Thursday, August 6, 2009

Jelang Puasa Pedagang Buah Optimistis Raup Rupiah

Koba, Bangka Tengah (ant) - Menjelang memasuki bulan Ramadhan pada 22 Agustus 2009, sejumlah pedagang buah-buahan di Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Bangka Belitung (Babel) optimis dapat meraup rupiah seiring meningkatnya permintaan buah-buahan di daerah itu.

"Saya optimis dapat meraup rezeki pada saat bulan puasa nanti seiring meningkatnya permintaan buah-buahan pada bulan puasa seperti yang terjadi pada tahun sebelumnya," ujar Akmad, pedagang buah di Koba, Rabu.

Ia mengatakan, meningkatnya permintaan buah-buahan pada bulan puasa disebabkan masyarakat muslim yang menjalankan ibadah puasa memilih mengkonsumsi buah-buahan sebagai salah satu makanan pembuka puasa.

"Rata-rata masyarakat Koba mengkonsumsi buah-buahan untuk menu berbuka puasa," katanya.Ia menjelaskan, buah-buahan yang paling laris pada saat bulan puasa adalah buah semangka, rambutan, apel merah dan jeruk.

"Yang paling laris adalah semangka disusul jeruk dan rambutan," katanya.Anto, pedagang buah lainnya, mengatakan, penjualan semangka akan jauh meningkat tajam pada saat bulan puasa nanti seperti pada saat permintaan di bulan puasa tahun lalu.

"Pada bulan-bulan biasa kami hanya mampu menjual sebanyak tiga ton semangka dalam dua minggu namun pada puasa nanti dapat mencapai delapan ton dalam dua minggu," katanya.

Ia mengatakan, untuk mengantisipasi tingginya permintaan semangka, dirinya telah memesan kepada sejumlah petani semangka yang berada di Provinsi Bandar Lampung.

"Saat ini saya telah memesan semangka dalam jumlah yang lebih banyak dari sebelumnya dari petani semangka di Bandar Lampung seiring tingginya permintaan semangka pada puasa nanti," katanya.(*)

No comments: