Wednesday, August 12, 2009

Kaum Perempuan Jatim Dapat Bantuan Permodalan

Lamongan - Kaum perempuan yang tersebar di 2.000 desa di Jawa Timur mendapatkan bantuan permodalan yang disalurkan melalui sejumlah koperasi.

Wakil Gubenur Jatim, Saifullah Yusuf, di Lamongan, Selasa (11/8), mengatakan, bantuan penguatan modal itu diberikan untuk membantu para ibu rumah tangga untuk mengembangkan usahanya.

"Tahun ini akan ada bantuan khusus pemberdayaan perempuan yang diberikan di 2.000 desa. Dana tersebut disalurkan melalui koperasi," katanya saat menghadiri peringatan Isra Mikraj dan Silaturahmi Asosiasi Kepala Desa (AKD) di Balai Desa Blawi, Kecamatan Karangbinangun, Kabupaten Lamongan.

Pihaknya sudah mengajukan anggaran untuk program pemberdayaan ekonomi perempuan melalui koperasi dalam perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Jatim 2009.

Ia mengatakan, bantuan tersebut akan diberikan secara bergilir, yakni sebesar Rp25 juta untuk setiap desa yang jumlahnya mencapai 2.000 desa.Dana tersebut, lanjut dia, harus dikelola oleh komunitas perempuan, yang diharapkan bisa membantu perekonomian rakyat di Jatim.

Saifullah mengatakan program-program pembangunan pedesaan yang selama kurun waktu 30 tahun terakhir ini terlupakan.

Oleh sebab itu, dia berharap pembangunan pedesaan bisa dipercepat sebagaimana diatur dalam regulasi tentang pemberdayaan masyarakat pedesaan yang mewajibkan memberikan tersedianya dana 10 persen dari APBD.

"Asalkan dana tersebut bisa dikelola secara benar dan bisa dipertanggungjawabkan," kata mantan Menteri Negara Percepatan Daerah Tertinggal itu menambahkan.(*) ant

No comments: