Monday, August 10, 2009

Pelukis Rusia Belajar Membatik di Yogyakarta

Yogyakarta (ant) - Lima pelukis asal Rusia mulai 8-15 Agustus 2009 belajar membatik di tempat pembuatan batik di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Lima pelukis ini bukan merupakan rombongan misi kebudayaan Rusia, namun rombongan pelukis yang berkeinginan belajar membatik di Yogyakarta," kata Kepala Dinas Pariwisata DIY Tazbir Abdullah di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, para pelukis Rusia sebenarnya sudah memiliki dasar membatik. Mereka datang ke Yogyakarta ingin memperdalam cara membatik yang mempunyai nilai seni tinggi.

"Mereka nantinya akan mudah mengenal cara membatik karena sudah punya dasar seni melukis yang hampir sama dengan membatik. Mereka antusias untuk membatik di Yogyakarta," katanya.

Para pelukis Rusia berkunjung ke Yogyakarta bukan hanya sekadar belajar membatik, namun mereka akan mengunjungi beberapa objek wisata di DIY untuk mengenal lebih jauh pariwisata dan budaya masyarakat Yogyakarta yang sudah terkenal di dunia.

"Hasil belajar membatik dan kunjungan ke objek wisata akan dipamerkan di Rusia sepulang mereka dari Yogyakarta. Hal ini akan menguntungkan Yogyakarta karena bisa berpromosi gratis," katanya.

Rombongan pelukis disertai beberapa pewarta dari Kantor Berita Rusia, RIA Novosti, yang akan meliput seluruh kegiatan para pelukis selama berada di Yogyakarta.Tazbir mengatakan, Pemerintah Indonesia dan Rusia telah menandatangani kerja sama di bidang pariwisata dan kebudayaan sejak dua tahun lalu.

Tazbir mengatakan, rombongan kesenian Indonesia tidak lama lagi akan diundang untuk pentas di Rusia dan Yogyakarta akan menjadi wakilnya. (*)

No comments: