Monday, August 31, 2009

Larangan Puasa Daim Bagi yang tak Mampu

‏ ‏أن ‏ ‏عبد الله بن عمرو بن العاص ‏ ‏قال ‏ ‏أخبر رسول الله ‏ ‏صلى الله عليه وسلم ‏ ‏أنه يقول لأقومن الليل ولأصومن النهار ما عشت فقال رسول الله ‏ ‏صلى الله عليه وسلم ‏ ‏آنت الذي تقول ذلك فقلت له قد قلته يا رسول الله فقال رسول الله ‏ ‏صلى الله عليه وسلم ‏ ‏فإنك لا تستطيع ذلك ‏ ‏فصم وأفطر ونم وقم وصم من الشهر ثلاثة أيام فإن الحسنة بعشر أمثالها وذلك مثل صيام الدهر قال قلت فإني أطيق أفضل من ذلك قال صم يوما وأفطر يومين قال قلت فإني أطيق أفضل من ذلك يا رسول الله قال صم يوما وأفطر يوما وذلك صيام ‏ ‏داود ‏ ‏عليه السلام ‏ ‏وهو أعدل الصيام قال قلت فإني أطيق أفضل من ذلك قال رسول الله ‏ ‏صلى الله عليه وسلم ‏ ‏لا أفضل من ذلك قال ‏ ‏عبد الله بن عمرو ‏ ‏رضي الله عنهما ‏ ‏لأن أكون قبلت الثلاثة الأيام التي قال رسول الله ‏ ‏صلى الله عليه وسلم ‏ ‏أحب إلي من أهلي ومالي ‏

Hadis riwayat Abdullah bin Amru bin Ash ra, ia berkata:Rasulullah SAW dikabarkan bahwa aku pernah berkata akan selalu salat qiyam, akan berpuasa pada siang harinya sepanjang hidupku. Kemudian Rasulullah SAW bertanya:

Betulkah engkau pernah bilang demikian? Aku menjawab: Betul, aku pernah mengatakannya, wahai Rasulullah. Rasulullah saw. bersabda:

Sungguh engkau tidak akan mampu melakukan yang demikian. Oleh karena itu berpuasalah dan juga berbukalah. Tidurlah dan bangun malamlah. Berpuasalah tiga hari dalam setiap bulan. Sebab, satu kebajikan itu nilainya sama dengan sepuluh kebajikan. Dan yang demikian itu (puasa tiga hari dalam tiap bulan) nilainya sama dengan puasa satu tahun. Lalu aku katakan kepada Rasulullah saw: Tetapi aku mampu berbuat lebih dari itu. Beliau bersabda:

Berpuasalah sehari dan tidak puasa dua hari. Aku katakan kepada beliau: Tetapi aku mampu berbuat lebih dari itu. Rasulullah saw. bersabda:

Jika begitu, berpuasalah sehari dan berbukalah sehari, itu adalah puasa nabi Daud as. dan itulah puasa yang tengah-tengah. Kemudian aku berkata: Sungguh aku mampu berbuat lebih dari itu. Rasulullah saw. bersabda:

Tidak ada yang lebih utama dari itu. Abdullah bin Amru ra berkata: Aku terima tiga hari sebagaimana yang dikatakan Rasulullah SAW adalah lebih aku sukai dari istri dan hartaku. (HR. Muslim)

No comments: