pahlawan Devisa)

PEKAN BARU – Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Mohammad Jumhur Hidayat menyebutkan remitansi atau pengiriman uang ke Tanah Air dari TKI pada 2008 mencapai Rp120 triliun.

”Itu satu hal yang membuat pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap positif. Jasa TKI sangat besar dalam menjaga keberlangsungan ekonomi,” kata Jumhur pada rapat koordinasi regional BNP2TKI wilayah barat di Pekanbaru kemarin.

Menurut dia, dari sekitar 6 juta TKI (4,3 juta orang di antaranya merupakan TKI resmi), berarti 6 juta orang terbebas dari masalah pengangguran dan mendatangkan manfaat langsung bagi sekitar 30 juta orang anggota keluarganya.

”Satu orang TKI rata-rata menghidupi lima anggota keluarganya. Belum lagi manfaat tidak langsung untuk masyarakat sekitar dari uang yang dibelanjakan oleh TKI,” katanya. (ant)

TKI Meninggal Kena Runtuhan Supermarket

Kuala Lumpur- Seorang di antara delapan tenaga kerja Indonesia (TKI) yang terkena runtuhan gedung supermarket Jaya, di Petaling Jaya, Selangor, Malaysia tewas.

Dua orang berhasil diselamatkan dan segera dilarikan ke rumah sakit, lima TKI lainnya masih terperangkap.Kepala polisi Petaling Jaya Arjunaidi mengatakan, dua TKI yang selamat langsung dibawa ke rumah sakit Universitas Malaya. "Ada delapan orang menjadi korban semuanya pekerja Indonesia," demikian media massa Malaysia, Kamis malam.

Menurut Arjunaidi, pada Kamis sekitar pukul 17.08 waktu setempat, sebagian gedung Supermarket Jaya yang lama sengaja diruntuhkan untuk direnovasi, namun upaya meruntuhkan itu menjadi tragedi maut bagi para pekerja Indonesia yang sedang mempersiapkan peruntuhan gedung itu di lantai bawah.

Tak lama kejadian itu berlangsung, regu penyelamat Malaysia datang dan melakukan operasi penyelamatan yang melibatkan 30 anggota Bomba (Tim Penyelamat), 15 anggota bantuan, 30 anggota RELA, 30 anggota Hansip, dan 50 anggota polisi serta anjing pelacak.

Kepala Dinas perumahan Selangor Kong Cho Ha mengatakan, dinas Bomba (pemadan kebakaran dan penyelamat) diinformasikan sekitar kejadian dan tiba di lokasi tiga menit kemudian.Seorang saksi mata, Syed Mohammad Aidid Syed Ahmad Aidid mengatakan, telah mendengar suara dentuman keras seperti geledek ketika sedang melintas di kawasan itu. Saksi itu kemudian melihat kepulan asap.

Minister Counsellor Pensosbud (Penerangan Sosial budaya) KBRI Widyarka Ryananta ketika dihubungi mengatakan, KBRI akan segera mengirim orang ke lapangan dan mengontak kepolisian serta rumah sakit untuk mengetahui identitas korban dan melakukan apa yang bisa dibantu oleh pihak kedutaan.Ant

Wednesday, May 27, 2009

Tim Advokasi DPP PKB,Saat Adakan Informal Meeting


Jakarta, - Jelang sidang sengketa pemilu di Mahkamah Konstitusi Jum’at (29/05/2009) yang mengagendakan pembuktian berkas, Tim Advokasi DPP PKB yang dimotori Shofwanul Ghufron melakukan informal meeting dengan seluruh tim pengacara yang terdiri dari M Gufron, Ace Kurnia, Budi Rahmat Iskandar, Muhammad Nuzul Wibawa dan A. Saehu yang terlibat langsung dalam pengajuan gugatan yang diajukan DPP PKB.
Informal meeting dilakukan untuk mensingkronkan data berupa bukti dan membahas segala kemungkinan yang akan terjadi dalam proses sidang.

“Kita tidak ingin dalam proses pembuktian berkas saat sidang berlangsung ada kekurangan bukti, disinilah kita lakukan cross check data kembali,” ungkap Ghufron saat ditemui di kantor sekretariat DPP PKB Jl Sukabumi 23 Jakarta Pusat.
Sebelumnya, tim advokasi DPP PKB sudah melalui proses sidang perdana dengan agenda pemeriksaan kelengkapan berkas Jumat (22/05/2009) pekan lalu.
Dalam sidang pertama, Ace Kurnia salah satu anggota Tim Advokasi DPP PKB menjelaskan timnya sudah mengajukan 23 pemohonan gugatan. “Total gugatan yang kita ajukan sebanyak 23 dan berdasarkan atas fakta dan bukti yang dapat dikumpulkan tim kita, ternyata memang KPU melakukan kekeliruan penghitungan baik yang sifatnya penjumlahan maupun dalam tataran rekap yang ada tidak seseuai dengan perolehan suara sebenarnya,” tandas Kurnia. (rif

DKN Garda Bangsa Adakan Aksi Damai Di Bunderan HI


Jakarta, - Dewan Koordinasi Nasional Garda Bangsa tadi siang Rabu 27 mei 2009 mengadakan aksi damai di Bunderan HI. Aksi damai ini dilandasi keprihatinan yang mendalam atas kondisi sosial politik yang terjadi akhir-akhir ini.
DKN Garda Bangsa mengingatkan kepada seluruh stakeholder bangsa ini agar lebih bersikap dewasa dalam melakukan manuver-manuver politik khususnya yang berkaitan dalam membangun pemahaman rakyat soal isu neoliberalisme.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum DKN Garda Bangsa Eman Hermawan memberkan apresiasi kepada massa aksi yang telah menggelar aksi dengan tertib dan damai. Dalam status Facebooknya, Eman menuturkan "Rasa riangku menggebu-gebu, hari ini matahari menyambut aksi damai DKN Garda Bangsa di Bunderan Hotel Indonesia: ikut clometan prihal neoliberal yang kontroversial dan seksi itu"

Aksi damai yang digelar oleh DKN Garda Bangsa dikoordinatori oleh Anas Nashikin, Sekjen DKN Garda Bangsa, bertujuan untuk mengisi ruang kosong pemahaman seputar neolib kepada rakyat Indonesia berdasarkan data dan fakta seperti di bawah ini:

1. Menurut UUD 1945 maupun hasil amandemen dijelaskan bahwa Indonesia menganut sistem pemerintahan presindensial. Menteri-menteri bertanggungjawab kepada Presiden. segela kebijakan yang diputuskan menteri harus diketahui dan mendapat persetujuan Presiden. Untuk itu semua regulasi yang dikeluarkan oleh menteri adalah tanggung jawab Presiden baik sebagai kepala negara maupun kepala pemerintahan.. sehingga semua kesalahan dalam pemerintahan adalah tanggung jawab sepenuhnya Presiden tanpa alasan apapun. Semenjak orde baru hingga pemerintahan sekarang sistem ekonomi bangsa Indonesia. Semenjak orde baru hingga pemerintahan sekarang sistem ekonomi bangsa Indonesia diarahkan pada ekonomi neoliberal, maka semua pemimpin negeri ini menjalankan pemerintahan yang dikuasai mazhab ekonomi neoliberal.

2. Tolak ukur dari madzab neolib itu adalah pasar bebas dan privatisasi atau penjualan asset negara. Berdasarkan data dan fakta yang terjadi maka periode pemerintahan 2001-2004 merupakan pemerintahan paling nelib karena pemerintahannya sangat mengandalkan privatisasi BUMN. Saham-saham perusahaan yang diambil alih pemerintahan sebagai kompensasi pengembalian kredit BLBI, juga dijual dengan sangat murah, hanya sekitar 20 persen dari total nilai BLBI. Buktinya BUMN seperti PT Indosat, PT Aneka Tambang, dan PT Timah dan lain-lain diprivatisasi. Selama tiga tahun pemerintahan periode ini melakukan privatisasi. selama tiga tahun pemerintahan periode ini melakukan privatisasi BUMN sebesar 3,5 triliun pada tahun 2001; Rp. 7,7 triliun pada 2002; dan Rp. 7,3 triliun pada tahun 2003. Fakta-fakta lainnya adalah penjualan BUMN dengan harga di bawah harga asset yang seharusnya ( bayangkan saja, Indomobil, salah satu asset Salim Grup yang diambil alih pemerintahan untuk membayar hutang Salim sebesar Rp.. 52 triliun, ketika diserahkan ke BPPN dihargai sekitar Rp. 2,5 triliun, tapi oleh BPPN dijual hanya Rp. 625 miliar, kasus BCA Pemerintah ( dalam hal ini adalah rakyat ) merugi 7,042 triliun.

3. Sedangkan pemerintahan yang dijalankan Pemerintahan SBY lebih banyak memberikan subsidi kepada rakyat yang menjadi antitesa neolib seperti : BLT, PNPM Mandiri, KUR, Sekolah Gratis Program Keluarga Harapan, BOS, Raskin, Jamkesmas, penurunan harga BBM.
Dikonfirmasi terpisah, Ketua Umum DKN Garda Bangsa Drs. Eman Hermawan mengatakan mazhab ekonomi neoliberalisme sudah menjadi rezim yang berkuasa de facto dan de jure di NKRI semenjak Orde Baru hingga reformasi. Karena itu, neoliberalisme harus dihadapi bersama secara structural constrain Indonesia sebagai Negara bangsa, bukan sekedar pembunuhan karakter menjelang Pilpres 2009 semata. (mil)

DPR Loloskan Hak Angket DPT

SIDANG PARIPURNA Sejumlah anggota DPR mengikuti sidang paripurna dengan agenda penetapan hak angket terkait pelanggaran hak konstitusional warga dalam pemilu terkait daftar pemilih tetap (DPT) di Gedung DPR, Jakarta, kemarin.

JAKARTA (SI) – Rapat paripurna DPR menyetujui usulan penggunaan hak angket terkait pelanggaran hak konstitusional warga untuk memilih karena tidak terdata dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2009.

Pengambilan keputusan dilakukan melalui voting setelah lobi antarpimpinan fraksi yang berlangsung 20 menit tak mencapai kata mufakat. ”Karena tidak tercapai kesepakatan, maka pengambilan keputusan dilakukan melalui voting,” kata Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar yang memimpin rapat paripurna kemarin.

Tak pelak, pernyataan Muhaimin tersebut langsung mendapat reaksi dari Fraksi Partai Demokrat. Wakil Ketua Fraksi PD Jhonny Allen mengajukan interupsi. Menurut dia, voting tidak bisa dilakukan karena anggota DPR yang hadir tak sampai separuh. Karena itu, pihaknya meminta voting ditunda.

Namun, interupsi tersebut langsung disanggah oleh anggota Fraksi PDIP Aria Bima.Sesuai tata tertib DPR, voting bisa dilakukan jika dihadiri separuh lebih satu dari anggota yang hadir.

Pihaknya juga mengkritisi sikap Jhonny karena tidak konsisten dengan hasil kesepakatan dalam lobi pimpinan fraksi. ”Lobi tadi sudah dilakukan dan tak mencapai kesepakatan, akhirnya disetujui untuk voting. Kesepakatan ini harus ditaati,” ujarnya.

Setelah interupsi reda, Muhaimin memerintahkan bagian sekretariat jenderal menghitung anggota DPR yang ada di dalam ruangan. Setelah dihitung, ternyata masih ada 203 anggota DPR dari 306 yang tertera dalam daftar hadir.

Dalam tata tertib DPR disebutkan, voting bisa dilakukan jika dihadiri separuh lebih satu dari anggota yang hadir dalam rapat paripurna. Pimpinan memberikan tiga opsi, yakni setuju, tidak setuju, dan abstain. Setiap anggota DPR yang memberikan pilihan diminta berdiri.

Saat voting dilakukan, sebanyak 129 anggota DPR yang hadir menyatakan setuju, sedangkan 73 anggota DPR menolak dan seorang abstain. Adapun yang setuju dengan usulan hak angket, yakni Fraksi Partai Golkar (34), Fraksi PDIP (58),Fraksi PPP (11),Fraksi PAN (3), FKB (16),Fraksi BPD (6), dan Fraksi PDS (1).Sementara yang tidak setuju, yaitu,Fraksi PD (43), Fraksi PKS (42), FKB (1), Fraksi PBR (5), dan Fraksi PDS (2). Satusatunya yang memilih abstain adalah Muhaimin Iskandar.

Hasil ini cukup mengejutkan karena Golkar, PPP, PAN, dan PKB masih bergabung dengan koalisi pemerintahan. Bahkan,PPP,PAN,dan PKB telah memutuskan kembali berkoalisi dengan Demokrat untuk mendukung SBY.”Dengan demikian, maka mayoritas voting menyatakan setuju dilakukannya angket,” kata Muhaimin sambil mengetuk palu sekaligus menutup sidang.

Sebelumnya, dalam pandangan akhirnya empat fraksi, yakni Fraksi Partai Golkar, PDIP, PPP, dan BPD setuju dengan angket. Sementara empat fraksi lainnya, Fraksi PD,PKS,PBR,dan PDS tidak setuju.

FKB memilih mengusulkan interpelasi karena dinilai lebih cepat dan efektif.Fraksi PAN tidak tegas apakah mendukung atau menolak meskipun mengecam pemerintah karena gagal mewujudkan good governance. J

uru bicara Fraksi PDIP Hasto Kristianto menyatakan, persoalan daftar pemilih tetap (DPT) bukan persoalan teknis administratif. Menurut dia, penghilangan hak memilih dilakukan secara sistematik dan masif. ”Ini adalah pelanggaran konstitusi dalam kasus DPT yang tidak bisa dibiarkan.

Ini tidak bisa hanya disebut kejahatan demokrasi,tapi penghancuran tradisi demokrasi,”tandasnya. Dia menegaskan, persetujuan hak angket harus dimaknai sebagai bentuk penyelamatan demokrasi di Indonesia. ”

Hak angket ini harus menjadi perhatian bagi pemerintah dan KPU,”ujar Hasto. Ketua Fraksi Partai Demokrat Syarief Hasan kecewa dengan sikap politik anggota koalisi pemerintah. Secara khusus,dia mengaku sangat kecewa dengan Golkar yang berjanji untuk komitmen mengawal pemerintahan hingga tuntas.”Saya kecewa dengan Golkar yang masih berkoalisi dengan kita. Katanya tetap solid, ternyata tak konsisten. Katanya selalu di depan, ternyata tak konsisten. Itu tak betul, hari ini buktinya,”ungkapnya.

Pihaknya juga mengkritisi sikap PPP,PAN,dan PKB yang mendukung hak angket DPT.Menurut dia, fakta politik dalam rapat paripurna tersebut akan menjadi pelajaran bagi Demokrat untuk menjalin koalisi ke depan.

Pihaknya tidak ingin koalisi ke depan lebih didominasi oleh kepentingan. ”Koalisi ke depan harus benarbenar komitmen.Kondisi sekarang menjadi bahan evaluasi,”katanya.

Ketua Fraksi PPP Lukman Hakim Saifuddin membantah persetujuan hak angket tersebut untuk memolitisasi kasus DPT. Hak angket tersebut murni untuk perbaikan sistem kependudukan sehingga tidak ada kaitannya dengan koalisi pilpres mendatang.”Koalisi pilpres tidak berubah.Ini menjadi pintu masuk untuk perbaikan administrasi kependudukan dalam jangka panjang,”katanya. (ahmad baidowi)

BERITA FOTO: Lava Pijar Gunung Slamet


BREBES, - Letusan asap dan lava pijar Gunung Slamet setinggi lebih kurang 400 meter terlihat dari Dusun Kaliwadas, Kelurahan Dawuhan, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Rabu (27/5).
Gunung setinggi 3.432 meter di atas permukaan laut ini dalam kondisi siaga dengan tipe letusan stromboli yang membawa material terangkat ke atas dan jatuh sekitar puncak. (Sumber Kompas WEN)

Sikap PPP, PKB, dan PAN Kurang Elok

JAKARTA, — Partai koalisi pendukung pasangan SBY-Boediono dalam Pilpres 2009 beramai-ramai mendukung pengajuan hak angket terhadap pelanggaran hak konstitusional warga negara untuk memilih pada pemilihan umum yang lalu. PAN, PPP, dan PKB mendukung langkah PDI-P dan Golkar yang menggagas hak angket tersebut.

Ketua DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum menilai sikap ketiga parpol tersebut kurang elok. "Sebetulnya itu kurang elok karena tengah dan terus akan membangun koalisi," kata Anas di Jakarta, Rabu (27/5).

Selain itu, menurutnya, masalah DPT bukan kewenangan pemerintah melainkan kewenangan KPU. "Jadi, jelas keliru alamat," tegas dia.

Namun, lebih jauh Anas mengatakan, pengajuan hak angket soal DPT ini tidak akan merusak koalisi dan memengaruhi arah koalisi ke depan. "Itu bukan soal yang serius. Kami yakin koalisi akan tetap kompak dan solid," ujarnya.

Mengenai sikap Fraksi Partai Golkar, ia menilai wajar. Menurutnya, kejadian seperti ini bukan hal yang pertama.

"Sejarah perbedaan sikap Fraksi Partai Golkar dengan pemerintah sudah panjang. Jadi, tidak mengagetkan. Kita serahkan kepada pendapat publik saja. Tetapi, juga tetap kurang elok," tuturnya.(kompas )

Empat Terpidana Mati Akan Dieksekusi Pasca Pilpres

Jakarta - Kejaksaan Agung (Kejagung) mengisyaratkan pelaksanaan eksekusi terhadap empat terpidana mati, akan dilakukan seusai pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres).

Jaksa Agung Muda Pidana Umum (Jampidum), Abdul Hakim Ritonga, di Jakarta, Rabu, menyatakan, nampaknya setelah pelaksanaan pilpres, akan dilakukan eksekusi terhadap empat terpidana mati yang masih menunggu putusan upaya hukum peninjauan kembali (PK) dan grasi."Nampaknya setelah itu (pilpres)," katanya.

Seperti diketahui,Kejagung pada akhir 2008 akan melakukan eksekusi terhadap dua terpidana mati, yakni, Ona Denis dan terhadap terpidana mati kasus pembunuhan, Jurit bin Abdullah, namun batal karena keduanya masih melakukan upaya hukum peninjauan kembali (PK) ke Mahkamah Agung (MA).

Kemudian, Kejagung juga menyatakan bahwa Gunawan Santoso, terpidana mati pembunuh bos PT Asaba, Budiarto Angsono, akan dieksekusi kalau sampai tenggat waktu yang ditentukan belum mengajukan upaya peninjauan kembali (PK).

Jampidum menyatakan pihaknya akan mengusahakan agar pelaksanaan eksekusi mati segera dilakukan."Empat terpidana mati itu, yakni, dua warga negara asing (WNA) dan dua lagi warga negara Indonesia (WNI), ada perempuannya juga. Kalau yang dari WNA, diantaranya warga Nigeria," katanya.

Di bagian lain, ia menyatakan pihaknya sampai sekarang masih mengkaji mengenai pembatasan waktu bagi terpidana mati yang akan mengajukan upaya PK, setelah mendapatkan fatwa dari Mahkamah Agung (MA) terkait upaya hukum tersebut."Belum ada (soal pembatasan waktu upaya PK)," katanya.

Sebelumnya dilaporkan, Kejagung menyatakan, sebanyak 111 terpidana mati akan dieksekusi pada 2009 jika sudah memiliki kekuatan hukum tetap.

"Pada 2009, akan dituntaskan pelaksanaan eksekusi terhadap 111 terpidana mati," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Jasman Pandjaitan, dalam acara Laporan Akhir Tahun 2008 Kejagung, di Jakarta, Jumat (9/1).

Ia mengatakan, pelaksanaan eksekusi mati itu akan dilakukan pada terpidana yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap."Tidak ada lagi alasan untuk menunda-nunda pelaksanaan eksekusi mati, jika syarat formalnya sudah dipenuhi," katanya.

Dikatakannya, pada 2008 perkara yang diputus hukuman mati sebanyak 121 perkara dan yang telah menjalani eksekusi tersebut sebanyak 10 perkara, termasuk Amrozi dkk.(*)

Jenazah TKW Tiba di Semarang

Semarang (ANTARA News) - Jenazah tenaga kerja Indonesia (TKI), Kartini (33) asal Kendal, Jawa Tengah yang meninggal dunia di Petaling Selangor, Malaysia, tiba di Bandara Ahmad Yani Semarang, Rabu, sekitar pukul 09:00 WIB.

Kedatangan jenazah Kartini yang diberangkatkan dari Malaysia, Minggu (24/5), dengan pesawat Garuda Indonesia disambut isak tangis anggota keluarga yang telah menunggu di Bandara.

Kakak korban, Sabrina mengatakan adiknya telah dua kali bekerja di Malaysia dan terakhir pulang ke rumah sekitar dua tahun lalu."Selama adik saya bekerja di Malaysia tidak pernah ada masalah apa-apa, tahu-tahu keluarga dikabari kalau adik saya meninggal dunia di sana (Malaysia,red) pada Sabtu (23/5) malam," katanya.

Sementara itu, perwakilan KBRI di Malaysia yang ikut mengantar jenazah Kartini, Susapto Anggoro Broto mengatakan atas perintah duta besar (dubes) RI di Malaysia pihaknya akan mengusut kasus kematian TKI asal Kendal tersebut.

"Pihak KBRI bekerja sama dengan kepolisian Malaysia akan mengusut tuntas kasus kematian Kartini yang diduga dibunuh oleh majikannya sendiri, tapi hal ini masih dalam proses penyelidikan," ujarnya.

Kartini ditemukan tergeletak tidak bernyawa di ruang tamu rumah tempat ia bekerja, Sabtu (23/5), diduga anak dan istri majikan korban mengalami depresi sehingga menganiaya Kartini hingga meninggal dunia.

Berdasarkan hasil autopsi pihak kepolisian di Malaysia, terdapat luka lebam di bagian kepala dan tubuh. Bahkan, anak dan istri majikan Kartini telah ditetapkan sebagai tersangka oleh polisi Malaysia.

Jenazah Kartini kemudian dibawa ke rumah duka di Dusun Dadapayam, Desa Surokonto Wetan Pageruyung, Kendal, dengan menggunakan mobil ambulans dan diantar sejumlah pegawai di lingkungan Disnakertrans Kabupaten Kendal dan Provinsi Jawa Tengah.(*)

Tuesday, May 26, 2009

Gus Sholah Yakin Warga NU Dukung Jk-win

Surabaya - Pengasuh Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Ir KH Sholahuddin Wahid (Gus Sholah), meyakini warga Nahdlatul Ulama (NU) akan mendukung pasangan Capres Jusuf Kalla-Cawapres Wiranto (JK-Win) pada putaran kedua Pilpres 2009.

"Dukungan warga NU akan terpecah pada putaran pertama, tapi jika ada putaran kedua dan JK-Win lolos, maka dukungan warga NU akan ke JK-Win, karena Pak Kalla adalah tokoh NU dan warga NU tentu ingin tokohnya menjadi pemimpin," katanya di Surabaya, Selasa (26/5).

Mantan Cawapres dalam Pilpres 2004 itu mengemukakan hal itu setelah berbicara dalam seminar bertajuk "Mempertegas Posisi Intelektual Muda Dalam Peta Politik Nasional Jelang Pilpres 2009" yang digelar Pesantren Mahasiswa IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Adik kandung mantan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu mengakui, dukungan warga NU terhadap Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat ini relatif tinggi, namun tingkat dukungan itu cenderung menurun.

"Setidaknya, begitulah menurut beberapa survei, apalagi beberapa tokoh NU dan Muslimat NU secara pribadi mengisyaratkan dukungan kepada JK-Win. Muslimat NU itu `kan paling solid, terbukti saat Khofifah menjadi Calon Gubernur Jatim," katanya.

Karena itu, katanya, dukungan warga NU sangat signifikan dalam Pilpres 2009, apalagi jumlah pemilih saat ini diperkirakan 170 juta orang, sedangkan warga NU diperkirakan berjumlah 80 juta orang.

"Karena jumlahnya banyak, kepentingan masyarakat NU otomatis menjadi kepentingan masyarakat Indonesia, namun bukan berarti NU ingin mendapatkan prioritas dari negara," katanya.

Pandangan itu berbeda dengan pendapat mantan Ketua PWNU Jawa Timur Dr KH Ali Maschan Moesa MSi yang juga menjadi pembicara dalam seminar di IAIN Sunan Ampel Surabaya itu."Saya yakin suara warga NU akan tetap terpecah, termasuk di putaran kedua.

Itu konsekuensi dari keinginan NU yang ingin menjauh dari politik, sehingga warga NU semakin dewasa dan petunjuk tokoh dalam politik praktis bukan patron lagi," kata Ali Maschan yang sempat menjadi Calon Wakil Gubernur Jatim tapi kalah. ant

Monday, May 25, 2009

Tiga Hari Di Utara

Salam

Gue uda tiga hari di utara ,"mulanya di SP ,"sesudah selesai tugas di Sp gue terus pergi ke Pulau Mutiara.Di Pulau Mutiara gue menginap di hotel yang berdekatan dengan pengadilan.

Selama tiga hari gue jalan-jalan menikmati ke indahan Pulau Mutiara.Di Pulau mutiara mengingatkan gue ada di Pulau Bawean.Kalau di Bawean," kan deket dengan pantai," udaranya yang nyaman dan dingin.


(Dalam Fery Di Pulau Mutiara pada 26/05/09)

Sambil jalan-jalan ,"gue nyari-nyari makanan ala jawa,"kalau di KL banyak makanan jawa,kalau ingin makan ajah pecel leleh pergi ajah restoran Sunan Drajat di Cowket.Kalau di pulau mutiara gue hanya tahu di Komtar dan di terminal Bas Bwtr. Kalau di Pulau Mutiara Makanan yang terkenal nasi kandar...waduh enak sekali nasi kandarnya,gak bisa melawan nasi kandar Pulau Mutiara ...meskipun di wilayah lain ada nasi kandar.........ihoooo

Selama tiga hari gue banyak tempat yang telah di lawati,bukit bendera,teluk bahang ,tokong ular,padang kota,batu feringgi dll.

Kalau teman-teman di Bawean jika ingin ke Malaya (Malaysia) jangan lupa singga di Pulau Mutiara, di Pulau Mutiara bermacam-macam ada ,bisa naik Fery,becak ,sepur keatas gunug ,di atasa gunung ada banyak pemandangan yang boleh di lihat dari bukit bendera....asik ihooo.

Kalau mas Basit Editor MB dengan Mas Daifi Ketum PBG datang ke Malaya gue bawa ke Pulau Mutiara,jadi kerinduan dengan Bawean bisa terobati...... dan gue yang teraktir....benar nich.









Sunday, May 24, 2009

Undangan Nika Dari Sahabatku Nadisa,LC

Bismillahirrahmanir rahim
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
UNDANGAN PERNIKAHAN
NADISA & ANA

Firman Allah SWT: Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian diantara kamu, dan orang-orang sholeh diantara hamba-hamba- Mu yang laki-laki dan perempuan, jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya, dan Allah Maha Luas Pemberian-Nya lagi Maha Mengetahui. (QS: An Nur: 32)

“Semoga Allah menghimpun yang terpisah dari keduanya, memberkahi mereka berdua dan kiranya Allah meningkatkan kualitas keturunan mereka, menjadikannya pembuka pintu rahmat, sumber ilmu dan hikmah serta memberi rasa aman bagi umat ”
(Do’a Nabi Muhammad SAW pada pernikahan putrinya Fatimah Azzahra dengan Ali bin Abi Thalib)
Ya Allah, dengan Rahmat dan Ridho-Mu, engkau mempertemukan dua orang hamba-Mu dan izinkanlah kami :
H. Nadisa Astawi, Lc.
(DissA)
denganUus Usriana, S. Sos. (Ana)

Untuk mengikuti Sunnah Rasul-Mu dalam membentuk keluarga yang Sakinah, mawaddah, Warahmah
AKAD NIKAH:Jum'at, 06 Maret 2009
Di Jl. Gunung Jati Sirnabaya Cirebon JABAR

WALIMATUL URSHari: Sabtu 06 Juni 2009
Pukul: 10.00 – 14.00 WIB
Bertempat: Kediaaman Bapak Kerta Kusuma
Di Jl. Gunung Jati 47 Sirnabaya Cirebon JABAR

Tiada pemberian yang paling berharga kecuali kehadiran dan do’a restu Bapak/Ibu/Sdr/ i. Atas kehadiran dan Do’a Restunya kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hormat kami yang menanti:
H. Astawi Syamsuddin (Ayah) dan Bapak Kerta Kusuma
dan segenap famili.
Turut Mengundang:

KPU Tetapkan 560 Calon Anggota DPR Terpilih

Jakarta - Ketua KPU Abdul Hafiz Anshary, di Jakarta, Minggu malam, menetapkan 560 calon anggota DPR 2009 terpilih, setelah sempat diskors selama kurang lebih 2,5 jam dan terjadi perdebatan antara sejumlah saksi partai politik dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU).Dari nama-nama calon anggota DPR 2009 terpilih yang telah disahkan KPU, beberapa anggota DPR periode 2004-2009 berhasil terpilih kembali untuk periode 2009-2014.

Selain itu, sejumlah tokoh yang menjabat sebagai menteri di Kabinet Indonesia Bersatu juga tercatat sebagai calon anggota DPR terpilih.

Sejumlah pengurus partai juga berhasil duduk di Senayan mewakili partainya.Nama-nama baru juga bermunculan di jajaran calon anggota DPR terpilih. Namun, beberapa nama-nama baru itu tidak asing di masyarakat karena calon-calon ini sebelumnya dikenal di dunia hiburan.

Anggota DPR yang kembali terpilih dalam pemilu anggota DPR 2009 diantaranya Al Muzzammil Yusuf dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS dari dapil Lampung I), Agung Laksono dari Partai Golkar (DKI Jakarta I), Ida Fauziah dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB Jatim VII), Effendi MS Simbolon dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DKI Jakarta III) dan Jazuli Juwaini dari PKS (Banten III).

Selain itu, Agoes Purnomo dari PKS (DI Yogyakarta) dan KRMT Roy Suryo Notodiprojo dari Partai Demokrat (DI Yogyakarta), Trimedya Pandjaitan dari PDIP (Sumatera Utara II), Jhoni Allen Marbun dari Partai Demokrat (Sumut II), Tjahjo Kumolo dari PDIP (Jateng I), Ignatius Mulyono dari Partai Demokrat (Jateng III), Aria Bima dari PDIP (Jateng V) dan Angelina Sondakh dari Partai Demokrat (Jateng IV).

Kemudian, Ahmad Muqowam dari Partai Persatuan Pembangunan (Jateng X), Priyo Budi Santoso dari Partai Golkar (Jatim I), Anis Matta dari PKS (Sulawesi Selatan), Idrus Marham dari Partai Golkar (Sulsel III), Sutan Batoegana dari Partai Demokrat (Sumut I), Taufiq Kiemas dari PDIP (Jabar II), EE Mangindaan dari Partai Demokrat (Sulawesi Utara), dan Topane Gayus Lumbuun dari PDIP (Jatim V).

Sejumlah tokoh partai yang menjadi calon anggota DPR terpilih diantaranya adalah Tifatul Sembiring dari PKS (Sumut I), Rully Chairul Azwar dari Golkar (dapil Bengkulu), Ruhut Poltak Sitompul dari Partai Demokrat (Sumut III), Suryadharma Ali dari PPP (Jabar III), Hidayat Nur Wahid dari PKS (Jateng V) dan Burhanuddin Napitupulu dari Partai Golkar (Sumut I).

Selain itu, Puan Maharani dari PDIP (Jateng V), Pramono Anung Wibowo dari PDIP (Jatim VI), Anas Urbaningrum dari Partai Demokrat (Jatim VI), Zulkifli Hasan dari Partai Amanat Nasional (Lampung I), Marzuki Alie dari Partai Demokrat (DKI Jakarta III), Nurul Arifin dari Partai Golkar (Jabar VII), Muhaimin Iskandar dari PKB (Jawa Timur I), dan Irgan Chairul Mahfiz dari PPP (Banten III).

Sejumlah tokoh partai lainnya yang memperoleh kursi di DPR adalah Edhie Baskoro Yudhoyono dari Partai Demokrat (Jatim VII) dan Adang Daradjatun dari PKS (DKI Jakarta III).Sementara menteri yang berhak mengisi kursi di parlemen, yaitu Jero Wacik dari Partai Demokrat (Bali), Taufiq Effendi dari Partai Demokrat (Kalimantan Selatan I), Adhyaksa Dault dari PKS (Sulawesi Tengah) dan Freddy Numberi dari Partai Demokrat (Papua).

Meskipun ada surat penarikan Freddy sebagai calon terpilih dari Partai Demokrat, namun KPU memutuskan untuk menetapkan terlebih dahulu sebelum melakukan perubahan.Di antara deretan nama-nama calon anggota DPR terpilih, terdapat nama-nama yang sudah tidak asing lagi.

Mereka lebih dikenal sebagai publik figur oleh sebagian besar masyarakat, yaitu Rachel Mariam Sayidina dari Partai Gerindra (Jabar II), Rieke Diah Pitaloka dari PDIP (Jabar II), Primus Yustisio dari PAN (Jabar IX), Venna Melinda dari Partai Demokrat (Jatim VI), Tantowi Yahya dari Golkar (dapil Sumatera Selatan II) dan Okky Asokawati dari PPP (DKI Jakarta II).

Dedi S Gumelar atau akrab disapa Mi`ing dari PDIP (Banten I), Jamal Mirdad dari Pari Gerindra (Jawa Tengah I), Utut Adianto dari PDIP (Jateng VII), Inggrid Kansil dari Partai Demokrat (Jabar IV), Tetty Kadi Bawono dari Partai Golkar (Jabar VIII).Penetapan calon anggota DPR ini masih dapat berubah.

Jika dikemudian hari setelah penetapan calon terpilih, Mahkamah Konstitusi (MK) menetapkan perubahan hasil pemilu yang berdampak pada perolehan suara maupun kursi, maka KPU harus menindaklanjuti perubahan tersebut.

Selain itu, sejumlah partai politik juga telah mengajukan calon anggota DPR pengganti karena calon yang ditetapkan tidak memenuhi syarat. PDIP, misalnya, telah mengajukan permohonan penggantian calon di dapil Banten III karena calon anggota DPR terpilih Sutradara Gintings telah meninggal.

Demikian pula Partai Demokrat telah mengajukan penggantian calon terpilih di dapil Kalimantan Barat (Henri Usman) dan Papua (Freddy Numberi).Pelantikan calon anggota DPR terpilih akan dilaksanakan pada 1 Oktober 2009.(*)

Gempa 4,5 SR di Pantai Sumbar

Padang - Gempa tektonik berkekuatan 4,5 skala richter (SR) terjadi Senin sekitar pukul 08:57 WIB di wilayah pantai Sumatera Barat (Sumbar) dan getarannya dirasakan sebagian warga Padang.

Data dihimpun pada Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Padang Panjang, Senin, menyebutkan pusat gempa pada posisi 0,53 Lintang Selatan (LS) dan 99, 17 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 30 km.

Kepala BMG Padang Pajang, Sumarso, ketika dikonfirmasi dari Padang, mengatakan pusat gempa di perairan Kepulauan Mentawai dan tidak berpotensi tsunami.

Guncangan gempa dirasakan di Padang dan Padang Pariaman namun tak menimbulkan kepanikan pada warga.

Dari pantauan di Padang, sebagian warga merasakan dan ada juga yang tak merasakan tetapi tidak banyak warga yang lari ke luar rumah dan kantor.

"Memang guncangannya disarakan, karena guncangan hanya sebentar sehingga tak menimbulkan kepanikan," kata seorang karyawan di Padang yang minta namanya tidak disebutkan.(ant*)

Kerahkan Kyai, PKB Siap Antar SBY-Boediono ke Istana

Surabaya - PKB siap memenangkan pasangan SBY-Boediono dalam Pemilihan Presiden 2009. PKB berjanji akan mengerahkan seluruh kader dan kyai untuk memenangkan pasangan ini."Kita akan menggunakan mesin dan kekuatan struktural partai untuk kemenangan pasangan capres dan cawapres SBY-Boediono," kata Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar kepada wartawan usai membuka Musyawarah Pimpinan Wilayah (muspimwil) PKB Jatim dan Konsolidasi Pemenangan Pilpres 2009 di Asrama Haji, Sukolilo, Surabaya, Minggu (24/5/2009).

Kekuatan yang dijanjikan untuk memenangkan pasangan SBY-Boediono ini ini nantinya, akan dikerahkan dari seluruh pengurus PKB, caleg terpilih maupun yang tidak terpilih, basis kultural serta para kyai.

Cak Imin sapaan akrab Muhaimin juga optimis, jika pasangan capres dan cawapres yang didukung partainya akan meraih kemenangan cukup dengan satu kali putaran.Sementara ditanya target perolehan suara SBY-Boediono di Jawa Timur, Cak Imin mengaku optimis akan memperoleh suara 30 persen hingga 40 persen, meski Pemilu 209 penuh dengan persoalan.

"Kita sangat optimis akan raih suara 30 persen hingga 40 persen untuk pasangan yang kita dukung. Meski saat ini saat ini pemilu banyak persoalan seperti DPT. Akibatnya perolehan suara seluruh partai mengalami perubahan," pungkasnya

Puluhan Pingsan di Acara Deklarasi Megawati-Prabowo

Bekasi - Sedikit-dikitnya 37 warga pingsan dalam acara Deklarasi pasangan Calon Presiden (Capres) Megawati Soekarnoputri dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Prabowo Subianto di kawasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Bantar Gebang, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Koordinator tim kesehatan PDIP, Alvian Feoh, di Bekasi, mengatakan hingga pukul 13.30 WIB jumlah pengunjung yang menjalani perawatan di tenda kesehatan sebanyak 64 orang. Mereka rata-rata berusia 10 hingga 72 tahun.

"Pasien yang kami rawat kebanyakan sakit karena kehabisan oksigen, bau sampah yang menyengat, dan tak kuat menahan terik panas matahari," kata Alvian.

Mereka kehabisan oksigen setelah terhimpit oleh desakan pengunjung di lokasi tenda panggung utama sedangkan sebagian lagi mengalami kelelahan fisik.

Alvian menambahkan, pihaknya telah mensiagakan sebanyak 50 petugas tim medis dari Badan Penanggulangan Bencana (BPB) PDIP yang terdiri dari 10 dokter, 20 paramedis dan 20 petugas keliling untuk mengantisipasi persoalan kesehatan.

"Tim kami dilengkapi enam kendaraan ambulan untuk merujuk ke rumah sakit terdekat, tujuh tabung oksigen, lima tandu, dan perangkat obat-obatan," katanya.

Mereka yang terkena kendala kesehatan, kata Alvian, dirawat di tenda kesehatan yang terletak di belakang tenda utama untuk diberi penanganan alat bantu oksigen, pasokan vitamin, dan obat-obatan untuk dibawa pulang.

Sementara itu, Cecep (72), pasien, mengatakan dirinya mengalami pingsan karena faktor kondisi fisik. Ia mengaku antusias menyaksikan sosok Megawati dalam acara deklarasi."Saya tunggu Mega sejak pukul 09.00 WIB.

Tapi hingga pukul 14.00 WIB, beliau belum juga datang. Saat pingsan saya berada diluar tenda jadi kepanasan," katanya. ant

Jusuf Kalla Mempraktikkan Ajaran Gandhi

Jakarta :Tokoh masyarakat Indonesia keturunan India, J Singh King, menilai bahwa Wakil Presiden M Jusuf Kalla telah mempraktikkan ajaran tokoh spiritual India, Gandhi.

"Pak JK selama ini telah mempraktikkan ajaran Gandhi, seperti Swadesi, Satyagraha dan Ahimsa," kata tokoh masyarakat Indonesia keturunan India, J Singh King, di Jakarta, Minggu (24/5).
Menurut JS King, selama menjabat sebagai Wapres, Jusuf Kalla telah mempraktikkan ajaran Gandhi secara utuh. JS King mencontohkan langkah JK dalam menyelesaikan berbagai konflik di Poso, Ambon, dan Aceh.
Hal itu merupakan implementasi dari ajaran Gandhi, yakni Ahimsa atau antikekerasan. Selain itu, dia menambahkan, Wapres selalu mendengungkan untuk berdiri di atas kaki sendiri dengan mencintai dan menggunakan produk dalam negeri.
Menurut JS King, hal ini merupakan kata lain dari ajaran Swadesi. Menurut JS King, Wapres juga melakukan semua tugasnya dengan ketulusan yang merupakan inti dari ajaran Satyagraha. "Saya yakin, beliau (Wapres) banyak membaca ajaran Gandhi," kata JS King.
Sebelumnya dalam pertemuan silaturahim, masyarakat Indonesia keturunan India menyatakan mendukung pasangan capres Jusuf Kalla-Wiranto dalam pilpres 2009.
"Semoga dengan izin Tuhan Yang Maha Esa, kami semua dapat bertemu kembali dengan Pak JK pada waktunya nanti, Insya Allah di Istana Presiden RI," kata tokoh masyarakat Indonesia Keturunan India, Deli Aria Singgih.
Menurut Deli Singgih, selama ini masyarakat keturunan India selalu berpartisipasi aktif dalam pemilu. "Ini karena kami masyarakat keturunan India sangat peduli dan menginginkan Indonesia yang lebih baik serta sejahterakan rakyatnya," kata Singgih.
Menurut Singgih, masyarakat keturunan India menyebar di seluruh Indonesia dengan berbagai profesi. Dalam dialognya, Wapres mengatakan, Indonesia merupakan pluralis yang tidak membeda-bedakan suku, ras, dan agama.
Menurut Wapres, berbagai perbedaan tersebut merupakan potensi yang besar. Karena itu, semua potensi itu harus dimanfaatkan.ant

Sembilan WNI Di Hadapkan Ke Pengadilan SP Dengan Kesalahan Ke Imigrasian

SP: Sembilan WNI di hadapkan ke pengadilan Sungai Petani Kedah dengan kesalahan ke imigrasian.Tujuh orang Wni asal Jateng telah menyalah gunakan visa kerjanya,sedangkan yang dua visa kerja tamat dan elegal.

Ke tujuha Wni di vonis satu bulan dari pada di tangkap yaitu 14/04/09 jam 8.10 pagi di Kebun karet berdekatan dengan markas PGA .

Ke tujuh WNI telah salah gunakan visa kerjanya yaitu bekerja di kebun karet kawasan markas PGA ,Sungai Petani Kedah.Sepatutnya mereka tidak boleh bekerja di kebun karet,memandangkan Visa yang di berikan oleh imigrasi adalah visa kerja sementara.

Dalam persidangan yang sama dua orang lagi WNI juga di dakwa dengan pasal keimigrasian ,dengan tidak mempunyai dukumen dan visa yang sudah tamat.WNI yang tidak mempunyai dukumen adalah Rianto asal Bonton yang telah di tangkap pada 18/5/09 di Sungai Petani Kedah,Rianto di vonis oleh Mejestret (2) Sp tiga bulan penjara.

Seorang lagi WNI di dakwan dengan pasal ke imigrasian dengan tamat visa kerjanya,maka oleh itu Pengadilan menjatuhkan hukuman 6 bulan penjara.Wni yang di vonis 6 bulan penjara adalah Sidam Purnomo 42 tahun asal Jatim .Sidam dalam rayuan minta hukuman di ringankan dari taggal di tangkap,karena mempunyai 3 orang istri dan enam orang anak.Kasus Sidam berbeda dengan kasus ke delapan WNI yang lain.

Friday, May 22, 2009

Obat Kolesterol Mengurangi Risiko Amputasi Penderita Diabetes

Obat anti-kolesterol fenofibrate nampaknya mengurangi risiko amputasi bagi penderita diabetes sebesar 36 persen, menurut hasil sebuah penelitian.

Studi ini diterbitkan dalam edisi khusus tentang diabetes oleh The Lancet, yang juga menyertakan penelitian lain tentang bagaimana monitoring dan kontrol gula daerah mengurangi serangan jantung.

Dalam studi pertama, para peneliti di Australia melakukan percobaan selama lima tahun yang melibatkan 9.795 pasien penderita diabetes. 4.895 dari mereka diberikan fenofibrate, yang diproduksi oleh produsen obat Belgia, Solvay, sementara sisanya diberikan placebo.

Pada akhir percobaan, 115 pasien mengalami amputasi tungkai bawah yang lebih sedikit. Risiko amputasi pertama kali 36 persen lebih rendah untuk pasien yang diberikan fenofibrate dibandingkan yang diberikan placebo.

"Perawatan dengan fenofibrate dikaitkan dengan risiko amputasi yang lebih rendah, khususnya amputasi minor (di bawah mata kaki)," tulis tim itu yang dipimpin oleh Anthony Keech dan Kushwin Rajamani dari Pusat Uji Klinis Badan Riset Kesehatan dan Medis Nasional, Universitas Sydney, Australia.

"Temuan ini dapat membawa ke sebuah perubahan dalam pengobatan standar untuk pencegahan amputasi tungkai bawah yang terkait diabetes.

"Amputasi karena diabetes terjadi setiap 30 detik di seluruh dunia dan menyebabkan beban yang besar tidak hanya pada para korban dan keluarganya, tapi juga sistem kesehatan.Gula darah tinggi dapat merusak saraf dan pembuluh darah di bagian bawah kaki dan tangan yang dapat mengakibatkan gangrene. Kerusakan parah mungkin memerlukan amputasi jari kaki atau bahkan seluruh kaki.

Dalam studi bagian kedua, para peneliti melalui lima studi sebelumnya menunjukkan bahwa kontrol glukosa intensif terhadap penderita diabetes membawa pada serangan jantung yang lebih sedikit, namun tidak memiliki efek terhadap stroke atau kematian karena penyebab lainnya.

Sampai saat ini, berbagai penelitian kontrol glukosa gagal menunjukkan manfaat yang konsisten dan beberapa bahkan menyataan kemungkinan berbahaya.

Fungsi Obat Herbal Melemahkan Racun

Ahli pengobatan alami (herbal), Reno Wilopo di Jakarta, Rabu, mengatakan obat tradisional berfungsi melemahkan racun untuk proses penyembuhan penyakit pada manusia.

"Obat herbal berfungsi mengawasi termasuk membunuh kandungan racun dalam tubuh manusia," kata Reno Wilopo sehubungan akhir-akhir ini masyarakat banyak yang melakukan pengobatan alternatif di samping pergi ke dokter.

Ia mengatakan obat tradisional mampu membentuk zat kekebalan tubuh (antibodi) yang tidak terdapat dalam tubuh manusia, dengan tujuan melindungi dari unsur yang merusak organ tubuh.

Jenis tanaman yang memiliki khasiat penyembuhan penyakit, antara lain mahkota dewa, kunyit putih, jahe, lengkuas, bawang putih, daun sirih, dan sambiloto.

Reno menuturkan jenis penyakit yang dapat disembuhkan di antaranya, jantung, hepatitis (gangguang hati), kanker, tumor dan penyakit berat lainnya.

Disinggung perbandingan obat herbal dengan obat medis yang berdasarkan resep dokter, ia mengatakan masing-masing memiliki keunggulan untuk menyembuhkan penyakit.

Perbedaannya yakni satu jenis obat medis secara spesifik menyembuhkan satu penyakit, sedangkan obat herbal mampu menjadi penawar rasa sakit berbagai jenis penyakit.

"Obat herbal secara medis memperbaiki jaringan tubuh yang rusak," katanya seraya mencontohkan ramuan mahkota dewa mampu penyembuhkan penyakit kanker, tumor dan jantung.

Lebih lanjut, dia menilai obat medis lebih mengoptimalkan darah sebagai indikator dan menjaga agar darah normal secara klinis (pemeriksaan laboratorium), namun tanpa mempedulikan dampaknya terhadap kerusakan organ tubuh lainnya.

Contohnya penyuntikan cairan insulin untuk penderita diabetes berpotensi menyebabkan rusaknya kelenjar tubuh yang biasanya memproduksi insulin.

Sementara itu, anggota Asosiasi Pengobat Tradisional Ramuan Indonesia, Joko Suryanto mengatakan terapi obat ramuan tradisional bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel organ tubuh yang rusak akibat radang dengan penyembuhannya bersifat permanen.

Reno dan Joko mengharapkan pemerintah mengambil kebijakan, untuk mendorong penelitian ramuan tradisional asal Indonesia agar mendapatkan pengakuan dari dunia.

Awas, Jantung Koroner Mengintai Anda!

Jantung koroner sampai sekarang masih menduduki rangking pertama sebagai pembunuh manusia. Berdasar data badan kesehatan dunia WHO tahun 2001, 7,2 juta kematian terjadi akibat penyakit jantung koroner (PJK).

Di Indonesia PJK menjadi momok bagi laki-laki, karena penyakit ini paling banyak diderita laki-laki,dalam kajian yang di buat pakar-pakar jantung Indonesia.

Demikian diungkap Dr. Pauline Endang Praptini M.S. pakar kesehatan gizi klinis dari R.S. Fatmawati Jakarta. "Yang menjadi faktor utama risiko PJK adalah tingginya kadar kolesterol (kolesterol jahat) dalam tubuh,"

Kolesterol, kata Pauline merupakan lemak jenuh yang beredar dalam darah yang diproduksi hati dan usus serta berasal dari makanan hewani, yang diperlukan oleh tubuh untuk pembentukan hormon.

Jenis kolesterol dalam tubuh adalah kolesterol total, HDL (kolesterol baik), LDL (kolesterol jahat), VLDL (trigliserida).

Kolesterol terutama yang jahat dipersalahkan sebagai penyebab jantung koroner karena menyebabkan pembuluh darah tersumbat dan mengeras (aterosklerosis). Akibatnya proses aliran darah tidak lancar atau tersumbat.

"Jika yang tersumbat adalah aliran darah ke jatung maka terjadi PJK, jika mengarah ke otak maka terjadi stroke. Bisa juga menghambat pada peredaran darah di kaki sehingga menimbulkan warna hitam. Risikonya sama, kematian.

PT Shah Alam Membebaskan warga Aceh Muhammad Bin Ahmad Dalam Putusan Sidang Selah,Tanpa Di Panggil Membelah Diri

Shah Alam : Air mata yang keluar dari mata wni warga Aceh tidak dapat di tahan karena setelah putusan sidang selah berpihak kepadanya.Air mata yang mengalir kepipinya merupakan air mata kegembiraan dan juga kesedihan ,setelah kurang lebih 5 tahun mendekap di penjara sungai Buloh Selangor ,akhirnya nasib menyebelahi lelaki Aceh itu.

Terdakwa bersyukuran yang setinggi-tingginya kepada Ilahi ,dimana pada hari ini Jum'at ,22/05/09 .Hakim PT (3) Shah Alam membebaskannya dalam sidang putusan selah .

Putusan bebas terhadap Terdakwa di bacakan oleh Hakim Pt (4) Shah Alam ,waktu putusan sidang selah hakim mengatakan ada percanggaan keterangan saksi-saksi JPU selama persidangan di gelar,oleh itu Hakim berpendapat tidak perlu untuk di panggil belah diri.Selama persidangan JPU telah memanggil 7 saksi untuk memberikan keterangan.

Muhammad Didakwa denga pasal 39 B undang-undang narkoba 1952,ganjaran adalah gantung sampai mati.Terdakwa di tangkap oleh polisi pada 25/07/09 ,jam 21.30 sore ,di jalan belakang projek sekolah bistari ,Ceberjaya Dengkil ,Selangor.

Muhammad di dakwa mengedar ganja seberat 500 gram.Terdakwa di dampingi lowyer dari firma pengacara Bala Ravi & Co yang di lantik oleh pengadilan Shah Alam Selangor.

Thursday, May 21, 2009

Aliansi Buruh Tolak Capres-Cawapres Borjuis

Jakarta - Ratusan massa dari Aliansi Buruh Menggugat (ABM) menggelar aksi unjuk rasa. Dalam aksinya mereka menolak pasangan calon presiden dan wakil presiden yang ada saat ini karena dinilai tidak prorakyat.

"Para elit politik yang tidak prorakyat atau borjuasi kami tolak dan siap jatuhkan seperti 11 tahun lalu saat menggulingkan Soeharto," kata salah seorang peserta aksi Eka Widya di Tugu Proklamasi, Jl Dipenogoro, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (21/5/2009).

Massa akan berkonvoi ke sejumlah tempat di Jakarta untuk mengenang peristiwa reformasi 11 tahun silam. Mereka menggunakan puluhan motor dan satu mobil bak terbuka sambil terus berorasi.

Perjalanan akan dimulai dari Tugu Proklamasi lalu berlanjut ke depan Gedung DPR dan kampus Universitas Trisakti, Jakarta. Aksi akan berakhir pada sore hari di depan Istana Merdeka."Kita tidak percaya dengan elit yang ada karena mereka bukan dari kelas buruh," kata Eka.

Eka juga menambahkan, Pemilu 2009 harus ditolak karena tidak berlangsung baik. Agenda 5 tahunan tersebut dianggap hanya sebuah alat untuk melanggengkan kekuasaan."Pemilu 2009 bukan Pemilu rakyat," teriak para peserta aksi.(Sumber Detik )

Dewan Pengurus Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) pimpinan Muhaimin Iskandar menggelar syukuran setelah kembali mengalahkan Gus Dur di pengadil

Jakarta - Dewan Pengurus Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) pimpinan Muhaimin Iskandar menggelar syukuran setelah kembali mengalahkan Gus Dur di pengadilan.

Syukuran yang digelar di kantor DPP PKB di Jalan Sukabumi, Jakarta, Selasa, ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Wakil Ketua Umum PKB Nursyahbani Katjasungkana."Kami bersyukur atas keputusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (18/5) kemarin, yang telah menuntaskan keutuhan Muktamar PKB Ancol," kata Nursyahbani.

Putusan PN Jakarta Pusat yang menolak gugatan Gus Dur terkait pengajuan calon anggota legislatif oleh PKB hasil Muktamar Luar Biasa (MLB) Ancol, kata Nursyahbani, semakin mengukuhkan kepemimpinan Muhaimin Iskandar selaku ketua umum dan Lukman Edy sebagai sekretaris jenderal.

Wakil Sekjen PKB M Hanif Dhakiri menambahkan, dengan kemenangan itu maka mulai sekarang tidak ada lagi kontroversi menyangkut eksistensi PKB."Tidak ada lagi dikotomi, tidak ada lagi kubu-kubuan.

PKB hanya satu di bawah kepemimpinan Muhaimin dan Lukman Edy," tandas Hanif.Dikatakannya, PKB telah berhasil melewati periode kritis. PKB tetap eksis di tengah gempuran dan cobaan politik yang bertubi-tubi."Kita percaya bahwa ke depan PKB adalah partai harapan warga bangsa," katanya.

Ditanya bagaimana jika Gus Dur dan pendukungnya tetap menyatakan diri sebagai pengurus PKB, Hanif mengatakan tidak masalah."Kalau sekedar mengaku-ngaku boleh saja. Semakin banyak yang mengaku PKB kan tambah bagus," katanya sambil tertawa. (*)

Nordin Talib : Warga Aceh di Panggil Membelah Diri Dalam Kasus Narkoba Dalam Sidangan Putusan Selah

Shah Alam : Warga Aceh hari ini dalam sidang putusan selah di penggil membelah diri.Putusan selah di bacakan Hakim PT Shah Alam terhadap Nordin Bin Talib 32 tahun.

Nordin di tuntut dengan pasal 39 B undang-undang narkoba 1952 dengan ganjaran gantung sampai mati.Sidang putusan selah dipimpin oleh Yang Arif Hakim H. Yasid PT Shah Alam (4) hari ini 21/05/09.

Nordin di jerat pasal 39 B karena mengedar narkobah seberat 870 gram,Terdakwa di tangkap oleh polisi pada tanggal 17/12/05 ,jam 7.45 malam di pam bensen projek ,Batu 5 Meru ,Klang Selangor.

Kasus sidang terdakwa akan di gelar kembali pada 15/7/09,terdakwa akan di panggil sebagai saksi dirinya sendiri.Dakwaan terhadap nordin di pimpin oleh JPU Selangor,sedangkan terdakwa di dampingi oleh pengacara yang di lantik oleh pengadilan tinggi Shah Alam.

Wednesday, May 20, 2009

Bangkai Hercules Naas





Badan pesawat Hercules yang jatuh di persawahan Desa Nggeplak, Magetan, Jawa Timur, Rabu (20/5) menjadi tontonan warga. Badan pesawat naas ini terbelah menjadi beberapa bagian.

Perjalanan Terakhir Jenazah Almarhum Sabahat Baikku H .Madun Dari Rumah Duka ,Ke Rumahnya Dan Tempat Persemedihan Untuk selama-lamanya

Suasana Di Perkuburan Pada Waktu Itu Jam 10.45 Malam
Ust Yusuf Sedang Membicarakan Sesuatu Kepada Saudara Samsul.Pada Waktu Itu Keluarga Alamarhum Sedang Berkumpul Di Rumahnya Untuk Membacakan Surat Yasin.

Jenazah almarhum Diangkat Untuk Di Bawa Ke Dalam Mobil
Memberikan Penghormatan Terakhir, Bapak Duta Besar Kepada Jenazah Almarhum H.Madun,Dalam Sambutannya Bapak Duta Besar mengatkan Almarhum Adalah Staff Yang Selalu Konses Dengan Tugasnya,Dan Juga Selalu Bertanggung Jawab Dengan Tugas Yang Di Amanhkan..Dalam Sambutannya Bapak Dubes Juga Mengatkan Ke hilangan Besar kepada KBRI KL..... Almarhum Pernah Di Beri Penghargaan Oleh Kbri Karena Dengan didikasi Tugasnya... Pak Dubes Juga Mengatakan KBRI Akan Selalu Berkomunikasi Dengan Keluarga Almarhum...(Bersongkok Bapak Duta Besar Tan Sri Da'e Bahtiar Berkudung Putih Adalah Ibu Sri Da'e)
Ibu Duta Besar Bersama-Sama Dengan Warga Ikut Membaca Surat Yasin
Ibu Duta Besar Memberikan Kata-Kata Semangat Ke pada Anak Almarhum,Dimana Pada Waktu Itu Almarhum membonceng Anaknya Saat Tabrakan Di Jalan Raya
Pak Tatang wakil Dubes Ri Saat ikut bersama warga dan juga staff KBRI berada di Tanah Perkuburan ,Waktu Itu Jam ..10.30 Malam
PerjalananTerakhir .... Sahabatku Semuga Di Golongkan Dengan Orang-Orang Yang Beriman....
Staff KBRI Selalu Siaga Untuk Membawa Jenazah Alamrhum Ke Tempat Persemediannya Selama-lamanya...Sehabatku Semuga Dosa-Dosanya Di Ampunih Oleh Allah.
Ibu-Ibu Dari Kedutaan Besar Ri Kl Sedang Memberikan Penghormatan Terakhir Dengan Jenazah Almarhum H.Madun
Ust Yusuf Berbaju Putih sedang Memberikan Sambutan ,Di mana Pad Waktun Itu Jenazah Sedang Di Ngajikan Di Dalam Rumahnya.

Staff Kabri Kl Sedang Menurunkan Jenazah Almarhum,Saat Tiba Di Rumahnya Jam 9.30 Malam.
Warga Masyarakat Yang Datang Melawat Alamrhum
Jenaza Almarhum H. Madun Di bawa denga keranda Jenazah Oleh Staff Kabri Kl ,Untuk di Bawa Ke Dalam Rumahnya,Sementara menunggu Di Bawa Ke Tempat Perkuburan.
Mobil Jenazah Yang Membawa Jenazah Almarhum H. Madun
Jenazah Almarhum H. Madun Di Bawa Ke Luar Dari Rumah Duka ,Setelah Selesai Di Sholatkan,Di Mandikan Dan Di Kafankan Untuk Di Bawa Ke Rumahnya Sebelum Di Bawa Ke Tempat Persemedianya Buat Selama-lamanya...Sahabatku Semuga Amal Ibadanya Selama Hidupnya Di Terima Oleh Allah SWT,Dan Semuga Rohnya Di Tempatkan Bersama Orang-Orang Yang SHOLEH...Selamat Jalan Sahabatku...
Bapak Joko Membicarkan Sesuatu Kepada Istri Almarhum.
Anak Perempuan Almarhum Sedang Membicarkan Sesuatu Kepada Suaminya (Berkaca Mata )
Keluarga Almarhum Sedang Bersiap Sedia Untuk Mengiringi Jenazah Almarhum
Saudara Terdekat Dan Teman -Teman Almarhum Menyembahyangkannya Di Surau Rumah Duka Sebelum Di Bawa Pulang Ke Rumahnya ,Sembahyang Jenazah iman dari Jawi
Keluarga Almarhum H. Madun Begitu Sedih Atas Kepergian Bapaknya Ke Rahmatullah,Tampak Anak Perempuannya Baju Putih bersama Dengan Suaminya Di Rumah Duka,Pad Waktu Itu Jenazah Sedan Di Bawa Ke Luar Dari Rumah Duka Untuk Di Bawa Pulang Ke Rumahnya Di Pinggiran Batu Caves
  • Bapak Joko Kabid Politik Berjas Hitam Bersama Bapak Ust Ahyar Di Rumah Duka Pada Jam 8.00 Malam
  • Pada Waktu itu jam sudah menunjukkan 8.00 malam,setelah selesai urusan dukumintasi jenazah Almarhum H. Madun terus di bawa pulang ke rumahnya dari rumah duka ,rumah sakit Kl.
  • Staff KBRI dan keluarga serta teman-temannya juga bersama-sama mengiringi mobil yang membawa jenazah Almarhum.
  • Alhamdulilah dalam perjalan dari rumah duka sampai kerumah Alamarhum di pinggiran bati Caves dalam keadaan Selamat
  • Selepas membacakan Surat Yasin warga dan staff KBRI bersama-sama ,atas permintaan kelurganya ,Jenazah Almarhum di sembahyangkan sekali lagi di Masjid.
  • Sesudah di sembahyangkan di masjid Jenazah Almarhum terus di bawa ke perkuburan dengan di iringin berpuluh-piluh kendaraan.Jenaza Almarhum sampai ke tanah perkuburan kira-kira jam 10 .00 malam.Pembacaan telken di pimpin oleh Ust Yusuf.
  • Semuga Roh sahabatku Almarhum H.Madun di tempatkan dengan orang-orang yang sholeh.Dan semuga keluarga yang di tinggalkan mendapat kesabaran....dan juga semuga anak almarhum cepat sembuh.
  • Keluarga Epung ikut berduka atas kepergian sahabat baikku.