Friday, August 21, 2009

Gus Yusuf: Jangan Demam Ramadhan


Magelang: Peningkatan semangat hidup beragama bagi umat Islam melalui rangkaian ibadah puasa bukan hanya selama Ramadhan. "Jangan sampai terjadi demam Ramadhan," kata pengasuh Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah, KH Muhammad Yusuf Chudlori (Gus Yusuf) di Magelang, Jumat.

Operasi oleh aparat yang berwenang antara lain terhadap perdagangan minuman keras, petasan, makanan kedaluwarsa, dan tempat hiburan, katanya, tidak perlu menunggu Ramadhan.Tetapi, katanya, operasi itu memang harus setiap saat mereka lakukan dalam rangka membangun kehidupan masyarakat yang aman, tertib, tenteram, dan sejahtera.

Ia menjelaskan, umat Islam harus menjalani kehidupan beragama setiap saat supaya tercapai kebahagiaan dunia dan akhirat.

Puasa pada Ramadhan, katanya, dilaksanakan umat Islam sebagai suatu kebutuhan pribadi dan bukan sekadar menahan lapar dan dahaga.

"Tetapi menjaga kesucian hati, menahan hawa nafsu. Ibadah puasa itu sangat pribadi," katanya.

Ia mengatakan, puasa Ramadhan 1430 H juga bisa menjadi momen bagi berbagai kalangan masyarakat untuk merefleksikan kehidupan bersama selama ini.

"Apalagi tahun ini kita telah melaksanakan agenda besar yakni pemilu legislatif dan pemilu presiden.

Selama satu bulan ini kita mengendapkan rasa dan hati, refleksi, untuk berbuat hal-hal yang lebih baik bagi bangsa dan negara pada masa mendatang," katanya. (ant/)

No comments: